BlogPemilik PropertiDesain Hunian17 Contoh Model Atap Baja Ringan Untuk Rumah
0
0

17 Contoh Model Atap Baja Ringan Untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki material atap baja ringan kini menjadi salah satu ciri khas dari rumah bergaya modern. Desain minimalis yang banyak diterapkan dalam hunian memang selaras dengan model atap baja ringan. Walaupun unggul dalam segi tampilan, materialnya pun juga tak kalah menjadi sorotan. Atap baja ringan memiliki material yang ringan namun kuat dan juga anti karat.

Rumah Ekslusif yang diklasifikasikan Pinhome ini juga memiliki model atap unik. Fitur pencariannya juga membantumu menampilkan data rumah second di Kab Mojokerto, perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence maupun properti sekitar Mall Lampung.

Model Atap Baja Ringan

Salah satu kelebihan atap baja ringan adalah mudah dibentuk dan bervariasi. Jika kamu menyukai arsitektur bangunan unik dan cantik, penggunaan atap baja ringan bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Berikut ini adalah 16 model atap baja ringan yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Atap Baja Kembar

Source : Houzz

Contoh atap baja ringan pertama hadir dalam bentuk copy paste. Sering disebut dengan atap kembar, Pins bisa membuatnya selaras layaknya memiliki dua rumah. Desainnya sederhana dan bisa ditempatkan baik untuk tema rumah minimalis modern maupun klasik.

Baca juga: Intip Ini Dia Contoh Potongan Atap Baja Ringan

2. Model Atap Baja Ringan Grambel

Source : Houzz

Menghadirkan model atap rumah yang unik menjadi kesenangan tersendiri pemilik rumah. Hal tersebut membuat hunian tempat tinggal pun semakin menarik perhatian dan tidak ada duanya.

Berbeda dari desain atap baja ringan lainnya, model baja ringan satu ini juga cocok lho menjadi pilihan. Atap grambel ini pun dapat menyimpan ruang yang khusus ditempatkan dalam loteng, menarik sekali ya!

3. Model Atap Baja Ringan Segitiga

Source : Sunrise Steel

Keunggulan lainnya dari menggunakan desain atap baja ringan dalam hunian adalah material satu ini dapat didaur ulang sehingga menjadi bahan ramah lingkungan. Berbeda bila Pins menggunakan material kayu yang dapat mengurangi sumber daya alam akibat penebangan pohon.

Untuk itu penggunaan model sederhana segitiga pada atap rumah bisa Pins tiru dan ditambah dengan penghijauan sirkulasi udara yang banyak di rumah. Hasilnya rumah kamu bisa dikatakan menjadi rumah ramah lingkungan.

4. Model Atap Piramida

Source : Bengkel Las Sukabumi

Familiar dengan bangunan piramida di Mesir? Pins pun bisa membuat model replika pada atap rumah dengan material baja ringan. Tampilannya menarik namun tetap sederhana. Coba gunakan warna-warna gelap untuk tampilan atap yang modern dan juga stylist.

6. Model Atap Rumah Baja Ringan Miring

Source : Living in Container

Ide-ide menarik yang segar memang bisa muncul dari pengaplikasian desain minimalis modern. Model atap rumah baja ringan yang berbentuk miring salah satunya.

Padukan dengan material dinding kaca, dan bentuk beberapa ruang dalam desain ruang terbuka. Contoh atap baja ringan di atas pasti akan membuat hunian lebih sejuk dan menarik.

7. Atap Modern Berbentuk Vertikal

Source : Behance

Jika Pins merupakan salah satu penghuni yang senang dengan ruang berlebih dalam lahan yang terbatas, atap model vertikal atau datar bisa menjadi pilihan. Atap tersebut bisa menjadi ruang serbaguna seperti taman ataupun ruang barbaerque bersama keluarga.

8. Model Atap Berwarna

Source : Kodiak Steel Homes

Material baja ringan merupakan material daur ulang yang dapat dilelehkan dan dibentuk untuk keperluan bangunan lainnya. Hal ini menjadikannya cocok untuk ditempatkan dalam rumah ramah lingkungan.

Apalagi ditambah dengan warna-warna yang menarik seperti hijau gelap, merah marun hingga hitam pekat. Model atap warna-warni ini akan membuat rumah kamu mencuri perhatian.

9. Model Atap Baja Ringan Bertumpuk

model atap baja ringan
Source : Pinterest

Kesan misterius mungkin akan terlintas bila Pins melihat model atap satu ini dalam hunian. Namun depan penerapan material baja ringan, hal tersebut akan musnah seketika. Material modern satu ini mampu membuat model atap bertumpuk menjadi sedap dipandang.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

10. Atap Baja Ringan Desain Futuristik

model atap baja ringan
Source : Living ASEAN

Selanjutnya model atap futuristik. Material baja ringan yang terkenal kuat, mampu dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan tampilan yang cukup aneh. Namun, tidak perlu khawatir desain seperti ini kini sedang digandrungi kaum milenial lho!

11. Model Atap Modern Crossing

model atap baja ringan
Source : sofafurnishingdesigns.info

Ada lagi nih Pins desain atap yang terlihat modern namun tetap unik, yaitu penggunaan atap baja silang yang mengarah kepada bentuk bangunan datar. Atap satu ini cenderung bermotif dengan material baja yang dipadukan dengan ukuran yang berbeda. Namun jangan salah, tipe satu ini juga mampu melindungi hunian dengan baik.

12. Desain Atap Melengkung

model atap baja ringan
Source : Steelmasterusa

Desain atap melengkung mungkin akan sering Pins lihat dalam bangunan publik. Namun, pengaplikasian pada hunian juga tidak kalah menarik.

Sifat dari baja ringan yang cenderung lentur mampu membuat tampilan atap semakin menarik. Tidak hanya itu, aliran air pada atap pun akan mengalir dengan baik tanpa meninggalkan genangan.

13. Atap Pelana Modern

model atap baja ringan
Source : Rooma

Desain atap pelana klasik memang terkenal menjadi desain atap umum yang sering digunakan dalam perumahan. Hal tersebut tidak terkecuali pada penerapan dengan bahan material baja ringan. Kamu bisa menggunakan tampilan modern dengan perpaduan dinding kayu agar terasa lebih hangat.

14. Model Atap Rumah Baja Ringan Klasik

model atap baja ringan
Source : mcelroymetal

Model atap klasik pun juga bisa menerapkan penggunaan material baja ringan lho! Atap satu ini mempunyai dekorasi atap kecil yang biasanya digunakan sebagai jendela untuk lantai di atas. Gunakan warna-warna lembut untuk tampilan rumah yang cerah.

Baca juga: Rumah Klasik Eropa Terbaik Bernuansa Megah

15. Atap Plana Datar

model atap baja ringan
Source : Houzz

Bila Pins ingin menggunakan atap pelana yang unik dan terlihat lebih menarik, kamu dapat menggunakan desain satu ini. Atap pelana yang cenderung datar bisa menjadi pilihan. Cocok diaplikasikan menggunakan material baja ringan dengan denah rumah satu lantai.

16. Model Atap Rumah Baja Ringan Campuran

model atap baja ringan
Source : Houzz

Selanjutnya adalah pilihan material baja ringan pada penerapan model atap campuran. Seperti atap segitiga dengan atap miring, atap pelana dengan atap datar dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Pins kreasikan karena material baja ringan mudah dibentuk dan ringan dalam pemasangan.

17. Atap Limas Modern

model atap baja ringan
Source : Houzz

Terakhir adalah adaptasi desain atap tradisional dan modern. Atap limas bisa menjadi modern dengan penggunaan material baja ringan. Lihat contohnya di atas. Bagian segitiga pada atap bisa digunakan untuk sirkulasi udara maupun ruangan mezzanine.

Cukup banyak bukan model atap baja ringan yang dapat Pins terapkan pada hunian? Pins pun bisa berkreasi kembali dengan bentuk lainnya. Hal terpenting, perhatikan ketebelan dan bentuk dari baja ringan dan pastikan pengaplikasiannya dilakukan oleh ahli agar aman dan benar ya!

Baca juga:

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download