BlogLifestyleEdukasiIni 12 Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Jenis Lainnya
0
0

Ini 12 Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Jenis Lainnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mei 19, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan kanopi baja ringantop-right-banner

Kanopi adalah bagian struktur sekaligus arsitektur bangunan yang menempel pada dinding. Mengingat fungsinya yang vital, maka kanopi harus kuat dari segi struktur, indah dari segi arsitektur, awet tahan lama, serta hemat dalam perawatan. Berbagai kelebihan pada kanopi baja ringan membuat jenis ini cocok kamu gunakan.

Ada banyak jenis material yang bisa dipakai untuk membuat kanopi diantaranya ada baja ringan, besi hollow, PVC, beton bertulang, baja profil, dan yang lainya. Masing-masing tentu punya nilai plus minus. Nah, kali ini Pinhome akan bahas secara khusus tentang kelebihan kanopi baja ringan dibandingkan dengan besi hollow finish galvalum.

Ini Dia Kelebihan dari Kanopi Baja Ringan

Biaya Lebih Murah

Harga borong per m2 bisa dibilang separuh dari rangka besi holllow. Jika biaya kanopi baja ringan finish galvalum Rp 150.000/ m2, maka kanopi hollow finish galvalum Rp 300.000/ m2.

Baca juga: Merenovasi Rumah untuk Meningkatkan Harga Jual

Pengerjaan Lebih Cepat

kelebihan kanopi baja ringan
Source : Rumah Minamlis Cantik

Kecepatan dalam pelaksanaan itu dipengaruhi oleh tidak adanya pekerjaan pengelasan, tinggal bor dan pasang baut maka jadilah itu rangkaian. Pemotonganya juga cepat karena tinggal digunting. Keringanannya juga berpengaruh pada kecepatan transportasi serta pemasangan.

Beban Struktur Lebih Ringan

Jadi tidak memerlukan perkuatan ekstra pada dinding yang ditempel, ini berarti terdapat biaya penghematan. Misalnya dimensi besi kolom tidak perlu besar-besar dan jumlahnya juga cukup sedikit saja.

Baca juga: 8 Model Kanopi Minimalis untuk Teras Mungil

Lebih Awet karena Anti Karat

Tidak seperti besi hollow yang berpotensi mengalami karat. Jika baja ringannya bagus maka bersifat anti karat, sehingga tidak mudah rusak.

kelebihan kanopi baja ringan
Source : Harapan Rakyat

Biaya Perawatan Lebih Hemat

Source : Lazada

Karena anti karat maka tidak diperlukan biaya pengecatan seperti pada hollow yang harus dicat secara rutin setiap sekian bulan atau tahun sekali agar tidak mengalami pengaratan.

Baca juga: Game Membangun Rumah – Buat Desain Rumah Impian Anda

Mudah Dibongkar Pasang

Alat sambungnya yang berupa mur baut, membuatnya bersifat knock down alias bongkar pasang. jadi bisa dipindah apabila hendak berganti model bangunan.

Mutu Kanopi Baja Ringan Terjamin

Source : CNN Indonesia

Mutu baja ringan juga terbilang sangat baik. Apalagi baja ringan yang beredar di pasaran umumnya sudah melalui serangkaian uji dan mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Tahan Terhadap Gempa

Source : Lazada

Kanopi baja ringan juga memiliki ketahanan dibandingkan dengan bahan lainnya. Pasalnya, material ini mempunya beban yang ringan sehingga lebih kuat bila terjadi goncangan gempa.

Bersifat non–combustible

Sifat non-combustible adalah sifat tidak membesarkan api. Oleh karena itu, kanopi baja ringan tidak akan membuat api semakin besar saat terjadi kebakaran. Jadi, kanopi jenis jauh lebih aman dibandingkan jenis lainnya.

Baca juga: 8 Ide Model Pagar Baja Ringan Minimalis yang Bisa Jadi Pilihan

Terhindar dari Rayap

Source : Lazada

Berbeda dengan kanopi kayu, kanopi baja ringan tidak akan diserang oleh rayap. Ini membuat kanopi jenis ini jadi lebih awet untuk Pins gunakan.

Tidak Memuai

Kanopi jenis lainnya mengalami pemuaian saat terjadi perubahan cuaca. Sedangkan, kanopi baja ringan memiliki bentuk yang tidak berubah saat perubahan cuaca terjadi. Jadi, jenis ini lebih aman dibandingkan dengan jenis lainnya.

Ramah Lingkungan

Source : Blibli

Jenis kanopi yang satu ini bersifat ramah lingkungan. Pasalnya, banyak dari kanopi baja ringan sebenarnya terbuat dari logam daur ulang. Bukan hanya itu, baja ringan yang sudah tua ini pun nantinya bisa diolah kembali jadi material yang baru.

Selain kelebihan tentu saja ada juga kekuranganya. Adapun kekurangan kanopi rangka baja ringan dibanding besi hollow yaitu bentuknya yang tidak leluasa di modifikasi, sehingga kurang indah.

Namun jika didesain sedemikian rupa maka akan menjadi menarik dengan biaya yang jauh lebih murah dibanding jika memakai hollow. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga: Tujuan Membeli Rumah Tinggal


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Edenhaus dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download