16 Model Atap Baja Ringan, Bikin Hunian Makin Kekinian! - Pinhome

Pinhome

16 Contoh Model Atap Baja Ringan Untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 29 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Memiliki material atap baja ringan kini menjadi salah satu ciri khas dari rumah bergaya modern. Desain minimalis yang banyak diterapkan dalam hunian memang selaras dengan model atap baja ringan. Walaupun unggul dalam segi tampilan, materialnya pun juga tak kalah menjadi sorotan. Atap baja ringan memiliki material yang ringan namun kuat dan juga anti karat.

Meskipun beratnya cenderung ringan, material baja ringan mampu melindungi rumah dari cuaca ekstrem sehingga lebih tahan lama. Tidak hanya itu, atap ini juga cukup mudah dibentuk, maka dari itu untuk bentuk atap yang rumit sekalipun material ini cocok digunakan. Tidak heran bentuk atap yang menggunakan material baja ringan beraneka ragam. Apa saja model atap baja ringan yang cocok untuk rumahmu? Simak ulasan berikut ini!

Model Atap Baja Ringan

Salah satu kelebihan atap baja ringan adalah mudah dibentuk dan bervariasi. Jika kamu menyukai arsitektur bangunan unik dan cantik, penggunaan atap baja ringan bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Berikut ini adalah 16 model atap baja ringan yang bisa kamu jadikan referensi.

Baca juga: Bangun Rumah dengan Atap Baja Ringan? Pelajari Harga Baja Ringan

Atap Baja Kembar

(Houzz)

Model atap rumah baja ringan pertama hadir dalam bentuk copy paste. Sering disebut dengan atap kembar, Pins bisa membuatnya selaras layaknya memiliki dua rumah. Desainnya sederhana dan bisa ditempatkan baik untuk tema rumah minimalis modern maupun klasik.

Model Atap Baja Ringan Grambel

(Houzz)

Menghadirkan model atap rumah yang unik menjadi kesenangan tersendiri pemilik rumah. Hal tersebut membuat hunian tempat tinggal pun semakin menarik perhatian dan tidak ada duanya. Berbeda dari atap rumah lainnya, model baja ringan satu ini juga cocok lho menjadi pilihan. Atap grambel ini pun dapat menyimpan ruang yang khusus ditempatkan dalam loteng, menarik sekali ya!

Baca juga: Intip Ini Dia Contoh Potongan Atap Baja Ringan

Model Atap Baja Ringan Segitiga

(Sunrise Steel)

Keunggulan lainnya dari menggunakan atap baja ringan dalam hunian adalah material satu ini dapat didaur ulang sehingga menjadi bahan ramah lingkungan. Berbeda bila Pins menggunakan material kayu yang dapat mengurangi sumber daya alam akibat penebangan pohon.

Untuk itu penggunaan model sederhana segitiga pada atap rumah bisa Pins tiru dan ditambah dengan penghijauan sirkulasi udara yang banyak di rumah. Hasilnya rumah kamu bisa dikatakan menjadi rumah ramah lingkungan.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Model Atap Piramida

(Bengkel Las Sukabumi)

Familiar dengan bangunan piramida di Mesir? Pins pun bisa membuat model replika pada atap rumah dengan material baja ringan. Tampilannya menarik namun tetap sederhana. Coba gunakan warna-warna gelap untuk tampilan atap yang modern dan juga stylist.

Baca juga: Kelebihan Atap Limasan Baja Ringan dan Cara Menghitung Kebutuhannya

Model Atap Rumah Baja Ringan Miring

(Living in Container)

Ide-ide menarik yang segar memang bisa muncul dari pengaplikasian desain minimalis modern. Model atap rumah baja ringan yang berbentuk miring salah satunya. Padukan dengan material dinding kaca, dan bentuk beberapa ruang dalam desain ruang terbuka. Hasilnya pasti akan sejuk dan menarik.

Baca juga: 15 Desain Rumah Atap Miring Untuk Hunian Lebih Modern!

Atap Modern Berbentuk Vertikal

(Behance)

Jika Pins merupakan salah satu penghuni yang senang dengan ruang berlebih dalam lahan yang terbatas, atap model vertikal atau datar bisa menjadi pilihan. Atap tersebut bisa menjadi ruang serbaguna seperti taman ataupun ruang barbaerque bersama keluarga.

Model Atap Berwarna

(Kodiak Steel Homes)

Material baja ringan merupakan material daur ulang yang dapat dilelehkan dan dibentuk untuk keperluan bangunan lainnya. Hal ini menjadikannya cocok untuk ditempatkan dalam rumah ramah lingkungan. Apalagi ditambah dengan warna-warna yang menarik seperti hijau gelap, merah marun hingga hitam pekat. Model atap warna-warni ini akan membuat rumah kamu mencuri perhatian.

Baca juga: Tips Memadukan Warna Hitam Di Rumah

Model Atap Baja Ringan Bertumpuk

model atap baja ringan
(Pinterest)

Kesan misterius mungkin akan terlintas bila Pins melihat model atap satu ini dalam hunian. Namun depan penerapan material baja ringan, hal tersebut akan musnah seketika. Material modern satu ini mampu membuat model atap bertumpuk menjadi sedap dipandang.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Atap Baja Ringan Desain Futuristik

model atap baja ringan
(Living ASEAN)

Selanjutnya model atap futuristik. Material baja ringan yang terkenal kuat, mampu dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan tampilan yang cukup aneh. Namun, tidak perlu khawatir desain seperti ini kini sedang digandrungi kaum milenial lho!

Model Atap Modern Crossing

model atap baja ringan
(sofafurnishingdesigns.info)

Ada lagi nih Pins desain atap yang terlihat modern namun tetap unik, yaitu penggunaan atap baja silang yang mengarah kepada bentuk bangunan datar. Atap satu ini cenderung bermotif dengan material baja yang dipadukan dengan ukuran yang berbeda. Namun jangan salah, tipe satu ini juga mampu melindungi hunian dengan baik.

Desain Atap Melengkung

model atap baja ringan
(Steelmasterusa)

Desain atap melengkung mungkin akan sering Pins lihat dalam bangunan publik. Namun, pengaplikasian pada hunian juga tidak kalah menarik. Sifat dari baja ringan yang cenderung lentur mampu membuat tampilan atap semakin menarik. Tidak hanya itu, aliran air pada atap pun akan mengalir dengan baik tanpa meninggalkan genangan.

Baca juga: Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Besi Hollow Finish Galvalum

Atap Pelana Modern

model atap baja ringan
(Rooma)

Desain atap pelana memang terkenal menjadi desain atap umum yang sering digunakan dalam perumahan. Hal tersebut tidak terkecuali pada penerapan dengan bahan material baja ringan. Kamu bisa menggunakan tampilan modern dengan perpaduan dinding kayu agar terasa lebih hangat.

Model Atap Rumah Baja Ringan Klasik

model atap baja ringan
(mcelroymetal)

Model atap klasik pun juga bisa menerapkan penggunaan material baja ringan lho! Atap satu ini mempunyai dekorasi atap kecil yang biasanya digunakan sebagai jendela untuk lantai di atas. Gunakan warna-warna lembut untuk tampilan rumah yang cerah.

Baca juga: Rumah Klasik Eropa Terbaik Bernuansa Megah

Atap Plana Datar

model atap baja ringan
(Houzz)

Bila Pins ingin menggunakan atap pelana yang unik dan terlihat lebih menarik, kamu dapat menggunakan desain satu ini. Atap pelana yang cenderung datar bisa menjadi pilihan. Cocok diaplikasikan menggunakan material baja ringan dengan desain rumah satu lantai.

Model Atap Rumah Baja Ringan Campuran

model atap baja ringan
(Houzz)

Selanjutnya adalah pilihan material baja ringan pada penerapan model atap campuran. Seperti atap segitiga dengan atap miring, atap pelana dengan atap datar dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Pins kreasikan karena material baja ringan mudah dibentuk dan ringan dalam pemasangan.

Atap Limas Modern

model atap baja ringan
(Houzz)

Terakhir adalah adaptasi desain atap tradisional dan modern. Atap limas bisa menjadi modern dengan penggunaan material baja ringan. Lihat contohnya di atas. Bagian segitiga pada atap bisa digunakan untuk sirkulasi udara maupun ruangan mezzanine.

Cukup banyak bukan contoh model atap rumah baja ringan yang dapat Pins terapkan pada hunian? Pins pun bisa berkreasi kembali dengan bentuk lainnya. Hal terpenting, perhatikan ketebelan dan bentuk dari baja ringan dan pastikan pengaplikasiannya dilakukan oleh ahli agar aman dan benar ya!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel