13 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 8 January 2022 ∙ 7 menit membaca

Menciptakan desain rumah yang cantik dan menawan tidak akan lepas dari peran plafon interior rumah. Pasalnya, desain dan warna cat plafon rumah akan sangat berpengaruh menghasilkan desain interior yang bagus, terutama ketika berada di ruang tamu atau ruang makan. Selain itu, penting untuk mengetahui kombinasi warna cat plafon dan dinding yang tepat.

Plafon berfungsi sebagai langit-langit rumah yang menutup dan membatasi atap bangunan. Langit-langit ini mencegah panas atau dingin dari luar agar tidak langsung terasa ke dalam rumah. Mengingat fungsi plafon penting, tentu kamu patut melihat pula sisi tampilannya.

Banyak orang menggunakan warna cat yang senada antara plafon dan dinding. Jika Pins bosan dengan warna yang monoton, mari simak kumpulan kombinasi warna cat plafon dan dinding yang unik untuk desain rumah Pins. 

Baca juga: Jenis-Jenis Plafon Hollow, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menghitungnya

Kombinasi Coklat, Orange, dan Putih

(Pinterest)

Rekomendasi warna cat yang pertama untuk plafon dan dinding rumah Pins adalah perpaduan warna coklat, orange, dan putih. Warna ini terbilang cukup unik karena tidak banyak orang yang menggunakannya. 

Namun siapa yang tahu bahwa dari percampuran plafon warna orange dan cat dinding warna coklat akan menghasilkan desain rumah yang hangat dan nyaman. Kombinasi tiga warna ini sangat cocok untuk Pins letakkan pada ruang tamu atau ruang keluarga. 

Baca juga: Tips Membuat Plafon Minimalis dan Model Terbaiknya

Perpaduan Hitam dan Putih

(Pinterest)

Memang paduan warna monokrom tidak pernah menjadi pilihan yang salah untuk warna cat plafon dan dinding. Kombinasi warna putih dan hitam sudah marak sekali digunakan pada rumah-rumah modern masa kini. 

Dengan plafon warna hitam dan dinding dengan cat putih akan mengesankan rumah yang bersih dan tertata rapi. Selain itu, warna cat ini sangat mudah untuk didapatkan dan tidak pernah membosankan. Namun, Pins harus lebih berhati-hati supaya dinding rumah tidak kotor karena warna putih. 

Paduan Pink Pastel dan Mint

(Pinterest)

Kombinasi warna cat plafon dan dinding selanjutnya ini hadir dengan kesan yang lebih tenang dan imut. Paduan warna mint dan pink pastel bisa disebut sebagai kombinasi yang sempurna karena mengesankan hidup yang berwarna. Kombinasi warna kali ini sebenarnya sangat cocok untuk Pins aplikasikan pada kamar tidur anak perempuan. 

Dengan plafon warna pink pastel dan dinding mint, dapat dijamin sang anak akan sangat senang. Untuk menambah keserasian, Pins dapat gunakan gorden atau sarung bantal dengan warna yang sama antara keduanya. 

Kombinasi Ungu dan Kuning

(Pinterest)

Campuran kedua warna plafon dan dinding yang satu ini dihadirkan untuk Pins yang suka dengan perpaduan warna yang kontras. Plafon berwarna kuning dan dinding ruangan berwarna ungu mengesankan desain ala vintage yang sangat bermain dalam segi campuran warna. Dengan campuran kedua warna ini dapat membuat Pins tidak mudah bosan pada saat berada di rumah karena rumah akan terasa lebih cerah dan berwarna. 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC yang Perlu Kamu Ketahui!

Campuran Biru dan Putih

(Pinterest)

Kombinasi warna cat plafon dan dinding rumah selanjutnya ini sangat mencerminkan kesegaran di dalam rumah. Pins aplikasikan warna biru pada dinding rumah dan gunakan cat warna putih pada bagian plafon. Dengan kombinasi dua warna ini membuat ruangan rumah Pins terasa lebih lega lho. Ini juga menghasilkan pencahayaan rumah yang lebih baik karena tampak lebih cerah. 

Warna Abu-abu dan Kuning

(Pinterest)

Warna cat abu-abu pada sebuah ruangan mengartikan estetika dan sisi elegan yang tinggi. Warna abu-abu pada dinding ruangan menjadikan desain rumah memiliki karakter yang kuat.

Namun untuk memberikan sedikit sentuhan warna, Pins dapat gunakan warna kuning pada bagian plafon. Dengan begitu, ruangan akan tampil lebih berwarna dan tidak membosankan. Selain itu, gunakan sarung bantal dengan warna yang serasi untuk menambah keseimbangan warna. 

Kombinasi Hijau Muda dan Putih

(Pinterest)

Campuran warna plafon dan dinding rumah ini kembali hadir untuk memberikan ketenangan pada rumah. Dinding dengan cat warna putih memang tidak pernah salah, terlebih ditambah dengan plafon hijau muda beserta gorden dan komponen lain dengan warna yang sama. Dengan paduan dua warna ini akan membuat rumah Pins menjadi sangat nyaman untuk disinggahi.

Perpaduan Kuning dan Hitam

(Pinterest)

Jika Pins ingin memiliki warna desain interior rumah yang tidak biasa, paduan dua warna ini akan menjadi pilihan yang pas. Perpaduan warna cat plafon hitam dan dinding berwarna kuning membuat ruangan akan terasa sangat kontras. Rumah pun menjadi tidak membosankan dan terkesan lebih berani karena pencampuran warna yang sangat berbeda. 

Baca juga: Perbandingan Plafon Gypsum dan Plafon Asbes

Kombinasi Palet Ungu

(Pinterest)

Paduan warna plafon dan dinding selanjutnya dapat Pins aplikasikan dengan gradasi dari warna ungu. Dengan palet warna ungu yang bermacam-macam, Pins dapat aplikasikan keduanya pada plafon dan dinding. Desain rumah akan terkesan lebih feminim dan imut namun tetap indah. Rumah pun terasa lebih cerah dengan perabotan yang berwarna senada. 

Warna Abu-Abu dan Putih

(Pinterest)

Warna cat plafon dan dinding rumah yang terakhir ini tidak kalah bagus dari ide-ide yang sebelumnya. Percampuran warna abu-abu dan putih sudah cukup banyak Pins dapati pastinya. Oleh karena itu tidak perlu khawatir lagi untuk mengaplikasikannya pada plafon dan dinding rumah. Dengan palet warna yang sama sudah pasti akan selalu pas jika disandingkan. Paduan warna putih dan abu-abu akan membuat rumah menjadi lebih elegan dan rapi.

Warna Merah dan Pink

(Making It Lovely)

Bagi Pins yang menyukai film-film Hollywood lawas tentu tidak akan keberatan dengan perpaduan cat plafon warna merah dan dinding berwarna pink. Kombinasi warna ini biasa digunakan pada kamar dengan memanfaatkan detail-detail ornamen pada langit-langit untuk membuat warna merah lebih menonjol.

Dengan cat dinding warna pink yang lembut dan memanjakan, kamu bisa memadukan kedua paduan warna ini dengan lampu kamar kristal dan lukisan berbingkai emas. Ini akan menciptakan kesan mewah meski kamar kamu tidak begitu luas.

Warna Kuning dan Putih

(The Spruce)

Pins mungkin biasanya berpikir bahwa perpaduan warna kuning pada dinding dan warna putih pada langit-langit adalah kombinasi terbaik. Nyatanya, kamu bisa membalikkan kombinasi tadi, lho.

Kombinasi cat plafon warna kuning dan dinding warna putih di dapur apartemen ternyata membuat ruangan tersebut menjadi lebih cerah. Kehadiran dinding putih di dapur ini pun semakin mencerahkan ruangan. Kamu juga bisa menempatkan aksen kuning lainnya pada lampu atau bantalan kursi untuk menambah nuansa keceriaan di dalam ruangan.

Warna Pink dan Beige

(Houzz)

Paduan warna cat plafon dan dinding rumah lainnya yang cocok untuk kamar tidur adalah warna pink dan beige. Kamar ini menampilkan sisi feminim sekaligus menenangkan. Bagaimana tidak, langit-langit merah muda mawar akan tampak kontras dengan dinding berwarna beige yang hangat.

Pins juga bisa menambahkan trim putih dengan lapisan yang mengkilap untuk memisahkan kedua warna tadi. Dekorasi interior warna pink, putih, dan krem akan mengikat semuanya menjadi satu dan saling melengkapi menciptakan ruangan yang indah.

Itulah kumpulan kombinasi warna cat plafon dan dinding rumah yang dapat Pins jadikan referensi ketika sedang membangun atau merenovasi rumah. Dari berbagai pilihan warna di atas, pilihlah warna yang paling sesuai dengan kepribadian dan kegemaran Pins. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia