Pinhome

14+ Desain Interior Terbaru 2018 dan Tips Memilih desain Interior Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 9 January 2022 ∙ 14 menit membaca

Hai sahabat Hamparan! Kali ini kami akan sedikit membahas tentang Desain Interior Rumah.

Membuat rumah bukan lagi sekedar membangun sebuah bangunan permanen untuk berteduh dari panas dan hujan, tapi juga membangun kenyamanan dan nilai estetika. Kenyamanan dan nilai estetika ini bisa diwujudkan dengan cara memilih aksesoris atau interior rumah yang sesuai dengan ukuran rumah.

Jika anda memiliki biaya lebih untuk menyewa jasa desainer interior, urusan menentukan desain interior rumah tentu menjadi lebih mudah.

Tapi, bagaimana jika tidak ingin menggunakan jasa desainer interior? Tenang, Pins bisa menerapkan sendiri poin-poin utama dari desain interior rumah yang ingin digunakan. Bagi setiap orang, memiliki rumah sendiri mungkin menempati wishlist teratas sebagai pencapaian terbesar dalam kehidupan.

Desain Interior Rumah

desain interior
(IDNTimes)

Desain interior sendiri adalah sebuah proses pengalaman ruang untuk menemukan solusi desain kreatif dalam menciptakan ruang-ruang fungsional di lingkungan interior yang mendukung kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan sang penghuni serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Sebuah desain interior mencakup berbagi komponen seperti pengembangan konseptual, ide-ide sketsa rumah , perencanaan ruang, peninjauan lokasi, pemrograman, riset, komunikasi dengan pemangku kepentingan sebuah proyek, manajemen konstruksi, dan pelaksanaan desain.

Dengan mematuhi berbagai metode yang sistematis dan terkoordinasi termasuk riset, analisis, dan perpaduan keterampilan dan pengetahuan teknis yang luas ke dalam proses kreatif, desain interior rumah tetap bisa menyatukan berbagai komponen tersebut agar terciptanya interior yang memenuhi tujuan proyek.

Dalam tahap awal interior desain ini bisa di rancang melalui tahap penggambaran denah rumah untuk memudahkan perancanganya ketika rumah sudah siap di pakai.

Baca Juga: 7 Model Rak Piring Dalam Kitchen Set

Apa Sih Sesungguhnya Desain Interior Itu ?

inspirasi rumah minimalis
(Kompasiana)

Desain interior adalah perencanaan, menata dan merancang ruang interior dalam rumah atau bangunan. Tatanan yang dapat memenuhi kebutuhan dasar kita akan sarana untuk bernaung dan berlindung.

Menentukan langkah sekaligus mengatur bentuk aktifitas kita, memelihara aspirasi dan mengekspresikan ide-ide yang menyertai segala tindakan kita, memengaruhi penampilan, perasaan dan juga kepribadian kita.

Menurut Wikipedia, desain interior adalah seni dan sains untuk meningkatkan interior, terkadang termasuk eksterior, ruang atau bangunan, untuk mencapai lingkungan yang lebih sehat dan lebih estetis bagi pengguna akhir.

Sementara desainer interior adalah seseorang yang merencanakan, meneliti, mengkoordinasikan, dan mengelola proyek semacam itu.

Oleh karena itu, tujuan desain interior adalah dimaksudnya untuk membenarkan sebuah fungsinya, memperbanyak nilai estetika dan meningkatkan aspek psikologis sebuah ruang.

Demi menjadikan satu tatanan yang utuh, setiap desain memiliki tujuan menyusun secara teratur bagian demi bagian dengan maksud-maksud tertentu.

Dalam desain interior, elemen-elemen yang dipilih dan ditata menjadi pola tiga dimensi sesuai dengan garis besar fungsi, estetika berikut perilakunya.

Hubungan antara elemen-elemen yang terbentuk dari pola-pola ini pada akhirnya menentukan kualitas visual dan kecocokan fungsi suatu interior, yang akhirnya memengaruhi bagaimana kita memahami dan menggunakanya.

Baca Juga: Tips Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Bagaimana kita menilai apakah suatu desain itu baik atau buruk ?

rumah minimalis sederhana
(Designrumah.co.id)

Sebuah desain di anggap baik atau buruk menurut pendapat perancanganya, kliennya atau orang lain dan tentunya pengguna desain tersebut. Satu dua alasan diringkas seperti dibawah ini:

  • Desain bisa dianggap bagus apabila telah memenuhi fungsi dengan baik.
  • Sebuah desain bisa dianggap bagus apabila berbiaya murah, ekonomis, efesien dan tahan lama.
  • Suatu desain bisa dianggap bagus sebab tampak indah secara estetis.
  • Sebuah desain rumah bisa dianggap bagus apabila dapat menimbulkan kembali perasaan dan ingatan akan suatu waktu dan tempat, membawa arti.

Kadang-kadang, kita menilai suatu desain dengan bagus karena kita berpendapat desain tersebut mengikuti model desain yang sedang populer, sedang menjadi tren atau karena dapat menimbulkan impesi pada orang lain, seperti dapat mengangkat status atau reputasi kita.

Beberapa desain dianggap bagus juga karena dianggap mudah dimengerti dan diterima oleh umum. Sedangkan yang lain baru dapat dihargai oleh sekelompok orang tertentu saja. Desain yang sukses biasanya menyimpan pesan tersembunyi dan dapat menarik perhatian orang lain yang melihatnya.

Manfaat Desain Interior Rumah

interior rumah minimalis
(Medium)

Masalah manfaat desain interior rumah bisanya menjadi hal yang tidak terlalu di pikirkan. Sebagian besar orang berpendapat menata dan mengatur interior rumah mereka, tidak perlu dipikirkan secara seksama.

Padahal, desain interior memiliki efek dan pengaruh yang tidak bisa dibilang sepele pada penghuninya. Salah satu manfaat desain interior sangat erat berhubungan dengan kesehatan tubuh dan juga mental.

Seringkali kita secara sembarangan membeli atau memenuhi ruangan dengan furnitur yang tanpa tertata sama sekali. Tidak ada kesatuan nada atau irama, warna, pola atau bentuk yang selaras antara perabotan tersebut dengan ruangan. Hal tersebut tentu saja dapat menghilangkan kenyamanan sebuah ruang yang kita idam-idamkan. Dan ini beberapa manfaat dari Desain Interior Rumah:

Baca Juga: Pelajari Beragam Ukuran Meja Makan

Membuat penampilan rumah Pins terlihat lebih menarik dan mewah

Tidak heran dengan melakukan penataan yang baik pada interior rumah Pins akan memberikan perubahan yang signifikan untuk tampilan rumah Pins.

Apalagi dengan mendesain ulang beberapa perabotan rumah dan mengusung tema yang seragam menambah nilai plus dari segi interiror rumah Pins.

Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mengganti cat dinding rumah Pins dengan sedikit memperhatikan kombinasi warna yang selaras dan mengikuti tren saat ini.

Perbaikan atap yang bocor secara berkala pun juga bisa mencegah kerusakan rumah Pins sehingga dapat mengembalikan tampilan rumah seperti sediakala.

Baca Juga: 5 Jenis Penangkal Petir

Interior rumah yang biasa menjadi tampak fantastis 

Pernahkan Pins mendatangi rumah teman atau sanak saudara dan melihat interiror rumah mereka tampak fantastis walaupun memiliki rumah yang tidak luas ?

Nuansa dari ruangan memang sama pentingnya dengan tampilan keseluruhan rumah. Untuk Pins yang memiliki banyak koleksi perabotan dan masih tidak memiliki cukup ruang untuk menatanya, Pins bisa memadu-padakan barang yang Pins menjadi sesuatu yang indah saat dipandang.

Seperti pada gabungan dari beberapa tekstur yang menggunakan skema monokromatis yang sangat sederhana namun terlihat secara visual memberikan efek yang luar biasa.

Biasanya kontras antara dinding dan plafon rumah yang menggunakan cat putih disertai permukaan kasar dari batu bata bercat hitam pun akan menghasilkan tekstur visual yang bisa dipadukan dengan lukisan maupun pajangan yang Pins miliki.

Baca Juga: Contoh Potongan Atap Baja Ringan

Menambah kesan positif dari tamu yang datang 

Tentunya Pins akan bangga memiliki rumah yang selalu dikagumi setiap tamu yang datang, baik itu saudara, teman bahkan tetangga.

Dengan Pins mendekorasi rumah dengan sedemikian rupa, Pins tidak perlu lagi ragu untuk mengundang mereka hanya untuk sekedar ngobrol ringan bahkan sampai arisan di rumah Pins.

Namun tidak hanya itu saja, setiap orang yang datang pun juga bisa merasakan aura positif dari rumah Pins dan selalu nyaman jika berkunjung kerumah. Memiliki desain dan dekorasi ruangan yang tertata apik dengan penataan yang tepat akan menambah kesan terbaik yang bisa Pins berikan.

Membuat suasana rumah yang terkesan homey bisa membuat Pins selalu betah dirumah serta bisa memberikan inspirasi untuk mendukung setiap kegiatan Pins.

Tentu saja bukan hanya Pins saja yang mendapatkan inspirasi, tapi juga setiap tamu yang berkunjung kerumah Pins.

  • Desain dan dekorasi ulang dapat meningkatkan nilai jual rumah 

Kebanyakan orang sebelum menjual rumah mereka pasti melakukan renovasi rumah dengan tujuan mendapatkan nilai jual lebih dari pasaran. Salah satu caranya adalah dengan mendesain dan dekorasi ulang interiror maupun eksterior.

Namun perlu diketahui bahwa untuk biaya yang diperlakukan juga tidak sedikit. Setidaknya Pins sudah mengetahui apa saja yang diperlukan saat merenovasi ulang rumah Pins. Jangan sampai Pins terlalu berlebihan dalam membeli bahan bangunan karena akan membuang uang Pins secara percuma.

Jenis Desain Interior Rumah

1. Desain interior rumah skandinavia

interior design
(Kupistul)

Desain interiror rumah skandinavia identik dengan kesan bersih dan alami. Lantainya biasa menggunakan keramik berwarna putih atau bermaterial kayu. Tidak ada banyak dekorasi dalam desain interior ini.

Penataan furnitur juga dilakukan dengan rapi sehingga tidak ada kesan berantakan, terutama saat melakukan dekorasi ruang keluarga. Daya tarik dari desain ini adalah tata cahaya dan kain-kain throw  sebagai dekorasi di atas sofa.

2. Desain interior rumah modern

interior design
(Sakitdesain)

Selain minimalis, desain interiror rumah modern juga kerap dipilih oleh masyarakat modern. Elemen-elemen yang digunakan pada desain rumah modern pun bisa dibilang mirip dengan desain interior rumah minimalis.

Hanya saja desain interior rumah modern ini identik dengan furnitur yang menggunakan material besi dan kaca untuk menciptakan nuansa yang mengkilap dan modern.

3. Desain interior rumah tradisional

interior design
(Polarumah)

Desain interiror rumah tradisional ini merupakan gaya khas Eropa yang identik dengan elemen kayu. Pins bisa menerapkan elemen kayu pada semua bagian rumah mulai dari material lantai kayu, tempat duduk, meja, lemari, hingga dekorasi.

Penggunaan elemen kayu berwarna coklat ini akan menciptakan suasana alami dan hangat yang akan melengkapi kebersamaan para penghuni rumah.

4. Desain interior rumah vintage

interior design
(anderssonwoodrow)

Desain interior rumah vintage seringkalidikaitkan dengan perempuan karena tampilanya yang cantik dan manis. Jenis interior rumah vintage ini didominasi dengan warna lembut seperti putih, hijau muda, abu-abu muda, pink pastel, dan kuning muda.

Untuk motifnya, desain interior ini didominasi oleh bunga-bunga berukuran kecil yang diterapkan pada sarung bantal atau bahan pelapis sofa.

Sedangkan furnitur yang biasa dipakai saat menata ruang tamu vintage, misalnya, biasa menggunakan material kayu yang catnya sedikit terkelupas sehingga meniggalkan kesan zaman dulu.

5. Desain interior rumah shabby chic

dekorasi rumah
(Interdesain)

Desain interior rumah shabby chic dipengaruhi oleh gaya vintage yang sangat feminim dan lembut. Interior shabby chicini didominasi oleh warna putih, krem, dan warna pastel lainnya. Kata shabby sendiri memiliki arti lusuh, sehingga tidak heran kalau Pins akan menemukan banyak furnitur bergaya lusuh pada interior ini.

Furnitur lusuh ini biasanya berupa meja atau lemari kayu yang catnya sudah mulai mengelupas atau penggunaan kembali barang bekas yang sudah berusia tua sebagai furnitur.

Barang bekas yang bisa digunakan kembali misalnya peti kemas kayu sebagai meja atau kaleng sebagai pot tanaman.

6. Desain interior rumah bohemian

Desain interior rumah bohemian ini sangat cocok untuk Pins yang memiliki jiwa bebas dan ekspresif. Gaya bohemian memiliki ciri khas penggunaan karpet dan kain-kain yang meramaikan penampilan ruangan.

Untuk menerapkan desain interior ini, Pins bisa memadukan berbagai motif dan warna sekaligus dalam satu ruangan. Misalnya, menggunakan Mandala tapestry sebagai dekorasi. Sarung bantal berwarna merah dengan karpet berwarna hijau? Tidak masalah. Menggunakan 2 jenis sofa sekaligus juga tidak masalah.

7. Desain interior rumah kontemporer

Desain interior rumah kontemporer merupakan gaya desain yang mewakili masa kini. Model desain ini terus mengalami perkembangan seiring bertambahnya waktu. Namun, pada dasarnya desain interior kontemporer didominasi dengan garis ramping dan kontras. Selain itu, teknik pencahayaan juga digunakan untuk fokus kepada aksen dinding.

Elemen-elemen yang sering digunakan adalah bahan sutra, beludru, linen, dan wol untuk sejumlah dekorasi seperti bantal atau bed cover, serta baja dan krom untuk dekorasi seperti lampu, hiasan dinding, atau meja.

8. Desain interior rumah industrial

Desain interior rumah industrial mendapatkan inspirasi dari interior gudang industri. Jenis interior industrial identik dengan lantai beton dan langit-langit baja. Di luar negeri, tidak jarang orang merenovasi bekas gudang untuk mendapatkan interior industrial yang kental.

Warna yang mendominasi interior industrial ini adalah hitam dan abu-abu. Furnitur yang digunakan biasanya bermaterial metal dan besi. Jika ingin menerapkan desain interior ini, pastikan Pins memiliki langit-langit rumah yang tinggi.

9. Desain interior rumah minimalis

Desain interior rumah minimalis adalah desain interior paling populer di kalangan masyarakat modern yang memiliki hunian mungil dan menginginkan gaya sederhana. Jenis desain interior rumah minimalis identik dengan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam.

Furnitur yang digunakan memiliki garis bersih dan bentuk yang sederhana seperti kotak dan bulat. Rumah dengan interior minimalis ini juga tidak memiliki banyak dekorasi di setiap sudutnya.

10. Desain interior rumah transisi

Desain interior rumah transisi merupakan perpaduan dari gaya tradisional dan modern. Elemen-elemen yang digunakan adalah furnitur bermaterial kaca dan besi, serta warna-warna netral seperti putih dan cokelat.

Desain interior ini akan menciptakan suasana yang hangat sekaligus nyaman bagi penghuninya.

11. Desain interior rumah mid century-modern

Desain interior rumah mid century-modern ini populer pada pertengahan tahun 1950-an dengan ciri khas nuansa yang sederhana, bersih, dan terintegrasi dengan alam. warna yang paling sering digunakan dalam desain interior ini adalah warna hangat dan alami seperti cokelat.

Warna-warna lain yang umum dipilih untuk gaya ini adalah hijau zitun, oranye, kuning, atau abu-abu. Furnitur yang digunakan biasanya memiliki lekukan halus atau memiliki bentuk geometris.

12. Desain interior rumah nautical

Desain interior rumah nautical ini merupakan desain interior yang identik dengan suasana pantai atau laut. Warna-warna yang mendominasi interior ini tentu saja biru dan putih.

Dekorasi-dekorasi yang sering digunakan adalah motif garis-garis biru putih serta panjangan bernuansa laut seperti pasir, kulit kerang, atau kemudi kapal. Interior ini cocok untuk Pins yang menyukai warna biru atau memiliki rumah di dekat pantai.

13. Desain interior rumah rustic

Desain interior rumah rustic identik dengan elemen kayu tanpa sentuhan akhir serta batu alam. Elemen ini bisa dilihat dari dinding bata yang tidak diaci, langit-langit ekspos, dan furniture kayu. Nuansa yang diciptakan oleh desain interior ini adalah kasar namun hangat.

14. Desain interior rumah victorian 

Desain inetrior rumah victirorian ini sering ditemui pada bangunan-bangunan Eropa. Interior model ini identik dengan kemegahan serta warna-warna mewah, seperti emas dan putih gading.

Furnitur yang digunakan memiliki ukiran rumit dan banyak lekukan. Dekorasi yang tidak boleh terlupakan adalah lampu kristal yang digantungkan di langit-langit serta berbagai lukisan berseni tinggi.

Tips Memilih Desain Interior Rumah Minimalis

Interiror rumah merupakan bagian dari kebutuhan rumah yang dapat mempercantik rumah tersebut. Ada banyak interior rumah minimalis yang bisa Pins buat.

Diantaranya adalah penempatan sofa di ruang tamu, karpet untuk rumang tamu, lampu gantung untuk keluarga, lemari minimalis, desain kamar tidur 2 tingakat untuk kamar minimalis bahkan penempatan bunga diruang tamu untuk memperindah interior rumah Pins tersebut

Konsep rumah minimalis adalah memanfaatkan lahan yang sempit menjadi hunian yang nyaman dan modern. Dalam rumah minimalis, setiap ruangan didesain sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi maksimal.

Desain-desain yang diaplikasikan pada rumah minimalis adalah desain sederhana. Desain seperti ini sangat cocok untuk kaum urban yang lebih menyukai gaya yang simple dan praktis. Gaya yang sederhana ini akan terasa membosankan jika Anda tidak mampu mendesainya dengan baik.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk mendesain interior rumah minimalis, silahkan anda simak penjelasan dibawah ini.

Ciptakan Kondisi Rumah yang Bersih
model rumah

Ruangan yang berantakan dan tidak karuan adalah faktor utama penyebab timbulnya rasa bosan. Desain interior rumah minimalis harus sederhana dan bersih. Bersih disini berarti terbebas dari properti-properti yang tidak bermanfaat.

Pelan-pelan, cobalah atur barang-barang di setiap ruangan. Pastikan yang diletakkan di dalam ruangan adalah barang-barang yang bermanfaat untuk rumah tersebut.

Jangan terlalu banyak menaruh hiasan dinding atau hiasan-hiasan yang tidak mendukung ruangan. Ingat, pada dasarnya, konsep yang diterapkan pada interior rumah minimalis adalah konsep sederhana.

Kesan simple ini sangat dikedepankan. Oleh karena itu, terapkan barang sesuai dengan fungsinya untuk ruangan tersebut. Barang yang tidak tertata rapi malah akan membuat Pins bosan, bahkan stress.

Pilih warna Cat Dasar Minimalis
model rumah
(Pixabay)

Pilih warna cat dasar dengan karakter minimalis. Warna-warna yang lembut sangat disarankan untuk desain interior rumah minimalis. Sebaiknya, hindari juga warna-warna mencolok dan rame.

Warna yang demikian malah akan menimbulkan kesan ruangan yang lebih sempit. Warna dasar yang cocok untuk rumah minimalis adalah putih, abu-abu, dan krem. Kombinasikan warna dasar dengan warna terang yang Pins sukai.

Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih lapang. Jika Pins menyukai konsep rumah yang ramai. Pins bisa mengaplikasikan cat monokromatik. Akan tetapi, desain monokrom yang didaplikasikan tetap menggunakan satu warna dominan.

Pilih Furnitur Bintang Utama
inspirasi rumah minimalis
(Ali Express)

Maksud dari furnitur bintang utama adalah ada satu titik pusat yang hadir dalam suatu ruangan tertentu. Misalnya, dalam ruangan keluarga, Pins bisa meletakkan sofa kesanyangan Pins sebagai titik pusat.

Pilihlah sofa yang bergaya simpel. Padukan dengan furnitur lainya yang memiliki konsep atauw arna yang senada. Lalu, untuk interior kamar, jadikan ranjang adalah pusat furnitur dalam kamar.

Sebagai penghiasnya, Pins bisa meletakkan furnitur tambahan seperti meja belajar yang memiliki fungsi ganda sebagai lemari pakain. Untuk desain interior rumah minimalis sederhana, gunakan konsep-konsep semacam ini.

Baca Juga: Cara Menurunkan PH Air Secara Alami

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia