Pinhome

7 Hiasan di Ruang Tamu Minimalis yang Simple

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Salah satu bagian dalam rumah yang paling pertama di lihat adalah ruang tamu. Ruang tersebut menjadi ruang dimana kesan akan sebuah rumah terlihat. Walau tidak sedikit pula yang menjadikan ruang tamu sebagai ruang keluarga, namun ruang tersebut biasanya didesain menarik agar tampilan rumah sedap dipandang. Hiasan di ruang tamu menjadi penyelamat untuk ruang tamu yang menarik.

Pinhome – Apa Pins pernah mendatangi suatu rumah tanpa adanya hiasan dinding dalam ruang tamu? Sebagian besar penghuni pasti memilikinya walaupun bisa dikatakan minim. Hiasan di ruang tamu minimalis misalnya, bisa dibuat tanpa pajangan maupun benda-benda. Dekorasi yang menarik pun dapat membuat ruang tamu milikmu mampu mencuri perhatian. Nah, apa saja hiasan ruang tamu yang cocok ditempatkan dalam hunian? Simak yuk dalam ulasan berikut.

Baca Juga:

10 Inspirasi Desain Ruang Tamu yang Cocok Untuk Kamu

Hiasan DIY di Ruang Tamu

(The Spruce)

Penggunaan barang-barang bekas pakai maupun yang dibuat sendiri sedang marak akhir-akhir ini. Selain mengurangi dampak pencemaran lingkungan, hiasan tersebut dapat membuat rumah yang monoton terlihat unik. Material yang tidak biasa digunakan, dapat menjadi hal istimewa ketika dipajang pada dinding ruang tamu. 

Coba selaraskan dengan perabot di dalamnya, agar tampilan lebih maksimal. Seperti penggunaan bahan rotan pada ruang tamu di atas, terlihat homey dan nyaman bukan? Kamu pun bisa menggunakan kreasi yang lebih simpel buatan tangan seperti seni makrame dari bahan tali. Kerajinan tangan satu ini cocok ditempatkan pada hunian rustic pula lho!

Penggunaan Lukisan Unik yang Menarik Perhatian

(Spacejoy)

Nah, hiasan dinding di ruang tamu minimalis bisa mencuri perhatian dengan lukisan unik dan menarik. Baik gambar artistik maupun tulisan kaligrafi bisa Pins sematkan disana. Tambahkan beberapa aksesoris dengan warna senada seperti karpet, tanaman hias, maupun rak buku serbaguna. Hal tersebut akan membuat ruang tamu milikmu nyaman dan tamu betah berlama-lama disana. Apa hal ini menjadi merugikan? Pins jangan sengaja menghias ruang tamu dengan sembarangan untuk menjauhi tamu ya datang lho

Hiasan Kaca Membuat Ruang Terlihat Lebih Luas

(Spacejoy)

Sering melihat kaca menjadi hiasan dinding dalam hunian? Penggunaan material kaca pada hunian selain dapat menimbulkan kesan modern juga dapat membuat ruang terlihat lebih luas, apalagi bila kaca yang dipasang berukuran besar. Dalam desain kontemporer bergaya elegan pun kaca bisa kamu gunakan. 

Kaca dengan bentuk lingkaran misalnya, padukan dengan perabot berwarna mencolok yang berpenampilan elegan. Ini akan membuat ruang tamu sempurna. Walau tetap minimalis, namun ruang terlihat mewah. Tidak hanya sampai disitu Pins, kaca pun bisa ditempatkan sebagai dekorasi lewat partisi ruangan. Partisi berbahan kaca pun mampu meyamarkan ruang di dalamnya. Kamu bisa menjaga privasi untuk ruang keluarga agar tidak terlihat oleh tamu.

Permainan Warna Cat dinding

hiasan di ruang tamu
(Spacejoy)

Hunian minimalis erat kaitannya dengan penggunaan warna monokrom. Hitam putih menjadi warna dominan yang biasanya berada pada tampilan rumah baik eksterior maupun interior. Hiasan di ruang tamu pun tidak hanya sekedar hal-hal yang dipajang saja, penggunaan warna cat dinding juga termasuk di dalamnya. 

Seperti penggunaan warna cat dinding hitam. Meskipun banyak yang tidak menyukainya karena terkesan panas dan gelap, ruang tamu dengan cat hitam pasti akan mencuri perhatian para tamu. Apalagi bila Pins mengetahui penempatan terbaik dan perpaduannya dalam ruang, justru ruang tamu milik Pins akan terlihat simpel namun tetap nyaman.

Baca Juga:

10 Inspirasi Rumah Warna Hitam, Pastinya Berbeda Dari Biasanya!

Hiasan Ruang Tamu Taman Vertikal

hiasan di ruang tamu
(Apartmenttherapy)

Pajangan dinding, hingga pewarnaan dinding sudah dibahas, kini saatnya menggunakan hiasan yang menimbulkan suasana sejuk dan asri dalam ruang yaitu menggunakan tanaman hias. Tanaman tersebut dapat Pins buat dengan desain vertikal maupun berada pada sudut-sudut ruang. Salah satu contoh menarik untuk penerapan desain ini adalah jumlah tanaman yang sebanding dengan luas ruang. Jangan sampai ruang tamu mu penuh dengan tanaman yang justru akan membuat tidak nyaman. Pastikan tampilannya simpel namun tetap menarik ya!

Karpet Lembut Berwarna Mencolok

hiasan di ruang tamu
(Apartmenttherapy)

Nah, ada lagi nih Pins! Hiasan menarik dalam ruang tamu yang biasanya terlupakan. Karpet ruang tamu yang cenderung menjadi pijakan justru dapat dibuat mencolok dengan desain yang tidak biasa. Hal ini bisa Pins padukan dengan perabot minimalis yang simpel. 

Karpet akan menjadi pusat perhatian dalam dekorasi ruang tamu. Salah satu contoh pengaplikasiannya adalah perpaduan warna pelangi pada karpet dengan furnitur warna polos berwarna abu-abu, krem maupun putih gading. Usahakan untuk membuatnya tetap nyaman dengan penambahan bantal-bantal sederhana yang bisa dipakai pada karpet maupun sofa sehingga bila teman dekatmu hadir, kalian bisa lesehan di bawah sambil menyantap cemilan ringan.

Hiasan di Ruang Tamu Berbentuk Rak Koleksi Miniatur 

hiasan di ruang tamu
(Apartmenttherapy)

Tidak hanya tampil di ajang pencarian bakat, ruang tamu pun bisa menjadi ajang tampil barang-barang koleksi milik kamu. Kamu yang mempunyai kegemaran mengoleksi barang unik, bisa kamu pajang dengan rapi pada rak yang tersedia di dalam ruang tamu. Usahakan untuk membuat rak dengan desain simpel agar koleksimu lebih menonjol. Namun, agar koleksi milikmu tidak gampang berdebu dan kotor, Pins bisa menambahkan penutup kaca pada rak. Apalagi bila barang-barang tersebut berukuran kecil, ada baiknya menggunakan penutup ya.

Itulah ke-7 hiasan di ruang tamu minimalis yang dapat Pins aplikasikan pada hunian. Ada baiknya untuk menampilkan dekorasi yang simpel agar ruang tidak terlihat penuh dan sesak. Ingat, kesan pertama interior rumah dapat terlihat dari ruang tamu lho Pins! Jadi usahakan untuk membuatnya tidak berlebihan ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Desain Ruang Tamu Agar Nyaman Mengesankan

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel