BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok Agar Tidak Kekurangan Atau Mubadzir
0
0

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok Agar Tidak Kekurangan Atau Mubadzir

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Des 21, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung kebutuhan cat dindingtop-right-banner

Untuk mempercantik tampilan rumah, tentu Pins harus melakukan banyak hal, salah satunya adalah mengecat tembok rumah. Rumah Ekslusif seperti di The Agathis dan Kronjo Regency akan lebih indah jika memiliki warna cat yang memukau. Dinding yang berwarna, tentu akan membuat tampilan rumah lebih menarik. Sayangnya mengecat dinding tidaklah semudah yang dikatakan. Khususnya, untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan cat tembok agar tidak kurang ataupun kelebihan.

Penentuan jumlah cat harus dihitung dengan tepat agar cat dinding tidak kekurangan maupun kelebihan. Dengan prediksi kebutuhan yang cepat tentu Pins dapat memastikan budget yang dibutuhkan dalam mengecat dinding ini. Bagi Pins yang ingin mengetahui cara menghitung kebutuhan cat tembok agar bisa menentukan budget, yuk simak langkah menghitung kebutuhan cat berikut ini!

Baca juga:

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

Terdapat cara menghitung kebutuhan cat tembok yang mudah dilakukan oleh pemula untuk menghitung anggaran biaya dengan tepat. Berikut tips dan cara menghitungnya:

Hitung Luas Ruangan

Hal pertama yang perlu Pins lakukan dalam menghitung kebutuhan cat per meter persegi adalah dengan menghitung luas ruangan. Perhitungan luas ruangan ini digunakan untuk memastikan kebutuhan cat per m2.

Pastikan Pins mengukur tinggi dinding serta luas ruangan dengan pasti menggunakan meteran. Catat di kertas selembar guna menghindari lupa pada saat perhitungan dilakukan.

Hitung setiap panjang dinding dalam ruangan dan tingginya, kemudian kalikan keliling ruangan tersebut dengan tinggi ruangan. Maka, hasil dari perkalian tersebut menjadi jumlah total luas permukaan dinding yang akan di cat.

Sebagai contoh, keliling dari ruangan yang dihitung adalah 12m dengan tinggi 2m. Untuk cara menghitungnya adalah 12m x 2m= 24 meter persegi yang merupakan seluruh luas ruangan sebagai pertimbangan untuk membeli cat tembok.

Baca juga:

Hitung Ukuran Tembok Per Meter Persegi

Source : Home Depot

Jika sudah mengetahui tinggi dinding dan luas ruangan, Pins bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menghitung kebutuhan cat per meter persegi. Standar penggunaan cat umumnya adalah 10-12 m2 / liter. Berikut contoh cara menghitung kebutuhan cat tembok dengan luas ruangan.

Sebagai contoh sebuah ruangan dengan dinding yang memiliki tinggi 3 m dan luas ruangan 4 x 4 m. Maka perhitungan kebutuhan cat adalah: (2 x (4 + 4)) x 3 m = 48 m. Kemudian luas ruangan dibagi dengan rata-rata penggunaan cat, yaitu 48 / (12 m2/liter) = 4 liter. 

Jadi untuk mengecat ruangan dengan luas 4 x 4 m dengan tinggi 3 m membutuhkan cat sebanyak 4 liter. Ketika Pins ingin melakukan pelapisan cat sebanyak dua kali, maka kebutuhan cat secara keseluruhan adalah 8 liter.

Jenis berat cat umumnya adalah 1,5 kg / L. Maka Pins dapat menghitung kebutuhan per kaleng cat adalah 8 L x 1,5 kg / L = 12 kaleng. Demi menghemat pengeluaran, Pins bisa menggunakan kemasan cat berukuran besar sehingga harganya lebih murah.

Baca juga:

Menghitung Jumlah Cat yang Harus Dibeli

Source : Thisoldhouse

Setelah selesai menghitung luas dari ruangan dengan hasil akhir yang pasti, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah cat yang harus dibeli oleh Pins!

Pada umumnya, setiap 1 liter cat dapat digunakan untuk menutupi luas suatu permukaan sekitar 6 sampai 6,5 meter. Maka, perhitungannya adalah total luas permukaan dibagi dengan 6,5 meter.

Sebagai contoh, untuk luas permukaan atau dinding sebesar 24 meter persegi, cat yang dibutuhkan adalah 24 meter persegi kemudian dibagi dengan 6,5 meter dengan hasil 3,6 meter.

Alhasil, untuk mengecat satu bagian dinding dengan luas 24 meter persegi akan membutuhkan kurang lebih 3,6 liter cat.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok untuk Ruangan Berjendela dan Berpintu

Jika sebelumnya membahas cara menghitung kebutuhan cat tembok per meter persegi pada ruangan tanpa menghitung pintu dan jendela, kali ini akan menghitungnya agar perhitungan kamu lebih detail. 

Sebagai contoh terdapat ruangan dengan tinggi 3 m dan luas 4 x 5 m yang disertai satu pintu berukuran 1 x 2 m = 2 m2 dengan dua jendela berukuran 1 x 0,5 m = 0,5 m2. Maka perhitungannya adalah (2 x (4+4) x 3) = 52 m2. Lalu (52 m2 – (2 + 0,5)) = 49,5 m2. Lalu perhitungan kebutuhan cat adalah 49,5 m2 / 12 m2 = 4,125 liter. Jadi kebutuhan cat untuk ruangan ini adalah 4,125 liter.

Tips Mengecat Tembok Agar Lebih Hemat

Source : iStockphoto

Selain dengan menghitung kebutuhan cat tembok di atas, terdapat beberapa tips lain dalam mengecat dinding supaya lebih hemat dan efisien. Bukan tanpa alasan, pengecatan dinding ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar cat tidak mubazir atau bahkan kurang. 

Baca juga:

Gunakan Teknik Mengecat yang Tepat

Source : Teahub.io

Dalam pengecatan dinding, selain harus mengetahui cara menghitung kebutuhan cat, jika tidak dilakukan dengan benar bisa-bisa kamu lebih boros dalam menggunakan cat lho! Masalah yang biasa terjadi adalah cat yang menggumpal, ketebalan lapisan cat yang berbeda-beda sehingga cat pada dinding menjadi tidak rata.

Dalam proses pengecatan, sebenarnya terdapat tiga cara pengecatan, yaitu roll, semprot dan menggunakan kuas. Umumnya roll adalah teknik pengecatan yang paling cepat dibandingkan dengan kuas. Sehingga menggunakan teknik roll ini cukup efektif dan efisien.

Jika dinding terdapat motif atau permukaan yang kurang rata, Pins bisa mengecat bagian tersebut menggunakan kuas agar cat dapat diaplikasikan secara merata.

Baca juga:

Memilih Jenis Cat yang Tepat

Source : Unsplash

Siapa sangka ternyata jenis cat juga bisa mempengaruhi efisiensi proses pengecatan lho! Umumnya cat dengan kualitas yang baik hanya membutuhkan 2-3 lapisan hingga membuat dinding benar-benar terlapisi cat secara merata. 

Namun pada beberapa jenis cat bisa membutuhkan 4-5 kali untuk melapisi dinding hingga benar-benar merata. Umumnya harga cat ini lebih murah, terutama jika menghitung kebutuhan cat secara detail, cat-cat jenis ini justru membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Perhatikan Kondisi Dinding yang Akan Dicat

Source : Extraspace.com

Setiap pengecatan tidak selalu dilakukan pada permukaan yang polos atau belum pernah dicat sebelumnya. Untuk itu, Pins perlu memastikan apakah akan melakukan pengecatan ulang atau memulainya dari awal.

Dinding yang belum pernah dicat atau dry wall akan menyerap cat lebih cepat dibandingkan yang sudah pernah dicat sebelumnya. Hal ini akan membantu Pins untuk menghemat budget.

Pastikan Kembali Jumlah Cat yang Akan Dibeli

Source : Familyapp

Tips utama dalam melakukan pengecatan dan pembelian cat adalah jangan membeli jumlah yang terlalu pas dengan kebutuhan.

Setiap cat yang dibeli mungkin akan digunakan kembali oleh Pins di waktu mendatang, atau untuk memperbaiki permukaan pada proses finishing. Siapkan setidaknya 1 liter atau lebih cat pada setiap pembelian.

Itulah informasi mengenai cara menghitung kebutuhan cat tembok yang mudah kamu lakukan agar budget cat pas dengan kebutuhan cat sebenarnya.

Pinhome juga telah membagikan informasi mengenai tips mengecat yang hemat dan efisien agar proses pengecatan di rumah kamu lebih hemat dan efisien. Semoga dengan ulasan di atas Pins semakin memahami cara menghitung kebutuhan cat tembok dan mengecat dinding yang baik.

Baca juga:


Editor: Nabila Azmi

Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Parkville Serpong di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download