BlogLifestyleEdukasi7 Arti atau Makna Warna Jingga serta Karakteristiknya
0
0

7 Arti atau Makna Warna Jingga serta Karakteristiknya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 25, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
warna jinggatop-right-banner

Warna jingga atau orange adalah perpaduan dari merah dan kuning. Sama seperti warna lain pada umumnya, arti warna ini juga mendalam bagi kehidupan seseorang. Selain itu, orang menyukai jingga juga memiliki karakter yang unik dan berbeda dengan penyuka warna lain. 

Kamu yang tinggal di rumah eksklusif dari Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence atau perumahan di Bekasi lain bisa menjadikan warna ini untuk dinding rumah. Selain fresh, warna ini juga cukup mewah jika diaplikasikan dengan baik. 

Jingga bisa memberikan tempat berlindung di saat-saat yang sulit. Ini sama seperti rumah bekas di Bandung yang estimasi harganya bisa kamu ketahui melalui fitur PinValue

Baca juga: Arti Warna dalam Desain Grafis

Karakter Warna Jingga

warna jingga
Source : Pixabay

Jingga selalu membawa positivisme yang tinggi. Untuk mendapatkan energi positifnya, kamu harus selalu membawa benda dengan warna ini setiap hari, seperti mug, pulpen, tas, atau gantungan kunci. Warna ini dipercaya bisa menuntunmu untuk mendapatkan jalan keluar terhadap persoalan yang sedang terjadi. 

Ada beberapa karakter yang diwakili oleh jingga. Pertama adalah antusiasme. Artinya, warna ini cenderung selalu optimis menghadapi masa depan dan memiliki jiwa yang ekstrovert yang akan mendorong untuk selalu bersosialisasi. 

Karakter warna jingga berikutnya adalah peremajaan. Warna ini akan selalu memberikan energi baru dan membantu menjaga keseimbangan jiwa. Ketiga, karakter warna ini adalah berani. Jingga akan mendorong penyukanya untuk berani menghadapi risiko dan terus melangkah ke depan. 

Karakter lain dari warna ini adalah semangat. Jingga dipercaya memiliki energi yang lebih besar dari warna merah. Warna ini tidak hanya sekadar berani saja, tapi juga penuh semangat dan bergairah. 

Berikut adalah daftar karakter positif dari warna jingga yang perlu kamu ketahui:

  • Petualang
  • Ambisius
  • Berani
  • Berani
  • Kreatif
  • Antusias
  • Termotivasi
  • Optimis
  • Ramah
  • Unik

Namun, warna jingga juga memiliki karakter negatif meski jumlahnya tidak sebanyak karakter positifnya. Berikut karakter negatif jingga:

  • Bergantung
  • Bermuka dua
  • Sombong
  • Memanjakan diri sendiri
  • Dangkal

Baca juga: Memahami 7 Arti Bunga Krisan Berdasarkan Jenis dan Warnanya

Arti atau Makna Warna Jingga

Para ilmuwan percaya bahwa warna bisa mempengaruhi emosi seseorang. Setiap warna punya arti yang berbeda baik secara psikologis maupun spiritual. Begitu juga dengan jingga. Penasaran dengan arti warna jingga? Yuk disimak!

1. Optimisme

warna jingga
Source : Pixabay

Jingga dikaitkan dengan sikap optimisme. Hal ini lantaran jingga merupakan gabungan dari warna merah yang melambangkan gairah dan warna kuning yang merupakan simbol kebahagiaan. 

Jika Pins menyukai warna jingga, maka kamu akan dianggap memiliki kemampuan yang patut diperhitungkan untuk melihat peluang yang ada di masa depan. 

Sementara jika jingga hadir dalam mimpi, maka warna ini menandakan segudang kemungkinan, mulai dari kondisi emosi kamu hingga keadaan yang mungkin mempengaruhi pikiran alam bawah sadar kamu. Pakar kejiwaan menganjurkan orang yang bermimpi warna ini untuk bergerak dan berinovasi.

2. Murah Hati

Seseorang yang menyukai warna jingga dinilai sebagai pribadi yang murah hati. Salah satu teori kuno menyebutkan bahwa warna dalam kaus kaki Natal merupakan simbol kemurahan hati St Nicholas. Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa jingga terkait dengan musim memberi karena banyaknya ruas kecil dalam buah jeruk yang berwarna jingga untuk dibagikan. 

Sementara itu, jingga dalam percintaan melambangkan daya tarik yang kuat, gairah membara, dan kerinduan mendalam akan sebuah hubungan. Antara jingga dan cinta terdapat energi kesenangan dan dorongan untuk mencoba hal-hal baru yang menyenangkan. 

Baca juga: 11 Kombinasi Warna Cat Orange Pada Dinding Rumah Bikin Hati Senang

3. Ketegasan

warna jingga
Source : Pixabay

Biasanya, sesuatu yang diberi warna jingga akan terlihat terang dan mencolok. Hal ini pula yang ada pada pribadi seorang yang memfavoritkan jingga. Mereka cenderung tegas dan teguh pada prinsip. Namun ketegasan jingga berbeda dengan merah yang cenderung agresif. 

Selain tegas, seseorang yang suka warna jingga juga dianggap sebagai pribadi yang memiliki rasa individualisme yang kuat, sosok yang ekspresif, dan terkadang cenderung eksentrik.

4. Memotivasi

Selain pribadi yang tegas, jingga juga bisa mendorong seseorang untuk berani. Pasalnya, warna ini bisa menularkan energi mereka kepada sekitar. Dengan demikian, jingga hebat dalam memotivasi orang pendiam untuk mau dan berani keluar dari kandangnya. 

Selain itu, penyuka jingga juga terkenal dengan jiwanya yang multitasking. Mereka yang energik bisa mengerjakan beberapa aktivitas dalam waktu yang sama, atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk urusan penting. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Tembok Agar Rumah Terlihat Luas

5. Spontan

warna jingga
Source : Pixabay

Spontanitas hampir selalu ada pada diri seseorang yang menyukai jingga. Mereka terbiasa dengan perjalanan mendadak yang tidak direncanakan sebelumnya. Saking spontannya, penyuka jingga bisa tiba-tiba terpikir untuk melakukan suatu aktivitas dan langsung mencobanya saat itu juga. 

Kebiasaan mereka yang seperti itu kemudian diasosiasikan sebagai pribadi yang gemar bertualang. Benar saja, penyuka jingga menganggap petualangan sebagai cara untuk memperkaya hidup. 

6. Tidak Pasti

Arti warna jingga yang satu ini berkaitan dengan jiwa spontan mereka. Hal itu sering memunculkan ketidakpastian dalam diri penyuka jingga. Akibatnya, mereka akan terlihat tidak konsisten dan tidak menepati janji. Itu pula yang membuat penyuka jingga dinilai egois. 

Orang dengan warna favorit ini seringkali sedikit flamboyan, yang terkadang bisa mulai berubah menjadi pencarian perhatian. Jika kamu suka jingga, kamu perlu untuk memberikan pemahaman kepada orang lain. 

7. Tidak Sabar

Jingga sama seperti warna hangat lain, mereka cenderung tidak sabar dalam beberapa situasi. Terkadang, ketidaksabaran itu diarahkan pada orang lain yang tidak memiliki kebutuhan yang sama seperti mereka yang suka berpetualang.

Namun dalam kondisi tertentu, ketidaksabaran itu juga diarahkan kepada apapun yang menghalangi kebebasan dan kreativitas penyuka jingga, seperti tugas-tugas yang membosankan di sekolah maupun tempat kerja. 

Itulah karakter dan arti serta makna warna jingga yang perlu kamu ketahui. Kamu yang suka warna ini setuju tidak?

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download