BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tahap Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap
0
0

5 Tahap Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara-plitur-kayu-supaya-mengkilaptop-right-banner

Salah satu cara merawat barang-barang yang berbahan kayu pada rumah Pins adalah dengan cara mempliturnya. Mungkin dari sebagian Pins masih ada yang belum begitu paham dengan metode plitur kayu. Plitur kayu adalah sebuah cat dengan warna transparan yang berbahan dasar oker. Apakah Pins sudah tahu cara plitur kayu supaya mengkilap?

Oker adalah sebuah ranah lunak yang sudah melalui proses oksidasi yang memberikan warna coklat, kuning emas, dan kuning muda. Pemberian cat plitur pada kayu merupakan langkah yang penting dalam merawat ketahanan barang berbahan kayu. Mari simak informasi di bawah ini yang akan memberikan tips kepada Pins tentang cara plitur kayu supaya mengkilap. 

Di dalam sebuah hunian yang banyak diinginkan oleh orang=orang adalah rumah dengan kelengkapan pada furniturenya. Dengan furniture yang lengkap dan cantik akan menghiasi seisi rumah dengan indah. Selain itu, furniture rumah juga memiliki fungsi yang juga sangat bermanfaat. 

Sebagian besar furniture rumah banyak yang terbuat dari bahan kayu seperti kursi, meja makan, meja ruang tamu, lemari pajangan, dan juga sofa. Selain furniture, banyak juga perangkat rumah yang terbuat dari kayu seperti pintu, ventilasi rumah, atau penyanggah gorden. Dari sekian banyak perangkat hunian yang terbuat dari kayu tersebut pasti membuat Pins bertanggung jawab untuk merawatnya dengan baik. 

Mengenal Jenis Cairan Plitur Kayu

(Pixabay)

Sebelum Pins memulai untuk memplitur kayu perabotan dalam rumah, alangkah baiknya Pins kenali terlebih dahulu dua jenis cairan plitur yang dapat Pins gunakan pada furniture rumah. Jenis cairan plitur kayu terbagi menjadi dua yaitu plitur solvent based dan plitur water based. Dari dua nama tersebut sudah jelas terdapat perbedaan dalam penggunaannya. 

Letak perbedaan dari kedua cairan plitur tersebut adalah pada bahan baku dan bahan pelarutnya. Semua bahan baku cairan plitur sama-sama terdapat resin, namun pada produk water based memerlukan emulsifier yang berfungsi untuk menyatukan resin dengan air. 

Lain hal dengan cairan plitur solvent based, resin dan solvent lebih mudah menyatu dan menghasilkan cairan plitur siap pakai. Perbedaan selanjutnya adalah water based lebih tahan lama untuk berada di luar ruangan dibandingkan dengan solvent based. Dan solvent based butuh untuk dijemur dan water based tidak perlu. 

Persiapkan Bahan-Bahan

(Pinterest)

Langkah pertama yang perlu Pins lakukan sebelum memulai plitur kayu adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Hal tersebut supaya tidak membuat repot ketika sudah mulai memplitur kayu. Bahan-bahan dan alat yang perlu Pins siapkan diantaranya adalah cairan plitur, kain lap, amplas, kuas cat, wadah, dan cairan pengencer seperti thinner atau air. 

Siapkan Barang yang akan Diplitur

(Pinterest)

Langkah selanjutnya dalam cara plitur kayu supaya mengkilap adalah Pins siapkan media atau barang yang akan diplitur. Biasanya media kayu yang kerap membutuhkan plitur adalah meja kayu, kursi kayu atau sofa kayu, lemari pajangan, dan juga pintu beserta kusennya. 

Sebelum Pins memulai plitur pada media yang sudah disiapkan, Pins perlu memastikan bahwa media tersebut sudah benar-benar bersih dari kotoran. Selain itu, Pins pastikan permukaan kayu tersebut sudah kering dari air atau minyak yang menempel. Setelah yakin semua permukaan sudah bersih, Pins amplas permukaan kayu dengan merata sampai  halus. 

Baca juga: 8 Jenis Finishing Kayu Untuk Furnitur Dan Kelebihannya

Campurkan Cairan Plitur

(Pinterest)

Jika Pins membeli cairan plitur di toko material terdekat, biasa Pins akan mendapatkan cairan yang cukup pekat dan berbau tajam. Untuk memperbanyak kuantitas cairan plitur, sebelum memulai Pins campurkan terlebih dahulu cairan plitur dengan thinner atau cairan spirtus. 

Untuk langkah yang satu ini juga dapat Pins perhatikan petunjuk penggunaan pada bagian belakang kemasan. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan masker untuk menutupi hidung dari bau cairan plitur yang tajam dan tidak baik untuk kesehatan paru-paru. 

Oleskan Cairan Plitur

(Pinterest)

Cara plitur kayu supaya mengkilap selanjutnya adalah mengaplikasikan cairan plitur yang sudah tercampur rata dengan thinner pada media kayu. Setelah Pins memastikan keenceran pada cairan plitur sudah pas, oleskan cairan plitur pada media kayu dengan menggunakan kuas cat secara perlahan dan merata. 

Jika Pins kesusahan menggunakan kuas cat, Pins juga dapat menggunakan kain lap yang dibentuk seperti bola yang dicelupkan pada cairan plitur. Lalu oleskan secara perlahan, cara ini termasuk cara terbaik untuk meratakan cairan plitur pada media kayu. 

Baca juga: Mengenal Fungsi Pernis Dan Cara Menggunakannya

Tunggu Kering dan Amplas Ulang

(Pinterest)

Langkah terakhir cara plitur kayu supaya mengkilap ialah setelah mengoleskan cairan plitur secara merata pada bagian kayu, Pins tunggu cairan plitur hingga kering pada permukaan kayu. Selanjutnya setelah kayu mengering, Pins amplas lagi permukaan kayu secara merata dan halus. Tujuan pada pengamplasan yang kedua ini adalah untuk menemukan serat kayu yang muncul. 

Setelah mengamplas seluruh bagian media kayu sampai halus, Pins aplikasikan kembali cairan plitur kayu pada media tersebut. Setelah cairan plitur kering, Pins amplas kembali permukaan media kayu sampai halus dan merata. 

Baca juga: Contoh Warna Plitur Kayu Jati Untuk Perabotan Rumah

Untuk hasil yang memuaskan Pins dapat mengulangi cara yang terakhir ini hingga dua kali. Pastikan semua bagian kayu terlapisi oleh cairan plitur dengan merata, dan amplas media kayu sehalus mungkin untuk menghindari serat kayu yang timbul. 

Itulah lima cara plitur kayu supaya mengkilap untuk menjaga kecantikan furniture kayu rumah Pins. Untuk menjaga kecantikan kayu, Pins dapat mengulangi cara ini secara berkala seperti 6 bulan sekali atau setahun sekali. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download