24 Pilihan Warna Cat Interior Rumah Beserta Tipsnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 19 October 2021 ∙ 13 menit membaca

Bagaimana tips memilih warna cat interior rumah? Warna adalah salah satu faktor yang bisa mempercantik interior rumah Pins. Dengan pemilihan warna cat interior rumah yang cocok, rumah Pins bisa merefleksikan karakter.

Selain itu, pemilihan warna cat interior rumah yang selaras dengan tema rumah Pins akan menjadikan rumah terlihat lebih indah dan memberikan rasa nyaman kepada Pins dan keluarga dan tamu Pins. 

Namun begitu, memilih warna tidak bisa sembarangan karena akan membuat rumah Pins terkesan monoton. Lalu bagaimana cara memilih warna cat untuk interior rumah? Berikut selengkapnya!

Baca juga:

Pilihan Warna Cat Interior Rumah Ternyaman dan Keren

Inilah beberapa pilihan warna cat interior rumah yang keren dan dijamin bikin nyaman!

Warna Peach

(Homedit)

Warna cat interior rumah peach adalah perpaduan antara orange muda dengan merah muda. Warna yang manis menampilkan suasana segar pada ruangan.

Cat rumah dengan warna peach ini juga mampu membuat furnitur yang ada di sekelilingnya menjadi terlihat glowing. Apalagi jika ditambahkan dengan pencahayaan, baik dari cahaya natural ataupun cahaya dari lampu.

Peach juga cocok dijadikan warna cat rumah bagian dalam seperti pada dinding kamar tidur. Aura hangat dan romantis sangat pekat keluar dari dinding yang berwarna peach. Pins bisa memberikan warna peach pada satu sisi bagian belakang dipan maupun seluruh sisi ruang tidur.

Warna yang manis menampilkan suasana segar pada ruangan. Cat rumah dengan warna peach ini juga mampu membuat furnitur yang ada di sekelilingnya menjadi terlihat glowing. Apalagi jika ditambahkan dengan pencahayaan, baik dari cahaya natural ataupun cahaya dari lampu.

Peach juga cocok untuk dijadikan warna cat rumah bagian dalam seperti pada dinding kamar tidur. Aura hangat dan romantis sangat pekat keluar dari dinding yang berwarna peach. Pins bisa memberikan warna peach pada satu sisi bagian belakang dipan maupun seluruh sisi ruang tidur.

Warna aesthetic dalam kamar tidur bisa Kamu munculkan dari pewarnaan dinding peach dalam kamar. Warna peach yang cenderung feminin dapat membuat kamar kian menarik. Untuk menghindari ruang yang terlihat monoton, Kamu dapat mengaplikasikan pada salah satu bagian dinding, tidak perlu warna kamar secara keseluruhan. Cocok sekali bukan untuk Pins yang kekinian?

Baca juga:

Warna Blush

(Pinterest)

Blush memberikan kesan feminim dan juga teduh untuk suatu ruangan. Maka dari itu tidak ada salahnya memberikan warna blush agar ruangan selalu bisa membuat penghuni merasa betah.

Jika Pins memakai warna cat rumah bagian dalam dengan warna blush, cocok sekali dipadupadankan dengan berbagai furnitur berwarna abu-abu. Sehingga porsi antara dinding dan furnitur akan sangat pas.

Aplikasikan warna blush pada kamar tidur anak maupun kamar mandi juga sangat direkomendasikan. Kesan ringan namun bermakna bisa Pins rasakan langsung saat melihat pantulan dari warna ini.

Baca juga:

Warna Abu-Abu Muda

(Pinterest)

Warna monokrom yang netral seperti abu-abu muda membawa kesan yang simpel. Walaupun simpel, tapi abu-abu mudah tetap memberikan suasana hangat untuk ruangan. Kombinasikan dengan perabotan rumah dengan warna yang lebih natural.

Warna cat rumah minimalis bagian dalam seperti abu-abu ini patut Pins coba untuk berbagai ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, ataupun ruang tidur yang lebih intimate.

Warna ini juga cocok untuk kamar yang aesthetic juga bisa dipadukan dengan perabot putih yang memunculkan kesan aesthetic dalam ruang. Pasang perabot dekorasi menyerupai tangga pada salah satu dinding dan juga tanaman kaktus dalam pot yang simpel. Dijamin kamar tidur Pins akan indah dipandang.

Baca juga:

Warna Putih

(Rohome)

Pasti sebagian besar dari Pins akan memilih warna putih sebagai warna cat rumah bagian dalam. Putih mempunyai kesan bersih dan cerah. Ruangan yang dilapisi oleh warna putih pun akan membuat siapapun yang memasukinya fresh dan clean.

Tak dapat dipungkiri putih menjadi favorit dari banyak orang saat memilih untuk warna cat rumah. Ruangan akan terasa lebih luas saat dinding berwarna putih.

Warna putih yang dominan menjadi warna terbaik untuk hunian bergaya aesthetic. Warna cat aesthetic satu ini memang laku dipasaran karena simpel dan aman diaplikasikan pada desain ruangan apapun. Kesan bersih dan cerah yang ditimbulkan dapat Kamu gunakan untuk dekorasi di dalamnya.

Contohnya pada gambar di atas. Seluruh perabot di dalamnya berwarna putih dengan alas lantai kayu dapat Pins contoh menjadi salah satu desain yang menarik. Tambahkan juga karpet bulu berwarna putih agar ruang semakin indah.

Warna Hazelnut

(Interiordesign.id)

Tone klasik yang merupakan salah satu turunan dari warna coklat adalah hazelnutHazelnut termasuk dalam salah satu warna cat rumah bagian dalam yang elegan. Cocok sekali untuk Pins yang menyongsong tema klasik pada ruangan.

Kesan warm dengan balutan tone coklat membuat warna hazelnut menjadi pilihan terbaik untuk berbagai ruangan. Coba juga kombinasikan dengan furnitur berwarna emas ataupun putih pasti akan menciptakan aura yang dinamis.

Baca juga:

Warna Greenery

(Designcafe.com)

Warna greenery adalah tone hijau yang natural. Sesuai dengan namanya, ruangan dengan warna hijau natural akan membawa kesan tenang dan sejuk. Aura yang dipancarkan oleh warna greenery seperti saat musim semi.

Menurut ilmu psikologi, ruangan dengan warna hijau memang sebuah simbol dari kedamaian dan juga keseimbangan. Jika Pins menginginkan ruangan dengan tema “back to nature”, mengaplikasikan warna hijau natural adalah pilihan yang tepat.

Warna Rosy

(Freepik)

Tone yang sangat manis untuk dipakai sebagai warna cat bagian dalam rumah adalah rosy. Rosy merupakan warna merah muda yang soft dan cantik dipandang. Dengan kesan manis, ruangan terasa lebih hangat dan cozy.

Warna Light Yellow

(Myhomepedia)

Warna cat interior rumah Light yellow atau kuning muda membawa kesan yang cerah ceria pada sebuah ruangan. Pins akan merasa hangat dan nyaman di dalam ruangan berwarna kuning muda ini.

Warna ini mampu memantulkan cahaya matahari dengan baik, sehingga ruangan pun akan terlihat lebih luas. Pemilihan furnitur yang tepat akan menambah kesan mewah pada ruangan yang dibalut dengan tone kuning muda ini.

Baca juga:

Warna Biru Muda

(Designcafe.com)

Bosan dengan warna putih? Pins bisa menggantikan warna putih dengan warna biru muda pada dinding. Biru muda menampilkan ruangan yang beraura energik dan menyenangkan.

Sama halnya dengan warna putih, biru muda pun bisa membuat efek ruangan menjadi terlihat lebih luas. Pins sebagai penghuni dapat merasa lebih nyaman berada di ruangan dengan balutan dinding berwarna biru muda ini.

Ruang keluarga yang cenderung menjadi tempat berkumpulnya keluarga, dapat Kamu desain sedemikian rupa agar nyaman dan sedap dipandang. Warna cat rumah aesthetic berwarna biru muda dapat kalian selaraskan dengan perabot warna senada. Salah satu contohnya seperti sofa dan gorden biru tua pada gambar di atas. 

Warna Abu Lilac

(Pinterest)

Apa sih yang dimaksud dengan abu lilac? Abu lilac adalah warna abu-abu dengan tone yang sedikit keungu-unguan. Warna lilac merupakan warna yang sedang trend di tahun ini lho. Ruangan dengan warna abu lilac membuat mata tak jemu saat memandangnya.

Suasana syahdu dan harmonis tercipta dalam ruangan ini. Warna abu lilac sangat cocok bagi Pins yang memakai tema minimalis pada ruangan.

Warna Sand

(My Desire Home)

Sand masuk dalam jajaran warna cat interior rumah nude yang elegan. Ruangan terkesan lebih lembut dan membuat suasana hangat. Warna ini juga masuk dalam jajaran warna netral lho.

Bagi Pins yang ingin mencari variasi warna netral selain abu-abu dan putih. Cobalah memakai warna sand atau krem ini. Sangat cocok dijadikan warna cat rumah minimalis bagian dalam. Selain itu, bagus pula diaplikasikan pada ruang tamu, ruang keluarga maupun kamar tidur.

Warna Cat Interior Rumah Mint Green

(Decoist)

Salah satu warna cat interior rumah yang masuk dalam kategori warna pastel yaitu mint greenMint green atau yang biasa disebut dengan hijau mint ini mempunyai karakter warna unik. Jika diaplikasikan sebagai warna cat rumah bagian dalam akan memberikan kesan sejuk dan fresh.

Warna hijau mint sangat pas dikombinasikan dengan warna pastel lainnya. Coba yuk aplikasikan warna ini pada ruang tidur, pasti Pins akan merasa betah berlama-lama di kamar.

Baca juga:

Warna Pink Pastel

(Sejasa)

Warna pastel memang tidak ada matinya. Salah satunya adalah cat warna pink pastel atau merah muda yang lembut. Pink pastel mempunyai aura lembut dan ceria. Pink pastel bisa menjadi warna cat rumah bagian dalam yang elegan jika dipadupadankan dengan furnitur minimalis.

Warna Cat Interior Rumah Pastel Gelap

(Pinterest)

Varian warna pastel gelap menjadi salah satu pilihan warna kamar aesthetic yang menarik. Walau terkesan ruang gelap, Pins bisa menyiasatinya dengan permainan kaca jendela yang dibuat besar pada salah satu bagian ruang. Selain itu padukan dengan lantai kayu dengan dekor warna putih. Maka ruang kamar Kamu akan semakin nyaman.

Warna Tosca yang Kekinian

(Prospeku)

Warna tosca pun juga bisa Kamu jadikan warna menarik untuk ruangan aesthetic lho! Tambahkan perabot yang unik dan tidak biasa pada ruang keluarga. Jangan lupa pula untuk memilah beberapa barang yang terkesan kekinian pada ruang agar tema aesthetic tetap kental berada di dalamnya. Contohnya seperti lampu merambat, kaca dengan bentuk unik ataupun foto yang disusun menarik.

Baca juga:

Warna Pastel Hijau

(Qanvast.com)

Pastel hijau menjadi rangkaian warna kamar aesthetic kekinian yang tidak boleh terlewat. Hijau pastel yang lembut dipadukan dengan warna gorden putih juga bisa Pins adaptasi dalam desain ruang makan. Gunakan jenis rangka meja dengan kaki besi, maka ruangan makan akan semakin aesthetic. Tertarik?

Warna Coklat Muda

(Pinterest)

Tren warna coklat khaki pada fashion memang cukup menarik perhatian. Ini juga berlaku pada pewarnaan cat dinding pada ruang tamu atau kamar. Warna ruang tamu dan kamar aesthetic coklat khaki cocok untuk Kamu yang menyukai warna lembut. Berilah beberapa dekorasi kekinian yang cocok seperti karpet berbulu dan tempat duduk lipat, untuk menambah kesan menarik dalam kamar dan juga kenyamanan.

Warna Perpaduan Abu dan Putih

(Peakpx)

Perabot menjadi material pendukung yang memang syarat akan kesan aesthetic di dalamnya. Kamu hanya perlu mengambil perpaduan warna abu dan putih dalam ruang sehingga warna aesthetic milik Pins kian tidak ada duanya. Bila Kamu ingin tampilan ruang lebih artsy, Kamu bisa menambahkan wallpaper dinding dengan gambar dedaunan pada salah satu bagian. Bagaimana terlihat menarik bukan?

Warna Ungu Muda

(Homedit)

Menghadirkan citra feminin dalam ruang dapat diwujudkan dengan warna cat interior rumah ungu muda dalam ruang. Tidak hanya untuk kamar tidur, ruang keluarga pun dapat dibuat lembut dan feminin lho! Warna cat rumah aesthetic berwarna ungu muda dapat Kamu selaraskan dengan warna pada perabot yang senada. Masukan beberapa detail warna bantal yang selaras, dan dekorasi simpel yang tidak memakan tempat.

Warna Biru Tua

(Architecture Art Designs)

Mengaplikasikan warna gelap pada desain ruang memang dapat dikatakan tidak mudah. Pins harus pintar bermain dengan dekorasi di dalamnya. Warna cat aesthetic biru tua menjadi salah satu rangkaian warna gelap yang cocok diaplikasikan pada dinding hunian. Padukan dengan perabot sofa, kursi, lampu dengan warna yang sangat cerah seperti putih. Maka, ruang aesthetic kamu akan semakin instagramble.

Baca juga:

Warna Cat Interior Rumah Abu-Abu Gelap

(Designcafe.com)

Aesthetic sendiri lekat hubungannya dengan kecantikan atau keindahan dalam unsur peletakan dekorasi suatu ruang. Tidak hanya warna biru gelap, warna cat interior rumah aesthetic abu gelap juga cocok diaplikasikan pada warna dalam ruang keluarga. Tambahkan perabot berwarna putih maupun abu muda pada ruang dan jangan lupa karpet berbulu putih sebagai salah satu ikon benda kaum milenial yang aesthetic. Rumah Pins pun akan tidak ada duanya.

Warna Hijau Muda

(Decoist)

Siapa bilang ruang tamu tidak bisa dibuat aesthetic? Dengan pewarnaan cat dinding hijau muda dapat membuat ruang tamu kamu minimalis dan indah dipandang. Warna cat rumah aesthetic hijau muda dipadukan dengan perabot kayu memang cocok. Selain itu, cobalah untuk menambahkan tanaman hias kecil yang tidak memakan tempat. Dengan begitu, dapur kamu akan kian aesthetic.

Warna Coklat Pastel Untuk Ruang baca

(Designcafe.com)

Padukan warna coklat pastel dengan warna cat rumah aesthetic berwarna coklat putih, maka ruang baca tempat kamu dan keluarga berkumpul semakin nyaman. Pilihlah warna kayu terang pada perabot pendukung lainnya agar ruangan terasa hangat.

Warna Pink Muda

(Home Stratosphere)

Merah mudah yang lembut juga merupakan salah satu pilihan warna menarik untuk ruangan dengan desain estetik. Warna kamar aesthetic berwarna pink dipadukan dengan dekorasi senada dapat membuat kamar kamu instagramable. Lihat contohnya di atas, manis sekali bukan?

Baca juga:

Tips Memilih Warna Cat Interior Rumah

(Lovehappensmag.com)

Sudah memilih warna cat interior rumah yang tepat? Ini beberapa tips untuk memilih yang sesuai dengan desain pilihan!

Pilihlah Warna yang Sesuai dengan Tema Rumah Pins

Rumah biasanya memiliki style tertentu, seperti minimalis, klasik, natural, dan lain-lain. Style rumah Pins memiliki pengaruh yang besar terhadap pemilihan warna. Jika rumah Pins bergaya klasik, maka warna cat interior rumah hitam dan putih bisa menjadi pilihan terbaik Pins.

Pins bisa menyiasatinya sehingga terlihat lebih menarik. Sebaliknya, jika Pins memiliki rumah bergaya natural, Pins bisa memilih warna-warna alam, seperti warna coklat dan hijau.

Baca juga:

Pertimbangkan Pengguna Ruangan di Rumah

Tips selanjutnya dalam memilih warna cat untuk interior rumah dengan mengetahui fungsi ruangan. Jika Pins berkeluarga besar, maka memilih warna untuk tiap-tiap ruangan bisa sedikit lebih kompleks. Warna yang cocok untuk kamar tidur yang digunakan oleh anak Pins tentu akan berbeda dengan warna yang digunakan untuk kamar tidur untuk orang tua Pins. 

Jika Pins memilih warna untuk kamar Pins dan orang tua Pins, ruang kerja ataupun ruang tamu, Pins juga bisa memilih warna yang lembut. Sebaliknya, warna untuk kamar tidur anak-anak, ruang belajar, dan ruang bermain,warna terang bisa menjadi pilihan tepat. Sementara itu, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan akan lebih baik menggunakan warna lembut.

Pertimbangkan Furniture yang Ada di Ruangan

Memilih warna memerlukan pertimbangan yang matang. Dari semua hal, yang paling penting adalah bahwa warna yang Pins pilih sesuai dan cocok dengan dekorasi rumah Pins.

Memilih warna dengan perbedaan mencolok dengan dekorasi rumah Pins akan memberikan efek yang kurang bagus dan terkesan dipaksakan.

Oleh karena itu, Pins harus mempertimbangkan warna dominan furnitur yang Pins gunakan. Jika Pins menemui kesulitan, garis warna bisa membantu untuk memilih warna cat untuk interior rumah.

Baca Juga:

Featured Image Source: Behance.net

Editor: Voni Sri


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia