Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Desain Ruang Tamu Kecil Sekali Namun Tidak Terasa Sesak

Desain Ruang Tamu Kecil Sekali Namun Tidak Terasa Sesak

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 30 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Salah satu ruangan penting yang harus ada di dalam rumah adalah ruang tamu. Ruangan ini digunakan sebagai tempat menjamu tamu dan tentunya harus mencerminkan kepribadian si pemilik rumah. Lantas, bagaimana bila rumah tidak terlalu besar? Apakah ruang tamu kecil sekali tetap pantas untuk menjamu tamu?

Pinhome – Pilihan desain rumah minimalis memang telah menjadi favorit banyak orang. Namun, terkadang hunian minimalis juga memiliki masalahnya sendiri. Salah satunya terdapat pada ruang tamu. Karena keterbatasan dan penggunaan lahan yang dimaksimalkan, maka sering dijumpai desain ruang tamu kecil sekali pada rumah minimalis.

Luas ruang tamu yang terbatas sebenarnya bisa disiasati. Walaupun ruang tamu kecil, tetapi bukan berarti ruangan menjadi kurang nyaman, sesak, dan pengap. Ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk membuat ruang tamu kecil sekali, tetapi tetap nyaman, seperti pemilihan furnitur dan penataan ruangan pastinya ruang tamu akan terasa lebih nyaman.

Baca juga: Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Kiat Mendesain Ruang Tamu Sempit

(Hipwee)

Untuk dapat menyiasati desain ruang tamu kecil agar tampak lebih lega, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

Pemilihan Cat Dinding

(Magnolia Adi Sentosa)

Untuk ruang tamu kecil, sebaiknya pilih cat berwarna terang. Gunakan cat dengan warna putih atau krem agar memberikan kesan luas pada ruangan. Hindari menggunakan warna-warna gelap karena justru akan membuat ruang tamu tampak semakin sempit dan pengap. Penggunaan warna-warna terang juga bisa dikombinasikan, asalkan jangan terlalu banyak agar tidak terkesan ramai.

Penataan Perabotan

(IKEA Indonesia)

Karena desain ruang tamu kecil, pastikan untuk memilih perabotan dengan ukuran yang sesuai. Jangan memaksakan menggunakan perabotan berukuran besar yang dapat membuat ruangan menjadi semakin sempit. Pilih furnitur berukuran mungil agar dapat disesuaikan di dalam ruangan. Hindari juga penggunaan perabot yang fungsinya tidak terlalu penting untuk menghemat ruang yang ada.

Tambahkan Aksesori Pendukung

(Bangunesia)

Agar ruangan terlihat lebih cantik, jangan lupa tambahkan berbagai aksesori yang menarik. Gunakan lukisan, lampu hias, rak dinding, atau lampu hias. Pilih aksesori yang tidak mengganggu pemandangan dan memakan tempat. Aksesori yang digunakan juga jangan terlalu banyak agar ruang tamu tetap terasa lega.

Berbagai Pilihan Desain Ruang Tamu Kecil

(Intiland)

Walaupun terbatas, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi dengan desain ruang tamu, Pins. Ada banyak pilihan desain ruang tamu kecil yang bisa kamu gunakan, beberapa di antaranya seperti berikut ini :

Desain Minimalis Tanpa Sekat

(Idea Grid)

Desain ruang tamu semacam ini sudah sangat umum ditemukan di berbagai rumah, terutama yang mengusung konsep minimalis. Dengan tidak adanya sekat atau dinding pembatas, ruang tamu memang akan terlihat lebih luas dan menyatu dengan ruangan lainnya, seperti ruang makan atau ruang keluarga. Namun, desain semacam ini juga dianggap kurang menutup privasi. Untuk desain semacam ini, sebaiknya gunakan warna dominan putih untuk cat dan warna perabotnya agar tetap tampil berkelas.

Desain Kombo Ganda

(Mustikaland)

Kombo ganda adalah salah satu desain yang menggabungkan dua ruangan. Pengaplikasiannya adalah dengan mengurangi penggunaan sekat antara kedua ruangan yang ada pada ruangan sempit. Contoh penerapan desain ruang tamu ini yaitu penggabungan antara ruang tamu dengan ruang makan yang disekat menggunakan lemari buku.

Desain Konsep Zen

(Design Rumah)

Jika ruang tamu kecil di dalam rumah cukup memiliki penerangan alami, konsep zen yang mendesain ruang tamu menjadi lesehan patut dicoba. Desain zen sangat mengedepankan unsur alam, maka dari itu tempatkan juga dekorasi tanaman hias di dalam ruang tamu. Gunakan alas yang sesuai dan tempatkan beberapa sofa di bagian yang terkena sinar matahari.

Desain Tema Japandi

(Interior Design)

Desain Japandi adalah gabungan dari desain tema Jepang dan Skandinavia. Pengaplikasian desain bertema Japandi menitikberatkan pada penataan ruangan dan penggunaan perabot praktis serta compact. Dekorasi yang digunakan di dalam ruangan tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap mengusung nuansa modern dan bergaya. Desain bertema Japandi cukup digandrungi karena cukup ringkas, tetapi dapat membuat tampilan ruang tamu menjadi terkesan luas dan mewah.

Desain Nuansa Tropikal

(Mustikaland)

Desain bernuansa tropikal pada ruang tamu kecil sekali memakai unsur warna putih, cokelat, dan emas. Warna putih bisa menjadi warna dinding ruang tamu, warna cokelat bisa dipilih untuk warna furnitur, dan warna emas dapat diaplikasikan pada dekorasi lainnya. Manfaatkan sofa yang seukuran dinding agar ruangan dapat terkesan luas juga bergaya.

Desain Ala Skandinavia

(Courtina)

Ruang tamu ala skandinavia bisa kamu ciptakan di rumah dengan mudah, Pins. Walaupun ruangan berukuran kecil, konsep skandinavia bisa dibuat hanya dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada. Pertama, gunakan karpet bulu sebagai alas ruang tamu. Kedua, taruh sofa minimalis yang berisi 2 atau 3 dudukan. Terakhir, tambahkan dekorasi dengan perabot berbahan kayu agar ruangan tampil lebih elegan.

Itu dia beberapa konsep desain ruang tamu kecil sekali yang bisa kamu pilih dan aplikasikan di rumah. Kalau kamu, suka desain yang mana, Pins?

___

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel