BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Mezzanine dalam Rumah Untuk Hemat Ruang
0
0

10 Desain Rumah Mezzanine dalam Rumah Untuk Hemat Ruang

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Nov 7, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah mezzaninetop-right-banner

Dalam merancang sebuah rumah untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan, pastinya Pins buat dengan sebaik mungkin agar dapat memenuhi fungsi dan kebutuhan. Dewasa ini, sudah banyak rekomendasi desain rumah mini yang dapat menghemat ruang. Salah satu konsep rancangan rumah yang dapat menjadi solusi untuk rumah yang sempit adalah dengan membuat desain rumah mezzanine

Mezzanine merupakan sebuah rancangan rumah yang cocok bagi Pins yang memiliki rumah dengan ruangan yang sempit. Mezzanine dapat menghemat secara efektif ruangan pada rumah supaya dapat berfungsi dengan optimal.

Mungkin Pins masih belum terlalu mengenal tentang apa itu mezzanine serta seperti apa desain rumah mezzanine. Mari simak artikel ini yang akan membahas tentang mezzanine dan rekomendasi desain mezzanine dalam rumah.

Kamu dapat mewujudkan gaya mezzanine di hunian yang akan kamu beli di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Sebelum membangun hunian berkonsep mezzanine, Pins dapat mengetahui total estimasi pembuatan rumah tersebut di PinValue.

Baca juga:

Mengenal Desain Rumah Mezzanine

Source : Pinterest

Mezzanine atau juga dikenal dari bahasa mezzo yang berasal dari bahasa Italia yang berarti bagian tengah. Arti tersebut sesuai dengan solusi dari fungsi mezzanine yang dirancang sebagai lantai tambahan pada sebuah rumah yang dapat menghemat ruang.

Dalam arti lain, mezzanine adalah sebuah ruangan yang dirancang pada lantai tambahan yang terletak pada satu lantai saja. Pins dapat melihat desain rumah yang menggunakan mezzanine seperti tingkat namun hanya setengah bagian rumah. 

Sebenarnya setengah lantai tingkat tersebut masih terletak pada lantai yang sama namun dibangun hanya setengah saja. Mezzanine biasa dibangun lebih tinggi dari permukaan lantai 4 sampai 5 meter ke atas.

Konsep ini sangat solutif bagi Pins yang ingin menghemat ruang dalam rumah yang kecil dan sempit. Dengan begitu Pins tidak perlu membangun rumah dengan lantai tingkat yang dapat memakan banyak biaya. 

Jika Pins tertarik untuk menggunakan mezzanine pada rumah kamu, alangkah baiknya perhatikan beberapa inspirasi desain rumah mezzanine yang dapat Pins aplikasikan pada rumah yang kecil. 

Baca juga:

1. Mezzanine untuk Kamar Si Kecil

desain rumah mezzanine
Source : Pinterest

Desain mezzanine pertama yang dapat Pins aplikasikan pada rumah adalah sebagai ruang tidur. Jika Pins sudah berkeluarga dan memiliki anak tentunya akan membutuhkan ruangan ekstra yang akan dijadikan ruang tidur untuk buah hati. Untuk menghemat ruangan, Pins tidak perlu menambah ruangan baru untuk kamar tidur anak. 

Dengan mezzanine, Pins dapat membangun lantai tambahan pada kamar tidur utama yang akan digabungkan dengan kamar tidur anak. Pins dapat mendesain kamar tidur anak terletak di atas kamar tidur utama. Gunakan tangga untuk menghubungkan kedua lantai tersebut. 

Baca juga:

2. Mezzanine Rak Buku

Source : Pinterest

Desain mezzanine yang satu ini sangat cocok bagi Pins yang gemar membaca dan mengoleksi buku di rumah. Dengan koleksi buku yang banyak tentu akan menumpuk dan memerlukan ruangan tambahan. 

Mezzanine dapat menjadi solusi yang efektif untuk poin yang satu ini. Untuk ruang yang satu ini Pins tidak perlu lahan yang besar, cukup sisakan sedikit ruang dan bangun mezzanine sebagai tempat penyimpanan buku yang dapat Pins sandingkan dengan rak. Jika masih kurang memahami konsep mezzanine, Pins dapat mengetahui apa itu mezzanine? informasi detail seputar mezzanine.

3. Mezzanine untuk Kamar Utama

desain rumah mezzanine
Source : Pinterest

Dalam mengaplikasikan mezzanine tidak melulu hanya tentang ruangan tambahan pada rumah sempit. Pins juga dapat menggunakan desain ini sebagai tempat untuk kamar tidur utama. Mengaplikasikan mezzanine sebagai kamar tidur utama juga tidak payah untuk dilakukan. Pins cukup menambahkan tempat tidur lipat dan lemari yang sesuai dengan ukuran ruangan tersebut. 

Baca juga:

4. Mezzanine dengan Lemari

Source : Pinterest

Untuk menciptakan mezzanine dalam ruangan rumah tidak selalu juga dengan menambahkan setengah lantai. Pins bisa menggunakan set storage atau lemari yang didesain menyatu dengan lantai dan terhubung dengan tangga.

Desain ini sangat efektif dalam menghemat ruangan. Pins dapat mengefisiensikan tempat pakaian dan tempat tidur secara sekaligus. Ketahui juga kelebihan dan kekurangan dari mezzanine baja ringan.

5. Mezzanine di atas Dapur

desain rumah mezzanine
Source : Pinterest

Pemanfaatan ruang sempit agar efisien selanjutnya adalah dengan merancang mezzanine yang bersanding dengan dapur. Dapur tidak memerlukan ketinggian yang jauh ke plafon, oleh karena itu Pins dapat membuat lantai mezzanine di atas dapur. Di atas dapur Pins bisa jadikan ruangan tersebut sebagai kamar tidur atau ruang kerja. Ketahui desain kamar tidur mezzanine super stylish.

Baca juga:

6. Mezzanine Ruang Kerja

Source : Pinterest

Pada saat melakukan work from home atau WFO, Pins pasti memerlukan sedikit privasi dan ketenangan dengan menyendirikan ruangan kerja di dalam rumah.

Manfaatkan desain mezzanine untuk ruang kerja Pins agar mendapatkan ruangan yang tenang tanpa terganggu aktivitas lain di rumah yang sempit. Pins dapat meletakkan meja kerja beserta beberapa rak untuk menyimpan berkas. Ikuti ide desain mezzanine ruang tamu untuk memperluas ruangan.

7. Mezzanine Tema Kayu

desain rumah mezzanine
Source : Pinterest

Salah satu desain mezzanine dalam rumah yang layak untuk Pins aplikasikan pada bagian rumah yaitu dengan bahan material kayu. Kayu terkenal dengan ketahanan yang kuat dan tahan lama.

Dengan model mezzanine kayu akan menambah kesan floral pada desain ruangan rumah. Untuk menambah kesan natural Pins juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias dengan pot yang indah pada sisi sudut mezzanine. Cobalah inspirasi model tangga mezzanine yang hemat ruang.

Baca juga:

8. Desain Mezzanine Tertutup

Source : Pinterest

Jika beberapa desain rumah mezzanine di atas hampir semuanya dengan kesan terbuka, kali ini Pins disuguhkan dengan desain mezzanine yang tertutup. Dalam suatu rumah pastinya Pins juga perlu ruangan privat yang tidak terganggu dari luar.

Dengan tembok yang menutupi seluruh ruang mezzanine memberikan cukup privasi untuk Pins di dalam rumah. Supaya tetap tersirkulasi udara dengan baik, buat juga jendela pada sisi tembok ruangan. Ketahui kisaran biaya membuat kamar mezzanine yang affordable.

9. Mezzanine Warna Monokrom

desain rumah mezzanine
Source : Pinterest

Siapa yang tidak tahu dengan desain warna monokrom pada sebuah rumah. Warna monokrom hampir selalu jadi andalan bagi orang yang ingin memiliki dengan warna menarik yang elegan namun bersahaja.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Pins perlu atur dengan baik denah rumah mezzanine sesuai dengan rencana. Jika sudah, Pins dapat memilih warna monokrom yang dapat disematkan pada ruang mezzanine dengan tone warna yang sama. 

Baca juga:

10. Desain Mezzanine Mewah

Source : Pinterest

Walaupun memiliki rumah dengan keterbatasan ruang tidak menjadi halangan bagi Pins yang ingin memiliki rumah dengan konsep mewah. Mezzanine mewah sangat mungkin untuk Pins aplikasikan pada bagian rumah yang sempit.

Supaya mendapatkan kesan mewah Pins dapat menggunakan beton atau baja yang dilapisi dengan warna cat putih. Pada sisi railing Pins bisa gunakan kaca transparan yang elegan. 

Itulah informasi mengenai desain rumah mezzanine yang dapat Pins jadikan inspirasi dalam membangun rumah yang bagus. Dengan mezzanine tentunya akan sangat membantu Pins jika memiliki rumah yang terbatas akan ruang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Houzz


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download