BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Rumah Simpel Modern 2023
0
0

10 Ide Desain Rumah Simpel Modern 2023

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Okt 19, 2023

19 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah minimalistop-right-banner

Ide desain rumah simpel dan modern selalu menjadi buruan untuk siapa pun yang ingin membangun rumah. Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa membangun rumah dengan desain minimalis itu sulit karena banyaknya kondisi yang tidak memungkinkan.

Seperti bingung dengan desain dari rumah yang harus dibuat, bingung dengan tata letak ruangan, atau bahkan karena keterbatasan lahan dan juga biaya yang tersedia. Padahal faktanya, berbagai kondisi tersebut sangat mudah untuk diperhitungkan.

Pada dasarnya membuat sebuah rumah minimalis itu sangatlah mudah dan juga tidak menghabiskan banyak biaya. Sebab penataan tempat dan juga lahan bisa dipangkas seminimal mungkin dan juga dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk ruangan. Nah, untuk Pins yang ingin membangun rumah dengan desain minimalis, berikut ini berbagai ide desain rumah simpel modern 2023 yang bisa kamu jadikan inspirasi!

Pins juga dapat menemukan rumah simpel nan modern di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Selain di rumah siap huni tersebut, Pins juga dapat membangun rumah dengan desain simpel modern Pins sendiri dengan menggunakan Pengajuan KPR.

Baca juga: Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Desain Rumah Simpel Minimalis

desain rumah minimalis
Source : Hustopia

Desain minimalis terbentuk berdasarkan pola gaya hidup. Arti bangunan minimalis itu sendiri sebenarnya terinspirasi dari gaya hidup Zen, yang berasal dari Jepang. Zen memiliki arti bahwa semakin sedikit barang, perabotan atau benda yang akan dipakai atau miliki, maka semakin tenang dan nyamanlah kehidupan sehari-hari seseorang.

Itulah mengapa pada gaya desain rumah minimalis, sedikit sekali menggunakan atau bermain banyak warna. Dalam pengaplikasia desain rumahnya juga sesedikit mungkin menggunakan furnitur dan barang-barang di dalamnya.

Misalnya dalam ruang keluarga, di dalam ruangan ini tidak perlu menaruh banyak kursi maupun sofa. Bila perlu, cukup menaruh karpet atau bisa juga yang sekarang ini sedang tren seperti kursi dan meja portable yang bisa di lipat menyesuaikan keadaan.

Pada intinya semakin sedikit jumlah barang atau interior yang akan dipakai di dalam ruangan tersebut, maka semakin juga minimalislah gaya rumah yang akan kamu tempati.

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Atap Rata

Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
Source : Detik.com

Memiliki desain rumah minimalis sangatlah tren di zaman sekarang ini, desain untuk rumah minimalis sangatlah beragam dan menarik. Dengan kata minimalis ini bukan berarti rumah terlihat sempit, tapi tergantung desain yang diterapkan pada rumah itu sendiri.

Desain dan tampilan yang baik akan memberikan kesan yang lebih luas dan menarik. Dan untuk memiliki desain unik memerlukan arsitektur yang tahu betul bagaimana untuk membuat rumah tetap terlihat cantik meskipun lahannya terbatas.

Tetapi meskipun begitu, ada juga berbagai kelebihan dan kekurangan desain rumah minimalis di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: 10 Warna Cat Garasi Rumah Minimalis

1. Tidak Memakan Lahan yang Banyak

Keterbatasan menguluarkan uang banyak untuk membeli sepetak lahan adalah salah satu kunci untuk memutuskan membuat desain rumah minimalis. Inilah mengapa banyak orang yang membuat rumah berdesain minimalis, upaya kita hanya perlu memaksimalkan soil yang ada.

Akan lebih baik apabila membuat desain rumah minimalis yang memiliki dua lantai, karena memiliki banyak ruangan yang bisa lebih bermanfaat serta memberikan ruangan privasi yang nyaman.

2. Ruangan yang Bisa Dipisahkan untuk Privasi

Desain rumah minimalis tingkat satu mungkin bukan pilihan yang tepat, dikarenakan kita tidak bisa memiliki ruangan pribadi yang cukup luas. Oleh karena itu rumah minimalis 2 tingkat adalah jawaban yang benar.

3. Memiliki Desain yang Unik dan Menarik

Desain rumah minimalis selalu lebih spesial dari yang lain, karena kodisi rumah yang berbeda ini kita bisa menerapkan desain unik yang beda dari yang lain. Dengan lahan yang tidak luas ini bukan berarti membuat pemilik rumah maupun tamu yang berkunjung merasa tidak nyaman.

4. Memiliki Ruang yang Sempit

Beberapa ruangan di rumah minimalis ini mungkin tidak akan terlalu besar karena luas tanah yang terbatas. Kamu tidak bisa leluasa dengan keadaan rumah yang sempit ini.

5. Menghambat Kegiatan Harian

Dengan ruangan yang tidak memiliki jarak pandang luas ini akan membuatmu terasa canggung dengan orang yang sedang bertamu, terkadang ruangan tamu juga tidak bisa terus terlihat rapih dan nyaman untuk tamu.

Baca juga: 7 Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis

Ide Desain Rumah Simpel

Bagi Pins yang ingin membangun rumah minimalis, maka berikut adalah beberapa ide desain rumah simpel minimalis modern yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Desain Rumah Simpel Modern Tingkat Oranye

desain rumah minimalis
Source : Pinterest

Desain pertama untuk rumah simpel modern yang dapat Pins ikuti, adalah pada hunian tingkat 2 oranye satu ini. Dapat Pins lihat, arsitektur pada rumah ini terlihat simpel namun tetap memiliki unsur modern. Mulai dari penggunaan pagar yang terbuat dari besi berwarna hitam, digunakan untuk menjaga rumah sekaligus menjadi penjaga kendaraan yang terparkir di carport rumah.

Pada tingkatan ke-2, terdapat balkon yang mengarah langsung ke depan rumah. Di sebelah balkon terdapat artistik dinding yang terbuat dari batu alam berwarna gelap. Rumah oranye satu ini menggunakan desain atap yang miring ke samping.

Baca juga: 4 Tips Desain Rumah Simpel Ala Pasangan Muda

2. Rumah Simpel Modern Batu Alam

model rumah minimalis
Source : Pinterest

Desain selanjutnya yang dapat Pins terapkan pada konstruksi bangunan kamu adalah rumah simpel modern dengan arsitektur batu alam di bagian depannya. Dapat kamu lihat, hampir sepenuhnya pada bagian dinding depan dipenuhi oleh desain batu alam. Lalu, pada bagian lainnya terdapat dinding yang terbuat dari semen dan balutan kayu dekat dengan pintu masuk rumah.

Rumah simpel modern satu ini memiliki halaman yang luas, yang sama dengan ukuran carport-nya. Ketahui juga tips dekorasi rumah simpel, wujudkan suasana lebih nyaman!

3. Hunian Simpel Modern di Perumahan

warna cat rumah
Source : Pinterest

Desain ketiga pada hunian simpel modern berikut ini, banyak sekali Pins temukan di komplek atau di perumahan saat ini. Model minimalis menjadi konsep utama perumahan-perumahan tersebut. Terdapat model layaknya 2 penopang atau pilar di depan pintu masuk, lalu rumah ini juga memiliki jendela yang cukup besar untuk tempat masuknya cahaya ke dalam rumah.

Hunian satu ini memiliki model atap terpisah yang didesain berundak.

4. Desain Rumah Simpel Modern Abu-Abu Elegan

gambar rumah minimalis sederhana
Source : Pinterest

Pada desain rumah simpel modern selanjutnya, memiliki konsep rumah minimalis yang elegan. Rumah satu ini dibangun tanpa pagar dan dibangun dengan konsep terbuka dari banyaknya penggunaan jendela-jendela sebagai pintu masuk cahaya. Rumah satu ini memiliki carport sekaligus halaman untuk kamu yang suka sekali berkebun.

Model bangunan yang diterapkan sangat unik, ditambah lagi hunian satu ini menggunakan konsep atap yang datar. Ketahui contoh desain rumah atap datar 1 lantai yang menarik.

5. Rumah Simpel Modern dengan Carport

model rumah minimalis
Source : Pinterest

Desain rumah simpel dan modern kelima memiliki pintu yang berada di depan, namun arahnya didesain menghadap ke samping. Hal ini bertujuan agar ketika pintu rumah kamu terbuka, orang yang berlalu lalang di jalan tidak melihat secara langsung ke dalam rumah kamu.

Rumah satu ini dilengkapi dengan carport tanpa atap. Terdapat halaman di bagian depan untuk kamu menyimpan tanaman-tanaman segar. Lalu, atap rumah yang digunakan juga terpisah dengan konsep berundak.

6. Desain Hunian Simpel Modern Biru Berpagar Minimalis

warna cat rumah
Source : Pinterest

Desain hunian berikut ini dapat kamu ikuti untuk menciptakan rumah yang simpel dan modern. Pada rumah yang berada di gambar di atas, dinding rumahnya memiliki konsep balutan kayu dan dipercantik dengan warna biru. Pagar yang digunakan memiliki konsep mini.

Atap rumah yang digunakan memiliki perbedaan ukuran dan posisi. Atap utama dibangun dengan bentuk segitiga dan atap kedua yang berada di atas pintu masuk juga dibangun dengan bentuk segitiga. Perbedaannya adalah ukuran atap tersebut, atap yang berada di atas pintu masuk dibangun dengan ukuran lebih kecil yang membuatnya terlihat unik. Kamu dapat menerapkan desain rumah atap miring untuk hunian lebih modern!

7. Desain Rumah Simpel Modern Krem

rumah minimalis modern
Source : Pinterest

Desain rumah ketujuh dapat menjadi referensi kamu ketika membangun rumah yang simpel dan modern. Seperti rumah pada gambar di atas, rumah tersebut terlihat luas dan megah karena posisi rumah yang berada di hook. Rumah hook adalah rumah yang berada di ujung atau pojok kavling dan memiliki dua sisi terbuka karena mendapat sisa lahan.

8. Desain Hunian Simpel Modern Banyak Jendela

Source : iStock

Di desain hunian kali ini, hunian simpel dan modern dikonsepkan dengan arsitektur rumah yang terlihat seperti rumah biasa saja dari lantai 1 dan lantai 2, tanpa ada lekukan-lekukan. Rumah ini tercipta dengan tambahan atap segitiga. Bangunan yang terlihat simpel, namun bangunan ini juga tetap terlihat modern, karena penggunaan warna dan tambahan jendela yang simetris satu sama lain.

Coba ketahui tips menentukan ukuran jendela rumah agar pengaplikasiannya tepat!

9. Hunian Simpel Modern Monokrom

Source : iStock

Di desain hunian simpel nan modern kesembilan, kamu dapat menerapkan konsep monokrom pada penggunaan warna terluar dari rumah. Rumah satu ini terlihat simpel sekali, dengan model atap yang satu lebih tinggi dari atap sebelahnya. Dinding berwarna putih dimodelkan seperti terbalut dengan kayu mewah. Lalu, warna putih tersebut diselingi dengan warna hitam pada kusen pintu dan jendela.

10. Rumah Simpel Modern Putih Berpadu Kayu

Source : iStock

Desain rumah simpel modern yang terakhir memiliki konsep bangunan yang dibangun menggunakan batako dan kayu. Batako dijadikan sebagai pondasi dan tembok, sebagiannya lagi dilengkapi dengan kayu-kayu yang menuju ke susunan atap. Rumah satu ini menggunakan atap bermodel segitiga yang tidak menyatu. Tambahannya kamu dapat membangun garasi yang menyatu dengan rumah.

Kamu dapat mengikuti inspirasi desain mushola untuk rumah kamu yang simpel dan minimalis.

Ide Warna Cat Interior Untuk Desain Rumah Simpel

Banyak orang yang menyukai desain rumah minimalis karena desainya yang unik. Kejelian dalam mendesain rumah minimalis begitu penting. Memadu-padukan warna rumah, motif, perabot, eksteriror maupun interior membutuhkan kecermatan dalam mengaplikasikanya.

Berikut ini berbagai ide warna cat interior yang cocok diterapkan pada desain rumah simpel minimalismu!

1. Ide Warna Cat Serba Putih

warna cat rumah
Source : Pinterest

2. Ide Warna Cat Interior Monokrom

desain rumah minimalis
Source : Pinterest

3. Warna Cat Interior Rumah Monokrom #2

desain rumah minimalis
Source : Pinterest

4. Ide Warna Interior Garis Hitam Putih Simpel

gambar rumah minimalis sederhana
Source : Pinterest

5. Warna Cat Interior Rumah Klasik

gambar rumah minimalis sederhana
Source : Pinterest

Nah itulah berbagai ide desain rumah simpel, minimalis dan modern beserta ide warna cat rumah untuk interior di dalamnya. Sebaiknya di dalam pembangunan rumah, kamu harus menanyakan pendapat ke orang lain, atau bertanya kepada ahlinya terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar hunian minimalis tak lari dari konsep serta pemanfaatan lahan yang lebih optimal. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download