20+ Model Pagar Rumah Minimalis Plus Tips Memilihnya

Diperbarui oleh Nabila Azmi ∙ September 19, 2022 ∙ 11 menit membaca

Pagar merupakan komponen penting dalam membangun rumah karena berfungsi sebagai pelindung hunian. Pada saat memilih model pagar rumah terutama untuk desain minimalis, kamu harus menyesuaikannya dengan konsep rumah.

Bagi kamu yang bingung harus mulai dari mana, cobalah beberapa tips memilih pagar rumah di bawah ini beserta beragam model yang bisa jadi bahan inspirasi. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Baca Juga: 30 Rekomendasi Model Pagar Kayu yang Unik dan Kekinian

Tips Memilih Pagar Rumah Minmalis

Desain pagar rumah yang menarik akan cukup memberi kesan positif pada rumah yang berada di dalamnya. Meskipun desain rumah cukup sederhana, tampilan desain pagar rumah yang menawan akan sedikit menutupinya.

Maka dari itu, merancang model dan desain pagar rumah minimalis yang menarik akan memberi kesan pertama yang baik kepada tamu. Berikut ini beberapa tips memilih desain pagar rumah yang sesuai dengan bentuk bangunan hunian kamu!

Memahami Fungsi Pagar

Pertama-tama, Pins perlu paham dulu apa saja fungsi utama pagar. Umumnya, pagar berperan sebagai pemberi kesan estetika hunian dan pelindung bangunan rumah dari hal yang tidak diinginkan, seperti binatang liar, pencuri, maupun perusakan tanaman. Itu sebabnya, sebelum memilih desain pagar rumah, Pins perlu memenuhi fungsi utama dari pagar tersebut, ya!

Baca juga: Ini Dia Cara Menghitung dan Harga Pemasangan Pagar Panel Beton Selengkapnya!

Mempertimbangkan Kawasan Rumah

Memilih model pagar rumah minimalis tentu tidak akan terlepas dari lingkungan sekitar. Pins tentunya tidak mau bukan model pagar yang dibuat sangat kontras dengan rumah tetangga?

Sebagai contoh, orang yang tinggal di pedesaan biasanya tidak membutuhkan pagar rumah di daerah tersebut. Pasalnya, masyarakat pedesaan justru berpikir bahwa pagar memberikan kesan pemilik rumah yang pelit dan takut diganggu oleh orang lain.

Bila Pins masih tetap ingin menggunakan pagar, cobalah memilih desain pagar rumah yang rendah, entah itu berbahan kayu atau batu. Bila perlu, tambahkan kesan artistik agar tidak begitu terlihat membatasi diri dengan tetangga.

Memperhatikan Ukuran Rumah

Tidak hanya lingkungan, kamu perlu memperhatikan ukuran rumah. Bila rumah memiliki desain minimalis dengan ukuran yang sederhana, kamu bisa memilih pagar yang memiliki ketinggian kurang dari atau sama dengan 1,2 meter.

Jika bentuk dan ukuran rumah cukup besar, tentu kamu harus menyesuaikan desain pagar dengan ukuran yang lebih besar dan tinggi. Ini bertujuan menciptakan bentuk yang proporsional dan keserasian antara pagar rumah dan bentuk bangunan rumah.

Menyesuaikan Desain Rumah

Memilih model pagar rumah minimalis tentu harus melihat bagaimana desain rumah yang Pins buat. Hal inijuga mencakup warna rumah dan karakter pemilik hunian. Maka dari itu, gaya rumah memang menjadi bahan pertimbangan penting saat menentukan bentuk pagar depan rumah.

Jika rumah mempunyai desain minimalis modern, sebaiknya buat pagar yang cocok dengan rumah minimalis. Pasalnya, hal ini akan menguatkan karakter dan gaya rumah menjadi lebih trend dan up to date.

Baca juga: Inspirasi Membuat Pagar Bambu Simple dengan Modal Terjangkau

Melihat Jarak Antar Pagar

Selain itu, ada pertimbangan lain dalam membuat pagar rumah, yaitu pertimbangan jarak antara halaman dan rumah. Jika rumah memiliki ketinggian yang cukup, Pins bisa membuat pagar yang tinggi karena hal ini tidak akan membuat rumah terkesan tenggelam. Sementara itu, pemilik rumah yang tampak rendah dapat memilih desain pagar yang lebih rendah agar tidak tampak tenggelam.

Memilih Warna Pagar Minimalis

Warna dan cat pagar juga menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Pagar banyak dipilih dalam warna-warna yang sifatnya netral dan dingin, seperti warna hitam, abu-abu, cokelat, dan lain-lain.

Identitas dan ciri pagar minimalis memang terkondensasi dari adanya beberapa unsur dan elemen seperti adanya garis yang simetris, horizontal, vertikal, miskin ornamen, praktis, dan sederhana. Ingat, pemilihan warna pagar sebaiknya disesuaikan dengan warna rumah Pins agar lebih serasi.

Mempertimbangkan Material Pagar

Selain elemen diatas, kamu juga perlu menentukan bahan apa yang akan digunakan untuk membuat pagar menjadi terlihat begitu indah dan kokoh. Pins bisa memilih besi, logam, batu bata, kayu, dan lain-lain untuk bahan baku pagar rumahmu. Berikut ini beberapa material pagar beserta kelebihannya yang bisa jadi bahan pertimbangan.

  • Stainless: tahan karat, lebih ringan, dan tidak perlu dicat.
  • Besi polos: mudah dijumpai dan lebih murah.
  • Besi tempa: memiliki corak beraneka ragam dan lebih murah dibandingkan stainless.

Memilih Jenis Kayu

Bagi Pins yang ingin model pagar rumah dicampur dengan besi dan kayu tentu harus melihat jenis-jenis kayu yang tersedia di pasaran. Pasalnya, pagar terletak di luar ruangan dan langsung bertatapan dengan sinar matahari serta terkena air hujan. Jadi, kamu harus memilih kayu yang kuat dan kokoh.

Umumnya, jenis kayu yang digunakan untuk membangun pagar adalah kayu jati, damar laut, dan merbabu. Ini karena ketiga jenis kayu tersebut menawarkan tingkat keawetan yang cukup tinggi.

Baca juga: Perbedaan Desain Interior dan Eksterior Pada Desain Rumah

Memastikan Kayu Anti Rayap

Walau terlihat bagus, material kayu memang lebih rentan terhadap rayap. Hewan kecil berkolonia ini bisa memakan kayu secara perlahan sehingga Pins harus memastikan kayu yang dipilih anti rayap dan awet. Sebagai solusi, Pins bisa melapisi kayu dengan minyak anti raya untuk berjaga-jaga.

Desain dan Model Pagar Rumah Minimalis

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, kini saatnya kamu memilih model pagar rumah minimalis untuk hunianmu, Pins. Berikut ini deretan bentuk dan desain pagar minimalis yang bisa jadi inspirasi kamu.

Model Pagar Rumah Tembok Pendek

(Liputan 6)

Model pagar rumah tembok sederhana yang tidak terlalu tinggi dapat Pins aplikasikan pada rumah dengan lingkungan aman. Pagar tembok pendek seperti ini memunculkan kesan luas dan juga desain menonjol pada tampilan depan rumah.

Untuk Pins yang menyukai warna terang pada pengaplikasian tampilan depan rumah, model tembok pendek dapat menjadi alternatif utama untuk pagar rumah, seperti contohnya di atas. Warna merah yang mencolok pada bangunan dan seluruh tanaman milik Pins akan terlihat dari luar.

Model Pagar Rumah Tembok Tinggi

(Liputan 6)

Selain model tembok rendah, Pins juga dapat mengusung ide pagar tembok yang tinggi. Model tembok ini mengedepankan keamanan yang ekstra bagi para penghuninya. Ini juga menjamin orang luar yang tidak bisa melihat kegiatan di dalam rumah.

Poin penting yang perlu Pins perhatikan dari penggunaan pagar rumah tembok tinggi adalah kebersihan di luar. Tidak jarang banyak masyarakat yang iseng corat-coret ataupun jadi tempat pembuangan. Jangan lupa untuk selalu mengecek kegiatan di luar ya Pins!

Model Pagar Rumah Kaca

(Cermati)

Jika ingin menggunakan kaca pada pagar, Pins bisa memilih kaca es atau kaca buram untuk menjaga privasi. Jenis kaca ini tidak transparan, tetapi tetap menampilkan kesan mewah dalam rumah.

Walaupun terkesan kurang kokoh, pemasangan kaca buram pada pagar belakang rumah bisa diakali dengan perpaduan material batu bata. Kamu juga bisa menambahkan tanaman hias untuk mempercantik tampilan belakang rumah, lho.

Baca juga: Tips Membuat Eksterior Rumah

Model Pagar Rumah Kombinasi

(Cermati)

Selain kombinasi warna cat tembok, Pins bisa memadukan satu material model pagar rumah dengan bahan lainnya. Sebagai contoh, kamu bisa mengkombinasikan besi minimalis dan bentuk pagar tembok depan rumah yang sederhana.

Model Pagar Rumah Kayu Berwarna

(Cat Kayu)

Jika ingin pagar rumah sederhana yang cantik, Pins bisa memilih pagar rumah kayu yang berwarna. Misalnya, kamu bisa memakai kayu berwarna biru gelap atau warna gelap lainnya untuk memperkuat kesan kokoh pada pagar.

Model Pagar Batu Alam

(Popbela)

Pemakaian batu alam pada pagar rumah ternyata memberikan kesan yang kokoh, tetapi juga unik. Desain pagar minimalis ini juga akan semakin menawan dengan pilar pagar yang dilapisi dengan batu alam. Dengan begitu, Pins bisa mendapatkan tampilan rumah yang mewah dan glamor meskipun desain rumah minimalis.

Model Pagar Tembok Belakang Rumah

(Gramedia)

Pagar tembok memang menjadi pilihan terbaik untuk keamanan rumah. Tidak hanya kokoh, bentuk pagar belakang rumah ini cenderung sederhana sehingga bisa dipasang di tema hunian manapun.

Tidak heran bila banyak orang yang memilih pagar tembok untuk melindung bagian belakang rumah. Pins bisa mencoba menggunakan cat warna dinding yang lembut pada pagar agar rumah terlihat semakin terang.

Baca juga: Ide Cat Tiang Teras Rumah yang Bagus dan Estetik

Pagar Rumah Kayu

(Kompas)

Mengusung material kayu sebagai bahan utama dalam pagar rumah memang menarik untuk diulas. Apalagi ditambah dekorasi tanaman hidup sebagai penghias. Rumah Pins dan pasangan akan terlihat hangat dan privasi tetap terjaga.

Pemilihan jenis kayu yang baik pun menjadi salah satu faktor penting dalam pembuatan pagar rumah kayu. Kamu juga dapat menggunakan jenis kayu jati, kayu damar laut, ulin maupun bengkirai. Selamat mencoba, Pins!

Pagar Rumah Serba Putih

(Pinterest)

Model pagar rumah minimalis lainnya adalah pagar rumah serba putih. Sebenarnya, desain pagar satu ini kerap dipakai pada rumah era tahun 1980an dengan pagar kayu deretan vertikal. Dengan halaman yang luas dan bunga-bunga yang indah, pagar putih milik kamu akan tampak segar.

Penggunaan material bahan PVC pada pagar putih milik Pins dapat membuat pagar kuat dan tahan lama lho! Jadi, jangan sampai salah memilih bahan material untuk pagar rumah minimalis kesayangan Pins.

Pagar Rumah Minimalis Abu-abu

(Tokopedia)

Model pagar rumah minimalis warna abu-abu muda dapat Pins padu padankan dengan model pagar tembok berwarna putih. Bahan besi yang kokoh dan tahan di cuaca ekstrem dapat Pins pilih sebagai bahan dasar pembuatan pagar.

Warna feminim yang timbul mengesankan penghuni yang lembut dan menyukai hal simpel. Sebenarnya apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian bahan material berbeda pada pagar rumah seperti di atas?

Pins harus menyeragamkan warna dan juga kualitas dari masing-masing bahannya. Jangan sampai karena salah pemilihan warna, rumah jadi terlihat tidak sedap dipandang.

Pagar Tanaman

(Popbela)

Seperti halnya pengaplikasian tanaman vertikal pada bagian tertentu di dalam rumah, Pins juga bisa membuat pagar dari tanaman yang asri. Namun, ada baiknya kamu konsultasikan dengan ahli terlebih dulu untuk mengetahui mana tanaman yang cocok diaplikasikan.

Sebagai contoh, beberapa orang memanfaatkan tanaman boxwood sebagai pagar karena mudah dibentuk atau cemara kipas yang mudah didapat. Ini mungkin bisa menjadi referensi Pins untuk membuat pagar rumah sederhana tapi cantik.

Baca juga: Mengolah Fasad Rumah Agar Cantik dan Hemat

Pagar Batu dan Kayu

Model pagar rumah tembok sederhana dengan aksen bebatuan dikombinasikan dengan pagar pintu kayu serbaguna menjadikan rumah Pins menjadi incaran para tetangga. Selain unik dan menarik, pagar seperti ini memerlukan perawatan yang mudah.

Jika menyukai desain pagar rumah minimalis kombinasi seperti ini, Pins bisa menggunakan salah satu jenis batu alam, seperti batu templek dan kayu jati. Kedua material bangunan ini tahan terhadap cuaca dan telah terbukti kuat, serta tidak mudah rusak.

Pagar Besi Bahan Galvanis

Jenis pagar belakang rumah selanjutnya bermaterial besi hollow galvanis. Material satu ini juga terbukti tahan terhadap cuaca dengan tampilan yang modern. Besi dapat mempercantik hunian meskipun diaplikasikan pada model pagar yang sederhana.

Namun, kamu perlu membuat jarak antara pagar tidak begitu besar, paling tidak sampai tangan tidak masuk ke sela-sela pagar. Ini bertujuan agar tidak ada tangan usil yang mengganggu keamanan rumah.

Pagar Lipat Minimalis

Model pagar rumah minimalis selanjutnya adalah pagar lipat. Pagar tersebut dapat diaplikasikan pada desain rumah yang cenderung tidak luas. Jenis pagar lipat juga membantu Pins untuk menyediakan ruang tambahan untuk tempat keluar masuk kendaraan.

Pagar Tembok Ukiran

Menyiasati tembok semen memang tidak ada habisnya. Salah satu contohnya adalah pengaplikasian model pagar rumah tembok ukiran. Pins bisa memilih sesuai selera motif apa yang ingin Pins ukir dalam tembok pagar rumah.

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Terbaik

Pagar Besi Bersusun

gambar pagar besi

Model pagar besi bersusun menjadi pagar minimalis terpilih yang banyak disukai oleh masyarakat. Pasalnya, model pagar ini memudahkan sirkulasi udara masuk ke dalam rumah dan menciptakan kesan estetik nan menarik.

Pagar Tembok Tanaman

Pagar Tanaman
(Indiamart)

Pagar tembok tanaman biasanya terbuat dari bahan kayu dan tembok. Jenis pagar ini akan tampak canti dengan adanya tumbuhan menjalar pada pagar. Konsep pagar tembok tanaman juga cocok untuk Pins yang senang berkebun karena bisa menyejukkan udara di sekitar rumah.

Pagar Belakang Rumah Tertutup

Nah, untuk Pins yang mengedepankan privasi dalam hunian, pagar satu ini cocok untuk dipilih. Tampilan pagar ini memang simpel, tetapi tetap cantik menghiasi pekarangan rumah. Dari luar tidak akan kelihatan sama sekali kegiatan di dalam rumah apalagi bila berukuran cukup tinggi.

Untuk menambah kemanan, Pins bisa menambahkan bentuk runcing pada bagian atas pagar ataupun sengaja dibuat polos. Namun usahakan tidak ada yang bisa memanjatnya ya!

Pagar Rumah Minimalis Warna Hitam

10 Pagar Lipat Dorong Minimalis dengan Kesan Modern

Model pagar minimalis selanjutnya adalah pagar berwarna hitam yang mampu menciptakan kesan simpel dan modern. Tidak heran bila pagar ini bisa laris di pasaran. Selain itu, bahan pagar ini cenderung kuat karena terbuat dari besi yang tahan lama. Walau begitu, tidak ada salahnya mengecek kembali apakah besi pagar tahan karat atau tidak ya!

Pagar Kayu dan Beton

Perpaduan bahan kayu dan beton ternyata bisa menghasilkan pagar yang menarik dan tahan diletakkan di luar ruangan. Pagar kayu dan beton juga membuat tampilan belakang rumah semakin indah.Hal yang terpenting adalah selalu cek secara berkala kebersihannya ya, apalagi bila disekitarnya ditumbuhi tanaman.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia