9 Desain Ruang Tamu Minimalis 3x3 untuk Hunian

Pinhome

9 Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 11 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Saat ini banyak sekali rumah-rumah yang dibangun dengan konsep minimalis karena keterbatasan lahan serta memaksimalkan fungsi tiap ruangan yang ada. Umumnya pada rumah-rumah terbatas ini dibangun ruang tamu dengan ukuran 3×3 meter. Sama dengan ruang tamu pada umumnya, ruangan ini digunakan untuk menjamu tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Namun karena luasnya yang sangat terbatas, terkadang banyak pemilik rumah yang tidak merancang ruangan ini dengan maksimal. Seperti ruang tamu minimalis 3×3 misalnya.

Pinhome – Padahal, meski luasnya sangat terbatas, ruang tamu bisa didesain dengan tampilan yang apik dan menarik. Dengan begini, tamu yang berkunjung juga akan kagum dengan tampilan ruang tamu yang cantik meski dengan lahan terbatas. Jika Pins mengalami masalah serupa, yuk simak 9 desain ruang tamu minimalis 3×3 berikut ini!

Ruang Tamu dengan Jendela Kaca Besar

(Pinterest)

Desain ruang tamu minimalis 3×3 yang satu ini memang memiliki tampilan yang sangat modern dan unik. Dengan penggunaan jendela kaca yang besar membuat ruang tamu mendapatkan cahaya matahari lebih banyak sehingga ruangan terasa lebih fresh. Kaca jendela besar juga memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan di luar rumah yang membuat ruang tamu terasa lebih natural.

Ruang Tamu dengan Cermin Besar

(Pinterest)

Seperti yang sudah kita sering dengar bersama, penggunaan cermin memang bisa memberikan efek lebih luas pada ruangan yang sempit. Kamu bisa menggunakan trik yang satu ini sebagai desain ruang tamu di rumah. Dengan begini, ruang tamu di rumah akan terkesan lebih besar meski hanya dengan penggunaan cermin yang besar.

Baca juga: 8 Desain Ruang Tamu Minimalis Bikin Kamu Betah Di Rumah

Ruang Tamu dengan Lantai Kayu

(Pinterest)

Penggunaan lantai kayu bisa menjadi alternatif Pins dalam mendesain ruang tamu minimalis 3×3. Penggunaan kayu akan membuat ruang tamu terasa lebih natural dan hangat. Pins bisa menambahkan sofa dengan ukuran yang disesuaikan kembali dengan ruang tamu di rumah. Penggunaan sofa dan lantai kayu juga akan membuat suasana ruang tamu terasa lebih cozy.

Ruang Tamu Lesehan

(Pinterest)

Jika Pins ingin memiliki ruang tamu unik dengan budget yang terbatas, ruang tamu lesehan ini bisa menjadi solusi kamu. Ruang tamu lesehan ini bisa kamu lengkapi dengan bean bag yang membuat tamu merasa lebih nyaman dan akrab saat berkunjung ke rumah. 

Pins juga bisa menambahkan meja kecil dengan kaki-kaki pendek untuk meletakkan minuman atau snack saat menjamu tamu. Jangan lupa untuk menggunakan karpet agar ruang tamu lesehan milikmu semakin terasa cozy dan nyaman, terutama saat tamu berkunjung ke rumah.

Ruang Tamu Monokrom

(Pinterest)

Penggunaan warna monokrom pada tema-tema minimalis memang telah banyak digunakan. Hal ini karena warna-warna monokrom yang menghadirkan kesan elegan dan mewah. Tidak hanya itu, warna-warna monokrom juga memiliki sifat yang netral sehingga sangat mudah dipadukan dengan warna lain. 

Adapun warna-warna monokrom terdiri dari warna putih, hitam dan abu-abu. Pins bisa menggunakan warna-warna monokrom ini pada perabotan rumah yang ada di ruang tamu, hingga konsep interior supaya lebih menyatu antara interior dengan perabotan di ruang tamu.

Ruang Tamu Bertema Tropis

(Pinterest)

Desain ruang tamu minimalis 3×3 lainnya yang bisa menjadi inspirasi kamu adalah ruang tamu dengan tema tropis. Pada ruang tamu ini, Pins bisa menggunakan furnitur berbahan kayu atau rotan yang akan membuat ruangan terasa natural. 

Furniture berbahan kayu atau rotan ini bisa berupa kursi, meja, lemari atau rak-rak yang berada di ruang tamu. Namun karena bernuansa tropis, jangan lupa untuk menambahkan tanaman hias pada sudut-sudut ruangan agar membuat suasana tropis dan fresh pada ruang tamu semakin terasa.

Baca juga: 8 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Ruang Tamu dengan Warna Earth Tone

(Pinterest)

Warna earth tone memang sedang menjadi kumpulan warna yang cukup populer. Warna-warna ini tidak hanya digunakan pada baju bahkan pada desain rumah sekalipun. Pins bisa menggunakan warna-warna earth tone seperti coklat, terakota, krem, abu-abu dan hijau daun pada ruang tamu agar memberikan kesan fresh dan modern. Penggunaan warna ini bisa kamu aplikasikan baik pada furnitur seperti sofa dan meja maupun konsep interior ruang tamu di rumah.

Ruang Tamu Serba Putih

(Pinterest)

Ruang tamu dengan warna serba putih ini akan membuat ruang tamu kamu menjadi sangat elegan. Warna putih juga akan membuat ruangan terkesan bersih dan cerah. Warna putih yang netral membuat Pins lebih mudah memadukannya dengan warna-warna lain, jadi Pins tidak perlu takut akan penggabungan lebih dari satu warna jika akan dipadukan dengan warna netral yang mewah ini.

Ruang Tamu Industrialis

(Pinterest)

Desain ruang tamu yang satu ini memang memadukan antara unsur logam dengan kayu. Warna-warna logam seperti hitam atau silver bisa kamu gunakan pada desain ruang tamu minimalis 3×3 ini. Pins juga bisa menggunakan unsur kayu yang menambah kesan industrial pada ruang tamu. Jangan lupa menambahkan lampu gantung sederhana dengan warna-warna gelap supaya ruang tamu semakin menarik.

Itulah daftar 9 desain ruang tamu minimalis 3×3 meter yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam mendesain ruang tamu di rumah. Semoga dengan ulasan di atas bisa membuat kamu semakin mantap dan menemukan ide-ide brilian dalam merancang ruang tamu milikmu ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Bagikan Artikel