8 Perabot dan Peralatan Rumah Tangga Multifungsi yang Wajib Ada di Rumah Mungil

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 16 September 2022 ∙ 7 menit membaca

Rumah mungil biasanya memiliki ukuran luas sekitar 21 meter persegi hingga 54 meter persegi. Meski tidak memiliki tanah yang luas, tetapi rumah kecil ini cukup nyaman sebagai tempat tinggal.

Soalnya, kita bisa memanfaatkan setiap ruang supaya jadi lebih fungsional. Namun, kita perlu menata rumah mungil menggunakan furniture dan peralatan rumah tangga dengan tepat. Yap! Kalau salah pilih, bisa-bisa rumah jadi terlihat sumpek dan sempit. Tentunya, kamu tidak ingin seperti itu, ‘kan? 

Untuk membantu kamu, kami punya beberapa rekomendasi perabot dan peralatan rumah tangga serbaguna yang bisa digunakan di rumah kecil, seperti berikut ini.

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Membeli Perabot Rumah

Rak Serbaguna

Keterangan: Rak serbaguna sekaligus partisi ruangan

Melansir dari Real Homes, konsep ruangan terbuka atau open living space bisa membuat rumah jadi lebih luas dan membangun kesan hangat. Soalnya, seluruh anggota keluarga bisa berkumpul di satu tempat yang sama. 

Untuk memberikan pembatas antara dua ruangan, kamu bisa menggunakan rak serbaguna sebagai sekat atau partisi. Pilih rak berwarna putih dan gunakan area rak untuk meletakkan pajangan, dari buku, bingkai foto keluarga, sampai koleksi miniatur.

Kabinet yang Menyatu dengan Meja Makan

Keterangan: Kabinet yang menyatu dengan meja makan bisa menghemat ruangan

Memiliki ruang makan di rumah mungil bukan hal mustahil. Salah satu caranya adalah dengan membuat area terbuka seperti menyatukan dapur dengan ruang makan. Lalu, gunakan kabinet serbaguna yang dilengkapi dengan meja makan lipat.

Kamu bisa membuka bagian meja saat akan digunakan. Kemudian, lipat kembali ketika sudah tidak dipakai agar bisa menghemat ruang. Nah, pada bagian kabinet penyimpanannya, kamu dapat memakainya untuk menyusun berbagai perlengkapan dapur supaya lebih rapi. 

Lalu, letakkan peralatan memasak seperti panci dan wajan di bagian paling bawah. Sedangkan di kabinet atas, gunakan sebagai tempat buat menyusun peralatan makan, dari piring, gelas, sendok, hingga garpu. Pastikan kamu menatanya dengan rapi agar ruangan jadi terlihat estetik.

Sofa Bed

Keterangan: Sofa bed bisa digunakan untuk menyambut tamu, berbaring, hingga menyimpan barang

Memiliki rumah yang mungil bukan berarti kamu tidak bisa memiliki sofa yang nyaman. Kuncinya, sesuaikan ukuran sofa dengan luas ruangan di rumah.

Contohnya, untuk ruangan luas 2×2, kamu bisa memakai sofa 1 dudukan dengan ukuran 100 cm. Sedangkan buat ruangan dengan luas 3×3, kamu dapat memakai sofa berukuran 150 cm. 

Agar ruangan tidak terasa sempit, gunakan sofa bed yang tidak memiliki sandaran lengan. Jadi, kamu bisa langsung membuatnya sebagai tempat tidur saat dibaringkan. 

Ada juga sofa tidur yang memiliki tempat penyimpanan tersembunyi di bawahnya. 

Tenang saja, harga sofa bed cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan bujet saat mengisi rumah.

Bahkan, kamu bisa membeli sofa berkualitas dengan lebih hemat memakai voucher diskon 20% hingga Rp100 ribu tanpa minimum transaksi. Cukup masukkan kode voucher RUPAPINHOME saat belanja di ruparupa.com. Kamu bisa langsung klik di sini.

Meja dengan Tempat Penyimpanan

Keterangan: Meja tamu serbaguna yang memiliki tempat penyimpanan

Jika bisa mengisi seluruh ruang dengan perabotan rumah tangga multifungsi, kenapa tidak? Namun, kita perlu menata berbagai hiasan dan barang lainnya dengan sebaik mungkin agar tidak terlihat berantakan.

Soalnya, ruang yang berantakan bisa jadi sumpek. Tentu, kita tidak ingin rumah mungil jadi terasa semakin sempit, bukan?

Untuk itulah, kita bisa memakai furnitur yang memiliki tempat penyimpanan tersembunyi. Salah satunya adalah meja tamu atau coffee table yang punya ruangan penyimpanan di bagian bawah permukaan meja. 

Letakkan meja di dekat sofa, lalu simpan berbagai perlengkapan rumah yang sering digunakan seperti remote TV di dalam ruang keluarga ke dalam ruang penyimpanan tersebut. Jadi, tidak ada lagi barang yang berserakan di atas meja. 

Baca juga: Tips Menghindari Perabotan Rumah Berjamur

Kursi Ottoman

Keterangan: Kursi ottoman bisa dijadikan sebagai tempat duduk dan tempat penyimpanan

Untuk rumah mungil, punya banyak tempat penyimpanan yang tersembunyi menjadi hal yang penting. Nah, kamu bisa memakai kursi ottoman yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan. Kursi ini juga dapat digunakan sebagai bangku tambahan jika ada tamu datang. 

Apalagi, kursi ottoman rata-rata memiliki ukuran yang kecil sekitar 38 cm, sehingga lebih mudah untuk menatanya di dalam ruangan dengan luas terbatas. Menarik, bukan?

Rice Cooker

Keterangan: Gunakan rice cooker untuk memasak berbagai hidangan di rumah

Salah satu peralatan rumah tangga modern yang wajib kamu punya adalah rice cooker. Memang, alat ini biasanya digunakan untuk menanak nasi. 

Namun, kamu bisa memilih rice cooker yang multifungsi untuk membuat berbagai macam masakan, mulai dari kue, mengukus telur, sampai sup yang lezat. Alat ini biasanya sudah memiliki lapisan anti lengket di dalamnya.  

Gunakan kapasitas rice cooker yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Untuk  kapasitas 1,2 liter bisa digunakan buat memasak 1-3 anggota keluarga. Sedangkan kapasitas 1,8 liter, dapat membuat masakan untuk 5 anggota keluarga.

Kamu bisa memilih rice cooker warna putih dengan model minimalis. Lalu, letakkan di sudut meja dapur agar area masak tampak menawan.

Kompor Listrik Portable

Keterangan: Kompor listrik untuk memasak berbagai hidangan

Selain alat penanak nasi, kita juga membutuhkan kompor di dapur. Kamu bisa menggunakan kompor listrik portable karena mudah dipindah-pindahkan. 

Jadi, kamu dapat menggunakan alat ini untuk memasak ala hot pot, menggoreng, menumis, merebus, serta mengukus makanan. Menariknya, alat ini bisa menyesuaikan suhu secara otomatis mengikuti jenis masakan. 

Tenang saja, kompor listrik sudah dilengkapi dengan sirkulasi udara yang bisa mencegah overheat. Desainnya pun menggunakan layar LED yang mudah digunakan. Tentunya, model kompor ini akan membuat tampilan dapur jadi lebih elegan.

Vacuum Cleaner

Keterangan: Vacuum cleaner bisa digunakan untuk membersihkan berbagai furniture

Tidak perlu menyediakan banyak alat kebersihan di rumah yang membutuhkan tempat penyimpanan. Cukup andalkan satu alat saja dalam membersihkan rumah, yaitu vacuum cleaner

Soalnya, alat ini bisa kamu gunakan buat mengangkat kotoran dan berbagai partikel debu yang menempel di permukaan furniture, dari karpet, sofa, gorden, bantal, hingga tempat tidur.

Tak hanya itu, vacuum cleaner juga bisa membersihkan bulu hewan peliharaan, kutu, serta tungau yang mengancam kesehatan tubuh kita. Bahkan, kamu juga bisa membersihkan jaring laba-laba yang ada di langit-langit rumah.

Agar lebih efektif, kamu bisa memilih vacuum cleaner berjenis wet and dry yang dapat digunakan juga untuk mengepel lantai supaya lebih bersih.

Itu dia beberapa perabot dan peralatan rumah tangga multifungsi yang wajib ada di rumah mungil. Jadi, tinggal di rumah mungil tidak melulu berarti sempit. Justru hal tersebut bisa membantu kita untuk hidup minimalis dan tetap sederhana.

Bahkan, ada berbagai keuntungan lainnya jika tinggal di rumah yang mungil, lho. Salah satunya adalah bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membersihkannya. Apalagi, bila kita tidak memakai terlalu banyak perabot di dalam ruangan. 

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk memiliki rumah fungsional? Seluruh perabot dan peralatan rumah tangga multifungsi terbaik bisa kamu temukan melalui ruparupa.com.

Situs belanja online ruparupa.com juga menyediakan berbagai peralatan elektronik, alat olahraga dan kesehatan, dan masih banyak lagi. Tenang saja, semua produk tersebut berasal dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Krisbow, dan masih banyak lagi. 

Yuk, mulai isi rumah mungil kamu dengan berbagai perabot multifungsi.

Baca juga: Tips Mengatasi Perabot Kayu yang Penyok


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia