BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Desain Kamar Tidur untuk Orang Tua yang Mewah dan Aman
0
0

8 Desain Kamar Tidur untuk Orang Tua yang Mewah dan Aman

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mar 10, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Banyak keluarga menginginkan kamar yang nyaman. Salah satu bagian rumah yang cukup penting adalah kamar tidur. Sangat sulit untuk memiliki orang tua yang sudah tua. Kadang-kadang mereka memerlukan kamar yang nyaman, aman, dan berguna. Semua ruangan rumah harus didesain sedemikian rupa, dan kamar orang tua adalah salah satunya. Tujuan desain kamar ini, seperti ruangan lainnya, adalah untuk membuatnya lebih nyaman untuk beristirahat. Orang tua biasanya ingin kamarnya di desain agar tetap alami dan tidak terlalu ramai.

Semuanya akan dibahas secara menyeluruh, mulai dari pemilihan dekorasi yang tepat hingga pencahayaan yang baik, untuk membantu membuat kamar menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menenangkan diri. Karena itu, jika berencana untuk mendesain kamar orang tua sendiri, pilihan berikut adalah yang terbaik.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Desain Kamar Tidur Orang Tua

Berikut ini desain kamar tidur yang bisa kamu tiru untuk orang tua:

1. Desain Kamar Orang Tua Monokrom

Source : DIY Bunker

Jika orang tua mengutamakan kesederhanaan, desain ini adalah pilihan yang bagus. Pilihlah warna kombinasi monokrom hitam, putih, dan abu-abu akan membuat merasa lebih nyaman. Tambah fitur seperti kursi untuk membaca buku dan bantal. Jangan lupa untuk memaparkan foto pernikahan dengan warna monokrom di belakang.

2. Bernuansa Alam

Source : Home Stratosphere

Sejumlah orang tua tidak ingin AC di kamar mereka. Namun, udara harus tetap sejuk untuk istirahat yang nyaman. Kamar akan terasa lebih sejuk dengan sentuhan tanaman hias. Tanaman dapat ditambahkan ke dalam ruangan dengan menggantung atau menempel di dinding. Gunakan cat dan perabotan berwarna beige untuk membuat kamar tidak terlalu penuh.

3. Desain Kamar untuk Orang Tua yang Mewah

Source : Art Fasad

Selanjutnya adalah desain versi mewah untuk kamar orang tua. Gabungan warna coklat, hitam, abu-abu, dan biru tua akan memberikan kesan mewah dan elegan pada kamar. Apalagi jika perabotan yang terbuat dari kayu jati digunakan dalam ruangan tersebut. Untuk membuatnya lebih mewah, letakkan karpet bulu dan kaca besar di belakang kasur.

4. Style Japandi

Source : Art Fasad

Beberapa tahun terakhir, gaya Japanese Scandinavian (Japandi) menjadi populer. Ini pasti cocok untuk kamar orang. Hal ini disebabkan oleh gaya Japandi yang kalem, yang membuat kamar nyaman dan menarik. Supaya gaya Japandi ini semakin terlihat, gunakan perabotan kayu dan lantai parket.

5. Desain Kamar Kecil

Source : Homies

Kamar tidur orang tua tidak terlalu besar? Bisa disiasti! Pertama, hindari menempatkan terlalu banyak perabotan di dalamnya jika itu terjadi. Taruh yang penting saja, seperti kasur dan lemari, di sana. Setelah itu, pastikan pencahayaan masuk ke kamar sebanyak mungkin. Di sebelah kasur, dapat membuat jendela yang cukup besar. Jangan lupa untuk menempatkan hiasan kecil seperti tanaman di beberapa sudut kamar.

6. Desain Kamar Tidur Orang Tua yang Berfokus pada Putih

Source : Shop Ltk

Seperti yang disebutkan di atas, fakta bahwa putih akan membuat kamar menjadi lebih sejuk benar. Saat ini, dapat menggunakan warna ini pada semua perabotan dan dekorasi kamar. Sangat disarankan untuk cocok dengan tema rumah, seperti contoh di atas, yang memiliki tema mewah.

7. Desain Kamar Tidur Rustic untuk Orang Tua

Source : Balitecture

Rustic telah ada sejak lama. Singkatnya, gaya ini membuat ruangan terlihat seperti baru dibuat. Namun, karena nilai estetika yang tinggi, banyak digunakan. Itu pasti cocok untuk kamar tidur orang tua. Apalagi jika mereka ingin menciptakan suasana masa muda tahun 60-an dan 80-an. Apa saja yang digunakan? Lantai parket dan dinding yang terbuat dari kayu adalah kunci untuk membuat kamar terasa rustic. Pilih kayu dengan motif abstrak agar terlihat seperti dindingnya belum dicat, dan kemudian gunakan warna tembok kayu untuk menambah aksen.

8. Desain Kamar Menenangkan Ala Spa

Source : Bored Panda

Dengan mengadopsi tema ala spa, kamar tidur juga dapat menjadi tempat yang nyaman dan menenangkan. Gunakan mebel dengan desain minimalis dan nyaman, serta bantal lembut dan kursi santai yang nyaman. Untuk menciptakan suasana yang santai dan tenang, gunakan warna yang lembut dan menenangkan seperti biru muda, hijau pucat, atau putih. Tambahkan elemen hiasan seperti lilin aromaterapi atau tanaman hijau untuk menambah kenyamanan dan ketenangan.

Cara Desain Kamar Tidur untuk Orang Tua

Jika ingin mendesain kamar untuk orang lanjut usia, berikut beberapa saran.

1. Pilih Mebel yang Tepat

Memilih mebel yang tepat sangat penting ketika merancang kamar orang tua. Tempat tidur adalah bagian penting dari rumah, jadi pastikan memilih kasur yang nyaman dan ukuran yang tepat. Menggunakan tempat tidur dengan ketinggian yang tepat agar mudah naik dan turun dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan tidur lebih nyenyak.

2. Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk desain kamar tidur. Lampu meja samping tempat tidur dapat berfungsi sebagai pencahayaan dan dekorasi kamar. Mempertimbangkan untuk memasang lampu latar yang dapat mengubah intensitas cahaya sehingga dapat memilih pencahayaan yang nyaman sesuai dengan kebutuhan.

3. Pertimbangkan Aspek Keamanan Saat Mengatur Kamar

Rumah harus diatur dengan baik sehingga orang dapat bergerak dengan nyaman dan aman. Pertimbangkan untuk menggunakan lemari atau laci dengan penyimpanan yang cukup untuk pakaian dan aksesoris. Mempertahankan ruangan tetap bersih dan rapi dengan menambahkan rak atau organizer tambahan.

Itulah dia desain kamar orang tua yang bisa kamu contoh ya, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download