BlogLifestyleEdukasi11 Cara Mematikan Rumput Liar Agar Tidak Tumbuh Lagi
0
0

11 Cara Mematikan Rumput Liar Agar Tidak Tumbuh Lagi

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Mematikan Rumput Liartop-right-banner

Kehadiran rumput liar di dalam lingkungan taman merupakan kondisi yang tidak menyenangkan karena bisa merusak tanaman lainnya. Hal ini kerap terjadi pada rumah yang terbengkalai. Jika ingin menjual rumah lewat layanan Titip Jual di Pinhome, tentu kamu memerlukan beberapa cara mematikan rumput liar yang mengganggu.

Beberapa cara agar rumput liar tidak tumbuh lagi di bawah ini memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Namun, ada juga metode yang mengharuskan Pins membeli produk khusus yang diklaim efektif. Simak deretan cara menghilangkan rumput liar di sini, yuk

Memakai Herbisida Rumput

Salah satu cara mematikan rumput liar yang paling jitu adalah menggunakan herbisida rumput. Herbisida rumput terbukti dapat menghilangkan rumput liar atau bisa disebut dengan gulma di sekitar rumah. Hal ini bisa kamu lakukan di rumah seken di daerah Depok dan sekitarnya.

Gulma akan hilang sampai ke akar dan tidak akan timbul lagi dalam waktu singkat. Bila lebih menggemari hal-hal yang berbahan dasar alami, Pins bisa kok menggunakan bahan alami tanpa kandungan kimia berbahaya.

Baca juga: 15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang

Menaburkan Garam

Cara membasmi rumput liar lainnya di kebun maupun taman rumah adalah menaburkan garam. Kamu hanya perlu menaburkan garam pada tempat-tempat dimana rumput liar tumbuh.

Fungsi dari garam tersebut adalah menyerap kandungan air yang ada pada gulma sehingga rumput mati dan layu. Namun, perlu diperhatikan dengan seksama ya Pins, jangan sampai garam tersebut mengenai tanaman kesayangan milik kamu. Hal ini ternyata bisa membuat tanaman ikut mati. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi pada rumah di Villa Jatiluhur, bukan?

Memanfaatkan Bensin

Siapa sangka bensin bisa Pins manfaatkan sebagai cara mematikan rumput liar? Kamu bisa mencampurkan bensin dengan bahan lain untuk menghasilkan herbisida alami, yaitu garam, solar, sabun colek, dan pupuk area.

Kombinasi bahan-bahan ini cukup efektif menghilangkan rumput liar di taman sederhana dan tidak tumbuh di sela-sela atau dekat dengan tanaman. Cara pakainya juga cenderung mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan campuranbensin dan rumput akan layu.

Penggunaan cairan satu ini juga dapat mengurangi unsur hara dalam tanah sehingga baiknya digunakan dalam kapasitas tertentu.

Menyiram dengan Baking Soda

Larutan baking soda tidak hanya dapat membersihkan noda pada kamar mandi kesayangan, lho. Larutan satu ini juga efektif dalam menghilangkan rumput liar di sekitar tanaman.

Bahan aktif yang terdapat dalam baking soda mampu membuat pH normal di dalam tanah menjadi pH biasa. Itulah yang membuat tanaman akan cepat mati. Pins cukup menyirami larutan tersebut di atas gulma. Dengan begitu, taman minimalis kamu jadi bebas dari rumput-rumput liar, deh.

Menggunakan Air Mendidih

Bagi Pins yang lebih memilih pembasmian anti ribet, air mendidih bisa menjadi solusi. Ini karena kamu tidak perlu membeli atau mencampur larutan yang memakan waktu.

Pertama-tama, rebus air sampai mendidih. Bila sudah, kamu bisa menyiram bagian rumput yang hendak dihilangkan. Cara ini cukup ampuh untuk membasmi rumput teki agar tidak tumbuh lagi. Meski metode ini tergolong hemat, Pins harus tetap hati-hati agar tidak kena kulit tubuh.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Menyemprotkan Larutan Cuka Dapur

Cuka merupakan zat yang mengandung asam asetat sebanyak 5 persen. Asam asetat masuk dalam golongan zat yang ampuh merusak tanaman muda dengan akar yang belum dewasa. Cara pemakaian cuka dapur untuk mematikan rumput liar pun tergolong mudah.

Kamu hanya perlu mencampurkan cuka dengan sabun cuci piring secara merata. Bila sudah, semprotkan larutan tadi ke rumput-rumput liar yang mengganggu pemandangan.

Selain halaman depan rumah maupun belakang rumah, kamu bisa membasmi rumput liar di sela-sela paving blok dengan cuka. Perlu diingat untuk menutup bunga dan tanaman yang ada di taman agar tidak ikut tersemprot.

Bila masih saja menemukan satu tempat yang sulit dibasmi rumput liarnya, Pins bisa menutup bagian tersebut agar tidak ada lagi gulma yang dapat hidup. Caranya adalah dengan melakukan penutupan dengan semen.

Setelah itu, Pins wajib membersihkan secara teratur pekarangan dan melihat apakah ada biji-bijian yang tidak sengaja terbuang ke daerah tersebut. Sampah biji bisa menjadi rumput liar bila didiamkan, lho.

Pins tahu tidak kalau cairan pemutih bisa digunakan sebagai pembunuh rumput liar? Nyatanya, kamu hanya perlu menuangkan cairan pemutih secara langsung kepada tanaman liar di sekitar rumah dan tunggu paling lama dua hari. Setelahnya Pins dapat mencabut tanaman tersebut dengan mudah.

Baca juga: Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Menggunakan Mulsa dan Koran Bekas

Mulsa adalah material penutup tanaman yang bisa Pins pakai dalam cara mematikan rumput liar. Namun, kamu perlu menggunakan bahan ini bersama dengan koran untuk menghambat pertumbuhan rumput.

Pertama-tama, siapkan beberapa lapis koran bekas dan taruh mulsa pada bagian terluar. Hal ini bertujuan mencegah sinar matahari menjangkau rumput liar. Dengan begitu, gulma yang berisiko hadir di taman bunga kamu akan gagal tumbuh.

Menyemprotkan Larutan Sabun Mandi

Tanpa disadari, sabun mandi yang sehari-hari Pins gunakan ternyata bermanfaat untuk membasmi rumput liar. Kamu hanya perlu mencampurkan sabun mandi dengan cuka secukupnya.

Setelah itu, campuran air cuka dan sabun mandi tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol untuk mempermudah Pins saat digunakan. Kemudian, semprotkan campuran air sabun mandi dengan cuka tersebut pada rumput liar yang Pins temukan baik di taman di dalam rumah maupun luar rumah Pins.

Memakai Larutan Belerang

Jika di dekat rumah Pins ada rumput alang-alang yang mengganggu, coba basmi dengan memakai larutan belerang. Cara membasmi rumput alang alang satu ini mungkin jarang terdengar. Namun, kamu bisa melarutkan 4 liter air, 2 kg garam, 2 botol kecil cuka, dan 3 ons belerang untuk mematikan rumput liar satu ini.

Setelah itu, rebus semua bahan, kecuali cuka dan aduk hingga merata. Bila sudah mendidih, campurkan dengan cuka dan tunggu selama 12 jam. Jika sudah lewat dari 12 jam, masukkan larutan belerang ke dalam botol semprot dan semprotkan ke rumput liar agar mati.

Nah, itu tadi kumpulan cara mematikan rumput liar yang bisa Pins terapkan untuk mempercantik taman rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download