Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Besi Hollow Finish Galvalum

Tips Properti

Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Besi Hollow Finish Galvalum

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kanopi adalah bagian struktur sekaligus arsitektur bangunan yang menempel pada dinding. Fungsi dari kanopi yaitu sebagai atap serta untuk memperindah tampilan bangunan. Mengingat fungsinya yang vital, maka kanopi harus kuat dari segi struktur, indah dari segi arsitektur, awet tahan lama, serta hemat dalam perawatan. Ada banyak jenis material yang bisa dipakai untuk membuat kanopi diantaranya ada baja ringan, besi hollow, PVC, beton bertulang, baja profil, dan yang lainya. Masing-masing tentu punya nilai plus minus. Nah, kali ini kita bahas secara khusus tentang kelebihan kanopi baja ringan dibandingkan dengan besi hollow finish galvalum, berikut diantaranya

Ini Dia Kelebihan dari Kanopi Baja Ringan

Biaya Lebih Murah

(FacetoFeet)

Harga borong per-m2-nya bisa dibilang separuh dari rangka besi holllow. Jika biaya kanopi baja ringan finish galvalum +/-Rp.150.000,-/m2, maka kanopi hollow finish galvalum +/-Rp.300.000,-/m2.

Pengerjaan Lebih Cepat

kanopi baja ringan
(Jasa Pasang Kanopi Semarang)

Kecepatan dalam pelaksanaan itu dipengaruhi oleh tidak adanya pekerjaan pengelasan, tinggal bor dan pasang baut maka jadilah itu rangkaian. Pemotonganya juga cepat karena tinggal digunting. Keringanannya juga berpengaruh pada kecepatan transportasi serta pemasangan.

Beban Struktur Lebih Ringan

(Pinterest)

Jadi tidak memerlukan perkuatan ekstra pada dinding yang ditempel, ini berarti terdapat biaya penghematan. Misalnya dimensi besi kolomnya tidak perlu besar-besar dan jumlahnya juga cukup sedikit saja.

Baca Juga: 8 Model Kanopi Minimalis untuk Teras Mungil

Lebih Awet karena Anti Karat

(Sindonews)

Tidak seperti besi hollow yang berpotensi mengalami karat. Jika baja ringannya bagus maka bersifat anti karat, sehingga tidak mudah rusak.

Biaya Perawatan Lebih Hemat

(Kanopo garasi Jakarta)

Karena anti karat maka tidak diperlukan biaya pengecatan seperti pada hollow yang harus di cat secara rutin setiap sekian bulan atau tahun sekali agar tidak mengalami pengaratan.

Mudah Dibongkar Pasang

(Hargaper)

Alat sambungnya yang berupa mur baut, membuatnya bersifat knock down alias bongkar pasang. jadi bisa dipindah apabila hendak berganti model bangunan.

Selain kelebihan tentu saja ada juga kekuranganya. Adapun kekurangan kanopi rangka baja ringan dibanding besi hollow yaitu bentuknya yang tidak leluasa di modifikasi, sehingga kurang indah. Namun jika didesain sedemikian rupa maka akan menjadi menarik dengan biaya yang jauh lebih murah dibanding jika memakai hollow.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel