BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Inspirasi Desain Rumah Mini dan Tips Menatanya Agar Terlihat Luas
0
0

5 Inspirasi Desain Rumah Mini dan Tips Menatanya Agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Nov 9, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jika memiliki rumah dengan luas terbatas, tentunya Pins akan sedikit kesulitan untuk menempatkan beberapa furniture tambahan. Tapi kamu tak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat efek ruang yang lebih luas. Pins, dapat memerhatikan konsep yang cocok dengan desain rumah mini agar hunian lebih nyaman.

Melalui ulasan ini, kami akan berikan tips menata rumah mungil dan sempit agar terkesan lebih luas dan nyaman beserta inspirasi desain rumah mini yang bisa kamu pertimbangkan.

Kamu juga bisa mendapat rumah impian yang mungil maupun besar melalui aplikasi Pinhome. Fitur pencarian di aplikasi ini akan memudahkan kamu menemukan rumah bekas di Bogor ataupun perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Baca juga: 30+ Desain Rumah Minimalis 2022 Favorit yang Bisa Menjadi Inspirasi

Tips Menata Rumah Mini

Source : Freepik

Terdapat beberapa hal yang dapat Pins lakukan agar rumah mungil bisa terlihat lebih luas dan nyaman. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan Cermin

Mungkin Pins tidak mengerti apa yang bisa cermin lakukan untuk rumah. Pada kenyataannya, cermin mampu memberikan efek yang lebih luas pada ruangan.

Kamu bisa memasang cermin di area sekitar meja makan ataupun di ruang keluarga. Selain menimbulkan efek ruang yang lebih luas, cermin juga bisa memberikan efek yang kuat terhadap ruang. 

Baca juga: Tetap Asri dan Nyaman dengan Desain Rumah Mungil

2. Gunakan Desain Built-in

Desain built-in mampu memberikan kesan simpel pada ruang, sehingga akan membuat ruangan terkesan lebih luas. Seperti halnya membuat lemari menempel pada tembok ataupun di dalam gypsum.

Dengan desain built-in tersebut, Pins tidak perlu membeli keseluruhan furnitur. Melainkan, Pins hanya perlu lemari dan ambalan di dalamnya. Pins juga bisa mempermanis tampilan lemari dengan menambah wallpaper dan sebagainya.

3. Gunakan Furnitur Kecil

Source : Uwitan

Jika memiliki rumah dengan kapasitas ruang yang sempit, maka Pins juga harus menggunakan furnitur ukuran mini. Hal ini penting untuk menghemat tempat. Menggunakan furnitur ukuran besar hanya akan memakan tempat.

Dengan furnitur ukuran kecil, Pins bisa membuat ruang di rumah terlihat lebih luas. Selain itu, Pins juga bisa memilih furnitur yang terkesan ringan dan tipis. Untuk itu, usahakan untuk menghindari furnitur bidang.

4. Gunakan Warna Muda

Warna muda memberikan efek yang lebih terang kepada ruangan, sehingga akan membuatnya lebih luas. Untuk itu, Pins harus menghindari warna gelap pada dinding yang besar. Jadi, jangan sembarangan memilih warna ya, Pins!

Baca juga: Pilihan Warna Rumah yang Tepat untuk Tipe Minimalis

5. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Source : Kompas

Untuk menghindari penggunaan furnitur yang berlebihan, memaksimalkan tempat penyimpanan sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, Pins harus sebisa mungkin mengatur tempat penyimpanan di rumah agar bisa menyimpan banyak barang. Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli tempat penyimpanan baru.

6. Hindari Ruangan dengan Sekat

Rumah dengan ukuran mini sebaiknya menghindari penggunaan sekat pada ruang-ruang di dalam rumah. Hal ini tentunya dapat memberi kesan luas pada rumah Pins. Namun, Pins harus dapat menata isian dalam ruang dengan rapi agar tampilan di dalam ruang tidak terlihat penuh.

Baca juga: Tips Merawat Rumah Agar Terasa Nyaman Dihuni

Desain Rumah Mini yang Bikin Nyaman

Rumah dengan ukuran yang kecil bukan berarti Pins tidak bisa membuat hunian menjadi nyaman. Berikut ini beberapa desain yang dapat menjadi inspirasi Pins:

1. Rumah Mini dengan Ruang Tamu Elegan

Source : Kompas

Dengan ukuran yang kecil bukan berarti Pins tidak dapat berkreasi di dalam ruangan rumah, termasuk ruang tamu. Kamu tetap dapat menambahkan furnitur yang membuat maksimal ruang tamu Pins.

Selain itu, Pins dapat menambahkan cermin di dalam ruang untuk membuat ruang terkesan luas. Tidak ada salahnya juga mengisi ruang tamu dengan sofa dan meja minimalis. Agar lebih tampil elegan, kamu dapat memasang lampu hias yang cantik di dalam ruang tamu.

Baca juga: 12 Inspirasi Rumah Mungil Mewah dan Terasa Megah

2. Rumah Mini Minimalis

Source : Galeri Sumba

Konsep minimalis pada rumah bisa membuat hunian Pins terlihat lebih efisien. Ini disebabkan ruangan di rumah tidak akan terlihat penuh dan berantakan. Sebaliknya, konsep minimalis dapat membuat rumah mini kamu terlihat rapi dan nyaman untuk dihuni.

Baca juga: 10 Inspirasi Taman Mini Belakang Rumah, Mungil dan Cantik!

3. Rumah Mini dengan Interior Kayu

Source : Dekoruma

Interior kayu sangat cocok untuk Pins yang menginginkan tampilan dalam rumah yang sederhana namun tetap elegan. Kamu bisa memadukan interior kayu dengan cat rumah yang memiliki warna netral.

Pilihan warnanya adalah putih, hitam, dan abu-abu. Kombinasi ini membuat rumah Pins akan terlihat hangat.

Baca juga: 10 Inspirasi Rumah 2 Lantai Mungil Cantik

4. Rumah Mini Cat Putih

Source : Kompas Properti

Warna putih dalam rumah menjadi salah satu warna yang paling diminati. Untuk desain rumah berukuran mini, warna putih sangat cocok diaplikasikan karena menambah kesan minimalis sekaligus modern. Pins juga nantinya dapat mengkreasikan warna putih dengan warna lainnya agar bisa terlihat lebih indah.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Paling Efisien

5. Rumah Mini Industrial Rustic

Source : Arsitag

Tipe rumah yang mungil ini memiliki kesan lumayan gahar tetapi tetap adem dengan material beton dan batu alam. Manfaatkan berbagai tanaman menjuntai di bagian depan rumah yang menambah suasana alami. Banyaknya tanaman di halaman depan juga membuat hunian terasa lebih teduh dan juga fungsional.

Menata rumah mini diperlukan strategi yang tepat untuk pembagian ruang dan juga penempatan barang. Dengan begitu, Pins tak perlu khawatir lagi meskipun rumah yang kamu miliki tidak terlalu besar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu dalam menyiasati desain rumah mini kamu ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Panorama Bekasi Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download