7 Rekomendasi Cat Anti Jamur Terbaik dan Terbukti Ampuh

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 17 January 2022 ∙ 7 menit membaca

Dalam proses pengecatan dinding, baik yang dilakukan di dalam hunian maupun sebagai lapisan cat luar mempunyai fungsi mendalam. Tidak hanya sebatas dalam hal estetika. Cat dinding dapat melindungi hunian dari cuaca maupun hal-hal yang mengganggu kenyamanan. Sebut saja cat anti jamur yang banyak digunakan pada hunian sebagai pelindung permukaan.

Jamur yang menempel pada dinding sebagian besar memang timbul dari dinding yang lembab. Itulah mengapa disarankan keluar masuknya udara lewat ventilasi menjadi sangat penting diaplikasikan pada hunian. Namun, tidak hanya sebatas itu, jamur pun dapat menempel pada dinding hunian yang berada pada daerah panas dan cenderung kering. Intip yuk Pins penyebab serta rekomendasi cat tembok anti jamur terbaik berikut!

Baca juga:

Ciri-Ciri Cat Anti Jamur yang Baik

(Avianbrands.com)

Bingung dan takut salah pilih ketika membeli cat anti jamur? Ini beberapa ciri-ciri dan kualitas terbaiknya:

Bisa Mengatasi Lembab

Biasanya, cat tembok anti jamur mampu untuk mengatasi lembab terutama jika tidak dibersihkan ketika musim hujan. Namun, cara ini hanya bisa ditemukan jika cat sudah Pins aplikasikan.

Waktu Kering yang Cepat

Pada umumnya, cat anti jamur memiliki ciri dengan waktu pengeringan yang cepat. Sehingga memberikan kemudahan pada saat Pins melakukan pengecatan dan tidak akan meninggalkan lembab. Untuk waktu pengeringan biasanya memakan waktu sekitar 4-6 jam saja.

Kedap Akan Air Untuk Mencegah Jamur

Biasanya, cat anti jamur akan memiliki sifat yang anti air. Hal ini karena ketika cuaca hujan dan lembab akan mencegah jamur untuk tumbuh. Bahkan, untuk membersihkannya hanya cukup menggunakan air bersih saja.

Memiliki Daya Tahan Terhadap Gesekan dan Rembes

Cat yang anti jamur akan memiliki ketahanan terhadap daya gesekan. Jika terjadi gesekan, ini akan menyebabkan tembok mudah lembab dan berjamur.

Baca juga:

Rekomendasi Merek Cat Anti Jamur

(Acuan.id)

Bila Pins sudah mengerjakan tahap pertama dalam menghilangkan jamur yang menempel pada dinding rumah, kini saatnya melakukan tindakan pencegahan. Pemilihan merk cat tembok anti jamur yang tepat perlu diperhatikan agar masalah tidak terulang kembali. Lihat yuk 7 rekomendasi catnya dari Pinhome di bawah ini.

Dulux Weathershield PowerFlexx

(YouTube/Duluxindiapaints)

Menjaga ruang tetap hangat memang menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari jamur, namun cara tersebut tidak bisa sepenuhnya efektif. Cat tembok anti jamur keluaran Dulux dengan tipe Weathershield Powerflexx bisa menjadi salah satu alternatif. Pins bisa mendapatkannya dengan harga kurang lebih Rp200.000 – Rp300.000 untuk ukuran 2,5 liter. 

Umum digunakan pada bagian eksterior bangunan. Cat Dulux tipe ini bisa melindungi bangunan dengan teknologi tinggi Powerflexx. Hal tersebut berguna untuk menutupi segala keretakan pada dinding dan juga tahan terhadap air hujan. Dengan begitu, Pins tidak perlu khawatir lagi jamur timbul pada tembok di rumah.

Baca juga:

Nippon Paint Weatherbond Pro

(Nippon Paint)

Selanjutnya adalah mereka cat tembok anti jamur keluaran Nippon Paint yaitu dengan tipe weatherbond pro. Cat satu ini mampu melindungi hunian dari cuaca ekstrem maupun kebocoran yang mengakibatkan dinding berjamur. Ada tiga langkah yang telah dianjurkan saat menemui salah satu bagian dinding berjamur.

Pertama bersihkan bagian dinding secara menyeluruh, kemudian aplikasikan Nippon Fungicidal Wash Solution untuk membasmi jamur yang menempel pada dinding. Setelah kering aplikasikan Nippon Paint anti alkali primer solution sebanyak 1-2 kali.

Bila sudah mengering, tahap terakhir Pins bisa melapisi tembok dengan cat Nippon Paint Weatherbond Pro. Setelah semua selesai, tidak lupa selalu mengecek sirkulasi udara dalam ruang ya!

Baca juga: 20 Rekomendasi Merk Cat Besi Terbaik Untuk Hasil Maksimal

Aquaprof

(Arsiteki)

Merek yang satu ini tidak hanya terkenal sebagai pelapis anti bocor, Aquaproof juga terbukti dapat mencegah jamur datang kembali. Cat Aquaproof termasuk dalam salah satu cat tembok anti jamur yang didalamnya terkandung polimer thixotropic. Zat tersebut bisa juga dikatakan sebagai jenis pelapis sintetis yang terbukti dapat diaplikasikan pada media yang beragam. Tidak heran cat satu ini bisa Pins aplikasikan pada talang air, dinding maupun permukaan hunian lainnya.

Baca juga:

No Drop

(Arsiteki)

Selanjutnya adalah merek No Drop. Harga satuan untuk cat tembok yang bisa digunakan sebagai pelapis ekstra tembok hunian ini berkisar Rp180.000 – Rp230.000 untuk ukuran 4 kg. Cat tembok anti jamur yang sekaligus kedap air ini juga merupakan jenis cat yang dapat diaplikasikan pada beberapa material bangunan.

Beberapa material yang bisa dilapisi, diantaranya genteng, bahan galvanis, beton hingga terakota. Maka dari itu, Pins tidak perlu khawatir lagi akan timbulnya jamur yang membandel pada dinding.

Propan DLI 480 Decor Lotus

(YouTube/PropanRaya)

Easy to clean serta antibacterial paint menjadi salah satu keunggulan dari cat Propan Decorlotus. Maka dari itu tidak heran merek cat satu ini disarankan untuk digunakan karena diklaim bebas dari bakteri dan tentunya mudah dibersihkan.

Kandungan dari teflar fluoropolymer lah yang membuat cat ini sangat mudah dibersihkan. Propan DLI 480 Decor Lotus tidak hanya bisa diaplikasikan pada tembok, namun juga dapat melindungi atap rumah dari kebocoran. 

Baca juga:

Nippon Paint Elastex Waterproof 3 In 1

(YouTube/IklanTVComm)

Merek Nippon Paint ternyata memiliki banyak jenis cat tembok anti jamur yang terbukti dapat mencegah jamur dinding datang kembali. Nippon Paint Elastex Waterproof 3 In 1 salah satunya.

Latex elastomerik akrilik yang terdapat dalam kandungan cat satu ini memiliki sifat anti jamur. Daya rekatnya terbaik, dan tentunya menjadi salah satu cat anti bocor dengan perlindungan mencapai 5 tahun lamanya. Kendati begitu, cat satu ini memiliki harga beli yang cukup terjangkau dibanding merek teratas lainnya.

Sika Raintite Anti Jamur

(Tahapan ID)

Terakhir adalah merek cat dinding anti jamur yaitu Sika Raintite. Jenis cat satu ini mirip dengan cat anti jamur lainnya yang dapat digunakan dengan teknik pelapisan yang tepat. Sika yang termasuk dalam cat waterproofing bisa digunakan dengan pengaplikasian terlebih dahulu oleh lapisan primer. 

Hal yang paling penting dalam menghilangkan jamur dinding adalah membasmi terlebih dahulu ya Pins. Bila jamur timbul saat cat sudah diaplikasikan, Pins bisa mengulang dari teknik awal yaitu pengerokan bagian dinding jamur.

Baca juga:

Cara Mengatasi Dinding yang Berjamur

(Local San Diego Painting)

Bila Pins menemukan tanda-tanda adanya jamur di dalam rumah, Pins bisa harus segera mengatasinya. Mengapa seperti itu? Dinding yang berjamur juga dapat mengganggu kesehatan penghuni di dalam rumah lho Pins!

Bila jamur sudah timbul, hal tersebut dapat menimbulkan bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit. Maka dari itu, penggunaan dari cat anti jamur pada dinding menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk menghilangkan jamur di tembok.

Langkah-langkahnya cukup mudah untuk mengatasi jamur membandel pada tembok di rumah. Pins hanya perlu mengetahui penyebabnya, dan segera lakukan tindakan. Beberapa rumah juga sering timbul jamur karena kebocoran dari genteng yang merembes ke dalam tembok. Maka dari itu segera pastikan terlebih dahulu penyebab dari timbulnya jamur.

Sebelum melakukan pengecatan dengan cat tembok anti jamur, Pins bisa menggunakan produk yang tersedia di pasaran untuk menghilangkan jamur. Caranya adalah gosok bagian tembok yang berjamur, setelahnya aplikasikan cairan pada dinding yang berjamur dan diamkan kurang lebih 1 jam. Jangan lupa gunakan sarung tangan pelindung saat mengerjakannya ya

Itulah beberapa rekomendasi merek cat anti jamur yang terbukti dapat mencegah jamur datang kembali beserta tipsnya. Usahakan untuk tetap memperhatikan sirkulasi udara dan tingkat kelembapan dalam ruang. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!

Baca juga:

Featured Image Source: The Home Depot

Editor: Voni Sri


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia