BlogPemilik PropertiDesain HunianSuka Dengan Desain Rumah Sederhana di Korea? Berikut 10 Rekomendasinya
0
0

Suka Dengan Desain Rumah Sederhana di Korea? Berikut 10 Rekomendasinya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 1, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah sederhana di koreatop-right-banner

Meskipun belum pernah berkunjung ke negeri ginseng ini, tetapi Pins dapat dengan mudah melihat arsitektur desain rumah Korea melalui drama dan filmnya. Desain rumah sederhana di Korea adalah desain rumah yang paling sering menginspirasi pemilik rumah di Indonesia.

Desain Rumah Sederhana di Korea

Apakah Pins tertarik untuk memiliki hunian minimalis Korea? Sebagai inspirasimu dalam mendesain rumah idaman, berikut 8 inspirasi desain rumah sederhana di Korea.

Baca juga: Desain Rumah Dengan Gaya Artistik Terpopuler

1. Konsep Hanok

Source : Leibal

Untuk kamu yang suka dengan rumah tradisional Korea, konsep rumah hanok ini cocok untuk dijadikan sebagai desain hunianmu. Rumah hanok memiliki ciri khas pada bagian atapnya dan juga permukaan lantai yang agak meninggi, seperti rumah panggung.

Untuk pintu dan bagian dindingnya, menggunakan bahan kaca yang dipadu dengan bingkai. Secara keseluruhan, material yang digunakan dalam hunian hanok didominasi dengan penggunaan kayu. 

Untuk lebih mengoptimalkan konsep rumah hanok, sebaiknya furnitur di dalam rumah juga disesuaikan dengan konsep tradisional. Kemudian, untuk memberikan nuansa segar, bisa dengan menyertakan pekarangan mini yang langsung menghadap ke arah pintu.

2. Bentuk Kotak Minimalis

Source : Pinterest

Rumah yang didesain seperti kubus atau kotak ini, memberikan kesan rumah minimalis nan modern. Berbeda dengan rumah pada umumnya yang menggunakan atap yang berbentuk mengerucut, hunian ini dibuat seakan-akan tak beratap.

Untuk penyuka desain minimalis, cukup tempatkan 1 jendela berukuran besar, serta pintu rumah yang dihimpit dengan kaca jendela yang juga besar. Tidak hanya terlihat unik dari segi desainnya saja, desain rumah kotak minimalis juga memiliki kelebihan memberikan ruangan yang terkesan luas.

Selain itu, jika nantinya kamu ada niatan untuk menambahkan lantai rumah, bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlunya dilakukan pembongkaran atap. Selain cat putih yang netral, kamu juga bisa memilih warna cat yang lebih bold sebagai warna dinding.

3. Pembatas Dinding Rumah Elegan

Source : Pinterest

Rumah-rumah yang ada di perkotaan seperti Seoul, sering menggunakan pembatas dinding rumah yang tinggi. Walau fungsi utamanya sebagai pengaman dan menjaga privasi keluarga, tetapi pembatas ini tetap dipertimbangkan dari segi keindahannya. 

Agar tidak monoton, kamu bisa memilih material yang bercorak seperti bata sebagai dinding penyekat luar rumah ini. Kemudian untuk bagian pintu masuk, maupun garasi bisa menggunakan material kayu.

Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan seperti baja dan alumunium, karena tidak cocok jika dipadukan dengan gerbang bata ini.

4. Rooftop Khas Korea

Source : Pinterest

Jika Pins suka menonton drama Korea, rumah rooftop Korea bukanlah hal yang asing lagi bukan? Sangat menyenangkan bersantai di rooftop, terutama saat pagi hari sebelum matahari terik dan di malam hari.

Dengan tambahan ruang atap terbuka pada bagian atasnya, bisa memberikan kesan hunian yang indah dan menarik. Selain tangga yang terhubung langsung ke bagian dalam rumah, kamu juga bisa menempatkan tangga pada bagian luar rumah.

Untuk pemilihan warnanya, sebaiknya pilih warna yang kontras dari warna rumah. Misalnya saja dengan memilih warna hitam, cokelat tua, ataupun hijau.

Baca juga: Ide Desain Rumah Kotak Minimalis & Keunggulannya

5. Kombinasi Desain Modern dan Tradisional

Source : Pinterest

Jika lahan rumah tidak terlalu luas, untuk memberikan lebih banyak ruang bisa dilakukan dengan membuat rumah tingkat. Jika kamu ingin mencoba desain rumah yang sederhana, tetapi tetap tidak anti mainstream bisa coba memilih desain rumah ini, Pins. 

Rumah ini didesain mengerucut pada bagian atapnya. Untuk lantai bawah, dinding bagian terdepan rumah dilengkapi dengan pintu berbahan kaca. Dengan penempatan bingkai lebar akan memberikan kesan hunian yang lebih luas.

Sebagai permukaan lantai, digunakan material kayu serta keramik yang dibuat meninggi dengan undakan tangga. Dapat dikatakan, rumah ini cocok untuk kamu yang menyukai kombinasi desain modern dan tradisional.

6. Cat Putih yang Cerah dan Bersih

Source : Pinterest

Rumah dengan konsep warna putih sering juga dijadikan konsep hunian di Korea. Selain warna putih memberikan kesan yang cerah dan bersih, ternyata bisa memberikan kesan ruang yang lapang juga, Pins!

Dari segi penataan desain interior rumah, rumah ini dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna furnitur apa saja. Namun, untuk memberikan kesan yang tidak monoton pada bagian luar rumah, kamu bisa menanam tanam-tanaman hijau di bagian pekarangannya.

7. Tema Industrial Dinding Bata

Source : Pinterest

Ingin menggunakan konsep rumah berdinding bata ini di hunianmu? Desain rumah semi industrial ini dapat memberikan tampilan rumah yang unik.

Untuk memberikan kesan yang fresh, kamu bisa mencoba melapisi bagian bingkai pintu dan jendela menggunakan warna yang terang. Berbeda dengan rumah berdinding cat yang warnanya bisa pudar atau kotor, rumah bata warnanya akan tetap sama seperti pertama kali dibangun.

Dengan demikian, kamu pun bisa lebih menghemat biaya dan waktu untuk mengganti warna cat rumah.

Baca juga: 10 Ide Desain Rumah Dingin Tanpa AC Terbaik

8. Nuansa Natural Dari Kayu

Source : Pinterest

Material kayu yang sering digunakan sebagai material utama dari rumah-rumah di pedesaan, kini menjadi salah satu konsep yang disukai oleh masyarakat kota. Salah satu alasan utamanya adalah karena desain rumah kayu dapat memberikan nuansa yang alami.

Disamping itu, kayu adalah insulator alami yang dapat mencegah panas terik matahari masuk ke dalam rumah. 

Oleh sebab itu, berada di dalam rumah kayu tidak akan terasa panas. Apabila kamu ingin sedikit memberikan sentuhan modern pada hunianmu, kamu bisa coba menggunakan konsep desain rumah seperti yang terlihat pada gambar di atas.

9. Rumah Panggung Korea

Source : Pinterest

Bagian dasarnya menggunakan pondasi batu supaya posisi hunian lebih tinggi daripada permukaan tanah. Dilengkapi pula dengan pagar batu agar kesan tradisional kental terasa. Pemilihan dak beton datar untuk atapnya membuat kesan modern dan minimalis.

10. Three-Roof House

Source : Pinterest

Rumah ini sepintas terdiri atas tiga rumah namun nyatanya adalah satu bangunan. Bagian atapnya yang memiliki tiga atap sekaligus membentuk ilusi bahwa terdapat tiga bangunan.

Bagian lantai dua saling terhubung dan tepat di tengah bangunan dilengkapi pembatas kaca. Fasadnya menggunakan dua warna berbeda sebagai sekat antara lantai satu dan dua.

Itulah ke-10 rekomendasi rumah sederhana di Korea yang bisa menjadi inspirasimu. Dari berbagai alternatif desain minimalis, tradisional, hingga modern di atas, adakah desain hunian yang menarik perhatianmu, Pins? 

Baca juga: 10 Inspirasi Kombinasi Cat Rumah Warna Putih yang Tak Biasa

Source Feature Image: SMLounge Korea


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Green Nature Parung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download