Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Wah, Ternyata Tampilan Gaya Berbeda Butuh Cat Tembok Yang Berbeda!

Lifestyle

Wah, Ternyata Tampilan Gaya Berbeda Butuh Cat Tembok Yang Berbeda!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 23 November 2020 ∙ 6 menit membaca

Mengecat dinding rumah menjadi salah satu cara tercepat untuk memberikan suasana yang berbeda pada rumah kita, Pins. Sedikit yang kita ketahui, ternyata nuansa minimalis, nuansa elegan ataupun nuansa ceria membutuhkan cat tembok yang berbeda-beda untuk memaksimalkan hasilnya.

Pinhome – Mengecat rumah tidak hanya sekedar memberi warna baru pada rumah kita. Tapi juga memberikan suasana dan nuansa yang berbeda, rumah kita bisa terasa lebih ceria, lebih hangat dan bahkan menjadi lebih intim saat warna cat tembok kita diperbarui ataupun diganti.

Baca Juga: Rekomendasi Daftar Merk Cat Tembok Terbaik Untuk Dinding Rumah

Pemilihan cat pun bisa mempengaruhi kesan yang diberikan dalam ruangan loh, Pins. Cat berbahan lateks yang paling sering beredar di pasaran terbilang sangat mudah untuk dibersihkan, tahan lama dan memiliki pori-pori yang rapi. Kebanyakan cat tembok berbahan dasar lateks cocok diaplikasikan ke berbagai jenis ruangan yang ada dalam rumah.

Baca Juga: 8 Kombinasi Warna Cat Tembok Kamar

Di sisi lain, cat tembok dengan bahan utama minyak biasanya lebih cocok untuk bahan permukaan kayu karena cenderung lebih melindungi bekas goresan atau noda daripada cat berbahan lateks. Meskipun kekurangannya, cat tembok berbahan utama minyak lebih lama kering. Meski Pins pun bisa melapisi cat tembok berbahan dasar minyak sebagai base alas permukaan untuk kemudian dicat kembali dengan cat biasa berbahan lateks.

Lalu, cat tembok apa yang cocok untuk rumah kita?

(Pinhome)

Salah satu hal penting tentang cat tembok yang harus kita ingat bersama. Semakin mengkilap hasil akhir cat di permukaan dinding, maka tembok tersebut akan semakin mudah dibersihkan. Jika Pins ingin mendekorasi atau mengecat ruangan yang diperuntukkan untuk anak kecil dan ruangan yang sering dikunjungi seperti ruang makan atau ruang keluarga, tak ada salahnya loh untuk memilih cat tembok dengan finishing mengkilap karena noda apapun yang menempel di dinding, kita bisa benar-benar membersihkannya. Tembok yang rawan akan noda seperti ruang dapur terutama membutuhkan cat yang mengkilap agar noda-noda yang tak sengaja hinggap di tembok bisa mudah dibersihkan meski hanya menggunakan spons basah saja.

Selain di ruang dapur, cat tembok dengan hasil mengkilap juga bisa diaplikasikan pada ruang berkumpul keluarga ataupun ruangan lainnya yang minim dekorasi dan furnitur agar keseimbangan dalam ruangan tetap terjaga. Sebaliknya, tembok dengan kilap tinggi sangat tidak cocok ditempatkan di dinding ruang tamu. Kenapa? Karena akan memberikan kesan kemilau yang tidak perlu dan berlebihan, Pins.

Tidak suka dengan dinding yang berkilap? Cat tembok semi-gloss berarti cocok untuk Pins nih. Cat tipe ini masih mudah dibersihkan dan memberikan efek kilap yang lebih sedikit. Harganya pun sedikit lebih murah dan lazim dipakai untuk ruang dapur juga kamar mandi.

Pins punya ruangan yang dindingnya banyak retak, permukaannya tak rata dan ada noda disana sini? Pins bisa memilih cat tembok dengan finishing flat atau matte. Biasanya, satu lapisan cat saja sudah cukup untuk menutupi permukaan dinding. Tapi kalau misalkan Pins belum cocok dan puas dengan hasilnya, sah-sah saja melapisinya kembali. Kekurangan dari cat tembok dengan hasil akhir flat atau matte adalah ia sangat sulit dibersihkan. Cat tembok jenis ini pun cenderung tidak mampu menyembunyikan noda kecil seperti debu ataupun bekas tangan yang menempel.

Nah, setelah membahas tentang jenis cat tembok apa yang sebaiknya Pins pilih untuk berbagai ruangan di rumah, inilah saat-saat yang menyenangkan. Memilih warna, Pins! Memilih warna cat tembok yang cocok untuk setiap ruangan di rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan karena setiap warna tentu membawa pesan, kesan dan efeknya masing-masing.

Kalau Pins baru membeli atau menempati rumah baru, sebaiknya memilih rumah yang dindingnya berwarna putih ataupun warna netral yang mendekati putih agar Pins bisa dengan leluasa mengecatnya dengan pilihan warna cat tembok yang disukai. Jangan takut untuk memulai merencanakan cat warna apa yang digunakan untuk rumahmu karena proses ini terbilang menyenangkan dan pemilihan warna cat yang tepat untuk setiap ruangan di rumah tentunya akan berbagai macam efek menyenangkan, efek menenangkan ataupun nuansa yang ceria loh, Pins.

Dalam teorinya, warna yang bertolak belakang seperti hijau dan merah misalnya, akan memberikan efek harmoni yang membuat semangat. Pins juga bisa mengkombinasikan berbagai macam shade dalam satu warna seperti hijau muda, hijau ke hijau tua untuk mendapatkan efek menenangkan. Pemilihan warna gradasi biru dapat memberikan kesan luas dan melegakan. Sementara warna-warna tegas seperti merah, kuning dan orange akan membuat ruangan terasa lebih ceria.

Kombinasi warna untuk tiap suasana

Ini dia kombinasi warna yang bisa Anda gunakan di tiap suasana

(Pinhome)

Mendapatkan nuansa tenang dan damai

Pins bisa konsentrasi memilih salah satu warna saja seperti biru atau hijau. Jika dirasa kurang cocok, Pins bisa memilih warna-warna monokrom yang akan memberikan efek menenangkan. Warna-warna ini sangat cocok digunakan di tempat tidur atau bahkan kamar mandi kalau Pins menginginkan efek menenangkan di dalamnya. Selalu ingat untuk mengkombinasikan warna cat dengan dekorasinya ya. Kalau Pins sudah memilih warna gelap untuk dinding, maka pilihlah warna yang lebih terang untuk dekorasinya agar ruangan terasa lebih hidup.

Memuncukan nuansa elegan dan mewah di rumah

Warna-warna natural sangat cocok untuk Pins yang menginginkan kesan elegan namun ingin tetap berkreasi. Warna-warna natural ini sendiri tidak terbatas pada warna putih ataupun beige saja. Kalau Pins ingin memiliki ruang tamu yang simpel dan elegan misalnya, ada beberapa pilihan warna natural seperti almond atau warna merah bercampur cokelat. Untuk membuat suasana sedikit lebih hidup, Pins bisa memilih warna yang cerah untuk warna sarung bantal, meja ataupun vas yang ada di dalam ruangan. Perpaduan ini sudah terbukti ampuh untuk menyeimbangkan antara kesan ceria dan mewah secara bersamaan.

Menghadirkan keceriaan dalam rumah

Warna orange, merah dan ungu tua mampu menghadirkan kesan ceria dalam ruangan dalam waktu singkat. Pins juga bisa mengkombinasi beberapa warna sekaligus seperti warna emas dan warna orange, ataupun warna kuning dengan warna ungu. Jika perpaduan warna ini terasa berlebihan, Pins bisa memilih warna kontras seperti merah dan hitam untuk menghadirkan kesan ceria lengkap dengan nuansa Oriental. Kuncinya, Pins perlu menggabungkan dua warna dan menyandingkannya untuk mendapatkan kontras visual yang seimbang namun juga memanjakan mata.

Biaya yang dikeluarkan

Eits, jangan buru-buru mengerutkan kening dulu, Pins. Mengecat dinding rumah tidak harus selalu mengeluarkan biaya mahal. Contohnya saja, untuk harga cat tembok untuk eksterior sangat beragam, ada yang mulai dari Rp68.000 hingga Rp1.500.000. Untuk harga cat Dulux per 2.5 kg adalah Rp195.000 sedangkan harga cat Mowilex per 2.5 kg adalah Rp164.000. Di sisi lain, harga cat tembok 5 kg untuk brand Catylac adalah Rp78.000. Disisi lain, harga cat interior sendiri berkisar di harga Rp80.000 hingga Rp1.000.000. Harga cat tembok 5 kg untuk merek Avitex dibanderol Rp80.000, Catylac dengan harga Rp98.000 sedangkan Vinilex di harga Rp79.000.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel