Pinhome

Uncategorized

Ciri ciri desain rumah bergaya tradisional Jawa

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Sekarang ini banyak sekali rumah yang dibangun dengan memadukan rumah bergaya tradisional jawa. Oleh karena itu ada beberapa ciri desain dari rumah tradisional jawa yang harus diperhatikan dengan teliti dengan baik, supaya rumah yang dibangun dapat sesuai dengan keiinginan.

rumah jawa
rumah jawa

Ciri Desain Rumah Bergaya Tradisional Jawa

Salah satu pendekatan terbaru yang diterapkan yang banyak dilakukan oleh arsitek adalah memadukan desain rumah minimalis bersama dengan desain rumah jawa. Maka terciptalah rancangan rumah minimalis jawa, mungkin kita berfikir hal itu adalah mustahil dalam memadukan rumah jawa yang penuh dengan ornament bersama rumah minimalis yang tidak menggunakan ornament.

Namun saat ini banyak ahli desain rumah yang berhasil memadukannya dengan sentuhan seni dan perhitungan yang cermat. Meski demikian rumah bergaya tradisional jawa masih tetap memegang erat ciri desain yang cukup unik yaitu sebagai berikut :

Desain rumah jawa mutakhir bersama atap semi-piramida

Rumah joglo jawa terkenal bersama atap yang berbentuk semi-piramida. Hal ini adalah ciri khas rumah tradisional jawa. Oleh karena itu kita dapat memanfaatkan atap model semi-piramida untuk menghadirkan nuansa etnis tersebut. Akan tetapi, harus melaksanakan sedikit penyesuaian, seperti lebih menyederhanakan wujudnya atau mengurangi kemiringannya. Atap model ini sangat sempurna untuk mengalirkan air hujan, maka perawatannya akan sangat minim.

Sentuhan etnik di teras depan bersama atap perisai & empat tiang penyangga

Rumah minimalis jawa ini ada yang konsisten saat memakai atap model pelana di bangunan mutlak serta atap teras memakai model perisai, tetapi lebih runcing dibanding model atap perisai biasanya. Di sinilah kesan etnis dapat terpancar, terutama dengan hadirnya empat tiang mungil berwarna kayu yang lazim diperlukan di beberapa rumah joglo klasik. Interior rumah jawa canggih tidak jauh dengan beberapa interior rumah minimalis yang lain.

Rancangan taman belakang dengan dominasi furniture kayu

Bahan kayu yang biasa dipilih membuat rumah jawa mempunyai mutu yang super. Rata – rata bahan yang digunakan merupakan kayu yang memang telah lanjut usia dan diberi perawatan yang tepat. Oleh karena itu, konstruksi yang dihasilkan dapat terjamin kekokohannya. Tidak hanya itu saja, furniture kayu juga dipakai nyaris di semua bidang interior dalam rumah jawa, baik itu rumah bergaya minimalis canggih ataupun kontemporer. Seluruh furniture bangunan rumah memakai bahan yang sama, sehingga kesan natural terpampang teramat terang dan berpadu sempurna dengan warna cat yang lembut yang diaplikasikan di dinding dan juga lantai kamar tidur.

Itulah beberapa ciri desain rumah bergaya tradisional jawa yang bisa anda terapkan untuk melestarikan budaya dan seni tradisional. Sekarang ini banyak sekali orang yang ingin mendesain rumah supaya terlihat lebih tradisional, natural dan klasik. Sehingga banyak rumah yang di desain dengan menggunakan perpaduan rumah jawa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita yang ingin membangun rumah bergaya tradisional jawa yang tentu saja memerlukan biaya yang lebih banyak dibanding dengan pembuatan rumah biasa.

Tags :

Bagikan Artikel