Pinhome

Desain Rumah Minimalis Favorit yang Bisa Menjadi Inspirasi

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ 13 December 2021 ∙ 20 menit membaca

Daftar Isi

Pinhome – Membuat desain rumah yang bagus dan minimalis tidak akan terlepas dari bagaimana menentukan perletakan setiap ruangan yang dibutuhkan. Sehingga terbentuk satu kesatuan denah rumah yang nyaman serta enak untuk digunakan, dari segi model tidak akan terlalu jauh perbedaan antara denah rumah minimalis dengan model denah rumah lainya yang akan lebih terlihat menonjol jika dilihat pada desain interior rumah sehingga bisa disebut model minimalis, klasik, modern atau sebutan lainya yang dapat menggambarkan nilai-nilai arsitektur yang dituangkan kedalam sebuah desain interior rumah tinggal.

Pembuatan denah desain rumah minimalis dimulai dari bagaimana membuat data-data mengenai kebutuhan ruangan yang diharapkan serta pembuatan data ukuran tanah yang tersedia sehingga kegiaran pembuatan gambar denah rumah dapat berjalan dengan mudah serta menghasilkan sebuah gambar yang sesuai dengan keinginan dan harapan keluarga sebagai calon penghuni rumah minimalis.

Baca Juga: Apa Saja Tipe Rumah Minimalis?

Apa Itu Desain Rumah Minimalis?

Saat ini desain rumah minimalis memang menjadi salah satu trend desain yang cukup banyak diminati orang. Disamping sajiannya yang lebih lembut, kesan elegan juga terpancar dari aneka model rumah dengan desain minimalis.

Di dalam rancangan ilmu arsitektur, istilah minimalis sebetulnya merupakan istilah yang cukup umum digunakan dalam beberapa hal, misalnya rancangan desain dapur minimalis, bahkan desain sofa sekalipun bisa dibuat minimalis. Lalu apa arti dari minimalis itu sendiri untuk bangunan rumah?

Baca juga: Model Pagar Rumah Minimalis

Makna minimalis yang pertama adalah minimalis dengan makna kata sebenarnya. Artinya dalam berbagai hal, rumah didesain seminimal mungkin, baik dari segi anggaran maupun ukuran, namun tetap mengacu pada desain rumah yang indah dan nyaman.

Pilihan desain rumah minimalis dalam pengertian ini biasanya distandarkan pada biaya si pemilik maupun lokasi dari bangunan rumah. Untuk menyesuaikan dengan tempat lokasi dan keuangan, maka dibuatlah desain rumah minimalis dari berbagai aspek di atas.

Dalam istilah marketing bangunan yang berkembang saat ini, istilah desain rumah minimalis justru memiliki makna sebaliknya yakni desain yang serba bersih, indah, mungil, paduan warna yang berani, memberi kesan mengekspos dinding rumah, banyak menggunakan perpaduan garis garis pada dinding yang akan membuat desain tampak lebih menarik.

Pada akhirnya, desain rumah minimalis di sini bergeser makna dari arti kata minimalis yang sebenarnya. Desain rumah minimalis dalam istilah marketing bangunan yang bekembang saat ini meliputi dua aspek yakni desain interior yang mencakup pola penataan dalam ruangan rumah, juga aspek eksterior yakni desain bagian luar ruangan.

Desain rumah minimalis saat ini menjadi trend kalangan arsitektur, tak hanya ditemukan pada rumah-rumah pribadi, desain bangunan perkantoran pun telah banyak yang memilih nuansa minimalis. Kesan bersahaja dan elegan terpancar jelas dari model rumah minimalis.

Berbeda dengan model rumah mewah yang terkesan wah, model rumah minimalis biasanya cocok untuk rumah-rumah berukuran mini namun tetap estetik dan menarik.

Baca Juga: Inspirasi Desain Mushola Minimalis

Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Inspirasi Desain Rumah Minimalis
(Pixabay)

Pada dasarnya, kamu harus hati-hati dalam memilih gaya dan detail rumah kamu, karena jika terlalu berlebihan hasil akhir pembangunan rumah kamu tidak akan memuaskan lho. Untuk itu bantuan arsitek juga diperlukan. Bagaimana sih cara memilih tipe rumah yang tepat?

  • Kamu harus memahami apa kebutuhan kamu, contohnya kamu memiliki 3 orang anggota keluarga. Sebaiknya kamu memilih tipe rumah 36 atau 45 Pins.
  • Kamu juga harus paham benar tujuan kamu dalam membeli rumah. Banyak orang membeli rumah untuk tempat tinggal, dan ada juga yang membeli rumah untuk kebutuhan investasi. Bagi Pins yang mau berinvestasi lebih baik memilih tipe 24 atau 36.
  • Pertimbangkan lokasi lahannya ya Pins, periksa lingkungan apakah ramai atau tidak dan apakah dekat dengan bangunan penting seperti jalan besar, rumah sakit, kantor polisi atau toserba.

Untuk kamu yang masih bingung memilih desain rumah, berikut ini 10 referensi desain rumah minimalis yang keren untuk kamu!

Baca Juga: 5 Poin Penting Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana

Dengan Garasi Mobil

Garasi mobil
(Dekoruma)

Desain rumah seperti di atas cocok untuk Pins yang tinggal di area kota. Hal ini karena area rumah di atas dilengkapi dengan garasi mobil lengkap dengan taman mini di depan rumah.

Pins juga bisa melihat penataan rumah yang simpel, lengkap dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Apabila Pins lihat dengan detail, ada taman kecil di dalam rumah dekat dengan dapur.

Desain rumah ini juga cocok untuk Pins yang mempunyai keluarga kecil dengan dua anak. Area rumah secara keseluruhan juga berfungsi secara optimal. 

Baca Juga:

Desain Rumah Modern Minimalis dengan Balkon

(Lamudi)

Desain rumah minimalis selanjutnya dilengkapi dengan balkon. Pins bisa melihat ada area yang dijadikan sebagai balkon atau teras. Jika Pins lebih teliti melihat, untuk menuju ke area teras harus menaiki tangga dahulu. Artinya lokasi teras dan dalam rumah tersebut lebih tinggi dari tanah di sekitar lokasi perumahan.

Desain rumah seperti ini cocok untuk Pins yang mempunyai keluarga kecil dengan satu anak. Hal yang unik adalah, meja makan yang menyatu dengan area keluarga. Hal ini memberikan kesan keterbukaan karena tidak ada sekat yang memisahkan dua area tersebut.

Baca Juga:

Desain Rumah Modern Minimalis dengan Teras Belakang

Desain Rumah Modern Minimalis dengan Teras Belakang
(Dekoruma)

Apabila sebelumnya Pins melihat teras bagian depan pada desain rumah, lalu di sini Pins akan melihat adanya teras atau balkon di bagian belakang rumah. Teras tersebut dibuat memanjang sehingga menghubungkan dua lokasi yaitu ruang keluarga dan juga kamar utama.

Pada desain rumah di atas, Pins akan menemukan lokasi dapur berada di bagian depan rumah dekat dengan pintu masuk. Memang tidak lazim ya Pins, namun hal ini bukan berarti tidak mungkin diaplikasikan. Bagi Pins yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan ruang gerak yang efisien dan efektif, maka konsep seperti ini mungkin patut dicoba. 

Baca Juga:

Desain Rumah Modern Minimalis Satu Kamar Tidur

Desain Rumah Modern Minimalis Satu Kamar Tidur
(Dekoruma)

Bagi Pins yang mungkin masih tinggal sendiri, desain rumah modern minimalis berikut cocok untuk jadi inspirasi Anda. 

Penempatan ruangan yang sangat strategis membuat desain rumah ini cukup menarik untuk dieksekusi, Pins.

Di dalam rumah terdapat ruang menonton TV yang menjadi satu dengan ruang kerja. Selain itu dapur masak yang juga dekat dengan meja makan. Uniknya meja makan tersebut menggunakan konsep meja bar dengan kursi tinggi. Menarik bukan, Pins?!

Baca Juga:

Desain Rumah dengan Warna Perabotan Cokelat Muda

Desain Rumah dengan Warna Perabotan Cokelat Muda
(Faith Konstruksi)

Desain rumah modern minimalis berikutnya mempunyai tiga kamar tidur yang cukup luas. Desain rumah seperti ini cocok sekali digunakan untuk Pins yang mempunyai keluarga dengan dua sampai tiga anak. Hal yang menarik adalah, pada ruang keluarga terdapat sofa panjang yang melengkung mengikuti lekukan dinding rumah. Sofa seperti ini cocok sekali menjadi kursi untuk ruang tamu karena memberikan kesan nyaman tanpa ada sekat.

Desain di atas juga menempatkan ruang makan di tengah – tengah rumah sehingga memberikan kesan kekeluargaan yang kental. Hal ini karena area makan adalah area berkumpul semua anggota keluarga saat makan.

Bagaimana Pins, menarik bukan desain rumah modern minimalis untuk inspirasi Anda tersebut? Yuk coba aplikasikan apabila kamu berniat untuk merenovasi atau mendekorasi ulang rumah Anda!

Desain Rumah Minimalis A

Ini merupakan desain rumah yang sederhana, penggunaan parket kayu menambah kesan nyaman dan santai bagian depan rumah. Nah penggunaan warna hitam-putih membuat rumah tersebut terasa lebih luas.

Desain Rumah Minimalis B

Untuk desain rumah diatas sangat cocok buat kamu yang memiliki hobi memasak, karena ukuran dapur lebih luas. Juga kamar utama memiliki WC sendiri. Luas bangunan lebih besar, akan tetapi desain ini tidak memiliki halaman.

Baca Juga: Desain Tampak Toko Sesuai dengan Barang yang Dijual

Desain Rumah Minimalis C

Jika kamu memiliki lahan sempit, kamu bisa menggunakan landed house minimalis 1 lantai. Bisa juga untuk menambahkan tanaman hijau di sudut ruangan untuk menambah kesan alami dan segar. Bijaklah dalam pemilihan furniture, agar tidak berlebihan.

Baca Juga: Konsep Desain Rumah Mediterania Makin Terkini

Desain Rumah Minimalis D

Desain ini cocok untuk kamu yang memiliki anak lebih dari 1. Kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan single bed seperti desain diatas, jadi walaupun jumlah kamar hanya 2 masih dapat menampung banyak orang, Pins.

Desain Rumah Minimalis E

Jika kamu memiliki lahan 105 meter persegi, kamu bisa memanfaatkan layout lebih leluasa. Terdapat taman bagian depan dan belakang serta carport. Dengan layout ini kamu bisa menambah kesan asri pada rumah.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai A

Bisa dilihat pada desain ini pada lantai 1 digunakan untuk melakukan kegiatan bersama, karena di lantai 1 terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Di lantai 2 terdapat ruangan yang difungsikan sebagai kamar.

Baca Juga: Pertimbangan Dalam Memlih Bahan Bangunan

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai B

Untuk desain ini, hampir serupa dengan desain sebelumnya. Hanya pada jumlah kamar pada lantai 2 berbeda, pada desain di atas terdapat 2 kamar. Yang pertama merupakan kamar utama sedangkan kamar yang lain merupakan kamar anak yang memiliki 2 single bed.

Baca Juga: Jenis-jenis Kusen Rumah Beserta Keunggulannya

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai C

Jika kamu ingin memiliki balkon sebaiknya kamu memiliki 1 kamar mandi di lantai atas Pins.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai D

Kamu bisa gabungkan dapur dengan ruang makan, supaya rumah kamu terlihat lebih luas.

Baca Juga: Ini Dia Tampak Rumah Minimalis Favorit Banyak Orang

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai E

Tidak ada salahnya untuk membuat ukuran kamar anak sama dengan ukuran kamar orang tua. Warna – warna netral di dalam desain diatas menambah kesan manis dan elegan.

Itu dia 10 inspirasi desain rumah minimalis, semoga bermanfaat ya Pins!

Rumah Minimalis Monokrom

Rumah Minimalis Monokrom
(Hipwee)

Desain rumah minimalis memang identik dengan warna hitam dan putih, dengan rumah bertingkat dua seperti di atas, selain bergaya minimalis kamu juga bisa mendapat kesan hangat dengan tambahan dekorasi tanaman-tanaman.

Baca juga: Desain Rumah yang Nyaman dan Aman

Desain Rumah Minimalis Bergaya Tropis

Desain Rumah Minimalis Bergaya Tropis
(Brilio)

Apa perasaan Pins melihat rumah di atas? Kesannya hangat dan mengundang. Dengan warna terang seperti putih yang dipadukan dengan unsur-unsur kayu pada pintu dan aksen jendela, desain rumah minimalis kamu akan memberi kesan earthy.

Baca juga: Denah Rumah Minimalis Modern

Kontemporer dan Minimalis

Kontemporer dan Minimalis
(Arsupala)

Buat kamu yang suka warna hitam, rumah bergaya kontemporer ini cocok banget buat kamu, lho! Dengan barang-barang esensial saja yang tersedia, rumah ini tetap minimalis namun memberi kesan tegas dengan pemilihan warna hitam.

Baca juga: Langkah Membuat Desain Rumah Online

Serba Putih

Serba Putih
(Rumahkuunik)

Poin unik dari rumah ini adalah pintu dan jendela yang dibuat tinggi dan berbentuk persegi. Sederhana namun menarik. Selain terlihat modern, rumahmu pasti akan terlihat cantik! Memilih atau membangun dengan desain rumah minimalis berarti menahan diri dan berhati-hati dalam mendekorasi dan memanfaatkan ruang untuk mendapatkan ketenangan.

Baca juga: Desain Rumah Terbaik di Indonesia

Minimalis ala Jepang

Minimalis ala Jepang
(Haibunda)

Mau rumah minimalis yang super unik ala Jepang? Dengan jendela kecil ala kartun, dijamin rumahmu bakal jadi rumah paling menarik perhatian! Ingat, arsitektur minimalis itu berarti mencapai desain yang lebih baik namun dengan kesederhanaan. Kesederhanaan dari rumah minimalis dapat dicapai dari bentuk, ruang, material, detail, dan warna.

Baca juga: 4 Manfaat Jasa Desain Rumah Profesional

One Tone House

One Tone House
(Haibunda)

Rumah minimalis dengan satu jenis cat warna saja juga bisa dicoba, sobat Pins! Warna-warna minimalis seperti krem, coklat terang, biru muda, hijau muda, kuning muda, bahkan pink pastel bisa kamu gunakan untuk membuat rumah satu warna saja untuk rumah minimalis.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Unik dan Cantik Sederhana

Desain Rumah Minimalis Hemat Ruang

Desain Rumah Minimalis Hemat Ruang
(Fabelio)

Ingin punya rumah minimalis tapi lahan terbatas? Buat rumah minimalis bertingkat dengan gaya seperti ini supaya tetap cantik. Pilih warna minimalis terang untuk dasar warna rumah. Teras di lantai dua dan tiga rumah di atas juga memberikan fitur unik dan menarik.

Baca juga: Desain Rumah Tropis Sederhana Minimalis

Kasual Minimalis

Desain Rumah Minimalis Hemat Ruang
(Tokopedia)

Bangun rumahmu dengan gaya minimalis yang kasual untuk mencapai rasa damai di tengah hiruk pikuk sibuknya kehidupan. Dengan ruang terbuka di depan rumahmu yang bisa dimanfaatkan sebagai garasi mobil dan diisi dengan tanaman di antaranya, capai ketenangan di rumah sendiri.

Baca juga: Tips Membuat Desain Rumah Sederhana

Rumah Bernuansa Gelap

Rumah Bernuansa Gelap
(Rumahkuunik)

Rumah minimalis berarti rumah dengan desain sederhana, terus terang, dan efisien. Sobat Pins bisa katakan selamat tinggal ke rumah-rumah dengan desain kompleks yang bertumpuk-tumpuk kalau ingin rumah bertipe minimalis. Atap rumah minimalis juga biasanya berbentuk datar sederhana. Tarik perhatian tetanggamu dengan dinding batu-bata berwarna coklat manis.

Baca juga: Aplikasi Desain Rumah

Stand Out di Antara Rumah Lainnya

Stand Out di Antara Rumah Lainnya
(Rumahkuunik)

Desain rumah yang terakhir, kamu bisa menerapka arsitektur unik atau warna cerah agar standout dari rumah di sekitarmu. Dengan rumah minimalis seperti ini kamu akan mendapat rumah yang bersih, memiliki ruang terbuka yang arsitekturnya, furnitur, dan materialnya sehingga kamu bisa “bernafas” lega.

Itulah 10 desain rumah minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jadi, mana desain yang paling cocok untukmu, Pins?

Rumah Kembar

Rumah Kembar
(Instagram @Rumahminimalis.id)

Untuk Pins yang senang berada dekat dengan kakak adik tercinta. Desain rumah minimalis satu ini sangat cocok. Biasanya rancangan rumah minimalis tampak depannya sama persis satu dan lainnya. Bagaimana tertarik Pins? Kembaran dengan sanak saudara?

Pola Geometrik yang Ciamik

Walau masih saja ada beberapa orang yang melihatnya aneh, rumah minimalis gaya geometri seperti ini banyak digandrungi para kaum muda-mudi. Selain instagramable, rumah minimalis tampak depan ini unik.
(Instagram @Rumahminimalis.id)

Walau masih saja ada beberapa orang yang melihatnya aneh, rumah minimalis gaya geometri seperti ini banyak digandrungi para kaum muda-mudi. Selain instagramable, rumah minimalis tampak depan ini unik.

Line Today

Industrial
(Line Today)

Desain gaya industrial memang tidak lekang karena waktu. Rumah minimalis tampak depan industrial membuat bangunan menjadi lebih bergaya dan minim material. Jangan lupa untuk pintar mengatur bagaiman cahaya masuk dan keluar, dijamin rumah Pins akan semakin menarik dipandang.

Rumah Modern yang Mungil

Modern yang Mungil
(Instagram @Rumahminimalis.id)

Selanjutnya, untuk desain minimalis pada rumah mungil memang banyak disukai. Selain tidak memakan banyak area, tampak depan rumah minimalis mungil cocok untuk Pins yang tinggal di perkotaan. Apalagi dapat memangkas banyak budget lho!

Teras Bersusun

teras bersusun
(Design.id)

Hampir mirip dengan desain tampak depan rumah minimalis dengan fasad tertutup, rumah minimalis dengan teras tersusun memang sangat menarik untuk dipandang. Yang terpenting jangan lupa untuk menyiapkan keamanan ekstra ya untuk rumah dengan desain seperti ini.

Minimalis Dua Lantai

Minimalis dua lantai
(Design.id)

Tampak depan rumah minimalis dua lantai memang menarik bila dipadupadankan dengan material lainnya yang berbeda antar lantai. Seperti lantai pertama di desain dengan mayoritas kayu, sedangkan lantai kedua full berwarna putih.

Fasad Tertutup

Fasad tertutup
(Sejasa)

Beberapa gambar rumah minimalis tampak depan terbaru sudah banyak di media sosial. Ini menjadikan keuntungan tersendiri lho buat Pins yang masih saja ragu membuat rumah minimalis.

Tidak terkecuali untuk Pins yang mengutamakan keamanan. Rumah minimalis dengan pagar tertutup dapat dijadikan ide desain menarik yang cocok.

Putih Minimalis

Putih minimalis
(Arsitag)

Identik dengan warna putih, rumah minimalis memang lekat dengan kebersihan dan simpel. Didukung dengan perpaduan warna serba putih, menjadikan rumah Pins bersinar baik di pagi hari maupun malam hari.

Gaya Amerika Klasik

Gaya Amerika Klasik
(Arsitag)

Atap rumah cenderung seperti bertingkat dan terdapat jendela layaknya di loteng? Desain Amerika klasik ini disukai beberapa penghuni yang tetap memilih mayoritas minimalis di desainnya.

Rumah seperti ini menjadikan penghuni serasa sedang berlibur di luar negeri. Apalagi tersedianya ruang hijau yang lebih luas, menjadikan rumah ini layak dijadikan ide untuk desain rumah kamu.

Full Kaca

Full Kaca
(Rumahpedia)

Mayoritas tampak depan rumah minimalis memang mengedepankan unsur kaca dan garis. Tetapi bagaimana bila hampir semua rumah Pins kaca? Eits, jangan berpikir akan panas udara di dalam rumah. Dengan desain yang baik, rumah kaca Pins akan nyaman dan sejuk.

Minimalis Tropis

Minimalis Tropis
(Line Today)

Untuk gambar rumah minimalis tampak depan terbaru tropis memang banyak di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan iklim tropis dari negara yang menuntut pengembang membuat desain minimalis tropis yang ventilasi udaranya nyaman dan sejuk saat udara panas.

Untuk Pins, apa Pins juga senang dengan rumah yang ventilasinya baik dan membuat rumah sejuk?

Minimalis Batu Bata

Minimalis Batu Bata
(Line Today)

Kesan hangat adalah kesan pertama yang akan muncul saat melihat rumah minimalis tampak depan seperti diatas. Jangan salah Pins, batu bata pun bisa dipadu padankan dengan desain minimalis lho!

Rumah Hijau Asri

Hijau Asri
(Instagram @Rumahminimalis.id)

Rumah dengan banyaknya tanaman hijau, juga dapat diaplikasikan di desain rumah minimalis seperti diatas. Suasana asri dan hijau menambah kesan hangat bersama keluarga di rumah.

Minimalis Modern

Minimalis Modern
(Instagram @Rumahminimalis.id)

Untuk desain rumah satu ini memang layak diperhitungkan untuk Pins yang menyukai modern minimalis. Kesan canggih dan simpel sangat mencolok ditonjolkan untuk rumah dengan gaya desain seperti ini. Apa Pins sudah merasa tinggal di abad selanjutnya?

Carport Luas

Carport Luas
(Casa Indonesia)

Untuk Pins yang hobi koleksi otomotif, carport luas pasti sangat Pins idam-idamkan. Desain menarik rumah minimalis tampak depan diatas, bisa Pins pertimbangkan sebagai tempat untuk mobil dan motor kesayangan.

Jadi Pins, jangan makin bingung ya! Dengan banyaknya ragam gambar rumah minimalis tampak depan terbaru diatas, Pins dapat memilah mana yang paling cocok dengan struktur tempat bangunan tempat Pins membangun.

Yang terpenting, jangan memaksakan desain yang tidak mendukung dengan struktur tanah tempat membangun ya, Pins. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Tips Memilih Desain Rumah Minimalis

Sebelum menetapkan desain rumah pilihan, lihat terlebih dahulu tips memilih desain rumah minimalis yang sesuai dengan impian kamu berikut ini!

Perhatikan Lahan Rumah yang Akan Kamu Gunakan

Perhatikan Lahan Rumah yang Akan Kamu Gunakan
(Decoist)

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah lahan untuk rumahmu, karena pada dasarnya rumah dengan desain minimalis tidak memerlukan lahan yang luas. Jika ada sisa tanah di bagian depan dan belakang rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk lahan bermain atau taman kecil, Pins!

Baca juga:

Pilihlah Warna Rumah Sesuai Kesukaan

Pilihlah Warna Rumah Sesuai Kesukaan
(IDN Times)

Nah, kamu harus memilih warna kesukaan kamu lho Pins! Karena kamu akan merasa nyaman dan betah ada di rumah, pemilihan warna juga berpengaruh pada mood penghuninya. Jika kamu bingung memilih warna, kamu bisa berkonsultasi dengan arsitek.

Baca Juga:

Memiliki Konsep Rumah Minimalis Satu Lantai

Memiliki Konsep Rumah Minimalis Satu Lantai
(Kompas)

Dengan memilih konsep rumah satu lantai akan memudahkan kamu untuk merawatnya, apalagi untuk Pins yang memiliki mobilitas tinggi. Kamu juga harus memperhitungkan kebutuhan kamu. Jika kamu memiliki satu anak, maka siapkanlah rumah dengan 2 kamar. Tapi jika dengan dua anak kamu bisa menggunakan ranjang bertingkat di satu kamar.

Baca Juga:

Perhatikan Ruang Sirkulasi Udara

Perhatikan Ruang Sirkulasi Udara
(Dekoruma)

Perhatikan ruang sirkulasi udara yang ada di rumah kamu ya, Pins, karena ini sangat berpengaruh pada kesehatan keluarga. Sinar matahari yang masuk kedalam ruangan berfungsi untuk membunuh virus – virus.

Baca Juga:

Perhatikan Dekorasi Untuk Ruangan-Ruangan

Perhatikan Ruang Sirkulasi Udara
(Lamudi)

Yang terakhir adalah perhatikan desain ruangan, ruangan yang memiliki konsep yang jelas dan rapi akan membuat keseluruhan rumah menjadi bagus dan tertata. Pilihlah dekorasi yang cocok dan kamu pun bisa menambah wallpaper untuk ruangan di rumahmu. Jika kamu cepat bosan dengan suasana rumah, wallpaper adalah pilihan yang tepat.

Pemilihan Furnitur

Pertama, pemilihan furnitur. Gunakan furnitur yang berkonsep minimalis. Pastikan furnitur tersebut berbentuk sederhana, tidak banyak detail, dan bersifat fungsional.

Hindari membeli furnitur yang fungsinya hanya sekedar sebagai pajangan saja. Oleh karena itu batasi penggunaan furnitur di dalam rumah sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah.

Baca Juga: Cara Agar Rumah Terlihat Terang Tanpa Renovasi

Tips Desain Rumah Minimalis Sederhana Sesuai Penataan Furnitur

Kedua, penataan furnitur. Hindari memasang banyak furnitur dalam satu ruangan. Hal ini akan menyebabkan rumah semakin terasa sempit dan sumpek. Gunakan furnitur yang memang diperlukan dan harus ada dalam ruangan tersebut.

Penambahan Aksesoris

Ketiga, penambahan aksesori. Tambahkan aksesori sebagai pemanis. Pilihlah aksesori yang sesuai dengan warna cat dinding, lantai, dan furnitur yang digunakan.

Kamu bisa menggunakan lukisan, foto, vas  bunga, dan sejenisnya. Pastikan ukuran dan bentuknya sesuai dengan ukuran ruangan. Dan hindari penggunaan aksesori yang terlalu berlebihan.

Baca Juga: 

Pemilihan Warna

Keempat, pemilihan warna. Gunakan warna-warna cerah untuk memberi kesan lapang dan luas. Hindari menggunakan banyak warna yang kontras dalam ruangan. Pastikan warna dinding serasi dengan warna lantai maupun furnitur serta aksesori yang ada di dalamnya.

Fungsi Ruangan

Kelima, mengefektifkan fungsi ruang. Kamu bisa menggabung ruang dapur dengan ruang makan, atau ruang makan bersama keluarga, dan seterusnya. Gunakan partisi untuk membedakan fungsi ruang tersebut. Hindari penggunaan partisi solid karena akan semakin menambah kesan sempit dan ruangan pun terasa sumpek. Siapkan pula furnitur yang multifungsi.

5 poin penting untuk desain rumah minimalis sederhana diatas bisa ditiru dengan mudah. Pada dasarnya, desain rumah minimalis sederhana mengusung konsep simple, multifungsi, dan tetap memiliki nilai estetika yang tinggi. Dengan menerapkan 5 tips desain rumah minimalis sederhana di atas, kamu bisa mewujudkan rumah impianmu meski di bangun di atas lahan yang tidak terlalu luas.

Baca juga:

Gunakan Cermin di Dalam Rumah

Untuk memaksimalkan sebuah desain dari rumah minimalis, maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan cermin di dalam rumah. Dengan memasang cermin di ruang tertentu, cermin dapat menciptakan kesan yang lebih luas pada ruangan tersebut.

Apalagi jika menggunakan cermin dengan ukuran yang besar yang diletakkan pada tempat yang tepat, maka efek ruang akan semakin kuat. Untuk mengetahui apakah efek pada ruang telah maksimal atau kuat, maka dapat mencoba-coba dahulu penempatannya.

Tips Desain Rumah Minimalis Gunakan Furniture Built-In

Hal lain yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan desain rumah minimalis adalah dengan menggunakan furniture built-in. Desain furniture ini sangat cocok digunakan untuk rumah yang minimalis karena dapat menciptakan kesan ruangan yang simpel dan luas.

Dengan menggunakan furniture built-in, juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan karena dapat melakukan beberapa alternatif dalam ruang tidur.

Gunakan Lemari Tempel

Contohnya adalah sebagai berikut, jika memiliki ruang tidur yang kecil, maka dapat menggunakan lemari tempel pada kamar.  Jika menggunakan lemari biasa pada kamar, maka ruangan akan menjadi sempit.

Sehingga dapat membuat ambalan di dalam tembok dan menambahkan pintu di luarnya. Ini tentunya memperkecil biaya furniture dan membuat kamar lebih luas.

Gunakan Warna Muda yang Terang

Untuk semua ruang di dalam rumah, pilihlah warna yang berwarna muda. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan warna muda, akan mendapatkan kesan ruanga yang lebih terang, segar dan luas. Lagipula dinding berwarna muda lebih enak dipandang dibandingkan dengan berwarna gelap.

Tips Desain Rumah Minimalis Gunakan Perabotan Minimalis

Untuk mendukung desain rumah minimalis, gunakan juga perabotan rumah yang minimalis. Biasanya di toko perabotan mana saja, dapat menemukan banyak kursi, meja dan lemari yang simple dan minimalis. Hal ini dapat digunakan di rumah. Sedangkan untuk perabotan kayu tidak akan terlalu cocok dengan rumah minimalis sehingga lebih baik tidak menggunakanya.

Gunakan Pagar Besi yang Polos

Sedangkan untuk bagian luar rumah, untuk mendapatkan kesan minimalis dapat menggunakan pagar besi yang polos dengan satu warna. Bisa memilih beberapa warna gelap seperti abu-abu atau hitam. Namun orang biasanya cenderung memilih warna hitam karena akan cocok dengan segala warna dinding rumah bagian luar.

Untuk dinding bagian luar, warna muda seperti krem muda, coklat mudah sangat cocok untuk mendapatkan kesan yang minimalis. Sebenarnya sangat mudah untuk mendesain interior maupun eksterior dari desain rumah minimalis karena tidak banyak yang dibutuhkan.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Kamar Tidur
Kamar Tidur 7 Rekomendasi Furniture Untuk Kamar Korea Modern 

Drama Korea semakin digemari dan juga mempengaruhi selera masyarakatnya. Apalagi tak jarang ditunju

Kamar Tidur
Kamar Tidur Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Ranjang besi minimalis bisa jadi pilihan alternatif untuk tempat tidur kayu. Rangka besinya kuat da

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia