Pinhome

Uncategorized

Tips Menghindari Perabotan Rumah Berjamur

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Barang perabotan di rumah memang harus diperhatikan dan dijaga kebersihannya baik dari debu-debu yang kotor ataupun jamur. Perabot rumah yang bersih dan tidak berjamur, selain untuk terhindar dari penyakit juga akan terlihat bersih setiap harinya. Pada musim hujan yang udaranya cenderung lembab, sering sekali membuat barang-barang perabotan dirumah sensitif terhadap kadar uap air di sekitarnya. Hal tersebut akan menyebabkan timbulnya jamur pada barang perabotan.

Barang-barang yang sering berjamur diantaranya berupa bahan yang bebahan dasar kulit. Bahan yang berbahan kulit sering sekali terkena jamur karena biasanya disimpan terlalu lama dalam ruangan yang lembab, gelap dan jarang dibuka. Barang yang berbahan kulit seperti tas, jaket dan sepatu biasanya setelah digunakan langsung menyimpannya, padahal hal tersebut dapat membuat lembab.

perabot rumah berjamur
perabot rumah berjamur

Apalagi saat barang tersebut terkena hujan, bisa menimbulkan bersarangnya jamur pada lapisan kulit dibarang-barang tersebut. Nah berikut ini ada beberapa tips buat Anda untuk menghindari barang-barang perabot rumah atau yang lain agar terhindar dari jamuran saat musim hujan tiba.

Mencegah Buku Agar Tidak Berjamur

Rak buku atau lemari buku biasanya terbuat dari bahan dasar kayu dan tertutup rapat. Hal tersebut akan menyebabkan kelembaban pada rak buku, sehingga akan berpengaruh pada buku-buku yang disimpan dalam rak buku tersebut. Buku-buku yang disimpan dalam rak lemari buku yang tertutup akan menyebabkan buku-buku menjadi berjamur. Agar tidak terjadi hal yang demikian, sebaiknya Anda menaburkan kapur di dalam rak buku.

Kapur tersebut akan berguna untuk mengikat uap air yang ada dalam lemari buku. Selain menaburkan kapur, Anda juga dapat meletakkan arang dalam lemari buku. Arang sendiri memiliki sifat yang hampir sama dengan kapur, yaitu dapat menyerap kelembaban.

Membasmi Jamur pada Bahan Kulit

Membersihkan bahan kulit memang harus berhati-hati agar tidak merusak bahan tersebut. Sebelum menggunakan, tes produk pembersih yang akan digunakan pada area yang kecil terlebih dahulu. Nah untuk menghilangkan jamur pada bahan kulit sendiri, Anda dapat menggunakan spons cuci yang halus untuk membersihkan jamur yang menempel pada jaket, tas maupun sepatu Anda.

Apabila ada jamu yang susah dibersihkan dan tidak mau hilang, Anda dapat mengoleskan minyak goreng pada bercak jamur tersebut agar jamur yang ada bisa hilang. Setelah dibersihkan menggunakan spons, cara berikutnya yaitu menggunakan petroleum jelly atau vaselin. Oleskan petroleum jelly atau vaselin tersebut pada jamur yang menempel di jaket, tas maupun sepatu Anda kemudian diamkan selama 5 jam, lalu gosok menggunakan lap kering yang bersih sampai jamur yang lengket hilang.

Semoga tips mengindari jamur di atas dapat berguna bagi Anda. Selamat mencoba.

Tags :

Bagikan Artikel