Kamus Istilah Properti

Arsitektur Modern

istilah properti

Arsitektur Modern

Berkembangnya zaman tentu membuat hal-hal di sekitar kita juga semakin berkembang. Hal ini tentu diiringi dengan berkembangnya ilmu dan teknologi yang semakin canggih. Dengan berkembangnya teknologi, memudahkan segala aspek kehidupan contohnya dalam hal transportasi hingga arsitektur bangunan. Saat ini, ilmu mengenai arsitektur juga semakin berkembang menjadi arsitektur modern. 

Bahkan, saat ini banyak sekali hunian dan gedung-gedung yang dibangun dengan konsep modern dengan berbagai keunikan dan ciri khasnya, hal ini disebut juga dengan arsitektur modern. Tetunya berbeda dengan jenis arsitektur lain seperti, tropis, hacienda, dan lain sebagainya. Sayangnya, tidak banyak yang tahu apa itu arsitektur modern. Padahal manfaatnya sangatlah besar dalam dunia konstruksi.

Bagi Pins yang belum mengetahuinya, tenang! Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya pada ulasna di bawah ini!

Baca juga:

Apa Itu Arsitektur Modern?

(Pinterest)

Arsitektur modern adalah konsep bangunan yang mengutamakan bentuk bangunan dibandingkan dengan ornamen atau hiasan. Jadi pada arsitektur ini lebih mengutamakan fungsi dibandingkan estetika. Namun bukan berarti bangunan akan dibangunan seadanya saja, melainkan estetika modern berubah menjadi lebih sederhana demi menjamin fungsi bangunan.

Umumnya pada konsep bangunan modern, bentuk bangunan akan mengikuti fungsi bangunan. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan utama pembangunan adalah untuk memaksimalkan keseluruhan fungsi area. Selain itu material yang digunakan pada bangunan modern juga tidak perlu memikirkan karakter atau tampilannya. Sehingga arsitek akan lebih bebas dalam berkreasi.

Gaya arsitektur ini sebenarnya mencakup beberapa tipe bangunan yang sudah diterapkan lebih dari 60 tahun. Bagi sebagian arsitek desain futuristik ini memuat art deco dan seni kontemporer modern. Sedangkan sebagian arsitek lainnya hanya menggunakan elemen sederhana seperti furnitur minimalis ataupun penggunaan warna-warna metal.

Arsitektur jenis ini telah muncul pada akhir abad ke-19. Pada abad ini terjadi revolusi teknologi hingga bangunan. Hal ini membuat terjadinya perubahan konstruksi bangunan tradisional menjadi bangunan yang lebih fungsional. Kemudian berbagai gedung pencakar langit dengan konsep modern mulai bermunculan sehingga semakin membuat arsitektur ini semakin bangkit.

Baca juga:

Ciri Arsitektur Modern

(Pinterest)

Meski arsitektur ini terkenal akan konsepnya yang lebih mengutamakan fungsi dan estetika yang sederhana, namun terdapat beberapa ciri-ciri lain pada jenis arsitektur ini, berikut ini daftarnya.

Ornamen yang Lebih Sedikit

Berbeda dengan konsep arsitektur tradisional yang mengutamakan estetika yang menyematkan banyak ornamen, mulai dari ukiran kayu, relief pada dinding, dan masih banyak lagi. Pada arsitektur modern, justru hanya menggunakan ornamen yang lebih minim. Hal ini karena ornamen dianggap tidak terlalu penting dalam desain modern.

Baca juga:

Penggunaan Teknologi

Pada arsitektur ini juga telah menggunakan teknologi dan material yang berbeda dengan arsitektur tradisional. Penggunaan teknologi ini disebut juga dengan konsep smart home, yang mana memudahkan penghuninya dalam beraktivitas di rumah.

Model Bangunan yang Kotak

Ciri khas lain dari bangunan modern ini adalah bentuknya yang kebanyakan kota speerti boks. Mungkin hal ini juga sudah kamu sering temui di lingkungan sekitar Pins. Bentuk bangunan ini membuat desain rumah terasa lebih sederhana.

Desain Asimetris

Pernahkah Pins melihat bangunan dengan bentuk asimetris? Ya, desain ini memang menjadi ciri bangunan modern. Desain ini tidak memiliki aturan tertentu atau sengaja dibuat dengan bentuk asimetris. Penggunaan desain asimetris ini karena tidak terlalu memikirkan desainnya melainkan fungsi bangunan itu.

Baca Juga: Apa Itu Open Closet?

Memaksimalkan Sumber Cahaya

Memaksimalkan sumber cahaya dengan penggunaan jendela kaca adalah salah satu ciri bangunan modern. Seperti konsepnya yang memaksimalkan fungsi, mendapatkan cahaya natural dengan jendela kaca ini dapat membuat ruangan lebih terang tanpa penggunaan listrik berlebih.

Hal ini juga membuat bagian dalam bangunan lebih sehat. Jendela kaca yang banyak juga membuat sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik sehingga kualitas udara semakin bagus.

Baca juga:

Ruang Terbuka

Pada arsitektur ini, biasanya akan dibangun ruang terbuka dalam suatu bangunan. BUkan tanpa alasan hal ini untuk membuat penghuni bangunan merasakan suasana luar yang nyaman dan fresh. Adanya ruang terbuka juga membuat bangunan memiliki suasana natural yang bisa membantu menghilangkan stres pada penghuninya.

Memaksimalkan Fungsi Ruangan

Memaksimalkan fungsi ruangan yang dimaksud di sini adalah membuat suatu ruangan  bisa berguna bahkan untuk beberapa jenis fungsi. Misalnya ruang tamu yang juga bisa merangkap menjadi ruang keluarga atau bahkan penggabungan dapur dengan ruang makan. Hal ini adalah salah satu ciri dari konsep bangunan modern yang sangat melekat.

Baca juga:

Penggunaan Material Campuran

Bangunan tradisional memang dikenal akan kekuatan konstruksinya yang sangat baik. Hal ini karena materialnya yang memiliki kualitas sangat baik dibandingkan material konstruksi di masa kini. Oleh karena itu pada bangunan modern digunakan campuran antara material tradisional modern dengan tradisional guna mendapatkan efisiensi.

Itulah informasi mengenai arsitektur modern yang perlu Pins ketahui. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah wawasan kamu mengenai arsitektur saat ini, sehingga Pins tidak kesulitan lagi dalam membedakan arsitektur ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.