Inspirasi Dapur Terbuka Minimalis, Lengkap dengan Gambar! - Pinhome

Pinhome

15 Desain Dapur Terbuka Minimalis yang Menarik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 29 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Kondisi dapur yang ditata terbuka dalam istilah resto disebut open kitchen, artinya adalah dapur didesain secara terbuka agar pengunjung melihat kegiatan yang dilakukan di dalam dapur. Mulai dari aktivitas memasak hingga hidangan siap disantap. Hal ini juga bisa diadaptasi dalam hunian. Desain dapur terbuka minimalis yang kini mulai banyak diterapkan menjadi solusi menarik untuk hunian dengan luas terbatas.

Desain dapur zaman dulu mungkin banyak dibatasi oleh ruang. Ruang dapur yang berada di area belakang biasanya akan dibatasi oleh pintu atau partisi secara tertutup sehingga yang bisa masuk ke dalam dan melihat hanyalah penghuni di dalam rumah.

Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman dapur terbuka minimalis baik yang berada di ruangan indoor maupun outdoor menjadi tampak lebih modern dan tentunya menampilkan estetika yang jauh lebih baik. Berikut inspirasi desainnya!

Baca juga: Pilihan Desain Dapur Modern yang Cocok untuk Rumah Kamu

Dapur Terbuka Minimalis Satu Warna

(Bramble Furniture)

Tampilan minimalis pada dapur terbuka juga dapat terlihat aesthetic dengan penggunaan warna putih yang mendominasi. Selain dapat membuat dapur terlihat bersih, dapur pada lahan terbatas pun akan terlihat lapang. Selaraskan dengan kabinet, dan juga jendela besar di sebelah dapur, ruang akan terasa lebih cerah dan sejuk.

Dapur Terbuka Sekaligus Ruang Makan

(Decorface)

Tempat makan ruang terbuka yang berada di dalam ruang indoor menciptakan suasana kekeluargaan yang kental. Apalagi bila digabungkan dengan ruang makan. Hasilnya akan hemat tempat dan tentunya menjadi tempat favorit untuk berkumpul.

Baca juga: 10 Desain Dapur Bawah Tangga untuk Menghemat Ruang

Konsep Minimalis Bergaya Modern

(My Big Property)

Untuk Pins yang menyukai tampilan modern dalam hunian minimalis, Pins dapat menggunakan material marmer untuk meja dalam ruang dapur baik meja makan hingga kitchen set. Tambahkan pencahayaan dalam ruang dan tidak lupa cooker hood agar ruang tetap terjaga sirkulasinya.

Baca juga: Tips Memilih Cooker Hood Untuk Dapur Rumah

Dapur Minimalis Terbuka Berbahan Kayu

(Pinterest)

Bahan kayu yang identik dengan hunian minimalis memang mampu membuat suasana dalam ruang terasa hangat. Pins bisa menggunakan material kayu dalam desain dapur terbuka. Hasilnya tentu akan berestetika apalagi bila mempunyai jendela yang cukup besar di dalamnya.

Dapur Semi Outdoor Minimalis

(homedecorbliss)

Ruang makan terbuka memang kini sedang digandrungi. Kesejukan dari udara alami akan terasa dan pernafasan tentunya akan jauh lebih baik. Desain ruang dapur terbuka semi outdoor salah satunya. Bisa Pins tempatkan pada area belakang rumah yang mengarah ke taman maupun kolam renang pribadi.

Baca juga: Desain Ruang Makan Sederhana untuk Keluarga Kecil

Menyatu dengan Ruang Keluarga

(mouzzhome.blogspot)

Di dalam hunian lahan sempit, ruang demi ruang akan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar tidak memakan banyak tempat. Untuk itu, model dapur terbuka sangat cocok untuk diadaptasi. Pins bisa menggabungkan ruang, keluarga, ruang makan dan dapur dalam satu area. Namun, tidak lupa untuk menempatkan pintu dan jendela di dekatnya untuk kesejukan dalam ruang.

Baca juga: 15 Desain Ruang Keluarga Lesehan yang Buat Nyaman Berlama-lama

Model Dapur Terbuka Leter U

dapur terbuka minimalis
(Mydomaine)

Tidak hanya rumah saja yang bisa berbentuk leter U, tempat makan ruang terbuka pun dapat dibuat dengan model tersebut. Dapur minimalis bisa terlihat lapang dan tentunya mempunyai alur yang jelas. Tampilan akhirnya akan menarik namun tetap mengutamakan kesederhanaan. Cobalah menggunakan warna lembut dalam dapur agar ruang terasa sejuk.

Baca juga: Apa Itu Kitchen Island? – Kamus Istilah Properti – Pinhome

Penggunaan Pintu Kaca Lipat Pada Ruang Dapur

(Qanvast)

Desain dapur terbaik adalah memiliki sirkulasi udara yang baik di dalamnya. Tidak heran pemanfaatan pintu geser atau dorong yang menghadap ke taman pada ruang dapur menjadi solusi yang tepat. Suasana dapur akan terlihat lebih segar dan tentunya cerah.

Desain Dapur Terbuka Minimalis Bernuansa Pastel

dapur terbuka minimalis
(Home & Garden)

Nah, bagi Pins yang menggemari warna-warna pastel kekinian, ada model dapur terbuka sederhana dengan pemakaian warna pastel. Tidak perlu menggunakan semua warna pastel, walaupun hanya satu atau dua warna saja, dapur akan menarik dilihat. 

Baca juga: Pilihan Warna-Warna Pastel Kekinian untuk Rumahmu

Dapur dengan Konsep Mini Bar

dapur terbuka minimalis
(Dura Supreme Cabinetry)

Untuk model dapur terbuka lainnya yang berkapasitas lebih, Pins dapat menggunakan model di atas. Tampilannya tetap modern, namun cukup menampung beberapa anggota keluargamu dengan model layaknya berada di bar. Menarik bukan?

Baca juga: Rekomendasi Kitchen Set Mini Bar untuk Dapur yang Kecil

Dapur Terbuka dengan Plafon Kaca

dapur terbuka minimalis
(Studio Suryani Palamui)

Untuk alternatif lainnya dari desain dapur terbuka minimalis, Pins bisa menempatkan material atap berbahan kaca pada area dapur. Keunggulannya adalah pencahayaan alami dapat masuk ke ruang dan terhindar dari air saat hujan tiba. Warna putih pada dinding dengan warna kayu pada perabot, dapat membuat dapur sederhana milik kamu terlihat menarik.

Bersebelahan dengan Taman

dapur terbuka minimalis
(Pinterest)

Menikmati hidangan sambil melihat pemandangan indah memang dapat memanjakan mata. Tempat makan ruang terbuka ini bisa Pins wujudkan dalam hunian. Dapur dan ruang makan yang didesain berada disebelah pekarangan rumah seperti di atas akan menambah kesejukan dalam ruang dapur.

Dapur Minimalis Terbuka Samping Teras

dapur terbuka minimalis
(Real Homes)

Ide penempatan tempat makan ruang terbuka yang bersebelahan dengan ruang dapur juga bisa diaplikasikan dekat dengan teras belakang rumah. Walaupun teras di rumah tergolong sempit, namun udara sejuk akan tetap dapat Pins hirup di dalamnya. Gunakan material lantai yang tahan air, agar tidak ada isu merugikan dari datangnya musim penghujan.

Dapur Terbuka Bernuansa Feminin

dapur terbuka minimalis
(The Design Story)

Pemakaian jendela dan pintu kaca yang berukuran besar merupakan elemen penting yang bisa Pins gunakan dalam desain dapur ruang terbuka yang berada di dalam rumah. Sirkulasi udara tetap sejuk, namun tidak perlu khawatir kehujanan. Untuk Pins yang menyukai desain feminin, penggunaan warna merah muda lembut bisa menjadi alternatif.

Baca juga: 7 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

Tampilan Monokrom Menarik Hati

dapur terbuka minimalis
(Solid Wood Kitchen Kabinet)

Untuk tampilan warna monokrom, Pins bisa membuatnya dengan perpaduan warna dominan hitam dan putih. Banyaknya warna yang menjadi kontras bisa Pins desain sesuai selera. Contohnya pada dapur di atas. Penghuni lebih mengutamakan warna hitam dalam tampilan, namun tetap terlihat menarik dan cerah bukan?

Untuk dapur terbuka minimalis dengan kedua warna tersebut memang selalu menjadi incaran. Kedua warna tersebut cocok diaplikasikan dalam hunian minimalis. Tampilan dapur akan terlihat tegas namun tetap berestetika.

Melihat ragam tampilan dapur terbuka minimalis di atas sungguh membuat perasaan nyaman bukan? Ingin sekali rasanya dapur tersebut berada dalam hunian. Jangan lupa untuk mengetahui inspirasi desain ruangan minimalis lainnya dari Pinhome ya!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel