BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Jenis Finishing Kayu Untuk Furnitur dan Kelebihannya
0
0

8 Jenis Finishing Kayu Untuk Furnitur dan Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
jenis-finishing-kayutop-right-banner

Furnitur kayu, memang selalu memiliki daya tariknya tersendiri. Furnitur dari material kayu, biasanya akan membuat tampilan ruangan terasa lebih fresh dan natural. Tidak heran, material ini memang bisa dibuat menjadi berbagai furnitur dengan beragam bentuk. Teknik pengolahan yang tepat juga membuat tampilan furnitur semakin cantik, salah satunya dengan penggunaan jenis finishing kayu yang benar. 

Penggunaan kayu sebagai furnitur telah dilakukan sejak lama, mengingat materialnya yang mudah didapat serta kualitasnya yang cukup baik bahkan sangat awet. Namun kualitas ini juga didukung oleh komponen lain, yaitu macam macam finishing kayu itu sendiri. Masing-masing finishing kayu tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Sama halnya dengan aplikasi Pinhome ini yang menyediakan berbagai fitur menarik termasuk layanan Take Over KPR. Kamu bisa menemukan properti dekat pasar Modern BSD, rumah bekas di Kab Mojokerto bahkan perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence.

Baca juga: 20 Rekomendasi Merk Cat Besi Terbaik Untuk Hasil Maksimal

Jenis Finishing Kayu

Ada berbagai jenis finishing kayu yang bisa kamu pilih sebagai hasil akhir furnitur rumah. Setiap jenis finishing ini tentu akan memberikan hasil yang berbeda pada furnitur, seperti halnya hasil akhir matte, glossy, dan masih banyak lagi. Berikut ini 8 macam macam finishing kayu serta kelebihan dan kekurangannya.

1. Pernis

jenis finishing kayu
Source : Cat Kayu

Pernis merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai finishing kayu. Jenis finishing kayu yang satu ini juga disebut juga dengan varnish. Pernis kayu ini merupakan cairan yang dibuat campur dying oil, thinner dan beberapa bahan lainnya. 

Jenis finishing kayu ini akan memberikan efek mengkilap atau glossy pada furnitur kayu. Pernis juga dapat melindungi warna kayu dan membuat warna asli kayu lebih terlihat dan cantik. Dengan pernis, furnitur kayu lebih terlindungi baik dari segi warna serta struktur kayu yang lebih awet dan tahan lama.

Tidak hanya berwarna transparan dengan efek mengkilap, pernis kini telah dikembangkan dengan hasil akhir doff. Oleh karena itu pernis menjadi salah satu material finishing yang cukup populer dan sering digunakan.

Baca juga: Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Furnitur Dari Kayu Awet

2. Plitur Kayu

Source : Pinterest

Plitur kayu adalah salah satu jenis finishing furnitur kayu yang sering digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya terdiri dari resin, drying oil dan pelarut berupa solvent based dan water based. Plitur kayu akan memberikan hasil akhir finishing transparan, sehingga warna asli kayu tetap terlihat. 

Berbeda dengan pernis kayu yang tidak akan memberikan warna pada medianya, plitur kayu akan memberikan warna pada media. Warna-warna ini tergantung pada bahan utama plitur, umumnya plitur akan memberikan efek warna coklat, kuning hingga keemasan.

3. Teak Oil

jenis finishing kayu
Source : Furniture Clinic

Teak oil adalah material finishing kayu yang berbentuk minyak. Bahan ini dapat meresap masuk ke dalam pori-pori kayu dan membentuk lapisan film. Hal ini dapat melindungi serat-serat alami pada kayu. 

Teak oil sendiri telah banyak digunakan terutama dalam dunia furnitur dan properti lain yang terbuat dari kerajinan kayu solid terutama yang berbahan kayu jati. Tidak hanya mampu melindungi serat kayu, teak oil juga memiliki tingkat penetrasi yang baik yang mampu memperkuat stabilitas kayu dan memberikan warna yang lebih tua.

4. Nitrocellulose (NC)

Source : India Mart

Nitrocellulose atau nitroselulosa adalah bahan kimia yang mengandung kadar nitrogen sensitif. Bahan yang satu ini sering digunakan sebagai bahan peledak dan keperluan militer lainnya. Bahan yang satu ini memiliki keunggulan lebih cepat kering.

Material finishing ini memiliki lapisan yang tipis sehingga membuat hasil finishing tampak natural. Oleh karena itu nutricellulose juga sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan pada furnitur rumah.

Baca juga: Contoh Warna Plitur Kayu Jati Untuk Perabotan Rumah

5. Melamin

jenis finishing kayu
Source : Pinterest

Jenis finishing kayu lain yang tak kalah bagusnya adalah melamin. Material yang satu ini adalah salah satu material yang sangat umum digunakan dalam pelapisan kayu.

Bahkan melamin disebut-sebut sebagai pelapis kayu terbaik karena hasil warnanya yang doff sehingga tidak memantulkan cahaya. Tidak hanya itu, material ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai finishing kayu.

6. Wax

Source : Pinterest

Jenis pelapis kayu lainnya yang bisa menjadi pilihan kamu adalah wax. Pelapis kayu yang satu ini sering disebut juga sebagai lilin. Meski begitu, tekstur bahan pelapis ini tidak mirip dengan lilin, karena aplikasinya sangat mudah.

Namun salah satu kekurangan dari wax adalah ketahanannya yang tidak terlalu lama. Umumnya lapisan wax ini akan menghilang dan perlu diaplikasikan kembali setelah beberapa waktu.

Baca juga: Mengenal Kayu Kamper Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

7. Polyurethane

Source : Pinterest

Polyurethane adalah salah satu jenis material yang digunakan sebagai bahan finishing kayu. Material ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Biasanya bahan ini digunakan sebagai lapisan film dengan tekstur yang kuat, keras, bahkan tahan goresan. Bahan ini akan memberikan tampilan soft dan mengkilap.

Selain itu, bahan ini juga dapat menutupi permukaan furnitur dengan sangat baik. Kamu bisa mengaplikasikannya juga pada flooring. Pengaplikasiannya sendiri menggunakan spray sehingga lebih mudah untuk dilakukan.

8. Veneer Kayu

jenis finishing kayu
Source : Pinterest

Veneer kayu adalah lembaran kayu dengan ketebalan 0,24-3 mm. Lembaran ini biasa digunakan sebagai lapisan atau finishing furnitur yang terbuat dari kayu.

Umumnya lembaran kayu ini berasal dari beberapa jenis kayu seperti jati, sungkai, mindi atau oak. Material ini terbuat dari bahan mentah alami yang telah melalui proses pengolahan, sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Itulah jenis-jenis finishing kayu yang bisa menjadi pilihan kamu dalam melakukan pelapisan furnitur. Semoga dengan informasi ini, bisa menambah wawasan kamu mengenai jenis finishing kayu beserta kelebihan dan kekurangannya. Sehingga Pins semakin pandai dalam memiliki material finishing yang tepat.

Baca juga:

Feature Image Source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download