BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Membuat Perpustakaan Mini di Dalam Rumah
0
0

7 Tips Membuat Perpustakaan Mini di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 6, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Membuaty perpustakaan mini di dalam rummahtop-right-banner

Pinhome – Perpustakaan adalah tempat yang bermanfaat bagi siapa saja, apalagi anak-anak. Perpustakaan tak hanya untuk menunjukkan buku-buku yang bermanfaat tapi juga menunjukkan seni kepada masyarakat. 

Banyak perpustakaan di Jakarta yang dikemas melalui dekorasi yang menarik seperti Perpustakaan Rimba Baca Cilandak. Apalagi jika bisa memiliki perpustakaan sendiri di rumah. Memang seru jika bisa memiliki perpustakaan sendiri di rumah. Untuk membuat perpustakaan mini di rumah, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

Menata Buku Sesuai Warna

Ada strategi dalam menata buku di rak buku. Strategi ini digunakan supaya buku tidak berserakan dimana-mana dan tertata rapi secara dekoratif. Buku-buku dengan warna-warna yang berbeda letakkan pada rak berwarna putih. 

Perpaduan keduanya akan membuat suasana ruangan menjadi lebih cerah dan menambah semangat untuk membaca.

Membuaty perpustakaan mini di dalam rummah
Source : Pixabay

Menyediakan Tempat Duduk yang Nyaman

Supaya dapat membaca dengan santai dan nyaman sediakan tempat duduk yang empuk seperti sofa untuk waktu duduk yang cukup lama. Warna kursi pun sebaiknya yang netral agar tak mengaburkan pandangan mata dengan banyaknya buku-buku di rak.

Pilih Satu Dinding

Untuk membuat perpustakaan mini di dalam rumah pilihlah satu sisi dinding di rumah misalnya di ruang keluarga atau ruang makan. Lalu letakkan rak buku di dinding tersebut. Agar dapat menempel dari lantai sampai ke langit-langit rumah gunakan rak buku yang ukuran besar. Tatap rak dengan buku-buku yang disukai secara rapi.

Baca Juga: Contoh Denah Rumah Modern Minimalis

Membuaty perpustakaan mini di dalam rummah
Source : PIxabay

Menggunakan Tangga

Mungkin ada beberapa orang yang memiliki banyak buku hingga rak yang dimiliki menjulang ke langit rumah. Untuk mempermudah pembaca, sebaiknya tambahkan tangga yang mudah digeser sehingga praktis jika ingin mengambil buku di rak yang paling tinggi. Tangga bisa dicat dengan warna yang cerah untuk menambah keindahan perpustakaan.

Membuat Rak Buku Unik

Perpustakaan pribadi akan sangat menarik untuk dikunjungi apabila instrumen di dalamnya dibuat seunik mungkin. Mendesain rak buku berbeda dari biasanya akan membuat motivasi membaca meningkat karena daya tarik keindahan dekor dari perpustakaan tersebut. Misalnya membuat buku diletakkan dengan posisi diagonal. Tak hanya rapi namun juga ada nilai artistik dalam penataannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Luas Bangunan atau Rumah

Meningkatkan Kualitas Pencahayaan

Jika memiliki perpustakaan rumah sebaiknya tata ruang sebaik mungkin termasuk kualitas cahaya dalam ruangan tersebut. Perpustakaan menjadi tempat yang disinggahi selama berjam-jam, mulai dari membaca, hingga belajar. Oleh karena itu sebaiknya ruangan yang digunakan memiliki cahaya yang baik untuk membaca.

Baca Juga: 15 Desain Ruang Keluarga Lesehan yang Nyaman Berlama-lama

Memanfaatkan Lorong Rumah

Bagi yang memiliki lorong rumah, bagian lorong rumah ini dimanfaatkan dengan menghiasi rak buku di sisi dindingnya. Selain mempercantik, hal ini juga menghemat ruangan. Bisa menggunakan rak tinggi supaya menutup keseluruhan dinding, tapi jika tak memungkinkan cukup menggunakan yang tingginya hanya setengah dari dinding. Jika perlu warnai lorong agar terlihat lebih cerah dan luas.

Itulah beberapa tips dan trik untuk membuat perpustakaan mini di dalam rumah.

Baca Juga: 15 Rumah Termewah di Dunia yang akan Buat Kamu Terkesima

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download