24 Model Keramik Dapur Selera Para Desainer Interior 2022

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ December 7, 2022 ∙ 10 menit membaca

Selain furnitur seperti kitchen set dan meja makan, aspek utama saat melihat dapur adalah model keramik dapur atau backsplash apa yang dipakai. Pilihan keramik dapur kini semakin beragam.

Biasanya semakin beragam modelnya, maka Pins akan semakin bingung untuk memilihnya bukan? Untuk menghindari hal ini terjadi, berikut ada beberapa model keramik dinding dapur yang menjadi selera para desainer interior.

Dengan pilihan keramik dapur yang tepat ternyata punya pengaruh besar rasa nyaman saat melakukan kegiatan di ruangan tersebut lho. Maka dari itu, rencanakan dengan matang.

Pikirkan mulai dari warna, bentuk hingga tekstur keramik tersebut. Berikut beberapa dinding dapur yang bisa Pins aplikasikan pada hunian.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

Keramik Dapur Subway Minimalis

Model keramik dapur
(The Spruce)

Simpel namun berkelas adalah first impression saat melihat dapur dengan sentuhan keramik model subway. Sebutan subway bermula karena memang motif seperti ini dipakai pada dinding-dinding kereta bawah Inggris (Underground) sekitar tahun 1980 an.

Maka dari itu disebut dengan model subway. Banyak warna yang dimiliki oleh model keramik dapur subway, namun yang paling sering digunakan adalah warna hitam dan putih.

Warna hitam cocok untuk dipadupadankan dengan kabinet berwarna terang. Warna hitam ini berguna juga untuk menyamarkan noda sehingga tidak terlihat cepat kotor.

Sedangkan warna putih serasi jika disandingkan dengan kitchen set ataupun island dengan warna lebih cerah. Seketika dapur Pins akan tampil bersih dan minimalis.

Baca juga: 15 Model Rak Dapur Minimalis yang Hemat Ruang

Model Keramik Dapur Bunga Klasik / Retro

Model Meja Dapur
(Interior Design)

Keramik dengan motif bunga klasik atau yang biasa disebut motif retro belakangan memang sedang tren. Warna-warna yang dimiliki menyulap dapur polos menjadi lebih stylish.

Ada dua cara dalam menata backsplash motif retro, pertama dengan memilih satu motif saja dan kedua memilih beragam motif berbeda.

Bisa dilihat mostly warna yang diberikan sudah mampu menarik perhatian banyak orang, maka dari itu usahakan tidak memakai warna yang mencolok untuk sekelilingnya.

Baca juga: Simak 5 Perbedaan Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Keramik Dinding Dapur Bentuk Hexagonal

model keramik dapur
(Shopee)

Pilihan terbaik yang bisa Pins pilih saat hendak mendesain dapur dengan tema warna monokrom. Keramik dinding dapur bentuk hexagonal memberikan detail yang sangat cantik namun tetap simpel. Motif hexagonal membuat mata yang melihatnya tak jemu.

Warna andalan dari motif ini adalah putih dengan garis tepi hitam dan warna hitam dengan garis tepi putih. Ukuran dari keramik bentuk heksagonal ini juga beragam mulai dari kecil hingga besar. Pins bisa langsung sesuaikan dengan luas dari dapur hunian.

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Lantai Minimalis untuk Rumah Kamu

Backsplash Model Mozaik

model keramik dapur
(Verona Group)

Memilih model mozaik untuk backsplash membuat dapur terkesan modern dan berseni. Model mozaik yang banyak dipilih para desainer interior adalah bentuk kotak.

Bentuk kotak kecil-kecil dengan berbagai tekstur dan warna berbeda dalam satu kepingnya akan sangat cantik jika dijajarkan. Pilih warna cerah untuk tampilan elegan dan warna monokrom untuk tampilan yang lebih simpel.

Baca juga: Tips Desain Dapur Terbaik Untuk Keluarga

Tampil Mewah dengan Backsplash Marmer

Model KEramik Dapur
(Sefa Stone)

Siapapun akan terpana saat melihat dapur dengan balutan granit marmer. Kesan mewah terpancar dengan jelas pada bagian dapur. Motif marmer yang biasanya satu keping besar untuk satu bagian membuat backsplash lebih mudah untuk dibersihkan.

Sebab tidak ada sela-sela penghubung. Setiap keping granit marmer punya corak yang berbeda-beda. Pilihlah yang paling Pins suka. Paling banyak digunakan adalah warna putih dengan corak hitam dan warna putih dengan corak abu-abu.

Baca juga: 7 Motif Keramik Modern Supaya Rumah Kamu Selalu Up-to-Date

Look Unik di Dapur dengan Motif Keramik Teraso

Model Keramik Dapur
(Shutterstock)

Apakah Pins familiar dengan motif keramik teraso? Motif teraso sering dijumpai pada hunian yang unik. Dengan mengaplikasikan motif teraso sebagai keramik dinding dapur, hunian jadi mempunyai nilai seni tinggi.

Motifnya yang tak beraturan lah yang membuatnya berbeda. Pilih warna dominan putih untuk look yang clean.

Baca juga: Tips Memilih Model Keramik Minimalis

Dinding Dapur Bertekstur atau Emboss

model keramik dapur
(Houzz)

Bosan dengan tekstur dinding dapur yang polos-polos saja? Coba gunakan yang lebih menarik dengan model keramik dapur bertekstur atau emboss.

Sebaiknya gunakan model ini untuk bagian dapur bersih, karena bentuknya yang bertekstur akan memakan waktu untuk dibersihkan jika terciprat saat Pins memasak. Keramik dapur emboss memberikan aura natural pada dapur.

Baca juga: 7 Pilihan Model Keramik Ruang Tamu Elegan, Bikin Tamu Terpikat!

Motif Kayu Untuk Suasana yang Natural

Model Keramik Dapur
(Interior Design Ideas)

Motif backsplash lainnya yang punya kesan natural adalah motif kayu. Warnanya yang kecoklatan buat dapur lebih hangat.

Pins bisa memilih kayu bertekstur ataupun kayu dengan tekstur datar. Lebih baik pilih yang tanpa tekstur agar lebih mudah dibersihkan.

Bentuk Kotak Kombinasi dengan Warna Cerah

model keramik dapur
(Alibaba)

Tampil beda dengan dinding dapur berwarna cerah seperti kuning atau merah. Jika dapur merupakan ruangan yang Pins inginkan untuk tampil stand out, memilih backsplash warna cerah adalah pilihan yang tepat.

Warna cerah membuat Pins lebih semangat saat beraktifitas di sekitar dapur. Karena warnanya sudah mencolok, usahakan memilih bentuk standar seperti bentuk kotak kecil

Baca juga: 15 Model Keramik Teras dan Warna yang Menarik

Keramik Dinding Model Sisik Ikan

model keramik dapur
(a model west)

Motif baru yang jadi tren beberapa tahun lalu adalah keramik dinding dapur model sisik ikan. Keramik ini biasanya ditampilkan dengan warna glossy layaknya sirip ikan asli.

Dapur terlihat shining dengan sentuhan keramik tipe ini. Pilihan warna monokrom seperti abu-abu dan abu-abu keemasan pun menjadi tidak monoton karena glossy yang dimilikinya.

Warna model keramik dinding dapur ini yang banyak dipilih oleh para desainer interior adalah abu-abu, abu keemasan, biru muda, biru pekat, pink fuschia dan hitam.

Itulah pilihan keramik dinding dapur dengan motif menarik yang buat tampilan dapur stand out. Semoga informasi tersebut berguna ya! So, model keramik dapur mana yang paling sesuai dengan tema hunian Pins?

Baca juga: Bingung Cari Model Keramik Kamar Mandi yang Pas? Ini Tipsnya!

Keramik Lantai Hitam Polos

Model keramik dapur
(Leo Furniture)

Untuk lantai dapur, dapat menggunakan satu warna hitam dan diberikan sedikit glossy. Penggunaan lantai dapur hitam polos ini akan memberikan kesan luas dan mewah. Biasanya digunakan di dapur bersih. Selain itu, menggunakan keramik berwarna hitam juga akan membantu kamu melihat noda-noda seperti tepung dan kotoran lainnya supaya lebih mudah dibersihkan.

Keramik Lantai Dapur Motif Serat Kayu Tua (Herringbone)

model keramik dapur
(Dekoruma)

Pins punya rumah di daerah pedesaan? Atau mungkin di daerah perbukitan? Lantai yang cocok digunakan untuk area dapur adalah lantai vinyl. Dan berikan pola Herringbone dengan bentuk V. Motif ini akan memberikan kesan klasik yang memiliki umur panjang. Cocok sekali digunakan untuk rumah yang memberikan kesan peristirahatan kuat.

Walaupun sangat keren, tantangannya adalah perawatan dan cara membersihkannya. Material kayu membutuhkan bahan pembersih yang berbeda dari motif keramik. Salah satu cara mengatasinya adalah memilih keramik dengan motif kayu. Walaupun kamu tidak bisa merasakan tekstur khas dari kayu, namun lantaimu tetap terlihat keren, Pins!

Keramik Lantai Dapur Motif Hitam Putih

model keramik dapur
(Pengadaan)

Salah satu gaya yang everlasting, bertahan lama untuk dapur namun tetap modern, Pins dapat menggunakan keramik dapur motif hitam putih yang layak untuk dicoba. Karena perpaduan warna ini merupakan simbol modernitas, dan juga akan memberikan kesan bersih.

Dan untuk meningkatkan kesan modern dan elegan pada ruang dapur hitam putih ini, gunakanlah furniture minimalis dominan warna putih dan warna dinding dengan warna putih untuk mengimbangi gradasi warnanya. Kemudian tambahkan aksen pada beberapa furniture menggunakan warna dasar, seperti kuning, merah.

Keramik Motif Marble Putih

Model keramik dapur
(Architectural Digest)

Untuk memberikan kesan mewah atau modern, keramik berbahan dasar marble putih ini sering digunakan. Karena, marble putih ini akan memberikan motif-motif granit yang maha dan desain yang unik, namun biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Dapur dengan menggunakan keramik lantai motif marble putih ini akan memberikan nuansa ringan dan kesan luas pada ruangan dapur. Selain itu, dengan adanya garis-garis halus dalam motif keramiknya mampu memberikan kesan enerjik dan tidak bosan. Untuk menguatkan suasana lapang dan modern, gunakan, Pins dapat menggunakan kursi dengan aksen kayu.

Keramik Lantai Dapur Motif Beradu

model keramik dapur
(Dekoruma)

Pins ingin membuat lantai dapur yang beda dengan berani menggunakan kreativitas tanpa batas? Nah, lantai ini cocok untuk diterapkan dalam dapur Pins! Kenapa? Pins akan dituntut keberanian untuk memadukan keramik yang beraneka ragam warna dan menggunakan kreatifitas untuk dapur rumah Pins.

Dapur rumah Pins akan terlihat berbeda. Jangan lupa, pastikan pemilihan furnitur, warna di dapur sesuai, sehingga dapat menguatkan suasana di dapur.

Keramik Lantai Dapur Dengan 3 Motif

model keramik dapur
(IDN Times)

Jika Pins tidak berani menggunakan motif beradu, Pins dapat menggabungkan motif Serat kayu dengan Hexagon keramik yang teridir dari 3 Warna yaitu Hitam Putih dan Abu-Abu.

Penggunaan 3 motif yang berbeda ini akan mampu memberikan pembagian dapur, sehingga akan membuat suasana tiap-tiap tidak bercampur, lebih private. Namun, perlu diingat, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi.

Keramik Lantai Dapur Motif 3D

Model keramik dapur
(kitpramenulis)

Nah, saatnya untuk memberikan artistik pada dapur Pins. Gunakan motif 3D. Keramik berpola 3D ini merupakan desain klasik, everlasting, tidak membosankan. Siapa sangka dengan motif 3D ini akan membuat suasana dapur tampak mewah.

Jangan lupa, gunakan furniture yang akan mendukung suasana dapur ini. Gunakan warna primer untuk memberikan kesan kuat pada furniture.

Keramik Motif Batu Bata Merah

Model keramik dapur
(Pengadaan)

Jika ingin membuat sebuah desain klasik, tidak lekang oleh waktu, desain dapur dengan motif batu bata merah ini akan tepat sekali diterapkan di dapur rumah Pins.

Desain dapur dengan motif bata merah ini akan memberikan kesan kuat yang berhubungan dengan masa lalu dengan nilai historis yang banyak, tapi tetap ada sentuhan modern.

Keramik Terracotta

Model Keramik Dapur
(Ashley Winn Design)

Jika Pins ingin memiliki lantai dapur yang nyaman untuk dipijak dan memberikan kesan yang hangat, jenis keramik yang satu ini mungkin akan menjadi pilihan yang cocok. Keramik terracotta terbuat dari batu bata yang dicetak dengan berbagai segi. Bentuknya pun juga bermacam-macam seperti persegi, segi lima, atau segi enam. 

Lantai Dapur Semen

Model keramik dapur semen
(tileflair)

Mungkin Pins sudah cukup familiar dengan jenis lantai dapur yang satu ini. Lantai dengan lapisan keramik semen sudah hadir sejak zaman dulu. Banyak rumah yang menggunakannya bahkan di ruang tamu. Walaupun terkesan jadul, lantai semen memiliki tekstur yang kasar sehingga aman untuk ditempatkan pada dapur yang licin. 

Keramik Dapur Konsep Industrial

Model KEramik Dpaur Industrial
(intiland)

Desain industrial sangat cocok jika Pins gunakan pada bagian dapur rumah. Karena umumnya dapur akan menjadi tempat yang kotor dan berceceran cairan. Dengan menggunakan lantai dapur industrial Pins dapat menutupi kesan kotor tersebut. Pola lantai hitam putih akan sangat mempengaruhi penampilan dapur

Lantai Dapur Kayu Parket

Desain keramik dapur
(decorindoperkasa)

Jenis lantai dapur ini mungkin menjadi pilihan bagi Pins yang ingin memiliki dapur dengan tingkat estetika yang tinggi. Penampilan lantai akan mengesankan kayu-kayu yang bersusun rapat seperti lantai vinyl. Lantai dapur ini cocok jika Pins menerapkan konsep backsplash pada dapur. 

Keramik Dapur Porselen

Model keramik dapur
(RuangArsitek)

Keramik lantai porselen adalah keramik lantai yang umumnya banyak terdapat di rumah-rumah. Keramik porselen yang polos ini tersedia dengan berbagai macam warna. Untuk menghindari kesan kotor pada dapur, Pins dapat menggunakan warna gelap pada keramik lantai. 

Baca juga: Pilihan Model Lantai Minimalis Untuk Hunian Lebih Nyaman

Keramik Bata Merah

Model keramik dapur
(Instagram @heppie_nia)

Jika Pins termasuk orang yang cinta akan desain retro atau tradisional, keramik lantai bahan bata merah akan menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari bata merah membuat lantai ini memiliki ketahanan yang baik. Warna bata yang khas sangat mencerminkan kesan tradisional pada dapur Pins. 

Itulah beberapa pilihan keramik lantai dapur tidak licin yang dapat Pins jadikan referensi untuk dapur di rumah. Dari masing-masing keramik memiliki kelebihan dan kekurangan, maka dari itu Pins pastikan mana keramik yang paling cocok untuk dapur rumah Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia