Pinhome

Tips Properti

Plafon Rumah Minimalis Terbaru

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 7 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Memiliki rumah yang indah adalah impian hampir setiap orang. Karena dengan rumah yang bagus dan indah akan membuat siapa saja yang tinggal di dalamnya lebih nyaman. Sehingga menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah menjadi lebih menyenangkan. 

Namun memiliki rumah yang indah berarti Anda juga harus memikirkan banyak komponen, salah satunya plafon. Biasanya plafon rumah dirancang dengan model sederhana karena tidak terlalu dilihat mata. Padahal jika merancang plafon rumah dengan tampilan unik dan menarik dapat membuat rumah menjadi semakin bagus lho! 

Nah bagi Pins yang penasaran bagaimana model plafon rumah yang menarik, yuk simak fungsi plafon serta berbagai inspirasi plafon rumah minimalis terbaru pada ulasan di bawah ini.

Fungsi Plafon

Meski terkadang dianggap sepele, plafon memiliki fungsi penting di dalam rumah lho! Plafon berfungsi sebagai penutup rangka atap. Dengan plafon, tentunya bagian ruangan di bawah rangka atap dapat lebih terlindungi jika terjadi dari debu-debu yang terdapat pada rangka atap serta melindungi bagian dalam rumah dari efek cuaca seperti terik matahari atau udara lembab akibat hujan.

Plafon rumah juga berfungsi untuk menyembunyikan instalasi listrik pada rumah sehingga tampilan rumah lebih rapi tanpa kabel-kabel listrik yang berkeliaran. Hal ini juga tentu membuat rumah lebih aman karena kabel tersimpan rapi di balik plafon.

Plafon dengan Aksen Kayu

(Pinterest)

Model plafon rumah minimalis terbaru yang pertama adalah plafon dengan aksen kayu. Plafon dengan aksen kayu akan membuat tampilan rumah Anda menjadi minimalis modern dan mewah. Warna kayu pada plafon juga akan membuat tampilan rumah menjadi lebih warm. Anda bisa menggunakan kayu sungguhan atau PVC plafon untuk membuat aksen kayu tersebut.

Plafon dengan Lampu Tanam

(Pinterest)

Inspirasi model plafon rumah minimalis terbaru selanjutnya adalah plafon dengan lampu tanam. Ya, model plafon yang satu ini memang cukup populer dan telah banyak digunakan baik di perkantoran atau rumah-rumah modern. 

Lampu tanam yang diletakkan pada plafon akan membuat tampilan plafon lebih modern. Selain itu biasanya lampu tanam ini dibuat lebih dari satu, sehingga cahaya pada ruangan akan lebih terang.

Plafon dengan Susunan Kayu

(Pinterest)

Jika biasanya susunan kayu digunakan sebagai partisi atau pintu pada rumah-rumah minimalis modern, ternyata susunan kayu juga bisa digunakan sebagai plafon lho! 

Plafon dengan kayu yang disusun rapi akan membuat tampilan plafon lebih modern. Anda bisa menggunakan susunan kayu pada bagian pinggir plafon saja agar lebih unik dan cantik.

Plafon Bergaya Industrial

plafon rumah minimalis terbaru
(Pinterest)

Plafon bergaya industrial merupakan plafon yang diberikan unsur beton, besi atau kayu yang dipadukan dengan warna putih, hitam atau abu-abu pada bagian dinding. Sentuhan industrial pada plafon tentu akan membuat tampilan rumah Anda semakin modern. Terlebih dengan lampu gantung yang juga bergaya industrial juga akan menambah nilai estetika pada rumah Anda.

Plafon dengan Garis Asimetris

(Pinterest)

Inspirasi model plafon selanjutnya adalah plafon dengan garis asimetris. Ya, garis asimetris pada plafon akan membuat tampilan plafon lebih artistik sehingga menambahkan nilai estetika pada rumah Anda.  Model plafon yang satu ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau karena bisa dibuat sendiri menggunakan cat tembok. Pins bisa menggunakan cat dengan warna metalic seperti emas, silver atau warna solid seperti hitam untuk membuat garis pada plafon.

Plafon dengan Lipatan

plafon rumah minimalis terbaru
(Pinterest)

Plafon dengan lipatan adalah model plafon yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk merancang plafon di rumah. Pins bisa membuat plafon dengan lipatan-lipatan di sepanjang ruangan. Lipatan-lipatan ini akan membuat tampilan rumah lebih unik dan menarik.

Plafon Kaca Transparan

(Pinterest)

Plafon kaca adalah salah satu plafon yang sering digunakan. Biasanya plafon kaca ini digunakan pada ruangan-ruangan tertentu di dalam rumah seperti ruang makan, kamar dan masih banyak lagi. 

Plafon kaca ini akan memberikan akses cahaya matahari masuk lebih banyak ke dalam ruangan. Sehingga, ruangan jadi lebih hemat listrik karena pencahayaannya sudah terpenuhi secara langsung. Selain itu dengan plafon kaca ini, tampilan rumah juga akan menjadi lebih modern.

Plafon Kaca Semi Transparan

plafon rumah minimalis terbaru
(Pinterest)

Inspirasi model plafon rumah minimalis terbaru yang terakhir adalah plafon kaca semi transparan. Biasanya plafon kaca semi transparan ini digunakan pada rumah-rumah minimalis modern. 

Fungsinya supaya rumah mendapatkan lebih banyak cahaya pada siang hari sehingga lebih menghemat listrik. Penggunaan plafon kaca semi transparan ini bisa digunakan pada ruang makan, kamar mandi atau dapur yang akan memberikan banyak cahaya pada ruang tersebut.

Plafon Cermin

plafon rumah minimalis terbaru
(Pinterest)

Biasanya plafon cermin digunakan pada tempat-tempat olahraga seperti ruang senam. Namun model plafon ini juga bisa Pins gunakan di rumah lho! Pins bisa menggunakan plafon kaca pada ruang-ruang tertentu. 

Dengan plafon cermin, tentu akan membuat ruangan terasa lebih luas karena pantulan bayangan yang dihasilkan oleh cermin. Selain itu, dengan menggunakan plafon cermin tampilan rumah menjadi lebih modern.

Itulah informasi tentang fungsi plafon dan berbagai inspirasi model plafon rumah minimalis terbaru yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Semoga dengan ulasan di atas, Pins tidak ragu lagi untuk berkreasi dalam merancang plafon rumah.

Baca Juga: Perbandingan Plafon Gypsum Dan Plafon Asbes


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel