10 Desain Rumah Mezzanine dalam Rumah Hemat Ruang

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 1 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Dalam merancang sebuah rumah untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan, pastinya Pins buat dengan sebaik mungkin agar dapat memenuhi fungsi dan kebutuhan. Dewasa ini, sudah banyak rekomendasi desain rumah mini yang dapat menghemat ruang. Salah satu konsep rancangan rumah yang dapat menjadi solusi untuk rumah yang sempit adalah dengan membuat desain rumah mezzanine

Pins – Mezzanine merupakan sebuah rancangan rumah yang cocok bagi Pins yang memiliki rumah dengan ruangan yang sempit. Mezzanine dapat menghemat secara efektif ruangan pada rumah supaya dapat berfungsi dengan optimal. Mungkin Pins masih belum terlalu mengenal tentang apa itu mezzanine serta seperti apa desain rumah mezzanine. Mari simak artikel ini yang akan membahas tentang mezzanine dan rekomendasi desain mezzanine dalam rumah

Baca juga:

Mengenal Desain Mezzanine

(Pinterest)

Mezzanine atau juga dikenal dari baha mezzo  yang berasal dari bahasa Italia yang berarti bagian tengah. Arti tersebut sesuai dengan solusi dari fungsi mezzanine yang dirancang sebagai lantai tambahan pada sebuah rumah yang dapat menghemat ruang. Dalam arti lain, mezzanine adalah sebuah ruangan yang dirancang pada lantai tambahan yang terletak pada satu lantai saja. Pins dapat melihat desain rumah yang menggunakan mezzanine seperti tingkat namun hanya setengah bagian rumah. 

Sebenarnya setengah lantai tingkat tersebut masih terletak pada lantai yang sama namun dibangun hanya setengah saja. Mezzanine biasa dibangun lebih tinggi dari permukaan lantai 4 sampai 5 meter ke atas. Konsep ini sangat solutif bagi Pins yang ingin menghemat ruang dalam rumah yang kecil dan sempit. Dengan begitu Pins tidak perlu membangun rumah dengan lantai tingkat yang dapat memakan banyak biaya. 

Jika Pins tertarik untuk menggunakan mezzanine pada rumah kamu, alangkah baiknya perhatikan beberapa inspirasi desain rumah mezzanine yang dapat Pins aplikasikan pada rumah yang kecil. 

Baca Juga:

Mezzanine untuk Kamar Si Kecil

desain rumah mezzanine

(Pinterest)

Desain mezzanine pertama yang dapat Pins aplikasikan pada rumah adalah sebagai ruang tidur. Jika Pins sudah berkeluarga dan memiliki anak tentunya akan membutuhkan ruangan ekstra yang akan dijadikan ruang tidur untuk buah hati. Untuk menghemat ruangan, Pins tidak perlu menambah ruangan baru untuk kamar tidur anak. 

Dengan mezzanine, Pins dapat membangun lantai tambahan pada kamar tidur utama yang akan digabungkan dengan kamar tidur anak. Pins dapat mendesain kamar tidur anak terletak di atas kamar tidur utama. Gunakan tangga untuk menghubungkan kedua lantai tersebut. 

Baca juga:

Mezzanine Rak Buku

(Pinterest)

Desain mezzanine yang satu ini sangat cocok bagi Pins yang gemar membaca dan mengoleksi buku di rumah. Dengan koleksi buku yang banyak tentu akan menumpuk dan memerlukan ruangan tambahan. 

Mezzanine dapat menjadi solusi yang efektif untuk poin yang satu ini. Untuk ruang yang satu ini Pins tidak perlu lahan yang besar, cukup sisakan sedikit ruang dan bangun mezzanine sebagai tempat penyimpanan buku yang dapat Pins sandingkan dengan rak. 

Mezzanine untuk Kamar Utama

desain rumah mezzanine

(Pinterest)

Dalam mengaplikasikan mezzanine tidak melulu hanya tentang ruangan tambahan pada rumah sempit. Pins juga dapat menggunakan desain ini sebagai tempat untuk kamar tidur utama. Mengaplikasikan mezzanine sebagai kamar tidur utama juga tidak payah untuk dilakukan. Pins cukup menambahkan tempat tidur dan lemari yang sesuai dengan ukuran ruangan tersebut. 

Baca Juga:

Mezzanine dengan Lemari

(Pinterest)

Untuk menciptakan mezzanine dalam ruangan rumah tidak selalu juga dengan menambahkan setengah lantai. Pins bisa menggunakan set storage atau lemari yang didesain menyatu dengan lantai dan terhubung dengan tangga. Desain ini sangat efektif dalam menghemat ruangan. Pins dapat mengefisiensikan tempat pakaian dan tempat tidur secara sekaligus. 

Mezzanine di atas Dapur

desain rumah mezzanine

(Pinterest)

Pemanfaatan ruang sempit agar efisien selanjutnya adalah dengan merancang mezzanine yang bersanding dengan dapur. Dapur tidak memerlukan ketinggian yang jauh ke plafon, oleh karena itu Pins dapat membuat lantai mezzanine di atas dapur. Di atas dapur Pins bisa jadikan ruangan tersebut sebagai kamar tidur atau ruang kerja. 

Baca Juga:

Mezzanine Ruang Kerja

(Pinterest)

Pada saat melakukan work from home atau WFO, Pins pasti memerlukan sedikit privasi dan ketenangan dengan menyendirikan ruangan kerja di dalam rumah. Manfaatkan desain mezzanine untuk ruang kerja Pins agar mendapatkan ruangan yang tenang tanpa terganggu aktivitas lain di rumah yang sempit. Pins dapat meletakkan meja kerja beserta beberapa rak untuk menyimpan berkas. 

Mezzanine Tema Kayu

desain rumah mezzanine

(Pinterest)

Salah satu desain mezzanine dalam rumah yang layak untuk Pins aplikasikan pada bagian rumah yaitu dengan bahan material kayu. Kayu terkenal dengan ketahanan yang kuat dan tahan lama. Dengan model mezzanine kayu akan menambah kesan floral pada desain ruangan rumah. Untuk menambah kesan natural Pins juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias dengan pot yang indah pada sisi sudut mezzanine

Baca Juga:

Desain Mezzanine Tertutup

(Pinterest)

Jika beberapa desain rumah mezzanine di atas hampir semuanya dengan kesan terbuka, kali ini Pins disuguhkan dengan desain mezzanine yang tertutup. Dalam suatu rumah pastinya Pins juga perlu ruangan privat yang tidak terganggu dari luar. Dengan tembok yang menutupi seluruh ruang mezzanine memberikan cukup privasi untuk Pins di dalam rumah. Supaya tetap tersirkulasi udara dengan baik, buat juga jendela pada sisi tembok ruangan. 

Mezzanine Warna Monokrom

desain rumah mezzanine

(Pinterest)

Siapa yang tidak tahu dengan desain warna monokrom pada sebuah rumah. Warna monokrom hampir selalu jadi andalan bagi orang yang ingin memiliki dengan warna menarik yang elegan namun bersahaja. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Pins perlu atur dengan baik denah rumah mezzanine sesuai dengan rencana. Jika sudah, Pins dapat memilih warna monokrom yang dapat disematkan pada ruang mezzanine dengan tone warna yang sama. 

Baca Juga:

Desain Mezzanine Mewah

(Pinterest)

Walaupun memiliki rumah dengan keterbatasan ruang tidak menjadi halangan bagi Pins yang ingin memiliki rumah dengan konsep mewah. Mezzanine mewah sangat mungkin untuk Pins aplikasikan pada bagian rumah yang sempit. Supaya mendapatkan kesan mewah Pins dapat menggunakan beton atau baja yang dilapisi dengan warna cat putih. Pada sisi railing Pins bisa gunakan kaca transparan yang elegan. 

Itulah informasi mengenai desain rumah mezzanine yang dapat Pins jadikan inspirasi dalam membangun rumah yang bagus. Dengan mezzanine tentunya akan sangat membantu Pins jika memiliki rumah yang terbatas akan ruang. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia