8 Trik Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis agar Terlihat Luas

Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 8 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

8 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 17 September 2021 ∙ 11 menit membaca

Ruang tamu bagaikan muka atau tampilan pertama saat orang memasuki rumah. Untuk mendapatkan kesan yang membawa aura positif, ruang tamu didekorasi sedemikian rupa agar siapapun yang memasukinya merasa nyaman. Kira-kira gimana ya cara dekorasi ruang tamu yang pas untuk ruangan mungil? Ini dia dekorasi ruang tamu minimalis rekomendasi dari Pinhome.

Pinhome – Dekorasi ruang tamu minimalis bisa diaplikasikan untuk ruang tamu berukuran kecil agar tetap terasa nyaman. Berikut beberapa tips membuat dekorasi ruang tamu kecil menjadi terlihat lebih luas:

Baca juga: Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Tips Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Terlihat Luas

Ingin mendapatkan suasana luas pada dekorasi ruang tamu minimalis? Yuk cek penjelasannya berikut!

Aplikasikan Furnitur Multifungsi

dekorasi ruang tamu minimalis
(Pinterest)

Memanfaatkan furnitur multifungsi di ruang tamu kecil merupakan trik terbaik yang bisa Pins lakukan. Furnitur multifungsi adalah perabot rumah tangga yang bisa berguna sebagai dua atau lebih fungsi yang berbeda, misalnya dengan meletakkan rak yang bisa juga dijadikan sebagai partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga. Memakai coffee table yang bisa berguna untuk tempat penyimpanan di bawahnya pun bisa Pins aplikasikan.

Dengan menggunakan furnitur multifungsi pada dekorasi ruang tamu minimalis, Pins jadi lebih menghemat space yang ada. Ruang tamu terlihat tidak sumpek walaupun memang ukurannya mungil.

Karena desain ruang tamu kecil, pastikan untuk memilih perabotan dengan ukuran yang sesuai. Jangan memaksakan menggunakan perabotan berukuran besar yang dapat membuat ruangan menjadi semakin sempit. Pilih furnitur berukuran mungil agar dapat disesuaikan di dalam ruangan. Hindari juga penggunaan perabot yang fungsinya tidak terlalu penting untuk menghemat ruang yang ada.

Baca Juga:

Gunakan Sofa dengan Ukuran yang Sesuai

(The Evrygirl)

Salah satu spot utama pada ruang ini adalah pada sofa. Menyesuaikan ukuran sofa dengan luasnya ruangan merupakan hal yang harus diterapkan. Hal ini akan membuat space yang ada di ruangan menjadi lebih luas. Jika ruang tamu tidak terlalu luas, janganlah memakai sofa dengan bentuk letter L. Bentuk ini cukup memakan banyak ruang.

Pilihlah sofa yang sederhana dengan warna yang sesuai. Supaya dekorasi ruang tamu minimalis lebih proposional, letakkan meja dan stand lamp dengan bentuk ringan yang akan memberikan kesan luas dan lapang pada ruang tamu.

Sofa adalah bagian penting dari komponen ruang tamu. Memang ada juga ruang tamu yang didesain tanpa sofa, hanya duduk secara natural atau melantai di ruang tamu. Namun bagi mereka pecinta interior ruang tamu makan sofa merupakan sesuatu yang wajib.

Baca Juga:

Cat Tembok Warna Cerah

dekorasi ruang tamu minimalis
(Pinterest)

Hack dalam memberikan kesan pada ruang tamu adalah menggunakan warna cerah untuk dinding. Tembok warna cerah seperti putih, abu-abu muda, kuning muda, krem ataupun warna pastel akan memberikan kesan lapang dan juga bersih pada ruang tamu Pins. Warna-warna cerah ini juga lebih mudah dikombinasikan dengan warna pada furnitur di sekitarnya.

Beragam kombinasi warna antara dinding dan furnitur membuat suasana ruangan menjadi tidak membosankan. Dengan begitu Pins dapat menjamu para tamu yang datang dengan lebih nyaman.

Untuk ruang tamu kecil, sebaiknya pilih cat berwarna terang. Gunakan cat dengan warna putih atau krem agar memberikan kesan luas pada ruangan. Hindari menggunakan warna-warna gelap karena justru akan membuat ruang tamu tampak semakin sempit dan pengap. Penggunaan warna-warna terang juga bisa dikombinasikan, asalkan jangan terlalu banyak agar tidak terkesan ramai.

Dekorasi Dinding Ruang Tamu dengan Maksimal

(Pinterest)

Bagian penting lainnya dalam ruang tamu adalah pada bagian dinding. Dekorasi dinding ruang tamu bisa menjadi spot yang eye-catching bagi siapapun yang datang. Walaupun ruangan tidak terlalu besar, namun Pins tetap bisa maksimal dalam memanfaatkan dekorasi dinding ruang tamu loh. Banyak pilihan dekorasi dinding ruang tamu agar menciptakan suasana yang lebih hidup.

Pertama memanfaatkan dinding untuk tempat penyimpanan. Berikan rak, ambalan, atau kotak berkaca untuk penyimpanan barang seperti buku, pajangan, foto dengan bingkai ataupun barang yang Pins koleksi. Kedua, manfaatkan dinding sebagai identitas dari pemilik rumah dengan memajang berbagai jenis bingkai berisi foto-foto.

Pilihlah bingkai dengan desain frame yang simple. Jika tidak ingin memasang foto pribadi atau keluarga di ruang tamu, Pins bisa juga memajang lukisan maupun karya seni lainnya. Ketiga, letakkan cermin memanjang di dinding belakang sofa. Hal yang satu ini tentu akan membuat kesan ruang tamu menjadi lebih luas.

Baca Juga:

Dekorasi Ruang Tamu Kecil dengan Tanaman Hijau

Dekorasi ruang tamu minimalis
(myDomaine)

Suasana ruang tamu akan lebih hidup jika ada yang hijau-hijau alias tanaman. Pins bisa memanfaatkan tanaman asli ataupun tanaman artificial. Tanaman asli mempunyai nilai plus dalam menjaga kualitas suhu dalam ruangan, sedangkan tanaman artificial nilai plusnya adalah tidak perlu adanya tindakan perawatan.

Letakkannlah pot tanaman pada sudut ruangan, meja samping ataupun meja tengah (coffee table). Kesan sejuk dan asri seketika akan tampak pada ruang tamu. Pilihlah warna natural untuk meningkatkan looks nyaman pada ruang tamu Pins.

Karpet dan Meja Membuat Ruangan Semakin Comfy

(Real Home)

Dekorasi ruang tamu kecil sangat tertolong oleh adanya karpet. Karpet membuat ruangan mungil menjadi terlihat hangat. Tamu yang memasukinya pun merasa lebih nyaman. Karpet kini tidak melulu hanya tentang fungsinya sebagai alas tetapi juga sebagai nilai estetika.

Gelar karpet di bawah coffee table dan pastikan ukuran karpetnya lebih luas dari meja tersebut. Jangan lupa untuk memilih warna, tekstur dan pola yang sesuai. Pilihlah warna-warna yang sederhana. Memilih warna yang tepat akan menghindari ruangan dari kesan sesak dan sumpek.

Komponen utama lainnya dalam ruang tamu adalah meja. Umumnya, meja memang sudah sepaket dengan sofa yang kita beli. Untuk meja sudut sebagai tempat hiasan, kita bisa memilih warna turunan dari sofa.

Baca Juga:

Beri Pencahayaan yang Cukup

dekorasi ruang tamu minimalis
(Dekoruma)

Pada umumnya, ruang tamu akan terasa semakin nyaman ketika mendapat pencahayaan terang dan cukup. Jika saat ini ruang tamu terasa sedikit muram, tak ada salahnya loh untuk menambah satu atau dua lampu, perbedaannya akan sangat terasa. Jangan lupa untuk memilih model lampu yang kira – kira cocok dengan furnitur dan warna cat ruang tamu kamu.

Pertimbangkan untuk mencampur jenis lampu, ambient dan fungsi antara satu lampu dengan lampu lainnya. Jangan ragu untuk mencampur lampu dinding, lampu meja dan lampu sorot agar pencahayaan di ruang tamu akan semakin elegan dan menarik.

Buatlah Poin Perhatian

(Detik.com)

Poin perhatian ini menjadi penting karena hal itulah yang menjadi pusat perhatian setiap kali ada orang yang masuk ke dalam rumah. Apakah akan menentukannya dengan lukisan, lemari atau malah televisi. Jika televisi menjadi poin perhatian, ada baiknya untuk menambahkan detail menarik di bawah lemari tv.

Lalu kalau ada halaman indah yang terawat, tidak ada salahnya membuat jendela besar agar pemandangan ke taman tidak terganggu dan mampu memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Dekorasi sederhana seperti kaca oversized, lukisan besar nan indah ataupun piano juga bisa menjadi alternatif menarik. 

Baca Juga:

Berbagai Pilihan Desain Ruang Tamu Kecil

dekorasi ruang tamu minimalis
(Intiland)

Walaupun terbatas, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi dengan desain ruang tamu, Pins. Ada banyak pilihan desain ruang tamu kecil yang bisa kamu gunakan.

Desain Minimalis Tanpa Sekat

(Idea Grid)

Desain ruang tamu semacam ini sudah sangat umum ditemukan di berbagai rumah, terutama yang mengusung konsep minimalis. Dengan tidak adanya sekat atau dinding pembatas, ruang tamu memang akan terlihat lebih luas dan menyatu dengan ruangan lainnya, seperti ruang makan atau ruang keluarga. Namun, desain semacam ini juga dianggap kurang menutup privasi. Untuk desain semacam ini, sebaiknya gunakan warna dominan putih untuk cat dan warna perabotnya agar tetap tampil berkelas.

Baca Juga:

Desain Kombo Ganda

dekorasi ruang tamu minimalis
(Mustikaland)

Kombo ganda adalah salah satu desain yang menggabungkan dua ruangan. Pengaplikasiannya adalah dengan mengurangi penggunaan sekat antara kedua ruangan yang ada pada ruangan sempit. Contoh penerapan desain ruang tamu ini yaitu penggabungan antara ruang tamu dengan ruang makan yang disekat menggunakan lemari buku.

Baca Juga: 10 Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur Agar Bisa Bersatu dengan Baik

Desain Konsep Zen

(Design Rumah)

Jika ruang tamu kecil di dalam rumah cukup memiliki penerangan alami, konsep zen yang mendesain ruang tamu menjadi lesehan patut dicoba. Desain zen sangat mengedepankan unsur alam, maka dari itu tempatkan juga dekorasi tanaman hias di dalam ruang tamu. Gunakan alas yang sesuai dan tempatkan beberapa sofa di bagian yang terkena sinar matahari.

Baca Juga:

Desain Tema Japandi

dekorasi ruang tamu minimalis
(Interior Design)

Desain Japandi adalah gabungan dari desain tema Jepang dan Skandinavia. Pengaplikasian desain bertema Japandi menitikberatkan pada penataan ruangan dan penggunaan perabot praktis serta compact. Dekorasi yang digunakan di dalam ruangan tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap mengusung nuansa modern dan bergaya. Desain bertema Japandi cukup digandrungi karena cukup ringkas, tetapi dapat membuat tampilan ruang tamu menjadi terkesan luas dan mewah.

Desain Nuansa Tropikal

(Mustikaland)

Desain bernuansa tropikal pada ruang tamu kecil sekali memakai unsur warna putih, cokelat, dan emas. Warna putih bisa menjadi warna dinding ruang tamu, warna cokelat bisa dipilih untuk warna furnitur, dan warna emas dapat diaplikasikan pada dekorasi lainnya. Manfaatkan sofa yang seukuran dinding agar ruangan dapat terkesan luas juga bergaya.

Baca Juga:

Desain Ala Skandinavia

dekorasi ruang tamu minimalis
(Courtina)

Ruang tamu ala skandinavia bisa kamu ciptakan di rumah dengan mudah, Pins. Walaupun ruangan berukuran kecil, konsep skandinavia bisa dibuat hanya dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada. Pertama, gunakan karpet bulu sebagai alas ruang tamu. Kedua, taruh sofa minimalis yang berisi 2 atau 3 dudukan. Terakhir, tambahkan dekorasi dengan perabot berbahan kayu agar ruangan tampil lebih elegan.

Hitam dan Putih, Warna Minimalis Klasik

(Courtina)

Warna putih sebagai warna minimalis tidak pernah salah. Kamu bisa tambahkan warna hitam di furniture seperti meja atau lampu. Dengan furniture yang sedikit dan warna yang aman, rasa minimalis ruang tamu kamu bakal terasa banget deh, Pins!

Baca Juga:

Zona Abu-abu

dekorasi ruang tamu minimalis
(Pixabay)

Minimalis bukan berarti hitam dan putih saja, Pins! Warna-warna halus, seperti abu-abu terang, juga bisa kamu gunakan. Percantik ruang tamu kamu dengan tambahan tanaman. Penggunaan meja marbel juga dapat memperindah ruang tamu.

Ruang Tamu Minimalis ala Jepang, Kenapa Tidak?

(Unsplash)

Pins ingin membuat ruang tamu minimalis yang unik? Coba gaya Jepang, deh! Jepang adalah salah satu negara yang banyak menerapkan konsep minimalis dalam hidup. Buat ruang tamu dengan kursi tatami atau tatakan tempat duduk ala Jepang. Jangan ragu untuk menambahkan pohon atau tanaman yang senada, ya!

Baca Juga:

Serba Putih

dekorasi ruang tamu minimalis
(Unsplash)

Warna putih akan memberi kesan bersih, luas, dan ramah pada ruang tamu minimalis impianmu. Tambahkan satu atau dua lukisan untuk menambah kesan artistik. Penggunaan furnitur kaca dan batu juga dapat menambah kesan unik di desain ruang tamu seperti ini, Pins.

Hijaukan Ruang Tamu Kamu

(Pixabay)

Warna hijau juga termasuk warna minimalis, jika kamu memilih dengan tepat. Gunakan warna hijau pastel atau hijau mint untuk mendapat kesan minimalis yang memberikan rasa damai dan tenang karena warna dapat mempengaruhi mood kamu.

Baca Juga:

Ruang Tamu Semanis Coklat

dekorasi ruang tamu minimalis
(Unsplash)

Coklat juga termasuk warna minimalis loh, Pins! Pilih 2 atau 3 warna coklat untuk ruang tamu kamu, warna gelap untuk lantai, warna terang untuk dinding, dan warna paling terang untuk langit-langit.

Bagaikan Langit Berwarna Biru

(Unsplash)

Ruang tamu berwarna biru semoga tidak sebiru hatimu ya, Pins! Malahan dengan menggunakan warna biru, kamu akan mendapat efek menenangkan. Kamu bisa membuat kombinasi warna biru dengan pink muda, serta abu-abu.

Baca Juga:

Merah Muda yang Feminin

dekorasi ruang tamu minimalis
(Pixabay)

Kalau kamu mau sentuhan feminin dalam ruang tamumu, gunakan warna pink atau merah muda. Pilih warna pink pucat atau pink pastel untuk mencapai warna minimalistik estetik.

Nah, Pins gimana sudah terbayang kan hal-hal apa saja yang bisa diaplikasikan saat mulai membuat dekorasi ruang tamu minimalis impian? Jangan khawatir lagi ya karena ruang tamu kecil pun punya kesempatan untuk tampil optimal dan keren, lho!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel