Begini Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Rumah

Pinhome

Begini Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 8 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Meningkatnya jumlah mobil menjadi salah satu hal yang tidak terelakkan. Ya, kendaraan bermotor yang satu ini memang menjadi penyumbang macet di berbagai daerah. Selain itu, meningkatnya jumlah mobil juga membuat banyak orang membangun garasi di rumah-rumah mereka. Hal ini untuk menampung kendaraan pribadi supaya tetap aman dan terkontrol dengan baik. Sayangnya, rumah yang tidak terlalu luas sering dianggap menjadi penghalang untuk membangun garasi mobil. Padahal ukuran garasi yang tepat tentu bisa membuat rumah tetap tertata dengan baik dengan tetap membuat kendaraan terparkir aman di rumah. 

Namun selain luas lahan, ukuran garasi memang harus dipertimbangkan dengan sangat matang supaya kendaraan dapat terparkir dengan aman tanpa terbentur dinding. Jadi panjang, lebar dan tinggi garasi harus dirancang sesuai dengan kebutuhan mobil kamu. Bagi kamu yang penasaran, ini dia ukuran garasi mobil yang ideal untuk rumah!

Perhitungkan Ukuran Mobil

(Pixabay)

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menghitung ukuran mobil ideal adalah dengan memperhitungkan ukuran mobil terlebih dulu. Dengan memperhitungkan ukuran mobil, Pins jadi memiliki gambaran yang lebih jelas seberapa besar garasi yang akan dibangun sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Misalnya saja pada jenis mobil kecil umumnya memiliki lebar sekitar 1,5-1,8 meter dengan panjang 4-5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter. Sedangkan pada mobil besar umumnya memiliki ukuran lebar 1,8-2 meter dengan panjang 5-5,5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter. Lalu pada mobil jenis van dan SUV umumnya memiliki lebar 1,8-2,1 meter dengan panjang 5-5,8 meter dan tinggi 1,5-2 meter.

Selain itu, kamu juga jadi bisa menggolongkan ukuran garasi menjadi dua kategori, yaitu garasi mobil kecil untuk beberapa jenis mobil seperti Suzuki Swift, Toyota Yaris, Honda Brio, LCGC, KIA Picanto dan masih banyak lagi. Sedangkan ukuran mobil besar ini bisa digunakan untuk beberapa jenis mobil besar seperti Kijang Innova, Honda Freed dan beberapa mobil berukuran besar lainnya.

Ukuran Garasi Mobil Ideal

(Pixabay)

Dalam menentukan ukuran yang tepat bagi garasi, Pins bisa mengkategorikannya lagi berdasarkan jumlah mobil yang kamu miliki. Pada ulasan kali ini, Pinhome akan membaginya menjadi dua kategori, yaitu ukuran garasi 1 mobil dan ukuran garasi 2 mobil. Ini dia penjelasan lengkapnya.

Garasi Satu Mobil

Dalam membangun garasi, tentu kenyamanan harus menjadi prioritas. Tidak hanya luas yang ideal, kenyamanan dalam memarkirkan mobil di rumah tentu akan menjadi hal yang krusial saat garasi selesai dibangun. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada ukuran garasi 1 mobil kecil hanya membutuhkan ukuran lebar 1,5-1,8 meter dengan panjang 4-5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter. Namun untuk ukuran garasi 1 mobil berukuran besar maka garasi perlu dibangun dengan ukuran ukuran lebar 1,8-2 meter dengan panjang 5-5,5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter.

Garasi Dua Mobil

Pada ukuran garasi 2 mobil tentu membutuhkan ukuran yang lebih besar. Umumnya garasi untuk 2 mobil ini membutuhkan lebar 6-6,5 meter. Dengan ukuran lebar ini akan memungkinkan tiap mobilnya terparkir dengan jarak yang lebih lebar. 

Namun perlu diingat bahwa dalam melakukan pembangunan garasi 2 mobil ini Pins harus mengukur mobil yang kamu miliki terlebih dulu supaya luas garasi dapat menampung mobil dengan baik.

Selain itu umumnya ukuran garasi ditambahkan sedikit untuk memberikan ruang antara mobil dengan dinding maupun dengan mobil lainnya. Panjang garasi dapat kamu tambahkan 100-120 cm, sehingga akan ada ruang sekitar 80-100 cm agar pintu mobil tidak berbenturan dengan dinding garasi. 

Sedangkan lebar garasi bisa kamu tambahkan 100 cm agar bisa memberikan ruang sebagai jalur orang untuk berjalan di garasi. Sedangkan pada tinggi garasi Pins perlu menambahkan 100 cm agar garasi lebih tinggi dan tidak terlalu sesak bagi mobil.  Rumus ideal lain untuk membangun garasi mobil adalah panjang mobil/lebar mobil/tinggi mobil + 1000 mm.

Jangan lupa untuk memasang pembatas pada garasi supaya saat Pins memarkirkan mobil tidak terbentur dinding. Selain itu, Pins juga bisa menambahkan lantai pada garasi mobil. Gunakan lantai dengan pori-pori kecil seperti keramik. 

Namun, pilihlah keramik dengan tekstur yang agak kasar supaya tidak terlalu licin saat terkena air. Selain itu, Pins juga perlu menentukan desain garasi yang ideal agar tampilan garasi lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk membuat ventilasi pada garasi supaya garasi tidak pengap dan sirkulasi udara berjalan lancar.

Itulah informasi mengenai ukuran garasi mobil ideal yang bisa menjadi panduan kamu dalam membangun garasi. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah wawasan kamu mengenai ukuran garasi yang tepat. Jangan lupa untuk mengukur mobil terlebih dulu sebelum merancang garasi rumah kamu ya! Ukuran mobil ini akan sangat menentukan apakah ukuran garasi sesuai dengan kebutuhan mobil kamu atau tidak.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel