Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok Agar Tidak Kekurangan Atau Mubadzir

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 8 June 2022 ∙ 6 menit membaca

Untuk mempercantik tampilan rumah, tentu Pins harus melakukan banyak hal, salah satunya adalah mengecat tembok rumah. Dinding yang berwarna, tentu akan membuat tampilan rumah lebih menarik. Sayangnya mengecat dinding tidaklah semudah yang dikatakan. Khususnya, untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan cat tembok agar tidak kurang ataupun kelebihan.

Penentuan jumlah cat harus dihitung dengan tepat agar cat dinding tidak kekurangan maupun kelebihan. Dengan prediksi kebutuhan yang cepat tentu Pins dapat memastikan budget yang dibutuhkan dalam mengecat dinding ini. Bagi Pins yang ingin mengetahui cara menghitung kebutuhan cat tembok agar bisa menentukan budget, yuk simak langkah menghitung kebutuhan cat berikut ini!

Baca juga:

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

Terdapat cara menghitung kebutuhan cat tembok yang mudah dilakukan oleh pemula untuk menghitung anggaran biaya dengan tepat. Berikut tips dan cara menghitungnya:

Hitung Luas Ruangan

Hal pertama yang perlu Pins lakukan dalam menghitung kebutuhan cat per meter persegi adalah dengan menghitung luas ruangan. Perhitungan luas ruangan ini digunakan untuk memastikan kebutuhan cat per m2. Pastikan Pins mengukur tinggi dinding serta luas ruangan dengan pasti menggunakan meteran. Catat di kertas selembar guna menghindari lupa pada saat perhitungan dilakukan.

Hitung setiap panjang dinding dalam ruangan dan tingginya, kemudian kalikan keliling ruangan tersebut dengan tinggi ruangan. Maka, hasil dari perkalian tersebut menjadi jumlah total luas permukaan dinding yang akan di cat.

Sebagai contoh, keliling dari ruangan yang dihitung adalah 12m dengan tinggi 2m. Untuk cara menghitungnya adalah 12m x 2m= 24 meter persegi yang merupakan seluruh luas ruangan sebagai pertimbangan untuk membeli cat tembok.

Baca juga:

Hitung Ukuran Tembok Per Meter Persegi

(Home Depot)

Jika sudah mengetahui tinggi dinding dan luas ruangan, Pins bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menghitung kebutuhan cat per meter persegi. Standar penggunaan cat umumnya adalah 10-12 m2 / liter. Berikut contoh cara menghitung kebutuhan cat tembok dengan luas ruangan.

Sebagai contoh sebuah ruangan dengan dinding yang memiliki tinggi 3 m dan luas ruangan 4 x 4 m. Maka perhitungan kebutuhan cat adalah: (2 x (4 + 4)) x 3 m = 48 m. Kemudian luas ruangan dibagi dengan rata-rata penggunaan cat, yaitu 48 / (12 m2/liter) = 4 liter. 

Jadi untuk mengecat ruangan dengan luas 4 x 4 m dengan tinggi 3 m membutuhkan cat sebanyak 4 liter. Sedangkan jika Pins ingin melakukan pelapisan cat sebanyak dua kali, maka kebutuhan cat secara keseluruhan adalah 8 liter.

Jenis berat cat umumnya adalah 1,5 kg / L. Sehingga jika dihitung per kaleng kebutuhan cat 8 L x 1,5 kg / L = 12 kaleng. Demi menghemat pengeluaran, Pins bisa menggunakan kemasan cat berukuran besar sehingga harganya lebih murah.

Baca juga:

Menghitung Jumlah Cat yang Harus Dibeli

(Thisoldhouse)

Setelah selesai menghitung luas dari ruangan dengan hasil akhir yang pasti, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah cat yang harus dibeli oleh Pins!

Pada umumnya, setiap 1 liter cat dapat digunakan untuk menutupi luas suatu permukaan sekitar 6 sampai 6,5 meter. Maka, perhitungannya adalah total luas permukaan dibagi dengan 6,5 meter.

Sebagai contoh, untuk luas permukaan atau dinding sebesar 24 meter persegi, cat yang dibutuhkan adalah 24 meter persegi kemudian dibagi dengan 6,5 meter dengan hasil 3,6 meter.

Alhasil, untuk mengecat satu bagian dinding dengan luas 24 meter persegi akan membutuhkan kurang lebih 3,6 liter cat.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok untuk Ruangan Berjendela dan Berpintu

Jika sebelumnya membahas cara menghitung kebutuhan cat tembok per meter persegi pada ruangan tanpa menghitung pintu dan jendela, kali ini kita akan menghitungnya agar perhitungan kamu lebih detail. 

Sebagai contoh terdapat ruangan dengan tinggi 3 m dan luas 4 x 5 m yang disertai satu pintu berukuran 1 x 2 m = 2 m2 dengan dua jendela berukuran 1 x 0,5 m = 0,5 m2. Maka perhitungannya adalah (2 x (4+4) x 3) = 52 m2. Lalu (52 m2 – (2 + 0,5)) = 49,5 m2. Lalu perhitungan kebutuhan cat adalah 49,5 m2 / 12 m2 = 4,125 liter. Jadi kebutuhan cat untuk ruangan ini adalah 4,125 liter.

Tips Mengecat Tembok Agar Lebih Hemat

(iStockphoto)

Selain dengan menghitung kebutuhan cat tembok di atas, terdapat beberapa tips lain dalam mengecat dinding supaya lebih hemat dan efisien. Bukan tanpa alasan, pengecatan dinding ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar cat tidak mubazir atau bahkan kurang. 

Baca juga:

Gunakan Teknik Mengecat yang Tepat

(Teahub.io)

Dalam pengecatan dinding, selain harus mengetahui cara menghitung kebutuhan cat, jika tidak dilakukan dengan benar bisa-bisa kamu lebih boros dalam menggunakan cat lho! Masalah yang biasa terjadi adalah cat yang menggumpal, ketebalan lapisan cat yang berbeda-beda sehingga cat pada dinding menjadi tidak rata.

Dalam proses pengecatan, sebenarnya terdapat tiga cara pengecatan, yaitu roll, semprot dan menggunakan kuas. Umumnya roll adalah teknik pengecatan yang paling cepat dibandingkan dengan kuas. Sehingga menggunakan teknik roll ini cukup efektif dan efisien. Namun, jika dinding terdapat motif atau permukaan yang kurang rata, Pins bisa mengecat bagian tersebut menggunakan kuas agar cat dapat diaplikasikan secara merata.

Baca juga:

Memilih Jenis Cat yang Tepat

(Unsplash)

Siapa sangka ternyata jenis cat juga bisa mempengaruhi efisiensi proses pengecatan lho! Umumnya cat dengan kualitas yang baik hanya membutuhkan 2-3 lapisan hingga membuat dinding benar-benar terlapisi cat secara merata. 

Namun pada beberapa jenis cat bisa membutuhkan 4-5 kali untuk melapisi dinding hingga benar-benar merata. Umumnya harga cat ini lebih murah, namun jika menghitung kebutuhan cat secara detail, cat-cat jenis ini justru membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Perhatikan Kondisi Dinding yang Akan Dicat

(Extraspace.com)

Setiap pengecatan tidak selalu dilakukan pada permukaan yang polos atau belum pernah dicat sebelumnya. Untuk itu, Pins perlu memastikan apakah akan melakukan pengecatan ulang atau memulainya dari awal.

Dinding yang belum pernah dicat atau dry wall akan menyerap cat lebih cepat dibandingkan yang sudah pernah dicat sebelumnya. Hal ini akan membantu Pins untuk menghemat budget.

Pastikan Kembali Jumlah Cat yang Akan Dibeli

(Familyapp)

Tips utama dalam melakukan pengecatan dan pembelian cat adalah jangan membeli jumlah yang terlalu pas dengan kebutuhan.

Setiap cat yang dibeli mungkin akan digunakan kembali oleh Pins di waktu mendatang, atau untuk memperbaiki permukaan pada proses finishing. Siapkan setidaknya 1 liter atau lebih cat pada setiap pembelian.

Itulah informasi mengenai cara menghitung kebutuhan cat tembok yang mudah kamu lakukan agar budget cat pas dengan kebutuhan cat sebenarnya.

Pinhome juga telah membagikan informasi mengenai tips mengecat yang hemat dan efisien agar proses pengecatan di rumah kamu lebih hemat dan efisien. Semoga dengan ulasan di atas Pins semakin memahami cara menghitung kebutuhan cat tembok dan mengecat dinding yang baik.

Baca juga:


Editor: Nabila Azmi

Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Parkville Serpong di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia