Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Membuat Perpustakaan Mini di Dalam Rumah

Hobi

Membuat Perpustakaan Mini di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Perpustakaan adalah tempat yang bermanfaat bagi siapa saja, apalagi anak-anak. Perpustakaan tak hanya untuk menunjukkan buku-buku yang bermanfaat tapi juga menunjukkan seni kepada masyarakat. Banyak perpustakaan di Jakarta yang dikemas melalui dekorasi yang menarik seperti Perpustakaan Rimba Baca Cilandak. Apalagi jika bisa memilki perpustakaan sendiri di rumah. Memang seru jika bisa memiliki perpustakaan sendiri di rumah. Untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

sedang membaca di perpustakaan rumah
sedang membaca di perpustakaan rumah

Menata Buku Sesuai Warna

Ada strategi dalam menata buku di rak buku. Strategi ini digunakan supaya buku tidak berserakan dimana-mana dan tertata rapi secara dekoratif. Buku-buku dengan warna-warna yang berbeda letakkan pada rak berwarna putih. Perpaduan keduanya akan membuat suasana ruangan menjadi lebih cerah dan menambah semangat untuk membaca.

Menyediakan Tempat Duduk yang Nyaman

Supaya dapat membaca dengan santai dan nyaman sediakan tempat duduk yang empuk seperti sofa untuk waktu duduk yang cukup lama. Warna kursi pun sebaiknya yang netral agar tak mengaburkan pandangan mata dengan banyaknya buku-buku di rak.

Pilih Satu Dinding

Untuk membuat perpustakaan di dalam rumah pilihlah satu sisi dinding di rumah misalnya di ruang keluarga atau ruang makan. Lalu letakkan rak buku di dinding tersebut. Agar dapat menempel dari lantai sampai ke langit-langit rumah gunakan rak buku yang ukuran besar. Tatap rak dengan buku-buku yang disukai secara rapi.

Menggunakan Tangga

Mungkin ada beberapa orang yang memiliki banyak buku hingga rak yang dimiliki menjulang ke langit rumah. Untuk mempermudah pembaca, sebaiknya tambahkan tangga yang mudah digeser sehingga praktis jika ingin mengambil buku di rak yang paling tinggi. Tangga bisa dicat dengan warna yang cerah untuk menambah keindahan perpustakaan.

Membuat Rak Buku Unik

Perpustakaan pribadi akan sangat menarik untuk dikunjungi apabila instrumen didalamnya dibuat seunik mungkin. Mendesain rak buku berbeda dari biasanya akan membuat motivasi membaca meningkat karena daya tarik keindahan dekor dari perpustakaan tersebut. Misalnya membuat buku dileteakkan dengan posisi diagonal. Tak hanya rapi namun juga ada nilai artistik dalam penataannya.

Meningkatkan Kualitas Pencahayaan

Jika memiliki perpustakaan rumah sebaiknya tata ruang sebaik mungkin termasuk kualitas cahaya dalam ruangan tersebut. Perpustakaan menjadi tempat yang disinggahi selama berjam-jam, mulai dari membaca, hingga belajar. Oleh karena itu sebaiknya ruangan yang digunakan memiliki cahaya yang baik untuk membaca.

Memanfaatkan Lorong Rumah

Bagi yang memiliki lorong rumah, bagian lorong rumah ini dimanfaatkan dengan menghiasi rak buku di sisi dindingnya. Selain mempercantik, hal ini juga menghemat ruangan. Bisa menggunakan rak tinggi supaya menutup keseluruhan dinding, tapi jika tak memungkinkan cukup menggunakan yang tingginya hanya setengah dari dinding. Jika perlu warnai lorong agar terlihat lebih cerah dan luas.

Tags :

Bagikan Artikel