BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Rekomendasi Cat Anti Jamur Terbaik dan Terbukti Ampuh
0
0

8 Rekomendasi Cat Anti Jamur Terbaik dan Terbukti Ampuh

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 14, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam proses pengecatan dinding, baik yang dilakukan di dalam hunian maupun sebagai lapisan cat luar mempunyai fungsi mendalam. Tidak hanya sebatas dalam hal estetika. Cat dinding dapat melindungi hunian dari cuaca maupun hal-hal yang mengganggu kenyamanan. Sebut saja cat anti jamur yang banyak digunakan pada hunian sebagai pelindung permukaan.

Sama halnya dengan aplikasi Pinhome yang mampu memberikan informasi seputar properti terbaik dan lengkap. Fiturnya beragam bahkan tersedia layanan pasang iklan properti gratis. Temukan rumah second di Kec Bandung Kidul hingga perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa maupun dekat dengan SMP Al Azhar 8.

Rekomendasi Merek Cat Anti Jamur

Source : Acuan.id

Bila Pins sudah mengerjakan tahap pertama dalam menghilangkan jamur yang menempel pada dinding rumah, kini saatnya melakukan tindakan pencegahan. Pemilihan merk cat tembok anti jamur yang tepat perlu diperhatikan agar masalah tidak terulang kembali. Lihat yuk 7 rekomendasi catnya dari Pinhome di bawah ini.

1. Dulux Weathershield PowerFlexx

Source : YouTube/Duluxindiapaints

Menjaga ruang tetap hangat memang menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari jamur, namun cara tersebut tidak bisa sepenuhnya efektif. Cat tembok anti jamur keluaran Dulux dengan tipe Weathershield Powerflexx bisa menjadi salah satu alternatif. Pins bisa mendapatkannya dengan harga kurang lebih Rp200.000 – Rp300.000 untuk ukuran 2,5 liter. 

Umum digunakan pada bagian eksterior bangunan. Cat Dulux tipe ini bisa melindungi bangunan dengan teknologi tinggi Powerflexx. Hal tersebut berguna untuk menutupi segala keretakan pada dinding dan juga tahan terhadap air hujan. Dengan begitu, Pins tidak perlu khawatir lagi jamur timbul pada tembok di rumah.

Baca juga: Warna Cat Rumah Aesthetic yang Cozy

2. Nippon Paint Weatherbond Pro

Source : Nippon Paint

Selanjutnya adalah mereka cat tembok anti jamur keluaran Nippon Paint yaitu dengan tipe weatherbond pro. Cat satu ini mampu melindungi hunian dari cuaca ekstrem maupun kebocoran yang mengakibatkan dinding berjamur. Ada tiga langkah yang telah dianjurkan saat menemui salah satu bagian dinding berjamur.

Pertama bersihkan bagian dinding secara menyeluruh, kemudian aplikasikan Nippon Fungicidal Wash Solution untuk membasmi jamur yang menempel pada dinding. Setelah kering aplikasikan Nippon Paint anti alkali primer solution sebanyak 1-2 kali.

Bila sudah mengering, tahap terakhir Pins bisa melapisi tembok dengan cat Nippon Paint Weatherbond Pro. Setelah semua selesai, tidak lupa selalu mengecek sirkulasi udara dalam ruang ya!

3. Aquaprof

Source : Arsiteki

Merek yang satu ini tidak hanya terkenal sebagai pelapis anti bocor, Aquaproof juga terbukti dapat mencegah jamur datang kembali. Cat Aquaproof termasuk dalam salah satu cat tembok anti jamur yang didalamnya terkandung polimer thixotropic.

Zat tersebut bisa juga dikatakan sebagai jenis pelapis sintetis yang terbukti dapat diaplikasikan pada media yang beragam. Tidak heran cat satu ini bisa Pins aplikasikan pada talang air, dinding maupun permukaan hunian lainnya.

4. No Drop

Source : Arsiteki

Selanjutnya adalah merek No Drop. Harga satuan untuk cat tembok yang bisa digunakan sebagai pelapis ekstra tembok hunian ini berkisar Rp180.000 – Rp230.000 untuk ukuran 4 kg. Cat tembok anti jamur yang sekaligus kedap air ini juga merupakan jenis cat yang dapat diaplikasikan pada beberapa material bangunan.

Beberapa material yang bisa dilapisi, diantaranya genteng, bahan galvanis, beton hingga terakota. Maka dari itu, Pins tidak perlu khawatir lagi akan timbulnya jamur yang membandel pada dinding.

Baca juga: 4 Jenis Cat Dinding Rumah dan Fungsinya

5. Propan DLI 480 Decor Lotus

Source : YouTube/PropanRaya

Easy to clean serta antibacterial paint menjadi salah satu keunggulan dari cat Propan Decorlotus. Maka dari itu tidak heran merek cat satu ini disarankan untuk digunakan karena diklaim bebas dari bakteri dan tentunya mudah dibersihkan.

Kandungan dari teflar fluoropolymer lah yang membuat cat ini sangat mudah dibersihkan. Propan DLI 480 Decor Lotus tidak hanya bisa diaplikasikan pada tembok, namun juga dapat melindungi atap rumah dari kebocoran

6. Nippon Paint Elastex Waterproof 3 In 1

Source : YouTube/IklanTVComm

Merek Nippon Paint ternyata memiliki banyak jenis cat tembok anti jamur yang terbukti dapat mencegah jamur dinding datang kembali. Nippon Paint Elastex Waterproof 3 In 1 salah satunya.

Latex elastomerik akrilik yang terdapat dalam kandungan cat satu ini memiliki sifat anti jamur. Daya rekatnya terbaik, dan tentunya menjadi salah satu cat anti bocor dengan perlindungan mencapai 5 tahun lamanya. Kendati begitu, cat satu ini memiliki harga beli yang cukup terjangkau dibanding merek teratas lainnya.

7. Jotun Jotaplast

Source : Tokopedia

Merk cat ini 100 persen bebas dari bahan kimia seperti APEO, formaldehida, dan logam berat. Keunggulannya mampu menutup retak dan ketidaksempurnaan permukaan dinding. Hasil akhir super halus sehingga jadi juara di kelasnya.

8. Sika Raintite Anti Jamur

Source : Tahapan ID

Terakhir adalah merek cat dinding anti jamur yaitu Sika Raintite. Jenis cat satu ini mirip dengan cat anti jamur lainnya yang dapat digunakan dengan teknik pelapisan yang tepat. Sika yang termasuk dalam cat waterproofing bisa digunakan dengan pengaplikasian terlebih dahulu oleh lapisan primer. 

Hal yang paling penting dalam menghilangkan jamur dinding adalah membasmi terlebih dahulu ya Pins. Bila jamur timbul saat cat sudah diaplikasikan, Pins bisa mengulang dari teknik awal yaitu pengerokan bagian dinding jamur.

Sebelum melakukan pengecatan dengan cat tembok anti jamur, Pins bisa menggunakan produk yang tersedia di pasaran untuk menghilangkan jamur. Caranya adalah gosok bagian tembok yang berjamur, setelahnya aplikasikan cairan pada dinding yang berjamur dan diamkan kurang lebih 1 jam. Jangan lupa gunakan sarung tangan pelindung saat mengerjakannya ya

Itulah beberapa rekomendasi merek cat anti jamur yang terbukti dapat mencegah jamur datang kembali beserta tipsnya. Usahakan untuk tetap memperhatikan sirkulasi udara dan tingkat kelembapan dalam ruang. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download