Begini Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Ilham Aulia Fahmy ∙ January 19, 2023 ∙ 5 menit membaca

Meningkatnya jumlah mobil menjadi salah satu hal yang tidak terelakkan. Ya, kendaraan bermotor yang satu ini memang menjadi penyumbang macet di berbagai daerah. Selain itu, meningkatnya jumlah mobil juga membuat banyak orang membangun garasi di rumah-rumah mereka. Hal ini untuk menampung kendaraan pribadi supaya tetap aman dan terkontrol dengan baik. Sayangnya, rumah yang tidak terlalu luas sering dianggap menjadi penghalang untuk membangun garasi mobil. Padahal ukuran garasi yang tepat tentu bisa membuat rumah tetap tertata dengan baik dengan tetap membuat kendaraan terparkir aman di rumah. 

Namun selain luas lahan, ukuran garasi memang harus dipertimbangkan dengan sangat matang supaya kendaraan dapat terparkir dengan aman tanpa terbentur dinding. Jadi panjang, lebar dan tinggi garasi harus dirancang sesuai dengan kebutuhan mobil kamu. Bagi kamu yang penasaran, ini dia ukuran garasi mobil yang ideal untuk rumah!

Memperhatikan Terlebih Dahulu Ukuran Mobil

(Pixabay)

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menghitung ukuran mobil ideal adalah dengan memperhitungkan ukuran mobil terlebih dulu. Dengan memperhitungkan ukuran mobil, Pins jadi memiliki gambaran yang lebih jelas seberapa besar garasi yang akan dibangun sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Misalnya saja pada jenis mobil kecil umumnya memiliki lebar sekitar 1,5-1,8 meter dengan panjang 4-5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter. Sedangkan pada mobil besar umumnya memiliki ukuran lebar 1,8-2 meter dengan panjang 5-5,5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter. Lalu pada mobil jenis van dan SUV umumnya memiliki lebar 1,8-2,1 meter dengan panjang 5-5,8 meter dan tinggi 1,5-2 meter.

Selain itu, kamu juga jadi bisa menggolongkan ukuran garasi menjadi dua kategori, yaitu garasi mobil kecil untuk beberapa jenis mobil seperti Suzuki Swift, Toyota Yaris, Honda Brio, LCGC, KIA Picanto dan masih banyak lagi. Sedangkan ukuran mobil besar ini bisa digunakan untuk beberapa jenis mobil besar seperti Kijang Innova, Honda Freed dan beberapa mobil berukuran besar lainnya.

Baca juga: 13 Perbedaan Granit Dan Keramik, Bahan Mana Yang Cocok Untuk Lantai Rumah?

Garasi Satu Mobil

(Pixabay)

Dalam menentukan ukuran yang tepat bagi garasi, Pins bisa mengkategorikannya lagi berdasarkan jumlah mobil yang kamu miliki. Pada ulasan kali ini, Pinhome akan membaginya menjadi dua kategori, yaitu ukuran garasi 1 mobil dan ukuran garasi 2 mobil. Ini dia penjelasan lengkapnya.

Ukuran Garasi Satu Mobil

Dalam membangun garasi, tentu kenyamanan harus menjadi prioritas. Tidak hanya luas yang ideal, kenyamanan dalam memarkirkan mobil di rumah tentu akan menjadi hal yang krusial saat garasi selesai dibangun. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada ukuran garasi 1 mobil kecil hanya membutuhkan ukuran lebar 1,5-1,8 meter dengan panjang 4-5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter. Namun untuk ukuran garasi 1 mobil berukuran besar maka garasi perlu dibangun dengan ukuran ukuran lebar 1,8-2 meter dengan panjang 5-5,5 meter dan tinggi 1,4-1,5 meter.

Baca juga: Cara Menghitung Appraisal Rumah

Garasi Dua Mobil

Pada ukuran garasi 2 mobil tentu membutuhkan ukuran yang lebih besar. Umumnya garasi untuk 2 mobil ini membutuhkan lebar 6-6,5 meter. Dengan ukuran lebar ini akan memungkinkan tiap mobilnya terparkir dengan jarak yang lebih lebar. 

Namun perlu diingat bahwa dalam melakukan pembangunan garasi 2 mobil ini Pins harus mengukur mobil yang kamu miliki terlebih dulu supaya luas garasi dapat menampung mobil dengan baik.

Ukuran Garasi Dua Mobil

Umumnya ukuran garasi ditambahkan sedikit untuk memberikan ruang antara mobil dengan dinding maupun dengan mobil lainnya. Panjang garasi dapat kamu tambahkan 100-120 cm, sehingga akan ada ruang sekitar 80-100 cm agar pintu mobil tidak berbenturan dengan dinding garasi. 

Sedangkan lebar garasi bisa kamu tambahkan 100 cm agar bisa memberikan ruang sebagai jalur orang untuk berjalan di garasi. Sedangkan pada tinggi garasi Pins perlu menambahkan 100 cm agar garasi lebih tinggi dan tidak terlalu sesak bagi mobil.  Rumus ideal lain untuk membangun garasi mobil adalah panjang mobil/lebar mobil/tinggi mobil + 1000 mm.

Baca juga: Deretan Keramik Garasi Mobil Terbaik Anti Pecah

Contoh Ukuran Garasi

Ukuran garasi sebenarnya tidak ada yang pasti. Semua disesuaikan dengan mobil yang kamu miliki serta luas tanah yang tersedia dalam rumah. Beberapa contoh ukuran garasi mobil yang bisa kamu contoh:

Garasi untuk Mobil Avanza

Avanza generasi pertama rilis sekitar tahun 2003 dan memiliki panjang sekitar 4,07 hingga 4,12 meter. Lebarnya berkisar antara 1,63 meter hingga 1,64 meter dengan tinggi sekitar 1,6 meter, Untuk itu, kamu bisa membuat garasi dengan ukuran panjang 5 meter dengan lebar dan tinggi sekitar 2 hingga 2,5 meter

Garasi untuk Mobil Fortuner

Fortuner memiliki bodi yang sedikit lebih besar. Panjangnya sekitar 4,8 meter dengan lebar 1,9 meter dan tinggi 1,8 meter. Kamu bisa membuat garasi dengan panjang 6 meter dan lebar 3 meter dengan tinggi sekitat 2,5 meter. Hal ini akan menyediakan sisa ruang yang luas untuk kamu bergerak.

Garasi untuk Mobil Honda Jazz

Honda Jazz memiliki bodi mobil yang lebih kecil dan cocok untuk kamu yang tinggal di rumah minimalis dan memiliki carport kecil. Jazz memiliki panjang sekitar 4 meter dan lebar sekitar 1,69 meter. Tinggi dari Honda Jazz mencapai sekitar 1,5 meter, mirip dengan Yaris. Kamu bisa membuat garasi dengan ukuran panjang 5 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,6 meter.

Itulah informasi mengenai ukuran garasi mobil ideal yang bisa menjadi panduan kamu dalam membangun garasi. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah wawasan kamu mengenai ukuran garasi yang tepat. Jangan lupa untuk mengukur mobil terlebih dulu sebelum merancang garasi rumah kamu ya! Ukuran mobil ini akan sangat menentukan apakah ukuran garasi sesuai dengan kebutuhan mobil kamu atau tidak.

Baca juga: Desain Garasi Rumah Minimalis Yang Aman


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia