Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 6 Jenis Kayu untuk Furniture yang Paling Banyak Digunakan

Lifestyle

6 Jenis Kayu untuk Furniture yang Paling Banyak Digunakan

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Beragam jenis kayu-kayuan yang ada di pasaran memang menjadi pilihan terbaik dalam membuat rumah minimalis terlihat menawan. Kayu untuk furniture yang unik akan membuat ruang terasa lebih hangat hadir sebagai penyelaras diantara ruang yang monoton. Sebenarnya ada apa saja jenis kayu yang dipakai untuk bahan mebel?

Pinhome – Kekayaan alam Indonesia yang luar biasa menghadirkan beragam sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain obat herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, kayu pun banyak diperoleh dari beberapa pohon yang tersedia di wilayah Indonesia. Kayu untuk furniture yang berasal dari Indonesia pun membuat perekonomian negara lebih baik dengan mengekspor hingga ke mancanegara. 

Untuk melihat jenis kayu untuk furniture terbaik, di bawah ini tersaji ke-6 kayu yang bisa Pins gunakan. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Langsung saja yuk simak!

Baca juga: 15 Ide Dekorasi Rumah Kayu Sederhana yang Mudah Ditiru

Kayu Jati

kayu untuk furniture
(Bramble Furniture)

Pasti semua orang setuju! Menempati urutan pertama, kayu jati merupakan jenis kayu untuk furniture yang memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bahkan sebagian orang mengenal kayu untuk bahan mebel hanyalah kayu jati, walaupun ternyata banyak lagi jenisnya yang belum mereka ketahui. 

Kayu jati memiliki beberapa keunggulan antara lain, tidak akan pudar warnanya meski sudah lama, tidak akan berubah bentuk atau mengalami pembengkakan atau pengeroposan, dan kuat terhadap berbagai macam guncangan. Inilah mengapa kayu dengan harga cukup tinggi ini selalu menjadi incaran para konglomerat yang menginginkan furniture rumah awet dan tentunya terlihat berkelas.

Baca Juga:

Mewahnya Rumah Nia Ramadhani di Menteng dan Beverly Hills

Kayu Mahoni

kayu untuk furniture
(Bio Polish)

Selain untuk keperluan mebel, kayu mahoni juga dapat digunakan sebagai penguat struktur bahan bangunan. Jenis kayu untuk furniture ini, sering disamakan dengan kayu jati walaupun kualitasnya masih di bawah kayu dengan harga tinggi tersebut. Ada baiknya bila menggunakan kayu mahoni, mohon untuk menghindari penempatannya pada ruangan outdoor. Mengapa seperti itu? Kayu mahoni rentan menimbulkan jamur bila berada pada tempat yang lembab dan cenderung basah.

Namun Pins, tampilan serat kayu halusnya, justru banyak dicintai. Hal ini akan membuat furnitur terlihat lebih menarik. Jadi, bila Pins memilih bahan kayu satu ini pada furniture, sebaiknya tempatkan di dalam ruangan ya! Bila ditempatkan dan dirawat dengan baik, kayu mahoni mampu bertahan lama.

Kayu Sonokeling

(Yale E360)

Jenis kayu olahan untuk furniture selanjutnya adalah kayu sonokeling. Kayu ini memiliki ciri khas unik berwarna gelap dan mudah untuk dikenali. Rumah elegan klasik sangat cocok menggunakan jenis kayu satu ini sebagai furniture. Kualitasnya hampir setara dengan kualitas kayu jati namun kayu sonokeling keberadaannya mulai mengkhawatirkan. Kayu satu ini cenderung langka, maka dari itu harga jualnya cukup tinggi.

Sering disebut pula kayu hitam karena ciri khas warnanya, sonokeling masuk dalam jenis kayu keras yang memang tergolong kokoh dan kuat. Tidak heran kegunaannya dalam dunia mebel tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, kayu ini juga anti rayap karena kandungan alami getahnya yang dapat mengusir hewan rayap.

Baca Juga:

8 Cara Menghilangkan Rayap Di Lemari Dan Rumah Secara Alami

Kayu untuk Furniture Jenis Pinus

kayu untuk furniture
(Custom Mebel)

Bila dibandingkan dengan rekan kayu lainnya, kayu pinus memiliki harga yang sangat terjangkau. Jenis kayu olahan untuk furniture ini, memiliki warna yang cenderung lebih terang dengan warna yang mirip dengan kayu sungkai. Kayu ini lebih sulit dibentuk, karena masuk dalam kategori kayu keras. Cocok sekali digunakan pada hunian baik sebagai rangka tempat tidur hingga tempat duduk dan meja pada ruang makan. Bila hunianmu bergaya rustic, kayu sungkai bisa menjadi peneman yang sangat selaras.

Dalam segi perawatan, kayu sungkai cenderung rewel. Hal tersebut dikarenakan kayu ini mudah tergores dan meninggalkan bekas. Maka dari itu Pins harus berhati-hati dalam pemakaian. Kayu sungkai dalam furniture dicintai karena mudah dipindahkan dan tergolong material yang cukup ringan.

Kayu Merbau

(TV Periscope)

Kayu merbau berasal dari pohon merbau yang tumbuh banyak pada wilayah Indonesia, khususnya di luar Pulau Jawa. Mirip seperti kayu sonokeling yang tergolong sebagai kayu keras, kayu merbau pun mampu digunakan sebagai bahan konstruksi pembangunan. Dengan karakteristik menarik, kayu merbau memiliki tekstur kasar dan bermotif garis lurus. Dalam segi warna, kayu ini lebih bervariasi, ada yang coklat kemerahan, kuning kecoklatan bahkan hitam.

Jenis kayu olahan untuk furniture berbahan merbau mampu bertahan pada ruangan outdoor. Tidak heran kayu satu ini cocok digunakan sebagai mebel penghias teras rumah, hingga halaman rumah. Tidak perlu khawatir seperti kayu mahoni yang rentan akan kelembapan, kayu merbau dijamin anti rayap walaupun berada di luar ruangan.

Kayu untuk Furniture Jenis Sungkai

kayu untuk furniture
(Brambel Furniture)

Masih dalam kategori jenis kayu keras, kayu sungkai pun bisa menjadi pilihan untuk perabot di rumah. Jenis kayu olahan untuk furniture berbahan sungkai ini, memiliki ciri khas warna yang terang. Warna kuning muda bahkan krem bisa Pins miliki dengan penggunaan kayu satu ini. Pohon sungkai yang bisa Pins temui di wilayah Kalimantan dan Sulawesi ini, memiliki alur serat lurus dan bergelombang. Tidak hanya sebagai material perabot, kayu sungkai pun banyak digunakan sebagai rangka atap maupun jembatan.

Bila hunian milikmu bergaya minimalis, kayu ini menjadi jenis kayu terbaik yang dapat dijadikan pilihan. Warna orisinal yang selaras dengan tema minimalis, membuatnya cocok disandingkan dengan dekorasi abstrak yang cenderung polos. Namun, tenang Pins, untuk mendapatkan furniture berbahan kayu sungkai, kamu tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam. Pins bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Itulah ke-6 jenis kayu untuk furniture yang paling diminati oleh masyarakat. Harganya cukup beragam dan tetap bisa menyesuaikan dengan anggaran yang telah dibuat. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel