Tips Memilih Warna Cat Tembok Agar Rumah Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 9 December 2021 ∙ 10 menit membaca

Memilih warna cat tembok rumah merupakan hal penting, baik dalam membangun atau merenovasi rumah. Ada berbagai macam hal yang perlu diperhatikan dalam memilih warna-warna cat tembok, seperti desain dan tata cahaya di dalam rumah nantinya.

Ini tentu membutuhkan waktu dan berbagai macam pertimbangan yang matang. Kesalahan pemilihan warna cat rumah tentu bisa membuat suasana rumah menjadi tidak membahagiakan.

Alhasil, kamu dan keluarga tidak akan betah berlama-lama diam di dalam rumah. Maka dari itu, coba simak tips memilih kombinasi warna cat rumah di bawah ini, yuk!

Baca juga:

Pertimbangkan Model Rumah

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika pemilihan cat warna rumah adalah melihat bentuk rumah yang dicat. Apakah rumah Pins mengusung konsep minimalis, bertema modern, atau dibangun dengan gaya tradisional.

Hal ini akan berpengaruh terhadap kesesuaian warna yang dipilih. Model rumah juga akan memengaruhi jenis perabotan yang digunakan dan penataan di dalam ruangan sehingga rumah dapat terlihat luas.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Kayu Modern Minimalis

Perhatikan Warna dan Gaya Rumah Di Sekitar

Berani tampil beda memang bikin salut, sebab terkadang unik itu indah. Sayangnya, terkadang keunikan tersebut membuat rumah Pins terlihat aneh. Sebuah rumah yang nampak megah dengan warna-warni pilihan, tetapi kontras dengan nuansa rumah-rumah di sekitar akan terlihat berbeda.

Oleh sebab itu seperti yang dianjurkan pada tips desain rumah, mulailah dengan melakukan observasi pada lingkungan Pins dan temukan cat warna yang sesuai dengan lingkungan sekitar rumah.

Pastikan Warna Tembok Serasi dengan Warna Atap Rumah

Pemilihan warna cat tembok di dalam rumah ternyata tidak boleh sembarangan, Pins. Kamu harus memastikan warna tembok serasi dengan warna atap rumah, lho.

Bila warna tembok rumah dan warna atap tampak kontras, tentu akan terlihat aneh bukan? Jadi, sebaiknya pilih warna cat tembok yang selaras dengan atap rumah, ya!

Pelajari Warna Favorit Pins dan Keluarga

Sebelum terlanjur menentukan warna cat rumah, ada baiknya meluangkan waktu untuk berdiskusi warna yang tepat sebagai bagian dari langkah yang dianjurkan pada tips desain rumah.

Penghuni rumah tidak hanya satu orang saja. Itu sebabnya, ada baiknya untuk berdiskusi mengenai hal ini. Memang agak sedikit rumit karena setiap kepala memiliki konsep ide yang berbeda mengenai pilihan warna. Namun, ini mengurangi risiko konflik di kemudian hari, bukan?

Baca juga: 12 Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Pikirkan Suasana yang Akan Tercipta

(Freepik)

Bila ingin rumah terasa lebih luas, nuansa warna yang diusung juga harus menyesuaikan suasana yang ingin diciptakan di dalam rumah. Jangan sampai rumah telah dicat bagus, tetapi tidak mencerminkan suasana yang ingin ditampilkan ya, Pins.

Tentukan kesan yang akan ditonjolkan. Pins bisa menjadikan beberapa rekomendasi cat warna di bawah ini ketika memilih nuansa yang ingin diciptakan di dalam rumah.

Biru

Memilih cat warna biru menggambarkan kesan menenangkan. Boleh dibilang warna ini menjadi warna terpopuler karena dianggap mewakilkan langit dan surga.

Mereka yang menyenangi warna biru biasanya adalah orang yang bisa dipercaya, loyal, friendly dan mempunyai prinsip kuat dalam hidupnya. Berkat kekuatan menenangkan yang dimilikinya, biasanya orang–orang memilih warna biru untuk cat kamar tidur.

Biru Telur Asin

Jika Pins memilih warna cat rumah yang sejuk, biru telur asin bisa jadi alternatif. Warna yang satu ini memang terdapat pada benda-benda alami seperti langit, laut dan masih banyak lagi.

Jadi tidak heran kalau biru ini masuk ke dalam daftar warna cat yang adem dan sejuk. Cat warna biru pada tembok rumah akan membuat ruangan kamu terasa segar dan sejuk. Nuansa ini dapat mempengaruhi mood Pins menjadi lebih positif.

Baca Juga: Ide Desain Kamar Tidur Minimalis Unik dan Kekinian

Kuning

cara mengecat tembok

Kuning mewakilkan kesan bahagia, optimis, penuh inspirasi dan kehangatan. Individu yang menyenangi warna kuning biasanya merupakan individu yang trendi dan modern.

Khusus untuk warna kuning pucat, warna ini akan membawa kesan cerah tanpa membuat orang yang di dalamnya merasa tertekan karena tingkat keceriaan yang ia miliki.

Ungu

Warna ungu dapat membangkitkan imajinasi dari dalam diri kamu. Ungu juga menyimpan arti mewah, elegan dan kekayaan. Individu yang menyukai warna ungu biasanya sangat kreatif, bijak dan romantis.

Kalau Pins tertarik untuk menciptakan ruang santai, tak ada salahnya, lho, untuk mengecat ruangan menjadi ungu untuk memberi kesan unik dan mewah.

Merah

Melambangkan kepercayaan diri, kebahagiaan dan energi yang meluap, bisa dibilang warna merah adalah warna yang paling menarik dibandingkan warna yang lainnya.

Para individu yang menyenangi warna merah biasanya penuh passion, enerjik, ramah dan berpendirian kuat. Kalau kamu ingin membawa kesan ceria ke dalam rumah, warna merah patut kamu jadikan sebagai pilihan utama, Pins!

Hijau

Mewakili warna sejati alam, warna hijau menyimpan kesan santai dan menenangkan. Selain itu, warna hijau bisa berarti ceria, harmoni, enerjik dan positif. Mereka yang menyenangi warna hijau biasanya bersifat bijak, penuh ambisi dan adil lho.

Kalau Pins mau membawa suasana enerjik tapi tetap damai dan segar ke dalam rumah, warna hijau patut kamu jadikan pilihan utama Pins!

Baca juga: Inspirasi Membuat Desain Kamar Tidur Minimalis Terkesan Mewah

Merah Muda (Pink)

Meskipun masih masuk ke dalam keluarga si Merah, warna merah muda dinilai mempunyai pesan yang lembut. Para individu yang menyenangi warna merah muda atau pink ini dinilai sebagai individu yang feminin, lugu dan begitu romantis.

Dibandingkan saudaranya, si Merah, warna merah muda mempunyai kesan menenangkan yang cocok apabila diaplikasikan ke ruang tidur, Pins.

Cokelat

Warna cat rumah yang sejuk selanjutnya yang dapat dicoba di rumah adalah coklat muda. Warna yang satu ini akan memberikan ketenangan dan nuansa sejuk karena warnanya yang kalem dan tidak terlalu mencolok.

Selain itu warna coklat sama dengan warna putih dan abu-abu, yaitu bersifat netral. Jadi, kamu dapat dengan mudah memadukan warna ini dengan warna-warna lain. 

Oranye

warna orange

Warna orange atau jingga dinilai mempunyai kesan ceria dan penuh ekspresi. Warna orange juga dianggap mewakilkan keseimbangan, kehangatan, keceriaan, penuh antusias namun siap untuk menjadi pusat perhatian.

Mereka yang menyenangi warna orange biasanya mempunyai kepribadian friendly dan mudah dekat dengan semua orang. Selain itu, warna orange dinilai dapat merangsang nafsu makan, jadi cocok untuk melengkapi suasana di ruang makan.

Silver

Seperti kesan warnanya yang berkelas, warna silver biasanya mewakilkan kemakmuran dan kekayaan. Para individu yang menyenangi warna silver biasanya tertarik dengan fashion, juga termasuk pribadi yang mempunyai tingkat motivasi tinggi.

Di mana pun kamu mengecat warna tembok menjadi warna silver, maka dijamin ruangan tersebut akan tercipta suasana ruang yang nyaman dan berkelas deh, Pins!

Putih

Pemilihan warna putih untuk cat tembok memang digunakan oleh hampir semua pemilik rumah. Walau tidak semua bagian rumah, putih menjadi warna dasar yang dipakai.

Warna ini merepresentasikan suasana yang netral dan mudah dikombinasikan dengan warna lain. Putih juga melambangkan kesucian, kebersihan, dan kesederhanaan. Menggunakan warna putih pada ruangan akan sangat membantu dalam menciptakan suatu kesan yang luas dan besar untuk ruangan.

Hitam

Duh, kok kesannya gelap banget ya kalau menjadikan warna hitam sebagai pilihan warna rumah. Eits, jangan salah, Pins! Warna hitam melambangkan kesan elegan, misteri dan kekuatan penuh.

Individu yang menyukai warna hitam biasanya bersifat ambisius dan suka kemewahan. Kamu bisa menyiasati warna yang terkesan suram ini dengan kombinasi aksen warna lain sehingga dapat memunculkan kesan dramatis pada ruangan di rumahmu, Pins.

Abu-abu

Meski cenderung gelap, warna abu-abu ini justru dapat membuat warna cat rumah lebih sejuk dan adem lho! Tidak hanya itu, warna abu-abu bersifat netral sehingga mudah dipadukan dengan warna-warna lain.

Pins jadi tidak perlu takut memainkan warna pada ruangan. Dengan cat warna abu-abu, ruangan akan terlihat elegan dan modern. Bahkan, warna yang satu ini banyak digunakan pada rumah-rumah modern dengan desain minimalis.

Baca juga: Pilihan Desain Furniture Rumah Minimalis dan Modern

Coba Cat di Ruangan yang Sempit Dulu

Jika sudah ada beberapa pilihan, sebaiknya coba terlebih dulu mengecat di bagian tembok ruangan yang paling kecil. Ruangan ini setidaknya bisa dipakai sebagai uji coba, seperti kamar tidur, kamar mandi, atau tembok lorong.

Tips ini juga bisa dipaka ketika kamu memilih kombinasi warna cat untuk tembok di rumah. Hal ini dilakukan dengan mengecat bagian yang mudah terlihat menggunakan warna yang sepadan dengan furnitur yang ada di ruangan agar tampak lebih indah.

Pertimbangkan Peran Pencahayaan Ruangan

(The Spurce)

Memilih warna cat tembok agar ruangan terlihat lebih luas juga tidak lepas dari peran pencahayaan di dalam rumah. Setelah melakukan pengecatan pada bagian-bagian rumah yang sempit, selanjutnya perhatikan tampilan warna tembok ketika mendapatkan pencahayaan yang berbeda pada pagi, siang, dan malam hari.

Setelah itu, atur warna yang lebih tepat yang menyesuaikan pencahayaan yang didapatkan di dalam ruangan kombinasi warna dan pencahayaan yang kurang tepat justru akan membuat rumah terkesan pengap dan sempit.

Baca juga: 7 Cara Mengecat Tembok dan Tekniknya yang Benar Agar Hasil Mulus

Pilih Transisi Warna yang Sesuai

(Asian Paints)

Tips memilih warna cat rumah yang sering dilupakan adalah transisi warna yang kurang sesuai antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Keserasian dalam memilih warna antar ruangan adalah hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian.

Terkadang, warna yang digunakan di masing-masing ruangan sangat kontras yang justru terkesan nabrak, sehingga suasana ruangan menjadi menjemukkan. Pilih warna-warna yang satu tema agar transisi antar ruangan tidak terlalu mencolok.

Boleh menggunakan warna kontras asal sesuai agar mood penghuni rumah tetap positif.

Baca juga: Rekomendasi Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis Terbaru dan Terkeren

Manfaatkan Bantuan Tabel atau Lingkaran Warna

(Shutterstock)

Pilihan warna cat tembok sangatlah beragam. Agar bisa menentukan transisi warna yang tepat seperti langkah sebelumnya, kamu bisa gunakan panduan warna ya, Pins.

Panduan warna ini biasanya berbentuk tabel atau lingkaran. Panduan ini juga yang biasa digunakan oleh para desainer profesional ketika menentukan kombinasi warna.

Tips ini akan sangat berguna bila Pins menginginkan paduan warna kontras agar menghasilkan kombinasi warna yang cantik.

Gunakan Pelengkap Ruangan yang Sesuai

(Unsplash)

Tidak hanya memilih warna-warna cat tembok yang membuat ruangan dapat terlihat luas, pemilihan perabot, aksesori, pajangan, dan pelengkap ruangan lainnya pun demikian. Pemilihan pelengkap ruangan ini wajib menyesuaikan warna cat tembok dengan bentuk yang sesuai pula.

Jika ruangan memiliki warna dasar monokrom, jangan ragu untuk memilih perabotan ruangan berwarna-warni agar suasana ruangan menjadi lebih hidup.

Ikuti Aturan 60-30-10

(Nippont Paint)

Agar komposisi warna bisa seimbang dan ruangan tidak terkesan penuh sesak, gunakan aturan 60-30-10 dalam mengecat ruangan. Rasio 60% untuk warna dominan  ruangan atau warna dasar pada tembok, 30% untuk warna-warna pada sofa, kursi, dan meja.

Sementara itu, sisa 10% lainnya untuk warna pada dekorasi yang ada di dalam rumah. Penggunaan aturan ini bisa membantumu untuk menghasilkan kesan lega dan luas di dalam rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan atau Rumah

Pakai Warna Finishing Berbeda

(Nippont Paint)

Memakai warna finishing yang berbeda dalam memilih warna-warna cat tembok dapat memberikan hasil yang memuaskan. Berkreasi dengan kombinasi cat warna adalah salah satu langkah sukses dalam menghasilkan warna tembok yang menawan dan mengagumkan.

Sebagai contoh, pemakaian hue yang sama pada garis-garis dan tembok sebaiknya memakai warna matte untuk finishing pada tembok.

Apakah kamu dalam waktu dekat akan mengecat lagi rumah beserta ruangan di dalamnya, Pins? Jika iya, maka berbagai tips di atas boleh kamu mulai lakukan, ya.

Baca juga: Cara Agar Cahaya Matahari Masuk ke Dalam Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia