Pinhome

Uncategorized

Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Di era modern yang sekarang serba instans ini tinggal di daerah yang ramah lingkungan adalah dambaan setiap orang. Selain membantu psikologis kita, tinggal di tempat yang ramah lingkungan membantu bumi terselamatkan dari global warming. Perlu diketahui sekarang banyak yang hidup hedonis sehingga mengeluarkan banyak biaya agar hidupnya lebih nyaman tanpa memikirkan efek buruk yang akan berdampak pada bumi. Padahal, kita perlu berbenah diri supaya bisa menyelematkan bumi dari kerusakan yang lebih parah akibat global warming. Hidup dengan cara ramah lingkungan adalah salah satunya.

Realitanya, semakin sedikit kita menggunakan listrik semakin sedikit pula pengeluran kita. Semua yang berbau ramah lingkungan entah dalam konteks kecil maupun besar pasti akan mempengaruhi kehidupan kita. Kita pasti akan lebih tertata hidupnya dan tentu saja lebih sehat. Jika Anda ingin beralih ke rumah yang ramah lingkungan pastikan Anda memiliki perencanaan yang baik serta biaya yang tidak sedikit. Ada beberapa hal yang bisa Anda pahami.

Gantilah bohlam lampu Anda dengan lampu LED. Lampu LED lebih menghemat listrik dibandingkan lampu lainnya hal itu karena ketika menyala diawali dengan cahaya yang sedikit redup. Lampu LED 25% lebih tahan lama serta hanya mengeluarkan 75% energi listrik ketimbang lampu biasa.

Selain itu, Anda sebaiknya mengganti produk pembersih rumah dengan produk yang memiliki label ‘eco-friendly’. Produk pembersih lantai dengan bahan kimia cenderung berbahaya bagi Anda dan lingkungan sekitar.

Apabila Anda ingin lebih menghemat, Anda bisa membuat produk pembersih lantai menggunakan bahan alami seperti kulit jeruk dan cuka. Menggunakan baking soda, buah lemon dan sabun juga bisa digunakan sebagai pembersih lantai yang efektif.

Anda dianjurkan untuk memakai produk elektronik yang hemat energi. Meskipun cenderung mengeluarkan biaya yang agak mahal namun produk ini dapat melindungi pengeluaran Anda di masa depan dengan lebih hemat karena produknya tahan lama.

Anda bisa mulai mengurangi pemakaian berang elektronik seperti kulkas yang meyerap listrik sangat besar. Gantilah listrik kulkas dengan yang hemat energi sehingga mengurangi 15% dari pemakaiannya.

Anda sebaiknya selalu mengawasi rumah Anda terutama pada aspek air dan udara. Sangat disesalkan jika ditemuka kebocoran air atau pipa rumah. Manfaatkanlah air sebaik-baiknya jangan sampai terbuang sia-sia. Begitu pula dengan pendingin ruangan di rumah, jangan terlalu sering menggunakan pendingin udara karena sangat tidak bersahabat. Gantilah dengan kipas angin sesekali. Jika terdapat kebocoran pada lubang udara segera perbaiki karena merugikan Anda sekeluarga.

Pastikan Anda menggunakan air dengan hemat. Nyalakan keran denga air yang kecil pada saat mandi, mencuci baju, piring atau menyiram tanaman. Jika perlu gantilah pancuran air karena menghemat air hingga 2,5 galon setiap menitnya. Selain itu biaya listrik juga akan menurun sebesar 50%.

Tags :

Bagikan Artikel