19 Motif Keramik untuk Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 6 August 2021 ∙ 9 menit membaca

Siapa yang tidak mengenal keramik sebagai salah satu material pada alas lantai? Lantai keramik memiliki jenis dan warna yang cukup banyak untuk menghiasi hunian. Namun Pins tidak perlu khawatir, warna keramik beserta motif bisa disesuaikan dengan selera dan tentunya luas bangunan.

Rumah dengan lahan yang terbatas terkadang membuat penghuni harus pintar memutar otak agar terlihat luas dan nyaman untuk ditempati. Pintar dalam mengelola interior dalam hunian mungil menjadi faktor penentu tampilan dalam rumah. Sesederhana mengganti motif keramik untuk rumah kecil pun bisa membuat hunian milikmu terlihat lapang.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu Untuk Hunian Minimalis nan Sejuk

Motif Keramik Untuk Rumah Kecil

Contohnya, perbandingan hunian tipe 120 dengan tipe 45 ke bawah, ada baiknya dibedakan motifnya. Hal tersebut dikarenakan berpengaruh terhadap tampilan dalam rumah. Ragam pilihan motif keramik untuk rumah kecil di bawah ini semoga dapat membantu kamu yang sedang kesulitan ya! Simak langsung yuk ulasannya!

Motif Natural dengan Ukuran Keramik Besar

motif keramik untuk rumah kecil
(thetileshop)

Warna natural dalam pewarnaan hunian memang tidak pernah gagal. Sanggup menyatukan warna-warna lainnya yang terkadang tidak bisa dilebur. Tidak terkecuali dalam pemilihan warna keramik rumah yang menjadi pijakan sehari-hari. Tentu harus dipikirkan dengan matang. Selain pemilihan warna natural, cobalah untuk menggunakan ukuran keramik yang terbilang besar pada hunian yang sempit.

Hal tersebut untuk mengurangi pemakaian garis berlebih pada lantai yang menimbulkan kesan penuh di dalamnya. Keramik berukuran 45-60 cm dapat Pins gunakan dalam hunian kecil. Bila Pins merasa kurang yakin. Cobalah membuat gambar garis vertikal dan horizontal membentuk sebuah pola kotak-kotak pada sebuah kertas, untuk satu bidang persegi panjang. Semakin banyak persegi didalamnya, tentu akan semakin membuat mata lelah bukan? Sama saja pada pengaplikasian dalam lantai hunian.

Baca Juga: Rekomendasi Model Keramik Lantai Minimalis Untuk Hunian Kamu

Motif Keramik Batu Alam Limestone

(thespruce)

Warna keramik rumah motif batu alam contoh lainnya. Menghadirkan kesan alami yang menyegarkan pada hunian sekaligus membuat tampilan hunian terlihat luas. Kesan lebih luas bisa ditimbulkan dengan pemakaian minim motif dengan warna yang tidak tegas. Motif tersebut bisa Pins temukan beragam pada keramik batu alam. 

Salah satunya adalah keramik batu alam motif limestone dengan warna putih kekuningan yang cerah. Dijamin mampu menghadirkan warna segar dalam hunian yang sempit. Kelebihan keramik dengan motif limestone dibanding batu sebenarnya, terletak pada perawatan yang tergolong jauh lebih mudah.

Pemilihan Motif Salur Pada Keramik Jenis Granit

motif keramik untuk rumah kecil
(madeinchina)

Membuat rumah kecil terlihat luas bisa disiasati dengan pemakaian motif keramik salur dengan jenis granit. Keramik dengan desain super elegan satu ini, dapat membuat hunian mungil terlihat lapang dan mewah. Selain itu, bahannya pun sangat mudah untuk dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan granit memiliki pori-pori yang sangat kecil dan melalui proses pemanasan cukup tinggi.

Tidak hanya sampai disitu Pins, keramik granit juga mempunyai ketahanan yang kuat dalam menopang beban berat. Jadi, Pins tidak perlu khawatir akan terjadi keretakan atau kerusakan dari pemilihan bahan granit. Namun, tetap siapkan dana yang cukup, hal tersebut dikarenakan keramik granit mempunyai harga yang lebih tinggi dibanding keramik jenis lainnya.

Baca Juga: Tips Memilih Model Keramik Lantai Minimalis

Motif Keramik Kayu yang Cerah

(trendir)

Motif keramik untuk rumah kecil selanjutnya, bisa kamu pilih dari motif kayu. Kayu yang sering menghiasi hunian minimalis memiliki tampilan natural yang dapat membuat hangat ruangan. Kamu tetap dapat memilih jenis dengan pola serat kayu yang luas dan tidak padat, agar rumah tetap terlihat luas. Tenang saja Pins, pilihan motifnya banyak.

Keunggulan lainnya dari pemilihan warna keramik rumah motif kayu adalah perawatannya yang lebih mudah, dibandingkan Pins menggunakan lantai berbahan kayu sungguhan. Untuk lantai kayu kamu harus benar-benar menjaganya dari goresan ataupun kondisi air berlebih yang mengakibatkan kerusakan dan juga lapuk. Lain hal bila Pins menggunakan keramik motif kayu. Perawatannya cenderung mudah dan tentunya mudah untuk dibersihkan dari air dan kotoran lainnya tanpa alat khusus.

Baca Juga: Pilihan Desain Interior Kamar Mandi Modern

Motif Polos Berwarna Putih

motif keramik untuk rumah kecil
(thespruce)

Untuk motif keramik satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Mengedepankan warna putih cerah dan pastinya membuat hunian terlihat luas. Kamu bisa menggunakan keramik mulai dari ukuran 30 cm ke atas untuk hasil maksimal. Lihat saja tampilannya, seakan-akan membentuk pola yang tidak memakai garis didalamnya. Padahal bila dilihat lebih jelas lagi, kamu akan menemukan garis berwarna putih yang tipis pada setiap kotaknya.

Cocok ditempatkan dalam semua ruang dalam hunian, motif polos satu ini memang menjadi andalan. Baik lantai dapur, kamar mandi, kamar tidur hingga ruang tamu. Kamu bisa padupadankan dengan furniture berwarna putih, maupun kayu yang lembut. Warna keramik rumah putih ini juga memiliki ragam tekstur yang bervariasi. Mulai dari doff, mengkilap hingga warna standar.

Baca Juga: Pilihan Model Lantai Minimalis Untuk Hunian Lebih Nyaman

Motif Keramik Grayscale Tampilan Doff

(flooranddecor)

Tampilan doff dari keramik pada alas lantai juga bisa membantu hunian yang memiliki lahan terbatas terlihat luas.  Hal ini menjadi wajar Pins, dikala kamu ingin membuat hunian mungilmu terlihat lebih lega. Desain umum dari rumah minimalis memang setiap ruangnya akan mempunyai space terbatas yang benar-benar harus dimaksimalkan penggunaannya.

Dengan menggunakan warna keramik rumah abu-abu muda dengan bahan doff atau disebut dengan motif grayscale, kamu pun bisa mewujudkan hunian industrial di rumah. Untuk tipe motif keramik ini, ada baiknya tetap mempertahankan warna dari lantai dengan menggunakan perabot berwarna senada ataupun putih agar lantai lebih mencolok.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Kecil Untuk Hunian Mungil

Motif Herringbone Hijau untuk Kamar Mandi

motif keramik untuk rumah kecil

Desain herringbone adalah pola yang berbentuk seperti tulang ikan herring atau seperti zig-zag patah. Motif herringbone cukup sering digunakan untuk kamar mandi, lho, Pins! Supaya tetap minimalis, pilih warna netral dan kalem seperti hijau pastel atau cokelat beige dan minimalisir dekorasi di kamar mandi.

Baca Juga: 13 Perbedaan Granit dan Keramik

Keramik Persegi Panjang

Motif Keramik Minimalis

Untuk kamu yang suka hal klasik, keramik persegi panjang berwarna putih dan abu-abu mungkin adalah keramik yang tepat untukmu. Keramik ini bisa kamu gunakan juga di kamar mandi. Dengan keran dan wastafel yang sesuai, kamu akan mendapat kesan elegan. Tambahan warna hitam di wastafel dan warna emas di keran memberikan kesan mewah.

Persegi Mini yang Imut

Motif Keramik Minimalis

Kalau kamu penyuka pola plaid ala Skotlandia, mungkin kamu juga akan suka tipe motif keramik seperti di atas. Meskipun tidak terlalu mencolok seperti pola plaid atau tartan yang sering digunakan pada pakaian, motif checker board atau persegi ini cocok digunakan untuk rumah minimalis kamu, Pins.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Kamar Mandi Anak

Dapur Keramik Minimalis

motif keramik untuk rumah kecil

Keramik persegi panjang tidak hanya cocok untuk kamar mandi, namun bisa digunakan untuk dapur. Bagaimana sih tampilan dapur impianmu? Apakah seperti gambar di atas? Dapur memang sebuah tempat yang esensial karena dengan dapur yang nyaman dan fungsional pasti membuat kamu lebih produktif, kan? Dengan memilih keramik dan kitchen set yang tepat, kamu bisa buat dapurmu menjadi tempat favorit seluruh keluarga.

Heksagonal, Si Pola Sempurna

Heksagonal memang pantas disebut pola sempurna. Kenapa? Bahkan lebah di alam saja membentuk sarang madu dengan pola heksagonal. Selain kokoh, jika digunakan sebagai keramik, pola ini akan menempel dengan sempurna tanpa meninggalkan celah dan tidak saling tumpang tindih. Bagaimana? Sudah tertarik memakai pola heksagonal untuk motif keramik di rumah?

Kamar Mandi Klasik Dan Vintage

Motif Keramik Minimalis

Mau kamar mandimu terkesan timeless? Pakai saja motif klasik persegi panjang. Dengan warna-warna minimalis seperti abu-abu, putih, krem, kuning pastel, bahkan pink pastel, kamu bisa buat kamar mandimu cantik dan unik. Tambahan tanaman hijau memberi kesan segar pada motif keramik seperti ini.

Baca Juga: Konsep Desain Kamar Mandi Batu Alam

Dapur Artistik Minimalis

motif keramik untuk rumah kecil

Motif keramik unik yang bisa kamu tiru untuk rumah minimalis kamu adalah seperti di atas ini. Walaupun bermotif, warna yang digunakan tidak terlalu mencolok, sehingga masih masuk dengan gaya rumah minimalis mu. Supaya tidak semakin bold, pilih peralatan memasak dengan warna netral.

Sentuhan Feminin Untuk Kamar Mandi

motif keramik untuk rumah kecil

Mau memberikan sentuhan lebih feminin untuk kamar mandimu? Gunakan warna-warna terang seperti merah muda, kuning pastel, orange pastel, dan nila. Padukan warna-warna tersebut dengan putih dan kamu tidak akan pernah salah pilih. Lucu sekali, bukan?

Baca juga: Sewa Rumah Atau Apartemen? Ini yang Lebih Menguntungkan

Dua Pola Jadi Satu

Motif keramik modern
(Unsplash)

Untuk kamu yang mau dapur unik dari yang lain, jangan takut, Pinhome punya inspirasinya! Kamu bisa campur dua pola jadi satu dengan pola persegi dan pola yang memiliki ilusi optik seperti diatas. Jika dilihat dari satu sisi, pola berwarna-warni di atas bisa terlihat seperti kubus, bisa juga seperti heksagonal besar berpola bunga. Kalau kamu lihat pola apa, Pins?

Kamar Mandi ala Putri Duyung yang Indah

Motif keramik modern
(Unsplash)

Fish scale atau pola sisik ikan juga sangat keren untuk dijadikan pola keramik kamar mandi, Pins! Kamu juga bisa pilih warna lain seperti pink atau ungu yang memiliki glitter. Unik sekali bukan? Dengan model motif keramik modern seperti ini, dijamin rumah kamu tak akan ketinggalan jaman, Pins.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Borong Tenaga Rumah 2 Lantai

Keramik Biru Tua

Motif keramik modern
(Unsplash)

Dinding keramik tidak hanya bisa digunakan di dalam rumah saja, tapi juga di luar rumah. Untuk penggunaan keramik di luar, kamu bisa pilih warna gelap seperti biru tua karena serasi dengan warna hijau dari tanaman. Warna biru dan warna hijau akan membuat kamu lebih rileks karena otakmu akan mengasosiasikan kedua warna tersebut dengan warna pepohonan dan langit.

Motif ala Maroko

Motif keramik modern
(Unsplash)

Pola ala Maroko semakin populer di dekorasi rumah di berbagai negara. Budaya Maroko yang artistik dan hasil karya mereka yang cantik membuat keramik Maroko disukai banyak orang. Supaya tidak terkesan terlalu “ramai”, Pins bisa memilih memasang keramik Maroko ini di satu sisi rumah saja.

Baca Juga: informasi Lengkap Atap Baja Ringan Seng Galvalum

Pola Abstrak yang Artistik

Motif keramik modern
(Unsplash)

Pola abstrak dalam lukisan juga bisa Pins gunakan di kamar mandi rumah, lho. Pilih warna terang yang senada dengan keramik lantai untuk cat dindingnya. Dengan memilih warna yang tepat, keramik seperti ini dapat memberikan kesan yang ceria dan playful bagi pemiliknya.

Itulah beberapa motif keramik untuk rumah kecil agar terlihat luas. Selain keindahan, Pins pun juga harus memperhatikan materialnya. Keamanan tetap nomor satu, hal tersebut dikarenakan alas lantai menjadi pijakan harian keluarga.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Apartemen


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal SolarTuff, Inovasi Baru untuk Atap Rumah Modern

Pernah dengar tentang atap solartuff? Jenis atap yang satu ini memang masih terbilang baru dan belu

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia