BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia Ukuran Standar untuk Kitchen Set Rumahmu
0
0

Ini Dia Ukuran Standar untuk Kitchen Set Rumahmu

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran standar ukuran kitchen settop-right-banner

Membuat dapur cantik yang tentunya nyaman dalam segi penglihatan dan tata letak memang memerlukan perhitungan yang matang. Itulah mengapa jasa desain interior untuk kitchen set dibutuhkan untuk membuat dapur selaras sesuai fungsinya. Ukuran standar untuk ukuran kitchen set menjadi faktor penting di dalamnya. Simak artikel ini untuk mengetahui ukuran standar kitchen set!

Kamu dapat memiliki rumah dengan kualitas bagus tanpa harus direnovasi di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Kamu juga bisa memiliki rumah yang mewah edisi terbaik dari Pinhome melalui Rumah Ekslusif.

Baca Juga:

Standar Ukuran Kitchen Set

Pins pernah merasakan ada hal aneh di dalam dapur, atau sepertinya kegiatan di dalam dapur menjadi tidak nyaman? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan salah perhitungan dalam pembuatan kitchen set. Ukuran standar untuk ukuran kitchen set dapat dibuat dengan mudah bila Pins mengetahuinya.

Komponen di dalam dapur, baik itu kompor, lemari penyimpanan, wastafel, hingga barang elektronik menjadi satu kesatuan. Perhitungan yang baik untuk tata letak ruang sampai besaran alat elektronik yang ada di dalam dapur memang mempengaruhi kenyamanan dalam beraktivitas. Berikut ini standar ukuran kitchen set yang perlu Pins ketahui:

1. Ukuran Ideal Ketinggian Kitchen Set

ukuran standar ukuran kitchen set
Source : Pagarstainlessminimalis

Pertama kita masuk ke dalam jarak ideal ketinggian kitchen set yang akan Pins buat. Ketinggian yang dimaksud adalah mencangkup tinggi dari area lantai ke tempat pencucian piring, kabinet maupun tinggi lemari tempat penyimpanan pada bagian atas, bila Pins memerlukannya.

Ketinggian ini sebenarnya mengacu pada tinggi ideal dari penghuni di dalam hunian. Hal tersebut mengacu kepada kemudahan penghuni dalam menjangkau area yang diinginkan.

Seperti meja dapur atau kabinet, ketinggiannya rata-rata ada di angka 85 – 100 cm dari lantai. Hal ini mengacu kepada rata-rata tinggi pinggul penduduk Indonesia. Namun, bila Pins mempunyai tinggi tubuh yang tidak ada di dalam rata-rata, Pins bebas menyesuaikannya.

Baca Juga:

2. Ukuran Ideal Lebar Kitchen Set

Source : Pinterest

Selanjutnya lebar meja bisa dibuat sepanjang 50 – 70 cm dengan panjang 60 – 150 cm. Untuk kabinet dapur pada bagian atas, standar ukuran kitchen set mengacu kepada lebar 35 cm dengan panjang yang menyesuaikan dengan kabinet di bawahnya. Ukuran ini sudah ukuran minim untuk menghindari adanya benturan kepala ke kabinet atas saat sedang melakukan aktivitas memasak di dalam dapur.

Tinggi kabinet yang ideal sendiri bisa Pins pilih mulai dari 36 cm, 66 cm atau 100 cm sesuai dengan kebutuhan untuk lemari 1 pintu. Sedangkan bila memilih menggunakan lemari 2 pintu, tinggi idealnya bervariasi mulai dari 50 cm, 66 cm dan 100 cm.

3. Ukuran Ideal Tinggi Meja pada Kitchen Set

Source : Gius

Tinggi ideal meja pada kitchen set adalah kurang lebih 76 cm – 85 cm dari permukaan lantai. Ketinggian ini adalah ukuran standar yang menjadi patokan bagi beberapa orang dalam membangun kitchen set di rumahnya. Ukuran tinggi yang pas tentunya akan memudahkan pemilik rumah saat melakukan aktivitas memasak dan mencuci di dapurnya.

Baca Juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis Sederhana

4. Ukuran Ideal Lebar Kabinet Atas Kitchen Set

Source : FlamingoWorldFurniture

Selanjutnya terdapat ukuran ideal dari lebar kabinet atas kitchen set, yaitu terdapat perbedaan ukuran untuk lebar kabinet atas di Indonesia dan Internasional. Indonesia menggunakan ukuran lebar kabinet atas, 35 cm – 50 cm. Sedangkan, ukuran standar internasional tercatat 40 cm.

Pins harus menyesuaikan ukuran tersebut dengan tinggi badan kamu atau yang sesuai dengan kenyamanan kamu!

5. Ukuran Ideal Laci pada Lemari Kabinet

Source : KurniaBarunoJaya

Ukuran ideal laci pada lemari kabinet dipilih dengan panjang sekitar 45 cm – 60 cm dan lebar 60 cm. Seperti yang Pins ketahi, laci berfungsi untuk menyimpan peralatan dapur seperti piring, sendok, dan garpu. Bahkan ukurannya dibuat besar dan dalam sehingga dapat menyimpan panci, wajan, dan alat masak lainnya.

6. Ukuran Ideal Kitchen Sink di Area Kitchen Set

Source : iStock

Berikut ini masuk ke ukuran ideal kitchen sink yang digunakan di area kitchen set, yaitu mencapai 80 cm – 90 cm. Ukuran tersebut dapat menampung peralatan masak dan peralatan makan yang akan dibersihkan di dalam kitchen sink.

Baca juga: Jenis-Jenis Plafon Hollow, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menghitungnya

7. Ukuran Ideal Lemari Sudut pada Kitchen Set

ukuran standar ukuran kitchen set
Source : CRD Design Build

Selain ukuran standar untuk ukuran kitchen set pada beberapa kabinet, Pins pun bisa membuat lemari sudut yang berada pada area dapur. Kabinet yang bisa ditempatkan di area atas maupun bawah ini, berfungsi menyediakan tempat lebih untuk area penyimpanan peralatan dapur. Ukurannya biasanya adalah 65 x 85 x 60 cm dengan tipe penutup pintu lemari dapat berbentuk buka tutup, tipe rolling maupun dengan menggunakan pegas.

8. Ukuran Ideal Kaki Kitchen Set

Source : Suwun

Ukuran ideal selanjutnya adalah penentuan ukuran kaki-kaki yang menopang kitchen set. Hal ini bertujuan untuk menambah kenyamanan pemilik rumah. Kamu dapat menyisakan 10 cm dari lantai untuk digunakan sebagai area kaki kitchen set.

Dianjurkan ukuran kaki-kaki ini masuk ke dalam 5 cm – 10 cm untuk mencegah jari kaki kita menabrak kaki kitchen.

Baca juga: Tips Desain Dapur Terbaik Untuk Keluarga

9. Ukuran Standar Kitchen Set Area Kerja

Source : iStock

Area kerja disini dimaksudkan sebagai area tempat aktivitas memasak dilakukan. Di dalam area kerja dapur sendiri, ukuran lebar kabinet usahakan ideal agar tidak saling berhimpitan apalagi untuk meja yang saling berhadapan. Jarak idealnya adalah 80 – 115 cm.

Bila terlalu dekat jarak antar meja, Pins akan sangat kesulitan bila terdapat barang jatuh ataupun mengambil barang pada laci bagian bawah. Jarak tersebut dibuat agar Pins masih mempunyai tempat untuk jongkok. Tidak lupa pula selalu perhatikan tinggi kabinet di atas tempat area kerja ya, untuk menghindari kecelakaan ringan.

Baca Juga:

10. Model Kitchen Set Tipe Mini Bar

Source : Stellamariscollage

Model kitchen set sendiri memang berbeda-beda dan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan penghuni di dalamnya. Salah satu model yang kini menjadi incaran para penghuni dalam rumah minimalis adalah model kitchen set mini bar. Kitchen set dibuat sekaligus berfungsi sebagai tempat makan dan minum. 

Dikarenakan model mini bar, maka tinggi dari meja untuk menyantap hidangan dibuat lebih tinggi dibandingkan meja pada areal kerja. Pins bisa membuatnya dengan tinggi 42 inch atau setara dengan sekitar 107 cm dengan jarak tinggi antara meja bar dan meja area kerja sekitar 15 cm. Kamu tidak perlu membuatnya terlalu tinggi untuk mempermudah pekerja dapur memberikan hidangan dengan nyaman tanpa konsekuensi merusak makanan.

Itulah beberapa informasi mengenai detail ukuran standar kitchen set sebagai pelengkap keindahan dapur. Sesuaikan selalu dengan ukuran tubuh dari pengguna dapur agar aktivitas memasak mudah dan nyaman.

Baca Juga:

Feature Source Image: Intiland


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download