Cara Mematikan Rumput Liar Agar Tidak Tumbuh Lagi

Pinhome

9 Cara Mematikan Rumput Liar Agar Tidak Tumbuh Lagi

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 29 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Keindahan dari taman hunian mampu menghipnotis penghuni agar pikiran lebih tenang dan nyaman. Pemandangan taman yang segar bisa membuat mood berubah. Itulah mengapa mempunyai taman di rumah adalah salah satu upaya dalam menyelaraskan kenyamanan di dalam rumah sekaligus menjaga kesegaran mata. Membuat taman tetap terjaga keindahannya sebenarnya tidak sulit, Pins hanya perlu merawat dengan baik secara rutin dan memahami cara mematikan rumput liar disekitar.

Bagi pecinta tanaman, kehadiran rumput liar di dalam lingkungan rumah merupakan salah satu kondisi yang tidak menyenangkan. Rumput tersebut tumbuh di beberapa area pekarangan dan bila dibiarkan akan merusak tanaman lainnya. Jika tata letak serta keindahan dari koleksi tanaman hias milik Pins sudah maksimal, jangan lupa untuk menghilangkan rumput liar yang mengganggu. Beberapa cara mematikan rumput liar yang Pinhome sajikan selanjutnya bisa membuat taman di rumah Pins indah kembali.

Baca juga: Mengenal Jenis Rumput Hias Supaya Taman Rumah Semakin Kece

Cara Mematikan Rumput Liar dengan Herbisida Rumput

(Penyuluh Cawas)

Penggunaan bahan kimia pada tanaman memang sangat efektif dalam memberantas hal secara cepat. Itulah mengapa penggunaannya menjadi salah satu pilihan teratas dalam merawat tanaman. Tidak terkecuali untuk membasmi rumput liar yang membandel di dalam pekarangan rumah.

Herbisida rumput yang bisa Pins lakukan, terbukti dapat menghilangkan rumput liar atau bisa disebut dengan gulma di sekitar rumah. Gulma akan hilang sampai ke akar dan tidak akan timbul lagi dalam waktu singkat. Namun, bila Pins lebih menggemari hal-hal yang berbahan dasar alami, Pinhome pun sudah merangkumnya dalam beberapa tips di bawah ini.

Baca juga: Rumput Untuk Taman Indoor Agar Rumah Terlihat Asri dan Sejuk

Cara Mematikan Rumput Liar dengan Garam

salt, sea salt, spoon-6728600.jpg
(Pixabay)

Penggunaan garam memang memiliki khasiat yang tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya dalam hal kesehatan tubuh, tanaman liar pun akan hilang dengan menggunakan garam. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menaburkan garam pada tempat-tempat dimana rumput liar tumbuh.

Fungsi dari garam tersebut adalah menyerap kandungan air yang ada pada gulma sehingga rumput mati dan layu. Namun perlu diperhatikan dengan seksama ya Pins, jangan sampai garam tersebut mengenai tanaman kesayangan milik kamu. Hal ini akan membuat tanaman ikut mati.

Penggunaan Bensin

(Toyota)

Untuk membasmi rumput liar dengan bensin, Pins perlu mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya, yaitu garam, solar, sabun colek, pupuk urea dan bensin. Cara satu ini efektif untuk rumput liar pada tempat terbuka dan tidak tumbuh di sela-sela atau dekat dengan tanaman.

Herbisida buatan sendiri ini digunakan dengan cara menyemprotkannya dan rumput akan layu. Penggunaan cairan satu ini juga dapat mengurangi unsur hara dalam tanah sehingga baiknya digunakan dalam kapasitas tertentu.

Baca juga: Cara Menamam Rumput Gajah Mini Agar Selalu Subur

Cara Mematikan Rumput Liar dengan Baking Soda

(First Cry Parenting)

Larutan baking soda tidak hanya dapat membersihkan noda pada kamar mandi kesayangan, larutan satu ini juga efektif dalam menghilangkan rumput liar di sekitar tanaman. Bahan aktif yang terdapat dalam baking soda mampu membuat pH normal di dalam tanah menjadi pH biasa. Itulah yang membuat tanaman akan cepat mati. Pins cukup menyirami larutan tersebut di atas gulma.

Penggunaan Air Mendidih

(BDwatertech)

Nah, bagi Pins yang lebih memilih pembasmian anti ribet, cara satu ini menjadi cara yang cukup efektif. Pins tidak perlu membelinya maupun mencampur larutan-larutan yang memakan waktu. Kamu bisa menggunakan air yang direbus sampai mendidih untuk menjadi salah satu cara mematikan rumput liar. Selain hemat, tentunya lebih cepat. Namun tetap hati-hati mengenai kulit tubuhmu ya Pins!

Baca juga: Tata Cara Menanam Rumput Jepang di Halaman Rumah agar Tumbuh Subur

Larutan Air Cuka Dapur

cara mematikan rumput liar
(The Kitchen)

Selain larutan baking soda dan bensin, Pins pun dapat menggunakan bahan yang ada di dalam dapur. Larutan air cuka dapur pun dapat mematikan rumput liar membandel yang tumbuh di sekitar pekarangan rumah maupun celah-celah paving block. Caranya mirip dengan baking soda, kamu bisa menyirami rumput ataupun memasukan dalam botol penyemprotan.

Penutupan Semen Pada Tempat Tertentu

cara mematikan rumput liar
(Ilmu Tambang)

Bila Pins masih saja menemukan satu tempat yang sulit dibasmi rumput liarnya, Pins bisa menutup bagian tersebut agar tidak ada lagi gulma yang dapat hidup. Caranya adalah dengan melakukan penutupan dengan semen. Selain itu pula, Pins harus membersihkan secara teratur pekarangan dan melihat apakah ada biji-bijian yang tidak sengaja terbuang ke daerah tersebut. Sampah biji bisa menjadi rumput liar bila didiamkan.

Baca juga: Daftar Harga Rumput Sintetis Sebagai Hiasan Lantai Rumah

Cara Mematikan Rumput Liar dengan Pemutih

cara mematikan rumput liar
(IStock)

Barang-barang rumah tangga memang ternyata memilki manfaat lainnya yang terkadang tidak kita ketahui. Salah satunya adalah pemutih pakaian. Cairan untuk memutihkan pakaian ini ternyata juga bisa digunakan dalam membuat tanaman liar mati.

Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan cairan pemutih secara langsung kepada tanaman liar di sekitar rumah dan tunggu paling lama dua hari. Setelahnya Pins dapat mencabut tanaman tersebut dengan mudah.

Penggunaan Mulsa dan Koran Bekas

cara mematikan rumput liar
(Business Standart)

Terakhir adalah dengan menggunakan koran bekas dan mulsa. Material penutup tanaman tersebut bila digunakan bersamaan dengan koran dapat menghambat pertumbuhan rumput liar. Pins hanya perlu menggunakan beberapa lapis koran bekas dan taruh mulsa pada bagian terluar. Hal tersebut dapat membuat sinar matahari tidak dapat menjangkau rumput liar yang berakibat gulma gagal tumbuh.

Cukup mudah bukan cara menghilangkan rumput liar di pekarangan rumah? Bahan-bahanya bisa Pins temukan di rumah dan tentunya dapat disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Jangan lupa pula untuk memperhatikan cara merawat tanaman yang baik dan rutin membersihkan tanaman, agar gulma tidak muncul kembali.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel