BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Merk Cat Tembok Terbaik untuk Rumah
0
0

20 Merk Cat Tembok Terbaik untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 14, 2023

15 menit membaca

Copied to clipboard
merk cat tembok terbaiktop-right-banner

Mengecat dinding sebenarnya tidak perlu menjadi persoalan besar. Pasalnya, kini sudah ada berbagai merk cat tembok terbaik yang menawarkan segala kelebihan berdasarkan karakteristik tembok yang dimiliki. Biasanya, beberapa Rumah Ekslusif seperti Britania Green Resort sebagai Perumahan di Kota Bogor yang terbaik, akan menggunakan merk cat tembok ekslusif. Hal ini bertujuan agar warna yang dihasilkan terlihat elegan, mewah, dan berkelas.

Selain itu, beberapa merk ini bisa Pins pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Apakah ingin tampak modern, minimalis atau justru mencolok dengan warna yang cerah? Penasaran apa saja rekomendasi merek cat tembok interior yang bagus dan tahan lama? Simak daftar lengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca juga: 20 Rekomendasi Merk Cat Besi Terbaik Untuk Hasil Maksimal

Fungsi Cat Tembok

Mengecat tembok
Source : Unsplash

Pins tahu tidak, kalau cat tembok yang bagus tidak hanya sekadar melapisi dinding dari beton saja lho. Lebih dari itu, cat tembok juga menawarkan berbagai fungsi lain. Simak fungsi-fungsi cat tembok lainnya di sini!

Baca juga: 15 Motif Cat Dinding 3D Sederhana Membuat Ruangan Semakin Unik

1. Memberikan Warna pada Permukaan Benda

Tentu ketika membangun dan mendesain rumah, Pins bisa mengubah warna acian semen menjadi merah, biru, hijau atau warna lainnya. Hal tersebut bisa Pins lakukan dengan cara melapisi permukaan dinding dengan cairan cat.

2. Melindungi Permukaan Benda

Untuk melindungi permukaan benda, Pins juga dapat menyiasati dengan menggunakan cat. Contohnya, cat dapat mencegah tumbuhnya lumut dan jamur pada permukaan dinding sehingga tetap bersih dan awet. Secara estetika, nilai visual juga akan meningkat.

3. Membantu Melindungi dari Bakteri

Beberapa jenis cat dapat mengurangi tingkat kelembapan pada permukaan bangunan. Alhasil, hal itu membuat dinding tidak lagi cocok sebagai tempat tumbuh kembang bakteri yang berbahaya bagi manusia.

4. Menutup Kekurangan Bangunan

Merk cat tembok terbaik uga menawarkan fungsi menutupi kekurangan bangunan. Hal tersebut bisa dilihat dari bidang bangunan yang tadinya retak atau terdapat cacat bisa tampak mulus setelah dilapisi cat. Sampai akhirnya, bangunan tersebut menjadi lebih nyaman untuk dipandang.

Baca juga: 7 Rekomendasi Cat Anti Jamur Terbaik dan Terbukti Ampuh

5. Memberikan Nuansa Tertentu Pada Ruangan

Misalnya, ruangan dengan cat emas akan mengesankan hunian yang elegan dan mewah. Ruangan dengan cat merah biasanya akan memberikan kesan berani dan bold.

Pins bisa menyesuaikan kesan yang diinginkan dengan berbagai pilihan warna cat tembok yang da di pasaran saat ini.

Jenis Cat Tembok

Jenis cat tembok
Source : Freepik

Sebelum mengetahui apa saja merk cat dinding yang bagus, ada baiknya Pins memahami terlebih dulu jenis cat yang tersedia di pasaran. Berikut ini beberapa jenis cat tembok yang dilihat dari hasil akhirnya:

1. Matte atau Doff

Matte atau doff merupakan jenis cat dengan kekuatan meresap dan menempel yang kuat. Namun, cat tersebut akan menghasilkan efek kilap pada permukaan .

Walau begitu, hasil akhir cat matte atau doff akan tampak lembut dan tahan lama terhadap cuaca serta paparan sinar matahari. Tidak heran bila jenis cat ini menjadi alternatif cat dinding yang bagus untuk di dalam maupun luar rumah.

Baca juga: Rekomendasi Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis Terbaru dan Terkeren

2. Eggshell

Eggshell adalah jenis cat yang bertekstur, tetapi tetap halus. Cat tipe ini memiliki tampilan yang mirip dengan kulit telur sehingga lebih mudah dibersihkan pada bagian permukaanya.

Cat eggshell juga tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Pins dapat menggunakan jenis cat ini pada dinding interior rumah, seperti ruang tamu atau di ruang keluarga.

3. Satin

Jika ingin memiliki cat tembok interior yang bagus dan tahan lama, Pins bisa memilih cat satin. Cat ini tergolong mewah karena menawarkan tekstur yang sangat lembut meskipun tidak begitu menempel.

Pins bisa melihat contoh cat satin pada ruang galeri atau restoran. Cat tembok satin menawarkan pilihan warna yang teduh sehingga jadi solusi terbaik untuk kamar tidur maupun ruang tamu.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok Agar Tidak Kekurangan Atau Mubadzir

4. Glossy

Cat glossy sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu high gloss dan semi-gloss. High gloss cenderung memantulkan cahaya sehingga tampak lebih berkilau. Itu sebabnya, cat high-gloss banyak dipakai di dinding eksterior karena sering terpapar sinar matahari.

Sementara itu, cat semi gloss menawarkan tingkat kilap yang lebih rendah. Jadi, Pins bisa menggunakan jenis cat glossy ini pada ruangan yang berisiko terpapar noda.

Rekomendasi Merk Cat Tembok Terbaik

wanita sedang mengecat tembok
Source : Freepik

Nah, itu tadi sederet jenis cat tembok yang bagus untuk bagian interior maupun eksterior rumah. Kini, Pins bisa melihat-lihat apa saja merk cat tembok terbaik dengan lebih seksama, deh. Berikut ini beberapa rekomendasi mrek cat rumah yang bagus sebagai bahan referensi:

1. Dulux Catylac Interior

merk cat tembok terbaik Dulux
Source : Blibli

Merk cat tembok yang bagus besutan Dulux ini merupakan cat tembok dengan bahan dasar air. Selain itu, cat tembok yang satu ini tidak mengandung timbal dan merkuri sehingga aman digunakan.

Sebagai salah satu merk yang populer, Dulux menghadirkan produk ini dengan beragam pilihan warna. Merk cat tembok terbaik ini pun mampu memberikan hasil warna yang sangat cerah berkat teknologi Chrome Brite yang diberikan.

Cek harga Dulux Catylac Interior terbaru di sini.

Baca juga: Perpaduan Cat Rumah Warna Biru yang Menyegarkan

2. Dulux EasyClean

merk cat tembok terbaik DUlux
Source : Dulux

Merk cat tembok yang bagus lainnya adalah Dulux EasyClean. Cat tembok interior berbahan dasar air ini cocok diaplikasikan pada tembok kamar anak maupun ruangan bermain karena dibekali Kid Proof Technology yang tahan terhadap noda atau crayon.

Ini tentu membuat orangtua tidak perlu khawatir karena bisa membersihkan bekas noda tanpa berisiko mengelupasi cat. Produk ini hadir dengan bau yang tidak menyengat dan memiliki kemampuan melindungi dari kuman serta bakteri pada dinding.

Dulux juga menawarkan pilihan warna cat rumah yang beragam, lho.

Cek harga Dulux EasyClean terbaru di sini.

3. Dulux Weathershield Powerflexx

merk cat tembok terbaik Dulux
Source : Shopee

Bagi Pins yang mencari cat tembok anti-air berkualitas bisa membeli Dulux Weatershield Powerflexx. Cat ini bersifat waterproof sehingga tahan terhadap segala kondisi cuaca, terutama hujan lebat tiada henti.

Cat ini juga lebih mudah kering dengan rentang waktu 4-6 jam saja sehingga Pins tidak perlu khawatir akan tembok kotor terkena debu dan noda setelah proses pengecatan.

Cek harga Dulux Weathershield Powerflexx terbaru di sini.

4. Nippon Paint Spotless Plus

Source : Youtube Nippon Paint

Nippon Paint merupakan salah satu merk cat terbaik di Indonesia. Produk dari Nipon Paint hadir dengan kelebihan serta kualitas yang sangat baik sehingga tidak heran jika merk ini begitu populer.

Spotless Plus merupakan salah satu produk cat unggulan dari Nippon Paint. Cat ini memiliki kelebihan antara lain teknologi silver-ion yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri MRSA, E.coli dan Staphylococcus Aureus.

Tidak hanya itu saja, cat ini juga tidak mengeluarkan bau yang menyengat sehingga sangat aman digunakan. Nippon Paint membekali produknya ini dengan teknologi lain, yakni Stain Guard yang terbukti efektif mencegah noda cair melekat pada tembok sehingga tembok akan selalu bersih.

Cek harga Nippon Paint Spotless Plus terbaru di sini.

5. Nippon Paint Vinilex

Source : Shopee

Produk lainnya yang masuk dalam jejeran merk cat tembok terbaik adalah Nippon Paint Vinilex.

Cat tembok 5 kg ini dijual dengan harga Rp. 120.000 saja. Jadi, sangat cocok bagi Pins yang ingin hasil maksimal tapi menghemat budget.

Ketahanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan jika tembok yang diolesi oleh cat ini, digosok 1.200 kali pun warnanya tidak memudar dan tanpa menghasilkan goresan sedikitpun.

Cek harga Nippon Paint Vinilex terbaru di sini.

6. Welproof

Merk cat tembok terbaik Welproof
Source : Weldon

Salah satu cat tembok anti bocor yang terbilang cukup murah namun tetap berkualitas ini juga dapat Pins jadikan pilihan untuk melindungi dinding rumah.

Tidak hanya melindungi dinding dari kebocoran, Welproof menjaga dinding rumah dari jamur dan lembab. Walaupun terbilang murah, Welproof bersifat anti alkali yang membuatnya lebih aman untuk digunakan bagi kesehatan manusia.

Cek harga Welproof terbaru di sini.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Pagar Rumah yang Cocok Untuk Segala Desain

7. No Drop

merk cat tembok terbaik no drop
Source : Shopee

Cat tembok anti jamur dan lembab lainnya yang dapat Pins pilih karena kualitasnya yang bukan main adalah No Drop. No Drop memiliki kelebihan dengan perlindungan secara merata untuk dinding rumah Pins.

Selain itu, No Drop bisa Pins aplikasikan pada asbes rumah, beton, atau seng untuk perlindungan ekstra dari terpaan cuaca yang tidak menentu. Sifat elastis yang dimiliki No Drop membuat cat tembok lebih tahan lama dan menghemat biaya.

Pins bisa mendapatkan No Drop di toko material terdekat dengan harga Rp 46 ribu per kilogramnya.

Cek harga No Drop terbaru di sini.

8. Lenkote Sunguard

Source : Monotaru

Lenkote Sunguard Acrylic Emulsion merupakan cat tembok eksterior besutan Avian. Sebagai salah satu produk andalan dari produsen cat ternama, tentu saja kualitas yang dihadirkan juga sangat baik dan dapat diandalkan.

Cat ini hadir dengan Nature Guard Technology yang akan melindungi tembok dari jamur dan lumut. Selain itu, tembok yang dilapisi dengan produk ini dapat dicuci dengan mudah tanpa membuat catnya luntur.

Cek harga Lenkote Sunguard terbaru di sini.

9. Avitex

Source : Shopee

Selanjutnya masih dari Avian Brands yakni Avitex. Merk cat tembok anti air ini merupakan cat yang bisa diaplikasikan di dalam maupun di luar ruangan.

Cat ini akan memberikan hasil akhir matte. Avitex juga memberikan banyak sekali pilihan warna menarik sehingga pengguna bisa memilih warna yang disukai dengan leluasa.

Selain itu, cat ini juga memiliki daya tutup yang baik dalam sekali sapuan sehingga sangat mudah diaplikasikan serta memberikan hasil akhir yang lebih sempurna. Kelebihan lain dari cat tembok ini adalah warnanya tidak pudar meskipun dalam waktu yang lama.

Cek harga Avitex terbaru di sini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Cat Tembok Anti Bocor Terbaik

10. Jotun Jotaplast

Source : Shopee

Jotun Jotaplast merupakan cat dinding rumah yang bagus berkat ketahanan yang tinggi dan kandungan yang ramah lingkungan. Pemakaian cat Jotun juga cukup mudah karena kualitas warna tidak akan berkurang meski sudah Pins campur dengan air.

Cat Jotun Jotaplast ini sudah bersertifikat Singapore Green Label, lho. Jadi, Pins akan mudah menemukannya di toko bangunan terdekat.

Cek harga Jotun Jotaplast terbaru di sini.

11. Aquaproof

Source : Aquaproof

Merk cat Aquaproof merupakan cat tembok waterproof sehingga tahan dalam berbagai cuaca dan kondisi. Cat ini juga tersedia dalam berbagai varian warna yang dapat Pins pilih sesuai keinginan.

Selain tembok rumah, Pins dapat mengecat genteng rumah dan lisplang yang sehari-hari terkena panas dan hujan dengan Aquaproof. Dengan formula polimer thixotropic, cat Aquaproof bisa menempel dengan kuat dan tidak mudah merembes.

Cek harga Aquaproof terbaru di sini.

12. Puffin Super

Source : Blibli

Puffin menjadi pilihan yang worth it bagi Pins yang sedang mencari cat tembok untuk interior rumah dengan warna memikat dan melekat sempurna. Produk ini buatan lokal lho, yang juga diklaim mampu menangkal serangga, kecoa, nyamuk, dan lain sebagainya.

Pins bisa memilih merk cat tembok terbaik ini dalam berbagai varian dan menyesuaikannya dengan selera.

Cek harga Puffin Super terbaru di sini.

13. Nu Colour Exterior

Source : Shopee

Kalau produk cat tembok 5 kg yang satu ini keluaran Puffin Paint dengan klaim anti jamur dan ramah di kantong untuk ukuran eksterior rumah. Hasil akhirnya terbilang cukup matte, yaitu tahan sekitar 3 tahun dengan segala kondisi.

Selain itu, cara mengecat tembok dengan Nu Colour sangat mudah. Cat ini juga anti jamur, cepat kering, dan pastinya ramah lingkungan. Jangan khawatir soal daya lekat karena cat ini punya daya lekat yang tergolong sangat baik, kok. Selain yang kemasan 5 kg, Pins bisa membeli kemasan 25 kg – 250 kg.

Cek harga Nu Colour Exterior terbaru di sini.

14. Danapaint Danabrite

Source : Shopee

Danapaint Danabrite merupakan cat tembok yang tak kalah berkualitas dengan lainnya. Cat ini memberikan hasil yang cukup matte namun mudah dibersihkan baik dengan air atau pun sabun.

Jadi, bagi Pins yang ingin ruangan dengan warna yang natural, maka cat ini adalah pilihan yang tepat. Selain tembok, Danabrite bisa diaplikasikan pada bata, beton, asbes, kayu, hingga triplek lho.

Jadi, Pins tidak perlu keluar biaya dua kali lipat untuk bagian ruangan yang berbeda.

Cek harga Danapaint Danabrite terbaru di sini.

15. Decolith

Source : Warna Agung

Decolith merupakan cat buatan Warna Agung Paint. Produk ini hadir dengan kelebihan yang sudah diakui dengan mendapatkan penghargaan Satria Brand Award.

Selain itu, merk cat dinding yang bagus ini tidak mudah pudar dan tidak mengapur sehingga tidak menempel pada baju atau kulit. Decolith juga termasuk cat tembok yang ramah lingkungan, bebas timbal, dan merkuri lho.

Cek harga Decolith terbaru di sini.

16. V-Con Grey

Source : Shopee

Pecinta warna abu-abu bisa memilih V-Con Grey sebagai pilihan cat dinding interior mereka. Pasalnya, merk cat ini menawarkan suasana yang tenang dan misterius.

Cukup dengan Rp87.000 saja, Pins bisa membawanya pulang cat satu ini. Pada dasarnya, produk ini bisa kering hanya dengan 15-30 menit saja. Namun, jika ingin hasil lebih sempurna, Pins harus menunggu sekitar 1 jam untuk interval pengecatan yang selanjutnya.

Cek harga V-Con Grey terbaru di sini.

17. Venbrite

Source : Archify

Venbrite terkenal dengan warna Orange Citrusnya yang menyegarkan mata. Pins harus mengaplikasikan cat ini menggunakan alat cat, seperti kuas atau roll. Kelebihannya yaitu tahan lama dengan daya sebar 5-6 meter persegi untuk satu kali pelapisan.

Kekurangannya sama seperti produk sebelumnya, yaitu kamu harus menunggu sekitar 1 jam untuk hasil yang benar-benar kering. Setelah itu, Pins baru boleh melanjutkan interval pengecatan selanjutnya.

Cek harga Venbrite terbaru di sini.

18. Top Seal

Source : Shopee

Tidak berbeda jauh dengan Welproof, Top seal juga hadir dengan kualitas multifungsi yang memberikan perlindungan ekstra untuk dinding rumah Pins.

Selain anti alkali dan perlindungan terhadap jamur, Top seal memiliki lapisan primer. Pins bisa mendapatkan Top Seal dengan harga Rp 46 ribu hingga Rp 750 ribu sesuai dengan ukurannya.

Cek harga Top Seal terbaru di sini.

19. Propan DLI480 Decorlotus

Source : Blibli

Propan Decorlotus merupakan merk cat tembok terbaik yang dibekali dengan teknologi Pearl Lotus. Sesuai namanya, cat ini anti air dan anti terhadap noda seperti bunga teratai.

Jika terkena noda, Pins cukup membersihkannya dengan kain basah dan kembali bersih. Propan juga tidak berbau menyengat sehingga aman untuk kesehatan manusia.

Cek harga Propan DLI480 Decorlotus terbaru di sini.

Daftar Harga Merk Cat Tembok Terbaik

Berikut ini daftar harga merk cat tembok yang bisa jadi referensi kamu.

NoNama Merk CatHarga
1Propan TennoKote TNK-1000 WARp227 ribu
2Propan Decorflex DF-97Rp325 ribu
3Propan Decorshield DW-500Rp287 ribu
4Propan Decorlotus DLI-480Rp200 ribu
5Propan Decor Acrylic DI-400Rp164 ribu
6Propan DAE-560 WBRp263 ribu
7Propan Ecoshield ES-600Rp194 ribu
8Propan Eco Emulsion EE-4010Rp140 ribu
9Propan EE-4050Rp116 ribu
10Propan CR-6100Rp96 ribu
11Propan AR-300 WBRp151 ribu
12Propan DWS-320Rp155 ribu
13Nippon Spot-lessRp93 ribu
14Nippon FlawlessRp70 ribu
15Nippon KimexRp97 ribu
16Nippon Matex Dinding InteriorRp97 ribu
17Nippon Matex GoldRp72 ribu
18Nippon Odour-less All-in-1Rp160 ribu
19Nippon Platone PVARp97 ribu
20Nippon SportskoteRp271 ribu
*Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Nah, itu tadi beragam merk cat tembok terbaik beserta daftar harganya yang bisa dijadikan pilihan. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download