Desain Ruang Tamu Kecil Sekali Namun Tidak Terasa Sesak

Diperbarui oleh Ilham Aulia Fahmy ∙ October 4, 2022 ∙ 6 menit membaca

Pilihan desain rumah minimalis memang telah menjadi favorit banyak orang. Namun, terkadang hunian minimalis juga memiliki masalahnya sendiri. Salah satunya terdapat pada ruang tamu. Karena keterbatasan dan penggunaan lahan yang dimaksimalkan, maka sering dijumpai desain ruang tamu kecil sekali pada rumah minimalis.

Luas ruang tamu yang terbatas sebenarnya bisa disiasati. Walaupun ruang tamu kecil, tetapi bukan berarti ruangan menjadi kurang nyaman, sesak, dan pengap. Ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk membuat ruang tamu kecil sekali, tetapi tetap nyaman, seperti pemilihan furnitur dan penataan ruangan pastinya ruang tamu akan terasa lebih nyaman.

Baca juga: Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Desain Minimalis Tanpa Sekat

(Idea Grid)

Desain ruang tamu semacam ini sudah sangat umum ditemukan di berbagai rumah, terutama yang mengusung konsep minimalis. Dengan tidak adanya sekat atau dinding pembatas, ruang tamu memang akan terlihat lebih luas dan menyatu dengan ruangan lainnya, seperti ruang makan atau ruang keluarga. Namun, desain semacam ini juga dianggap kurang menutup privasi. Untuk desain semacam ini, sebaiknya gunakan warna dominan putih untuk cat dan warna perabotnya agar tetap tampil berkelas.

Desain Kombo Ganda

(Mustikaland)

Kombo ganda adalah salah satu desain yang menggabungkan dua ruangan. Pengaplikasiannya adalah dengan mengurangi penggunaan sekat antara kedua ruangan yang ada pada ruangan sempit. Contoh penerapan desain ruang tamu ini yaitu penggabungan antara ruang tamu dengan ruang makan yang disekat menggunakan lemari buku.

Baca juga: Desain Ruang Tamu yang Baik dan Benar

Desain Konsep Zen

(Design Rumah)

Jika ruang tamu kecil di dalam rumah cukup memiliki penerangan alami, konsep zen yang mendesain ruang tamu menjadi lesehan patut dicoba. Desain zen sangat mengedepankan unsur alam, maka dari itu tempatkan juga dekorasi tanaman hias di dalam ruang tamu. Gunakan alas yang sesuai dan tempatkan beberapa sofa di bagian yang terkena sinar matahari.

Desain Tema Japandi

(Interior Design)

Desain Japandi adalah gabungan dari desain tema Jepang dan Skandinavia. Pengaplikasian desain bertema Japandi menitikberatkan pada penataan ruangan dan penggunaan perabot praktis serta compact. Dekorasi yang digunakan di dalam ruangan tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap mengusung nuansa modern dan bergaya. Desain bertema Japandi cukup digandrungi karena cukup ringkas, tetapi dapat membuat tampilan ruang tamu menjadi terkesan luas dan mewah.

Baca juga: 20 Ide Sulap Teras Jadi Ruang Tamu Mini

Desain Nuansa Tropikal

(Mustikaland)

Desain bernuansa tropikal pada ruang tamu kecil sekali memakai unsur warna putih, cokelat, dan emas. Warna putih bisa menjadi warna dinding ruang tamu, warna cokelat bisa dipilih untuk warna furnitur, dan warna emas dapat diaplikasikan pada dekorasi lainnya. Manfaatkan sofa yang seukuran dinding agar ruangan dapat terkesan luas juga bergaya.

Desain Ala Skandinavia

(Courtina)

Ruang tamu ala skandinavia bisa kamu ciptakan di rumah dengan mudah, Pins. Walaupun ruangan berukuran kecil, konsep skandinavia bisa dibuat hanya dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada. Pertama, gunakan karpet bulu sebagai alas ruang tamu. Kedua, taruh sofa minimalis yang berisi 2 atau 3 dudukan. Terakhir, tambahkan dekorasi dengan perabot berbahan kayu agar ruangan tampil lebih elegan.

Baca juga: 17 Rekomendasi Desain Ruang Tamu Mewah

Desain Sempit dan Memanjang

(InteriorDesign.id)

Jika Pins memiliki ruang tamu dengan konfigurasi persegi panjang, maka bisa menerapkan desain yang satu ini. Desain sempit dan panjang memfokuskan pada sirkulasi utama sehingga harus dibuat senyaman mungkin. Ide dan desain berbagai konsep sebenarnya dapat diterapkan, namun, penting untuk memperhatikan ukuran furnitur karena dapat membuat jalan lebih sempit.

Desain Dominasi Putih

(House Beautiful)

Penggunaan warna putih cocok untuk ruangan yang kecil dan sempit karena akan memberikan ilusi ruangan yang lebar. Warna putih juga dapat dikombinasikan dengan berbagai material dan kombinasi warna karena sifatnya yang fleksibel.

Baca juga: 7 Inspirasi Ruang Tamu Tanpa Sofa Super Nyaman

Desain Maskulin

(Pinterest)

Perpaduan warna-warna gelap seperti biru tua, merah maroon, dan cokelat, dapat memberiikan kesan maskulin pada ruangan. Desain seperti ini cocok teruntuk Pins yang menyukai kesederhanaan namun ruangan yang modis. Kamu dapat menambahkan hiasan dinding berupa foto atau rak buku.

Desain Bohemian

(Pinterest)

Desain bohemian merupakan desain yang melibatkan banyak permainan pola dan tekstur. Pins dapat menggunakan warna-warna kalem seperti cokelat muda dengan aksen kayu untuk memberikan kesan ruangan yang nyaman. Kamu juga dapat menggunakan hiasan dinding seperti kaca atau jaring-jaring kain.

Desain Ruang Tamu dengan Kaca

Terkadang, akan menjadi tantangan tersendiri dalam mendekorasi ruang tamu yang kecil, apalagi memiliki bentuk yang tidak biasa. Pins bisa menggunakan kaca, mulai dari hiasan, hingga kaca besar untuk memberikan kesan ruangan yang luas.

Baca juga: 15 Hiasan Ruang Tamu Minimalis yang Simpel

Desain Urban

(Home BNC)

Terkadang, banyak sekali desain unik dan lucu yang menggunakan pola. Diantaranya seperti corak hewan, atau motif lainnya. Pins dapat mengkreasikan dengan cermat berbagai macam pola ini untuk memberikan sentuhan urban pada ruangan yang unik dan tentunya nyaman.

Desain Mewah Minimalis

(Pinterest)

Ruang tamu merupakan bagian pertama yang akan dilewati, sehingga penting untuk mendekorasinya sebaik dan senyaman mungkin, Kamu bisa menggunakan konsep mewah namun minimalis. Pins dapat menggunakan material parkit kayu, menggunakan keramik dinding berwarna kalem, dan memberikan downlight.

Desain Ruang Tamu Dominasi Pink

(Decoist)

Kalau tadi ada ruang tamu bergaya maskulin, gaya ruang tamu satu ini justru kebalikannya. Dominasi warna pink pada ruang tamu akan memberikan kesan manis dan feminim. Perpaduan dengan aksen hitam dan putih serta corak floral dapat memberkan kesan retro yang unik. Tentunya kamu akan betah untuk berlama-lama di ruangan ini, deh!

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proposional

Desain Cozy Bergaya Hungaria

(Pinterest)

Mengakali ruangan sempit agar tampak luas dapat terlihat menantang. Desain Hungaria dapat menjadi solusi kamu. Pins dapat menggunakan rak-rak, kaca, serta sofa agar ruangan tetap terkesan nyaman. Kamu dapat memajang semua pernak-pernik ruangan dan menyimpan benda-benda penting dalam kabinet rak. Selain terlihat bersih dan luas, ternyata kamu menyimpan banyak benda yang bahkan tidak diketahui orang lain. Praktis bukan?

Itu dia beberapa konsep desain ruang tamu kecil sekali yang bisa kamu pilih dan aplikasikan di rumah. Kalau kamu, suka desain yang mana, Pins?

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Untuk Interior Rumah Anda


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Finansial
Finansial Ada Konsultan Take Over di Pinhome, Info Ini Cuma Buat Kamu. Simak Yuk!

#WaktunyaBeliRumah - Pins, pernahkah kamu mendengar istilah Take Over? Istilah ini sering digunakan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia