BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Desain Rumah Tradisional Jawa yang Unik!
0
0

8 Desain Rumah Tradisional Jawa yang Unik!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah bergaya tradisional jawatop-right-banner

Saat ini banyak sekali rumah yang dibangun dengan memadukan rumah bergaya tradisional Jawa. Oleh karena itu ada beberapa ciri desain rumah tradisional Jawa yang harus diperhatikan dengan baik. Supaya rumah yang dibangun dapat sesuai dengan keinginan.

Salah satu pendekatan terbaru yang diterapkan yang banyak dilakukan oleh arsitek adalah memadukan desain rumah minimalis bersama dengan desain rumah Jawa. Maka terciptalah rancangan rumah minimalis Jawa. 

Baca Juga: 

Desain Rumah Tradisional Jawa Minimalis

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Pins ingin membuat desain rumah tradisional namun dengan gaya minimalis? Maka desain ini sangat cocok untuk Pins jadikan referensi. Bagian luar rumah bisa Pins gunakan warna gelap yang memang ciri khas rumah minimalis. Sedangkan bagian atap Pins bisa menggunakan atap khas rumah tradisional Jawa dengan warna yang gelap juga.

Desain Rumah Tradisional Jawa Panggung Modern

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Tidak selamanya rumah tradisional selalu identik dengan gaya zaman dahulu. Pins juga bisa menggabungkan gaya modern dengan gaya tradisional jawa. Bagian bawa atau panggung bisa Pins gunakan batu sebagai pondasinya.

Pondasi batu akan memberikan kesan modern pada rumah. Pins juga bisa membuat kolam renang dibagian belakang rumah sebagai tempat beristirahat. Sedangkan lantai dua Pins bisa gunakan kayu untuk memunculkan gaya khas tradisional Jawa.

Desain Rumah Tradisional Jawa Atap Gading

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Atap gading juga menarik untuk rumah yang menggabungkan unsur tradisional dan modern. Ciri khas atap gading adalah atapnya yang menggantung. Itulah kenapa cocok untuk dipadukan dengan gaya modern yang memang membuat rumah tampak menonjol.

Desain Rumah Tradisional Jawa Ruang Terbuka

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Ruang terbuka juga sangat cocok untuk diterapkan pada rumah tradisional Jawa loh. Dengan menerapkan desain ini Pins akan membuat hunian Pins layaknya sebuah villa. Pins bisa menggunakan kaca sebagai dinding rumah dengan lahan yang luas di bagian belakang rumah.

Desain Rumah Tradisional Jawa Joglo

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Rumah Joglo memang sangat identik dengan rumah tradisional Jawa. Pins bisa menggabungkan lantai keramik pada rumah Joglo agar membuat rumah semakin sejuk. Pada rumah Joglo, sebaiknya Pins gunakan pondasi kayu agar memperkuat kesan tradisional pada rumah.

Desain Rumah Tradisional Jawa Pendopo

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Rumah tradisional dengan gaya Pendopo ini sering digunakan untuk rumah dinas orang-orang besar. Gaya pendopo membutuhkan lahan yang luas karena setiap ruangan selalu lapang. Pins juga bisa menjadikan pendopo tempat bercengkrama ataupun berkumpul dengan teman ataupun kolega.

Desain Rumah Tradisional Jawa Klasik dan Mewah

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Menggabungkan kesan klasik dan mewah pada rumah tradisional Jawa akan sangat cocok. Atap Joglo akan memberikan kesan klasik pada rumah. Tidak lupa Pins gunakan pondasi kayu untuk menambah kesan menarik.

Sedangkan sisi mewah bisa Pins tempatkan pada fasilitas lain seperti kolam renang dan lantai rumah. Pins juga bisa menggunakan meja atau kursi yang identik dengan kesan mewah pada rumah.

Desain Rumah Tradisional Jawa Kekinian

Desain rumah tradisional jawa
Source : thegorbalsla

Membuat rumah kekinian dengan perpaduan khas Jawa akan membuat orang yang melihat menjadi tertarik. Gunakan batu alam pada pondasi rumah untuk memberikan kesan modern dan kekinian. Tidak lupa gunakan atap joglo yang memang menjadi khas rumah tradisional Jawa. 

3 Ciri Rumah Bergaya Tradisional Jawa

Tentunya, desain rumah bergaya tradisional Jawa tidak akan membosankan jika dipadukan dengan desain kekinian lainnya. Berikut ulasan selengkapnya:

Atap Piramida

Source : Thegorbasala.com

Rumah joglo Jawa terkenal bersama atap yang berbentuk semi-piramida. Hal ini adalah ciri khas rumah tradisional Jawa. Oleh karena itu kita dapat memanfaatkan atap model semi-piramida untuk menghadirkan nuansa etnis tersebut.

Akan tetapi, harus melaksanakan sedikit penyesuaian, seperti lebih menyederhanakan wujudnya atau mengurangi kemiringannya. Atap model ini sangat sempurna untuk mengalirkan air hujan, maka perawatannya akan sangat minim.

Baca Juga: 

Tiang Penyangga

desain rumah bergaya tradisional jawa
Source : Courtina.id

Rumah minimalis Jawa ini ada yang konsisten saat memakai atap model pelana di bangunan mutlak serta atap teras memakai model perisai, tetapi lebih runcing dibanding model atap perisai biasanya.

Di sinilah kesan etnis dapat terpancar, terutama dengan hadirnya empat tiang mungil berwarna kayu yang lazim diperlukan di beberapa rumah joglo klasik. Interior rumah Jawa canggih tidak jauh dengan beberapa interior rumah minimalis yang lain.

Desain Rumah Bergaya Tradisional Jawa Furniture Kayu

desain rumah bergaya tradisional jawa
Source : Kompas.com

Bahan kayu yang biasa dipilih membuat rumah Jawa mempunyai mutu yang super. Rata – rata bahan yang digunakan merupakan kayu yang memang telah lanjut usia dan diberi perawatan yang tepat. Oleh karena itu, konstruksi yang dihasilkan dapat terjamin kekokohannya.

Tidak hanya itu saja, furnitur kayu juga dipakai nyaris di semua bidang interior dalam rumah Jawa, baik itu rumah bergaya minimalis canggih ataupun kontemporer. Seluruh furniture bangunan rumah memakai bahan yang sama, sehingga kesan natural terpampang teramat terang.

Itulah beberapa ciri desain rumah bergaya tradisional Jawa yang bisa anda terapkan untuk melestarikan budaya dan seni tradisional. Sekarang ini banyak sekali orang yang ingin mendesain rumah supaya terlihat lebih tradisional, natural dan klasik. Sehingga banyak rumah yang di desain dengan menggunakan perpaduan rumah Jawa. 

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bukit Nusa Dua dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download