BlogPemilik PropertiDesain HunianPerlu Tahu! 9 Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 yang Dijamin Bikin Nyaman
0
0

Perlu Tahu! 9 Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 yang Dijamin Bikin Nyaman

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 15, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
desain-ruang-tamu-minimalis-3x3top-right-banner

Saat ini, ada banyak rumah-rumah yang dibangun dengan konsep minimalis karena keterbatasan lahan serta memaksimalkan fungsi tiap ruangan yang ada. Umumnya pada rumah-rumah terbatas ini dibangun desain ruang tamu minimalis.

Sama dengan ruang tamu pada umumnya, ruangan ini digunakan untuk menjamu tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Namun karena luasnya yang sangat terbatas, terkadang banyak pemilik rumah yang tidak merancang ruangan ini dengan maksimal. Seperti ruang tamu 3×3 pintu tengah misalnya.

Padahal, meski luasnya sangat terbatas, desain ruang tamu minimalis bisa dibuat dengan tampilan yang apik dan menarik. Dengan begini, tamu yang berkunjung juga akan kagum dengan tampilan ruang tamu yang cantik meski dengan lahan terbatas.

Jika Pins mengalami masalah serupa, yuk simak 9 desain ruang tamu minimalis 3×3 berikut ini!

Baca juga: 20 Rekomendasi Merk Cat Besi Terbaik Untuk Hasil Maksimal

Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 dengan Jendela Besar

desain ruang tamu 3x3 pintu tengah

(Pinterest)

Desain ruang tamu minimalis 3×3 yang satu ini memang memiliki tampilan yang sangat modern dan unik. Dengan penggunaan jendela kaca yang besar membuat ruang tamu mendapatkan cahaya matahari lebih banyak sehingga ruangan terasa lebih fresh.

Kaca jendela besar juga memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan di luar rumah yang membuat ruang tamu terasa lebih natural.

Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 dengan Cermin Besar

desain ruang tamu 3x3 pintu tengah

(Pinterest)

Seperti yang sudah kita sering dengar bersama, penggunaan cermin memang bisa memberikan efek lebih luas pada ruangan yang sempit. Kamu bisa menggunakan trik yang satu ini sebagai desain ruang tamu di rumah. Dengan begini, ruang tamu di rumah akan terkesan lebih besar meski hanya dengan penggunaan cermin yang besar.

Baca juga: 8 Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Bikin Kamu Betah Di Rumah

Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 dengan Lantai Kayu

(Pinterest)

Penggunaan lantai kayu bisa menjadi alternatif Pins dalam mendesain ruang tamu minimalis 3×3. Penggunaan kayu akan membuat ruang tamu terasa lebih natural dan hangat. Pins bisa menambahkan sofa ruang tamu dengan ukuran yang disesuaikan kembali dengan ruang tamu di rumah. Penggunaan sofa dan lantai kayu juga akan membuat suasana ruang tamu terasa lebih cozy.

Desain Ruang Tamu Kecil 3×3 Lesehan

desain ruang tamu 3x3 pintu tengah

(Pinterest)

Jika Pins ingin memiliki ruang tamu unik dengan budget yang terbatas, ruang tamu lesehan ini bisa menjadi solusi kamu. Ruang tamu lesehan ini bisa kamu lengkapi dengan bean bag yang membuat tamu merasa lebih nyaman dan akrab saat berkunjung ke rumah. 

Pins juga bisa menambahkan meja kecil dengan kaki-kaki pendek untuk meletakkan minuman atau snack saat menjamu tamu. Jangan lupa untuk menggunakan karpet agar ruang tamu lesehan milikmu semakin terasa cozy dan nyaman, terutama saat tamu berkunjung ke rumah.

Menariknya lagi, desain ruang tamu yang satu ini juga bisa Pins terapkan pada ruang tamu kecil 2×3 lho, Pins!

Desain Ruang Tamu Kecil 3×3 Monokrom

(Pinterest)

Penggunaan warna monokrom pada tema-tema minimalis memang telah banyak digunakan. Hal ini karena warna-warna monokrom yang menghadirkan kesan elegan dan mewah. Tidak hanya itu, warna-warna monokrom juga memiliki sifat yang netral sehingga sangat mudah dipadukan dengan warna lain. 

Adapun warna-warna monokrom terdiri dari warna putih, hitam dan abu-abu. Pins bisa menggunakan warna-warna monokrom ini pada perabotan rumah yang ada di ruang tamu, hingga konsep interior supaya lebih menyatu antara interior dengan perabotan di ruang tamu.

Baca juga: 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Desain Ruang Tamu Kecil 3×3 Bertema Tropis

desain ruang tamu 3x3 pintu tengah

(Pinterest)

Desain ruang tamu minimalis 3×3 lainnya yang bisa menjadi inspirasi kamu adalah ruang tamu dengan tema tropis. Pada ruang tamu ini, Pins bisa menggunakan furnitur berbahan kayu atau rotan yang akan membuat ruangan terasa natural. 

Furniture berbahan kayu atau rotan ini bisa berupa kursi, meja, lemari atau rak-rak yang berada di ruang tamu. Namun karena bernuansa tropis, jangan lupa untuk menambahkan tanaman hias pada sudut-sudut ruangan agar membuat suasana tropis dan fresh pada ruang tamu semakin terasa.

Baca juga: 8 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Ruang Tamu Minimalis dengan Warna Earth Tone

desain ruang tamu 3x3 pintu tengah

(Pinterest)

Warna earth tone memang sedang menjadi kumpulan warna yang cukup populer. Warna-warna ini tidak hanya digunakan pada baju bahkan pada desain rumah sekalipun. Pins bisa menggunakan warna-warna earth tone seperti coklat, terakota, krem, abu-abu dan hijau daun pada ruang tamu agar memberikan kesan fresh dan modern.

Penggunaan warna ini bisa kamu aplikasikan baik pada furnitur seperti sofa dan meja maupun konsep interior ruang tamu di rumah.

Baca juga: 15 Desain Ruang Tamu Jawa Kuno Penuh Makna

Desain Ruang Tamu Kecil 3×3 Serba Putih

(Pinterest)

Ruang tamu dengan warna serba putih ini akan membuat ruang tamu kamu menjadi sangat elegan. Warna putih juga akan membuat ruangan terkesan bersih dan cerah. Warna putih yang netral membuat Pins lebih mudah memadukannya dengan warna-warna lain, jadi Pins tidak perlu takut akan penggabungan lebih dari satu warna jika akan dipadukan dengan warna netral yang mewah ini.

Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 Industrial

desain ruang tamu 3x3 pintu tengah

(Pinterest)

Desain ruang tamu yang satu ini memang memadukan antara unsur logam dengan kayu. Warna-warna logam seperti hitam atau silver bisa kamu gunakan pada desain ruang tamu minimalis 3×3 ini.

Pins juga bisa menggunakan unsur kayu yang menambah kesan industrial pada ruang tamu. Jangan lupa menambahkan lampu gantung sederhana dengan warna-warna gelap supaya ruang tamu semakin menarik.

Baca juga: Inspirasi Ruang Tamu Ala Jepang, Cocok Untuk Rumah Minimalis!

Desain Ruang Tamu dengan Gaya Retro

Source : Ingenio Virtual

Teruntuk kamu yang menyukai barang-barang antik dan jadul, mungkin bisa mendekorasi ruang tamu dengan gaya retro. Permainan warna yang beragam akan membuat ruangan menjadi hidup dan lebih ceria. Kamu bisa menggabungkan warna dari kuning, merah, hingga biru dalam satu ruangan tanpa terkesan norak.

Desain Ruang Tamu Bergaya Klasik

Source : Courtina

Ruang tamu bergaya klasik memiliki nuansa yang lebih elegan dan mahal. Cocok untuk kamu yang menyukai ornamen sepertu ukiran, marmer dan sejenisnya. Kamu dapat menggunakan sofa, meja, dan karpet dengan gambar klasik seperti ukiran bunga. Meskipun terkesan mahal, kamu dijamin akan betah berlama-lama untuk duduk di ruangan ini.

Baca juga: 10 Desain Ruang Tamu Lesehan Karpet yang Cozy

Desain Ruang Tamu ala Scandinavian

(

Ruang tamu bergaya skandinavia merupakan ruang tamu dengan konsep fungsionalitas dalam desain. Seringkali kamu menemukan perabotan portabel yang bisa dilipat, disimpan dalam sela, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, desain skandinavia cocok untuk kamu yang menyukai nuansa sederhana dengan aksen kayu serta hiasan modern sederhana.

Desain Ruang Tamu Dominasi Warna Krem

Source : Rupa Rupa

Ruang tamu warna krem sering ditemukan di kebanyakan ruang tamu. Pasalnya warna ini terkesan netral dan kalem sehingga memberi nuansa ruang tamu yang nyaman. Kamu bisa menggunakan material dengan bahan kayu atau kombinasikan dengan aksen warna putih untuk memberikan penampilan yang bersih, sederhana, namun menenangkan.

Baca juga: 11 Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 Pintu Tengah

Source : Rumahtopia

Desain ruang tamu 3×3 pintu tengah terbuka cocok teruntuk Pins yang ingin melihat pemandangan atau memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya alami. Kamu bisa mendesainnya dengan menggunakan jendela atau pintu kaca geser besar. Kamu akan merasa rileks dan nyaman. Pins juga dapat menambahkan pohon dan tumbuhan agar terlihat lebih asri.

Desain Ruang Tamu Warna Kalem

Source : Houzz

Jika kamu tidak terlalu suka untuk menggunakan desain yang unik, mungkin kamu bisa menggunakan desain palet warna kalem seperti biru muda, pink pastel, abu-abu, dan lain sebagainya. Ruangan tampak lebih harmonis dan tenang. Pins dijamin akan betah untuk berlama-lama di ruangan ini.

Itulah daftar 15 desain ruang tamu minimalis 3×3 meter yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam mendesain ruang tamu di rumah. Semoga dengan ulasan di atas bisa membuat kamu semakin mantap dan menemukan ide-ide brilian dalam merancang ruang tamu milikmu ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download