40 Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis Terkeren Beserta Tipsnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 9 January 2022 ∙ 28 menit membaca

Daftar Isi

Memilih cat rumah minimalis bukanlah hal sepele dan mudah Pins! Sebab, warna cat itu berhubungan dengan mood serta kepribadian kita. Bagi Pins yang sedang mencari referensi tentang warna cat rumah minimalis akan dibahas disini.

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk membuat rumah kita tetap cantik dan kinclong, yaitu dengan warna cat rumah minimalis terbaru agar rumah tampak sangat indah menggunakan warna-warna favorit yang lucu. Tentunya, pemilihan warna cat pada rumah minimalis haruslah cocok, agar hasilnya akan bagus.

Baca juga:

Pilihan dan Rekomendasi Warna Cat Rumah Minimalis

Kita langsung cek saja contoh-contoh perpaduan warna cat rumah minimalis di bawah ini:

Warna Cat Rumah Minimalis Abu Lilac

(Hipwee)

Sebenarnya cat warna abu lilac ini sudah digemari sejak tahun 2019. Meskipun begitu, cat warna abu lilac dapat diterapkan lagi di tahun berikutnya karena dapat memberi kesan minimalis dan klasik. Warna ini juga dapat memberi kesan hangat dan menyenangkan pada ruangan. Dapat diterapkan di ruang tamu atau pun ruang keluarga.

Siapa yang tidak kenal warna Lilac. Warna yang sedang trend akhir-akhir ini di dunia tekstil juga merambah ke industri material. Cat rumah minimalis Lilac dapat Pins aplikasikan menjadi warna cat dalam kamar Pins maupun ruang tamu. Siapa sih yang tidak menginginkan ruang tamu Lilac yang lembut?

Baca juga:

Warna Cat Rumah Minimalis Biru Muda

(iStockphoto)

Warna cat biru muda akan memberikan kesan nyaman dan menyenangkan. Dapat digunakan untuk interior dan eksterior rumah, serta menjadikan ruangan terkesan lebih luas dan sejuk. Cat warna biru dapat menjadi pilihan Pins bila ingin terlihat lebih casual.

Baca juga:

Warna Cat Rumah Minimalis Biru Pastel

(Adobe Stock)

Setelah biru muda, biru pastel selalu menjadi favorit karena memberikan kesan lembut dan membuat ruangan terasa lebih sejuk. Warna ini sangat cocok bila dipadukan dengan coklat mustard atau kuning cerah. Biru pastel ini sangat enak dipandang jadi sangat cocok untuk digunakan di ruangan keluarga ataupun kamar tidur.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok Agar Tidak Kekurangan Atau Mubadzir

Warna Cat Rumah Minimalis Biru Klasik

(Liv For Interior)

Warna biru klasik cocok untuk diterapkan pada kamar tidur. Selain itu, warna biru klasik berbeda dengan warna biru navy yang memiliki warna lebih gelap. Dapat memberikan kesan hangat pada ruangan, bisa diaplikasikan pada kamar tidur atau untuk bagian luar ruangan.

Baca juga:

Warna Cat Rumah Minimalis Coklat

(Designcafe.com)

Warna coklat dapat dipadukan dengan berbagai warna karena warna tersebut dapat menjadi warna netral Pins. Dapat memberikan kesan klasik pada rumah serta dapat diaplikasikan di berbagai ruangan rumah. Tetapi banyak juga diaplikasikan sebagai warna bagian luar dari rumah, ini akan memberikan kesan soft untuk rumah kamu.

Warna Cat Rumah Minimalis Mustard

(Freepik)

Warna ini dapat memberikan kesan kalem dan manis pada rumah Pins, nah warna ini juga dapat dipadukan dengan warna kuning, beige, coklat dan krem. Kamu dapat mengaplikasikan warna ini di bagian luar rumah serta diaplikasikan di kamar tidur dan ruang keluarga.

Kalau Pins tidak cocok dengan warna hazelnut, kita bisa memilih warna mustard yang kesannya agak mirip dengan warna hazelnut. Warna mustard sebenarnya memberikan kesan klasik yang cukup kuat pada suatu ruangan.

Ketika memadu-padankannya, akan jauh lebih baik untuk memilih perabotan ataupun dekorasi yang bernada warna emas. Perpaduan warna emas dan mustard akan tampak jauh lebih kental, mewah dan juga elegan, karena itulah ada baiknya Pins memilih warna mustard ini sebagai aksen pada satu sisi dinding saja.

Baca Juga: Warna Cat Rumah Aesthetic yang Cozy

Warna Cat Beige

(Decoist)

Warna cat beige merupakan warna coklat kekuningan dan memiliki unsur warna abu abu, warna ini menjadi yang paling digemari saat ini. Memiliki beberapa jenis seperti natural, creamy dan medium. Warna ini juga dapat memberikan kesan elegan sekaligus santai di rumah kamu.

Di dalam dunia mode, warna beige merupakan warna netral dan pada basic item warna ini harus selalu ada. Tidak salah bila mengaplikasikan warna beige di masing-masing ruangan dalam rumahmu, Pins. Apalagi, bila kamu adalah pencinta warna-warna basicbeige bisa menjadi alternatif selain warna putih atau abu-abu. Kesan hangat di setiap ruangan juga bisa dimunculkan berkat warna beige ini.

Warna Cat Rumah Minimalis Coral

(Indonesia Tatler)

Warna ini merupakan paduan dari warna orange kemerahan atau kuning tua dengan merah muda. Kamu bisa aplikasikan warna ini untuk ruang keluarga kamu lho Pins. Warna ini dapat memberikan kesan hangat di rumah kamu. Untuk Pins yang feminim tetapi tidak ingin mengedepankan warna merah muda yang cerah, Pins bisa mencoba warna coral lembut sebagai bagian dari desain ruang tamu ataupun kamar tidur.

Baca juga:

Warna Cat Rumah Minimalis Salem

(RwHome.web.id)

Warna salem dapat memberikan kesan segar dan manis, nah ini cocok untuk diaplikasikan pada bagian luar rumah kamu. Sekilas memang terlihat mirip dengan warna coral, akan tetapi warna salem memiliki warna lebih orange Pins. Warna salem juga dapat dipadukan dengan warna netral atau gelap sehingga dapat tercipta paduan yang menarik.

Warna Cat Rumah Minimalis Putih Berseri

(Trendir)

Putih memang menjadi warna yang paling populer dalam palet warna minimalis. Selain memberikan kesan bersih, putih memberikan kesan sederhana dan menyegarkan. Cocok dengan filosofi arsitektur minimalis karena bangunan minimalis mengedepankan kesederhanaan.

Namun, Pins harus siap untuk lebih sering mengecat rumah karena warna putih lebih cenderung cepat kotor.

Pins bisa menyiasatinya dengan memilih cat eksterior kualitas tinggi yang biasanya lebih anti air, anti cuaca buruk. Atau cat tembok rumah yang berbahan dasar minyak yang biasanya lebih anti pada noda kotor.

Putih memang pemenang utama dalam pemilihan warna rumah minimalistik. Konsep minimalis sendiri pun adalah “simpel”, dan tidak ada warna yang lebih simpel dibandingkan putih. Putih memang sederhana namun cantik. Untuk Pins yang tertarik dengan warna putih dan kelompoknya, kamu juga bisa memilih warna putih gading maupun abu-abu.

Baca juga:

Warna Cat Rumah Minimalis Hijau Natural

(Live Home 3D)

Hijau adalah salah satu warna gelap minimalis yang bisa kamu gunakan. Warna hijau juga telah terbukti menurunkan stress karena saat melihat warna hijau, otak akan mengasosiasikan dengan alam.

Pilih warna hijau muda, hijau pastel, dan hijau tua daun untuk rumah minimalis, Pins. Warna hijau untuk warna cat rumah minimalis cocok dikombinasikan dengan warna-warna bumi seperti warna coklat, atau furniture kayu.

Hijau mint juga bisa digunakan untuk ruangan keluarga di rumah minimalis loh. Hijau mint juga cocok dipergunakan di dapur. Warna hijau membuat rumah terlihat natural, segar, dan memberi ruang untuk berkembang.

Warna Cat Abu-Abu

(Archi.ge)

Zona abu-abu, diantara hitam dan putih. Warna abu-abu merepresentasikan kenetralan dan keseimbangan. Supaya tidak terkesan depresif dan monoton, kamu bisa mempertegas aksen rumahmu dengan jendela yang bold seperti contoh di atas, Pins.

Abu-abu sering digunakan untuk warna ruang kerja karena warnanya yang netral. Untuk kesan maskulin gunakan abu-abu gelap, dan untuk kesan feminin gunakan abu-abu terang. Abu-abu memberi kesan abadi, netral, dan praktis. Tambahkan dekorasi kayu yang klasik untuk memberi kesan abadi di ruang kerja kamu, Pins.

Jangan sepelekan warna coklat loh, Pins. Warna coklat dalam rumahmu bisa memberi kesan “earthy” atau natural. Padukan warna coklat muda dengan hijau dan putih. Abu-abu juga bisa kamu gunakan sebagai pelengkap warna coklat. Tambahkan kesan “earthy” namun tetap minimalis dengan beberapa tanaman di dalam rumah.

Baca juga:

Warna Hitam yang Tegas

(Pinterest)

Untuk Pins yang identik dengan character bold gunakan warna hitam untuk rumahmu. Selain tegas, warna hitam dalam rumah minimalismu akan memberi kesan misterius dan kuat. Menggunakan warna hitam juga memberi ketenangan dan merangsang kreativitas.

Warna Kuning Seperti Matahari

(Designcafe.com)

Warna kuning selalu memberikan kesan hangat, menarik, dan menyenangkan. Supaya tetap minimalis, pilih warna kuning pastel yang tidak mencolok. Agar lebih kontras, pilih warna-warna tua seperti cokelat dan hitam untuk aksen pintu dan jendela maupun furnitur, Pins.

Dengan warna kuning cerah ini, Pins dapat membuat salah satu bagian tembok rumah Pins dan hiasi dengan dekorasi rumah yang penuh. Pasti bagian tersebut akan menjadi spot foto menarik di dalam rumah.

Agar rumah terlihat lebih ceria, warna cat rumah minimalis terbaru yang bisa dipilih adalah warna kuning. Selain memunculkan kesan ceria, warna kuning juga dapat menciptakan suasana optimis. Warna kuning juga mampu memantulkan cahaya matahari sehingga rumah akan menjadi terasa lebih luas. Tidak hanya itu saja, warna kuning juga bisa memberikan kesan hangat di dalam rumah.

Baca juga:

Warna biru merupakan warna yang cocok untuk rumah tipe minimalis. Pins bisa berkreasi dengan warna biru dan putih dalam satu rumah tanpa perlu takut rumahmu terlihat membosankan. Warna biru melambangkan ketenangan, kesetiaan, dan membantumu fokus.

Kamu bisa mewarnai ruang baca atau ruang kerja pribadi milikmu dengan warna biru. Biru yang lebih tua memberi kesan maskulin, sedangkan baby blue atau biru muda memberi kesan feminin.

Warna satu ini menjadi salah satu bagian warna pastel yang lembut yang dapat diaplikasikan pada cat rumah, maupun perabot rumah tangga. Dengan pengaplikasian warna harmoni ini, dalam segi psikologis pun dapat membuat Pins merasa lebih tenang.

Warna Cat Rumah Minimalis Soft Pink

(Housing.com)

Soft pink atau coral pink dapat digunakan untuk cat rumah minimalis dan memberikan sentuhan feminin. Untuk kesehatan, warna pink juga dikenal bisa meningkatkan energi dan menurunkan tekanan darah. Pink melambangkan kebaikan. Sebagai contoh, kamu bisa menggabungkan soft pink dengan putih untuk ruang makanmu.

Warna Batu Alam Kehijauan

(Stone-Ideas.com)

Green Ash menjadi warna batu alam yang menarik diaplikasikan di dalam desain interior maupun eksterior rumah. Dengan warna hijau kekinian, rumah Pins pasti akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

Trend warna earth tone masih menjadi idola para pecinta warna dinamis yang lembut tetapi tetap berani di tahun ini. Warna batu alam kehijauan dapat Pins padu padankan dengan perabot kayu yang segar. Hunian kamu akan terasa lebih tenang dengan variasi warna cat rumah minimalis rumah tersebut.

Ada warna hijau alam lainnya yang lembut tetapi tidak membosankan. Warna ini selain diaplikasikan sebagai cat rumah, juga cocok diaplikasikan di perabot dapur. Dapur minimalis dengan warna hijau lembut, akan menambah semangat Pins saat memasak.

Baca juga:

Warna Warna Tanah yang Menyejukan

(Tribunnews)

Variasi warna cat rumah minimalis selanjutnya adalah warna dari tanah. Warna tanah yang lembut, dipadupadankan dengan perabot rumah yang artsy akan membuat rumah Pins kekinian. Dengan susunan perabot warna kayu alam dicampur dengan warna dinding tanah alam akan menciptakan kesejukan tersendiri di dalam kamar Pins!

Warna Abu Metalik

(Pinterest)

Seperti contoh cat rumah minimalis di atas dengan dominasi keabuan beserta interior yang mendukung diatas. Suasana cerah yang redup membuat ruang keluarga Pins lebih nyaman. Dijamin Pins akan betah berlama-lama bersama keluarga di ruangan ini.

Warna Netral yang Cerah

(Renopedia.sg)

Warna-warna earth tone bersifat ageless atau tak lekang termakan oleh waktu. Warna netral seperti di atas memang menjadi idola. Warna cat rumah minimalis terbaru ini adalah yang paling populer Pins. Variasi warna cat rumah minimalis dengan perpaduan warna netral yang cerah akan membuat kamu betah lama-lama di rumah. Warna beige di atas memberikan nuansa bersih, anggun dan elegan di saat yang bersamaan.

Warna Buah Raspberry

(Pinterest)

Buah Raspberry yang segar dapat menjadi pilihan contoh cat rumah minimalis tempat tinggal Pins lho! Walau terkesan berbeda dan unik dari rumah lainnya, warna cat seperti ini juga sangat kekinian dan lembut. Pertanyaanya adalah apakah anggota keluarga pria di rumah setuju bila Pins mengambil cat warna seperti diatas?

Baca juga:

Warna Biru Tua

(Bramblefurniture.com)

Saat ini warna biru tua banyak menjadi pilihan warna utama untuk rumah minimalis. Tak heran, karena warna biru memberikan kesan lembut yang terkesan tidak berlebihan pada ruangan.

Pemilihan warna biru tua pun cocok untuk generasi keluarga Milenials yang ingin rumahnya terkesan fun, elegan tapi juga tetap nyaman untuk ditinggali. Warna biru tua dengan kesan lembutnya sangat cocok dipadupadankan dengan dekorasi visual yang pas.

Baca juga: 

Warna Cat Rumah Minimalis Hijau Tua

(Jendela360)

Dengan efek alami dan nyaman yang dimilikinya, warna hijau tua juga merupakan salah satu warna yang paling diminati untuk rumah minimalis. Jika ditempatkan sebagai warna dominan dalam desain interior, ruangan tersebut akan terasa mendapatkan kehadiran dari hawa segar dan juga sejuk.

Jadi sebisa mungkin Pins menempatkan warna hijau tua ini pada ruangan sentral yang ukurannya lebih besar atau mendominasi rumah. Hindari mengecat warna hijau tua pada ruangan yang kecil karena warna-warna gelap membuat suatu ruangan terasa lebih kecil.

Warna Hazelnut yang Hangat

(Casaindonesia)

Warna hazelnut akan memberikan kesan hangat dan juga natural pada rumah minimalis. Pemilihan warna hazelnut pada rumah minimalis juga bisa dinilai sebagai pilihan cerdas. Pins akan lebih mudah untuk mengkombinasikannya dengan berbagai furnitur dan perabotan yang ada di dalam rumah karena warnanya yang natural.

Sehingga bisa disandingkan dengan berbagai macam barang dan juga dekorasi. Ada baiknya untuk memberikan warna hazelnut ini kepada ruangan yang minim pencahayaan karena akan membuatnya terasa lebih terang.

Baca juga:

Warna Sejuk dan Hangat

(Rumahlia)

Seperti namanya, warna-warna sejuk ini biasanya dengan mudah kita temukan di alam luas. Namun, bukan berarti warna ini bisa diterapkan di berbagai ruangan pada rumah kita. Warna-warna yang hangat dan sejuk tidak cocok untuk ditempatkan di tempat tidur.

Sebaliknya, cobalah untuk meletakkan warna-warna hangat ini di ruangan yang biasanya berisi orang-orang yang ingin bersosiolisasi seperti ruang tamu, ruang makan, dapur dan juga ruang berkumpul keluarga. Pencahayaan juga penting untuk memaksimalkan efek warna-warna cat yang terkesan sejuk dan hangat.

Warna Cat Dengan Unsur Dingin

(99.co)

Warna-warna dingin biasanya terinspirasi dari warna langit, laut ataupun rumput, sehingga bisa menimbulkan kesan ketenangan terhadap setiap ruangan. Untuk mendapatkan rumah yang terkesan tenang, sebaiknya jatuhkan pilihan warna-warna dingin pada kamar tidur dan juga ruang tamu.

Buatlah jendela yang besar agar Pins bisa mempertahankan efek segar yang ada pada warna-warna dingin. Pins juga bisa memakai lampu berwarna putih saat malam hari agar efek menenangkannya semakin terasa.

Warna Hangat dan Dingin

(Kompas)

Warna putih, hitam dan abu-abu dalam satu waktu bersamaan. Ketika warna abu-abu dan hitam dipadukan dengan warna putih, maka akan timbul kesan muda, modern, lembut dan juga menenangkan dalam satu waktu yang bersamaan. Ketiga warna ini seperti warna putih, abu-abu dan juga hitam juga bisa membuat ruangan yang kecil dan sempit terasa lebih lapang.

Warna Putih Pucat Sederhana

(Archify)

Warna cat dalam rumah minimalis memiliki banyak pilihan. Salah satunya adalah warna putih pucat yang sangat cocok jika diaplikasikan pada ruangan-ruangan di dalam rumah.

Warna putih pucat memang terlihat lebih sederhana, dibandingkan dengan warna putih total yang terlihat terlalu kuat. Pilih gradasi warna pada abu-abu netral agar warna ruangan dapat nyaman dipandang mata. Pilihan warna putih pucat juga dapat memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan sekaligus menimbulkan kesan sejuk serta hangat.

Baca juga:

Warna Mint yang Cantik

(Archify)

Contoh warna cat rumah minimalis selanjutnya yang dapat dipilih adalah warna mint yang termasuk ke dalam warna-warna pastel. Warna mint yang cantik ini juga memiliki kesan sederhana yang kuat, seperti warna putih pucat. Agar lebih indah lagi, Pins bisa mengkombinasikannya dengan warna hijau yang kontras dan terkesan lembut. Kombinasi ini juga untuk menonjolkan keseimbangan antara ruangan dengan tata letak perabot interior yang ada.

Warna Hijau Zamrud yang Elegan

(Spacestock)

Meskipun memiliki desain minimalis, tetapi rumahmu juga bisa terlihat elegan, lho Pins. Caranya dengan menggunakan warna cat rumah minimalis terbaru berwarna hijau zamrud. Hijau zamrud bisa digunakan sebagai warna ruang tamu, ruang keluarga, hingga ruang kerja atau ruangan yang dapat dimasuki penerangan alami. Padukan dengan warna-warna lain pada perabotan interior agar tidak terlalu mendominasi.

Warna Ungu yang Mewah

(Shutterstock)

Sejak zaman dahulu, ungu memang identik dengan warna bangsawan. Hal ini karena bahan baku untuk warna tersebut susah didapatkan di alam. Hingga kini, kesan agung dan berwibawa dari warna ungu masih tetap bertahan. Penggunaan warna ungu akan menampilkan kesan kemewahan pada ruangan. Agar lebih terlihat estetik, kamu bisa memadukan ruangan dengan beberapa perabot pendukung lainnya yang sesuai.

Baca juga: 

Warna Biru Donker Simbol Ketenangan

(Diadona)

Warna cat rumah minimalis biru memang menjadi favorit banyak orang. Warna biru banyak macamnya, salah satunya adalah biru dongker. Warna ini juga menyimbolkan ketenangan di dalam ruangan. Warna biru dongker cocok bila diterapkan di ruangan yang tidak terlalu besar, seperti kamar tidur, ruang kerja, atau ruang tamu sederhana.

Warna Biru Langit Untuk Kenyamanan

(Lazada)

Jika biru dongker memunculkan ketenangan di dalam rumah, maka warna biru langit yang akan memancarkan aura kenyamanan di dalam rumah. Biru langit cocok bila digunakan sebagai warna pada kamar tidur anak atau ruangan bermain. Selain menimbulkan kesan nyaman, biru langit juga dapat membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas.

Warna Persik Untuk Meningkatkan Inspirasi

(Archify)

Warna cat dalam rumah minimalis selanjutnya adalah warna persik atau yang lebih umum disebut dengan warna peach. Karakter warnanya yang menyala-nyala sangat tepat untuk kamu yang membutuhkan banyak inspirasi saat bekerja. Paduan warna antara warna jingga dan merah muda pucat ini dapat pula memunculkan kesan hangat di dalam ruangan. Warna persik bisa diaplikasikan dalam ruangan sempit karena juga bisa membuat ruangan yang ada tampak luas.

Warna Jingga yang Energik

(Insinyur Bangunan)

Jingga memang jarang digunakan sebagai warna cat dalam ruangan. Alasannya karena terlalu mencolok. Padahal, warna ini mampu memberikan aura positif yang bersifat energik. Makanya, warna ini pantas digunakan oleh orang-orang yang memiliki semangat tinggi. Agar tidak terkesan mencolok, padukan dengan berbagai furnitur dengan warna-warna penyeimbang.

Rekomendasi Kombinasi Warna Cat Rumah Minimalis

Pins, walaupun kamu tidak bisa sembarangan mengubah tampilan luar, namun kamu masih bisa berkreasi dari dalam. Jadi jangan khawatir rumah kamu akan membosankan ya. Kamu masih mempunyai kesempatan untuk menciptakan suasana segar dari dalam rumah dengan mengganti cat setiap ruangan. Berikut ini kombinasi warna cat rumah minimalis selengkapnya.

Kombinasi Warna Pastel

(Canva)

Untuk kombinasi warna rumah minimalis yang pertama, Pins bisa mengadaptasi template warna di atas. Kombinasi warna tersebut mencakup warna kuning, mint, blue tiffany dan hot pink. Selain pada bagian dinding, kamu pun bisa memanfaatkan warna-warna pada perabot rumah untuk mendukung kehadiran warna tersebut. Misalnya dari warna kursi, gorden, telapak meja, bantal kursi ruang tamu dan lain-lain. 

Kombinasi Sweet Cotton Sugar

(Canva)

Selanjutnya ada kombinasi warna sweet cotton sugar. Warna-warna pada template ini lebih didominasi dengan warna merah muda. Bagi kamu yang suka dengan warna pink pastinya suka sekali menatap warna-warna di atas. Untuk menteralisir warna-warna pink yang sedikit mencolok, kamu bisa menggunakan warna putih sebagai warna dasar. Untuk warna pink tadi bisa kamu aplikasikan pada warna karpet, taplak meja, sofa, dan perabot lain Pins.

Baca juga:

Kombinasi Modern Pastel

(Canva)

Selanjutnya, bagi kamu yang menyukai warna modern pastel, kombinasi warna di atas bisa menjadi pilihan. Perpaduan rose quartz, scallop seashell, blue grotto, dan tiffany blue bisa kamu aplikasikan di dalam rumah. Warna-warna ini lekat dengan kesan modern dan instagramable. Jika hunian Pins menggunakan warna-warna di atas, tentunya setiap ruangan akan lebih hidup.

Kombinasi Luscious Lemonade

(Canva)

Lalu ada kombinasi warna luscious lemonade. Perpaduan warna pada template di atas menggabungkan warna kuning, tiffany blue, cyan dan freesia. Warna-warna tersebut mengingatkan kita pada suasana liburan musim panas di pantai atau kolam renang ya Pins. Jadi untuk membuat suasana di dalam rumah lebih ceria, penuh semangat dan cerah maka kamu bisa menggunakan template warna-warna di atas.

Kombinasi Sea Breeze

(Canva)

Kemudian ada kombinasi sea breeze. Kombinasi warna pada template ini mempertemukan warna cyan, turquoise, neon green dan yellow green. Apabila kamu memperhatikan kombinasi warna di atas, kamu bisa merasakan warna segar dan ambience liburan ya Pins. Ada warna air dan alam yang menjadi satu sehingga akan membuat hunian akan lebih nyaman pastinya.

Baca juga:

Skema Warna dan Contoh Warna

Berikut beberapa contoh skema warna yang sering digunakan pada desain interior dan eksterior:

(Megapixl)

Skema warna Analog

Merupakan kumpulan warna-warna yang terdapat dalam suatu skema atau kertas petunjuk warna. Kombinasi ini menciptakan keselarasan karena perpindahan antar satu warna dengan warna lain berlangsung halus, tidak terlalu kontras. Misalnya, kuning, kuning jingga, dan jingga.

Skema warna Monokromatik

Yaitu komposisi yang berasal dari satu warna dengan intesitas yang berbeda. Kombinasi ini menciptakan suasana sesuai dengan persepsi warna dasar yang digunakan. Misalnya, merah, merah muda, dan merah tua/merah gelap.

Skema warna Komplementer

Adalah kombinasi warna-warna yang tepat berseberangan dalam lingkaran warna. Perpaduan warna-warna komplementer memiliki kekuatan warna yang berimbang dan saling melengkapi, bersifat kontras dan menghidupkan suasana. Contohnya, merah dengan hijau kuning dengan ungu, atau biru dengan oranye.

Baca juga:

Skema Triad

Beberapa warna yang memiliki jarak yang sama satu sama lain dalam sebuah lingkaran warna. Yang termasuk skema warna triad diantaranya yaitu oranye, hijau, dan ungu. Tiga warna primer merah, biru, serta kuning juga termasuk kedalam kelompok warna triad. Warna-warna tersebut memiliki intesitas yang sama kuatnya.

Skema warna Tetrad

Adalah komposisi empat warna yang memiliki jarak sama satu sama lain dalam lingkaran warna. Contohnya, merah oranye-kuning, hijau. dan biru-ungu.

Warna Peach

Pemilihan warna peach  seperti yang di atas ini bisa juga kamu terapkan di rumah minimalis Pins loh. Warna peach  sendiri memang populer pada sekitar tahun1980an, sebagai skema warna cat dinding luar rumah yang cerah, walaupun saat ini kurang diminati. Namun, tidak ada salahya untuk menghidupkan kembali warna pastel yang lembut ini.

Warna Vintage

Sentuhan vintage saat ini memang menjadi tren yang bisa dicoba. Termasuk untuk eksterior rumahmu. Pins bisa menggunakan warna-warna seperti beige, warna cream, hingga biru laut yang bisa dicoba untuk memberi aksen warna tersendiri.

Warna ala Suburban

Warna dari rumah suburban di Amerika Serikat ini biasanya didominasi oleh warna putih, abu-abu, warna emas, rustic red, hingga forest wood untuk warna atap rumah.

Warna cat dinding luar rumah yang cerah dari rumah suburban ini sendiri biasanya akan menggunakan warna abu-abu terang atau light gray. Warna atap rumah bisa menyesuaikan dengan warna dinding kalian masing-masing. Sekarang Pins bisa dengan mudah dalam mengkombinasikan warna untuk mendapatkan kesan sesuai keinginan.

Baca juga:

Tips dan Trik Cara Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

(Designcafe.com)

Manfaatkan Cakram Warna

Jika kamu bingung menentukan warna apa yang cocok untuk rumah? Pins bisa memanfaatkan cakram warna ini. Dengan cakram warna kalian bisa membayangkan warna apasih yang cocok untuk rumah kalian. Dari tiga warna cat dasar, yaitu merah, kuning, dan biru, akan didapat warna-warna sekunder, tertier, dan turunanya. Namun, Jika ingin memperoleh warna yang kontras namun tetap serasi, warna-warna bersebrangan, ataupun warna-warna yang membentuk sudut 900 akan saling melengkapi.

Sesuaikan dengan Ukuran Ruang

Warna-warna terang seperti, putih, kuning muda, dan coklat muda memang sangat cocok untuk ruangan kecil agar terlihat luas dan besar. Namun, bukan berarti pilihanya menjadi terbatas loh Pins. Pilihan warna lain yang lebih gelap dapat diaplikasikan pada furnitur, cushion, atau dinding, tetapi dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

Baca juga:

Pilih Warna Cat Berdasarkan Mood

Saat memikirkan warna cat rumah yang bagus untuk tempat tinggal idamanmu, pertimbangkan suasana ruangan tersebut. Tentu saja suasana kamar tidur akan berbeda dengan suasana ruang tamu. Suasana ruang tidur akan coba didesain lebih adem dan meningkatkan ketertarikan untuk beristirahat.

Tahukah kamu, salah memilih warna cat kamar bisa membuat tidur tidak nyenyak ?Atau kamu ingin mendesai ruang dapur agar lebih formal dan lebih hangat?

Kamu bisa memilih warna yang menunjang itu, seperti warna netral atau warna biru dan hijau tua.

Baca Juga:

Kenali Warna Terbaik untuk Ruangan

Rumah itu terdiri dari beberapa ruangan yang pastinnya sudah menjadi kebutuhan utama, seperti halnya ruang keluarga, ruang tamu, ruang tidur, serta ruang dapur. Jenis-jenis ruangan ini tentunya memiliki konsep yang berbeda sehingga akan membutuhkan warna yang berbeda-beda pastinya. Hasil dari mengkombinasikan warna itu bisa mencerminkan karakter Pins loh.

Warna yang Berbeda Sebagai Batas Ruang

Ciri khas setiap ruang akan berbeda menurut fungsi yang ditampung didalamnya. Pada ruang open-plan yang mempersatukan beberapa ruang dalam sebuah ruang sekaligus, warna lain dapat dijadikan batas untuk tiap ruang. Kesan yang ingin ditampilkan dari penggunaan warna yang berbeda bisa kontras ataupun komplementer.

Kenali Karakter yang Ada dalam Setiap Warna

Hal yang perlu Pins perhatikan sebelum memilih warna cat untuk rumah Pins adalah bahwa setiap warna mampu mencerminkan karakternya masing-masing. Dengan demikian, Pins harus pandai dalama memilih warna cat yang sesuai dan pas dengan kepribadian Pins.

Terkadang, banyak orang yang memilih warna netral, namun ternyata malah terkesan membosankan, karna warna telalu kaku. Maka dari itu, warna netral ini bisa Pins kombinasikan dengan warna lain yang lebih cerah dan menyala. Berikut beberapa maknanya:

Baca juga:

  • Merah

Warna merah erat kaitanya dengan semangat dan energi. Terkadang warna merah juga berhubungan dengan amarah, bahkan bahaya. Meskipun demikian, warna merah membuat orang lebih hidup dan sosial. Sehingga warna ini lebih cocok digunakan untuk ruang makan atau ruang tamu.

  • Oranye

Kita seringkali mengasumsikan warna oranye dengan matahari pada siang hari. Ya, warna ini memang menunjukan energi dan kebahagiaan. Karena ini merupakan warna yang mampu menstimulasi, maka warna oranye akan sangat baik bila di pasang di dapur atau ruang keluarga, di mana semua anggota keluarga berkumpul.

  • Hijau

Warna hijau mengingatkan kita tentang alam, karena warna itu juga yang ada di daun dan rumput. Hijau memang warna yang sangat damai sehingga mampu membantu orang untuk beristirahat dan melepas stres.

Maka, warna ini cocok untuk dipakai di kamar tidur, bahkan di ruang keluarga untuk bersantai melepas kelelahan setelah bekerja seharian.

  • Biru

Warna ini mengingatkan kita tetang biru laut yang sangat nyaman. Dengan menggunakan warna ini juga dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan, sehingga baik digunakan untuk warna ruang kerja atau belajar. Warna ini juga dapat mendamaikan sehingga cocok digunakan untuk ruang tidur.

  • Pink 

Pink tua dapat menunjukan panas dan semangat, sementara pink muda dapat mendamaikan, tetapi secara keseluruhan warna ini mewakili cinta. Warna ini sangat tepat untuk kamar tidur. Namun, warna ini juga membuat dekorasi ruangan tampak lebih feminin, sehingga mungkin tidak cocok untuk semua orang.

  • Hitam

Meskipun warna hitam sering dikatakan dengan kematian, tetapi warna ini juga menunjukan eksentrisitas dan drama. Karena tidak memantulkan cahaya apapun, ruangan yang diberi warna itu terlihat lebih kecil dan gelap. Namun, warna ini sebenarnya bagus digunakan untuk kombinasi dengan warna lain untuk membuat variasi dekor ruangan.

  • Coklat

Seperti hijau, warna ini mewakilkan bumi dan alam. Namun warna ini terkesan datar dan kurang mampu menstimulasi perasaan kita. Meskipun warna coklat juga dapat digunakan sebagai kombinasi yang membuat stabilitas mood dan menenangkan.

  • Putih

Warna putih merupakan warna yang menjadi favorit banyak orang, karena warna putih ini dinilai sebagai warna yang membuat kesan bersih dan mewah.

Umumnya kombinasi warna ini digunakan adalah pada perabot rumah tangga atau perlengkapan rumah yang menghiasi sekitar rumah yang mampu menutupi warna putih yang terlalu mencolok. Jika warna putih ini terlalu banyak digunakan, maka akan memberikan kesan kaku serta dingin. Sehingga masih terlalu netral.

  • Abu-Abu

Warna abu-abu akhir-akhir ini menjadi favorit bagi setiap orang, bahkan warna abu-abu ini seringkali digunakan dalam konsep rumah minimalis sehingga akan memberikan kesan rumah yang lebih luas.

Baca juga:

  • Pastel

Warna pastel bisa memberikan kesan lembut dan fleksibel bagi penghuninya. Kombinasi warna cat pastel juga sekarang ini mulai banyak digemari untuk menghiasi rumah-rumah modern.

  • Kuning

Biasanya, warna kuning yang cerah ini memberikan kesan ceria, bahagia, energik, dan rasa optimis. Adapaun penggunaan warna kuning pada ruangan dipercaya mampu merangsan aktivitas pikiran dan mental, bahkan berdampak pada meningkatnya kemampuan analisis seseorang.

  • Ungu

Warna ungu kerap dipersepsikan dengan imajinasi, spiritualitas, dan sisi misterius. Itu sebabnya, penggunaan warna ungu mampu untuk menarik perhatian orang lain, mencerminkan kekuatan,dan mencerminkan hal lain seperti ambisius, independen, kebijaksanaan, visioner, bahkan kemewahan

  • Emas

Warna emas memiliki makna prestasi, kesuksesan, kemewahan, kemengangan dan juga kemakmuran. Sama seperti emas dalam betuk fisik yang menjadi komoditas berharga dan juga prestise di setiap negara.

Baca juga:

  • Tosca

Menurut psikologi, warna tosca dapat menyeimbangkan emosional, stabilitas, ketenangan dan juga kesabaran. Warna tosca dipercaya dapat memberikan semangat ketika sesorang stress mental atau kelelahan dan juga dihinggapi rasa kesepian.

Warna tosca adalah warna yang baik untuk membantu konsentrasi dan menenagkan sistem saraf sehingga pikiran menjadi lebih jernih juga percaya diri.

  • Magenta

Warna magenta merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu. Campuran warna merah yang memiliki arti semangat, kekuatan dan energi tertahan oleh energi tenang warna violet sehingga mencipkana keseimbangan.

Maka dari itu, warna magenta dapat di artikan sebagai keseimbangan dalam aspek fisik, mental, spiritual ataupun emosional. Selain itu warna magenta memiliki filosofi perubahan atau transformasi.

Tips Merawat Cat Dinding Rumah

(iStockphoto)

Bagaimana Tips Merawat Dinding Rumah yang benar pada rumah Pins agar nyaman dilihat? Simak penjelasnya berikut ini.

Baca juga:

Bersihkan dinding rumah minimalis Pins

Cara pertama merawat dinding dan yang paling sederhana adalah membersihkan dinding Pins sesering mungkin.

Membersihkan dinding Pins bertujuan untuk menghilangkan noda yang mungkin saja mengganggu penglihatan, karena noda yang ada minimal akan mengganggu rasa nyaman saat melihat dinding.

Minimal seminggu sekali setidaknya dibersihkan, terlebih lagi apabila Pins memiliki anak kecil yang baru tumbuh mereka biasanya lebih aktif sehingga perlu perhatian lebih, karena mereka biasanya kadangkala mencoret tembok atau meninggalkan noda tertentu jadi sebaiknya segera dibersihkan.

Cat ulang dinding rumah minimalis Pins

Bilang memungkinkan untuk merawat dinding Pins, Pins bisa mengecat ulang agar dinding Pins tidak terlihat kusam ketika telah lama tidak di cat.

Bila ada dana lebih cara ini cukup tepat untuk digunakan, mengecat ulang dinding dapat membantu dinding Pins terlihat lebih baik, dan tentunya lebih terawat.

Ada banyak cara untuk mengecat dinding namun yang utama adalah saat pemilihan warna, sebaiknya ketika menentukan ya sebisa mungkin sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak terlalu banyak menacapkan paku

Merawat dinding bisa juga dilakukan dengan langkah pencegahan, yang artinya kita tidak salalu harus memperbaiki setelah rusak namun menjaga agar dinding juga tidak cepat rusak.

Salah satunya adalah tidak terlalu banyak menancapkan paku pada dinding. Bila dinding terlalu sering di pasangi paku dan terlubang bukan tidak mungkin kondisi dari dinging menjadi kurang baik.

Bisa dari tampilanya yang menjadi kurang bagus diliat, bisa juga dari kualitas dinding itu sendiri yang mungkin nantinya menjadi kurang baik.

Baca juga:

Perhatikan dinding yang lembab

Ada kalanya dinding yang sudah terbentuk mungkin saja mengalami kelembapan, mungkin karena kurang pas saat memberikan komposisi pembuat dinding dan sebagainya.

Banyak hal lain yang bisa membuat dinding pada rumah menjadi rusak, salah satunya adalah masalah kelembapan. Sebaiknya Pins juga mempersiapkan hal ini.

Pertimbangkan untuk dinding Pins yang lembab untuk memberikan pelapis anti bocor agar tidak lembab lagi.

Gunakan primer sebelum mengecat dinding

Jika Pins ingin mengecat area baru dirumah Pins, sebelum mengaplikasikan cat warna pada dinding akan lebih baik jika Pins mengolesakn primer terlebih dahulu.

Primer berfungsi untuk membuat lapisan cat dapat bertahan lama dan tidak mudah mengelupas.

Selain itu fungsi primer adalah untuk membuat permukaan lebih lembut sehingga permukaan dinding tidak akan terdapat gelembung-gelembung dari semen.

Gunakan primer yang mengandung minyak untuk membuat permukaan dinding sedikit mengkilat.

Jika Pins sudah yakin untuk mulai mempertimbangkan masalah yang satu ini yaitu merawat dinding rumah namun bingung harus mulai dari mana, Pins bisa terlebih dahulu membaca artikel ini dan Pins bisa mulai mempertimbangkan bagaimana langkah antisipasi untuk merawat dinding rumah Pins.

Beberapa di antaranya tadi adalah dengan membersihkan dinding pagar minimalis Pins, kemudian bisa mengecat ulang dinding bila diperlukan, bisa juga dengan tidak menancapkan paku terlalu banyak pada dinding, dan yang terahir Pins bisa juga untuk memperhatikan dinding Pins yang lembab serta penggunaan primer.

Demikian beberapa gambar tentang warna cat rumah minimalis dan juga tips memilih warna cat rumah lengkap. Semoga arikel yang kami buat ini bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Baca juga:

Featured Image Source: Otosection

Editor: Voni Sri


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia