Ini Dia Ukuran Standar untuk Kitchen Set Rumahmu

Pinhome

Ini Dia Ukuran Standar untuk Kitchen Set Rumahmu

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 31 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Membuat dapur cantik yang tentunya nyaman dalam segi penglihatan dan tata letak memang memerlukan perhitungan yang matang. Itulah mengapa jasa desain interior untuk kitchen set dibutuhkan untuk membuat dapur selaras sesuai fungsinya. Ukuran standar untuk ukuran kitchen set menjadi faktor penting di dalamnya.

Pinhome – Pins pernah merasakan ada hal aneh di dalam dapur, atau sepertinya kegiatan di dalam dapur menjadi tidak nyaman? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan salah perhitungan dalam pembuatan kitchen set. Ukuran standar untuk ukuran kitchen set dapat dibuat dengan mudah bila Pins mengetahuinya. Untuk itu di bawah ini Pinhome akan menjabarkan beberapa informasi terkait standar ukuran kitchen set yang baik agar aktivitas memasak di dalam dapur semakin nyaman.

Standar Ukuran Kitchen Set

Komponen di dalam dapur, baik itu kompor, lemari penyimpanan, wastafel, hingga barang elektronik menjadi satu kesatuan. Perhitungan yang baik untuk tata letak ruang sampai besaran alat elektronik yang ada di dalam dapur memang mempengaruhi kenyamanan dalam beraktivitas. Itulah mengapa perlu mengetahui ukuran standar untuk ukuran kitchen set dalam info terlampir.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Kerangka Kitchen Set Sendiri dengan Mudah

Ukuran Ideal Dalam Denah Kitchen Set

(Pinterest)

Di dalam membuat kitchen set hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah denah secara keseluruhan. Sebelum menentukan berapa besaran standar ukuran kitchen set dalam detail, Pins harus menentukan terlebih dahulu model dari denah besar. Dengan luas ruangan yang akan dijadikan dapur, Pins bisa memperkirakan akan pembuatan model leter L, model dapur tunggal, tipe berhadapan, leter U, dan masih banyak lagi. 

Untuk ukuran leter L atau tunggal dapat mengacu pada ukuran 2 x 3 meter dengan dapur minimalis. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah segitiga dapur yang menentukan letak kompor, wastafel, dan kulkas tidak lebih dari 6 meter linier. Semakin jauh jaraknya akan semakin sulit menjangkaunya saat sedang melakukan pekerjaan dapur.

Jarak Ideal Ketinggian dan Lebar Kitchen Set

(Pagarstainlessminimalis)

Pertama kita masuk ke dalam jarak ideal ketinggian kitchen set yang akan Pins buat. Ketinggian yang dimaksud adalah mencangkup tinggi dari area lantai ke tempat pencucian piring, kabinet maupun tinggi lemari tempat penyimpanan pada bagian atas, bila Pins memerlukannya. Ketinggian ini sebenarnya mengacu pada tinggi ideal dari penghuni di dalam hunian. Hal tersebut mengacu kepada kemudahan penghuni dalam menjangkau area yang diinginkan.

Seperti meja dapur atau kabinet, ketinggiannya rata-rata ada di angka 85 – 100 cm dari lantai. Hal ini mengacu kepada rata-rata tinggi pinggul penduduk Indonesia. Namun, bila Pins mempunyai tinggi tubuh yang tidak ada di dalam rata-rata, Pins bebas menyesuaikannya. Selanjutnya lebar meja bisa dibuat sepanjang 50 – 70 cm dengan panjang 60 – 150 cm.

Untuk kabinet pada bagian atas, standar ukuran kitchen set mengacu kepada lebar 35 cm dengan panjang yang menyesuaikan dengan kabinet di bawahnya. Ukuran ini sudah ukuran minim untuk menghindari adanya benturan kepala ke kabinet atas saat sedang melakukan aktivitas memasak di dalam dapur. Tinggi kabinet yang ideal sendiri bisa Pins pilih mulai dari 36 cm, 66 cm atau 100 cm sesuai dengan kebutuhan untuk lemari 1 pintu. Sedangkan bila memilih menggunakan lemari 2 pintu, tinggi idealnya bervariasi mulai dari 50 cm, 66 cm dan 100 cm.

Ukuran Standar Kitchen Set Area Kerja

Area kerja disini dimaksudkan sebagai area tempat aktivitas memasak dilakukan. Mulai dari pemotongan, pengolahan, dan lainnya untuk menjadi satu hidangan. Area tersebut harus memiliki kenyamanan nomor satu dan juga keamanan. Di dalam area kerja dapur sendiri, ukuran lebar kabinet usahakan ideal agar tidak saling berhimpitan apalagi untuk meja yang saling berhadapan. Jarak idealnya adalah 80 – 115 cm.

Bila terlalu dekat jarak antar meja, Pins akan sangat kesulitan bila terdapat barang jatuh ataupun mengambil barang pada laci bagian bawah. Jarak tersebut dibuat agar Pins masih mempunyai tempat untuk jongkok. Tidak lupa pula selalu perhatikan tinggi kabinet di atas tempat area kerja ya, untuk menghindari kecelakaan ringan.

Model Kitchen Set Tipe Mini Bar

ukuran standar ukuran kitchen set
(Stellamariscollage)

Model kitchen set sendiri memang berbeda-beda dan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan penghuni di dalamnya. Salah satu model yang kini menjadi incaran para penghuni dalam rumah minimalis adalah model mini bar. Kitchen set dibuat sekaligus berfungsi sebagai tempat makan dan minum. 

Dikarenakan model mini bar, maka tinggi dari meja untuk menyantap hidangan dibuat lebih tinggi dibandingkan meja pada areal kerja. Pins bisa membuatnya dengan tinggi 42 inch atau setara dengan sekitar 107 cm dengan jarak tinggi antara meja bar dan meja area kerja sekitar 15 cm. Kamu tidak perlu membuatnya terlalu tinggi untuk mempermudah pekerja dapur memberikan hidangan dengan nyaman tanpa konsekuensi merusak makanan.

Baca Juga: Rekomendasi Kitchen Set Mini Bar untuk Dapur yang Kecil

Pengukuran Lemari Sudut Pada Kitchen Set

ukuran standar ukuran kitchen set
(CRD Design Build)

Selain ukuran standar untuk ukuran kitchen set pada beberapa kabinet, Pins pun bisa membuat lemari sudut yang berada pada area dapur. Kabinet yang bisa ditempatkan di area atas maupun bawah ini, berfungsi menyediakan tempat lebih untuk area penyimpanan peralatan dapur. Ukurannya biasanya adalah 65 x 85 x 60 cm dengan tipe penutup pintu lemari dapat berbentuk buka tutup, tipe rolling maupun dengan menggunakan pegas.

Itulah beberapa informasi mengenai detail ukuran standar untuk ukuran kitchen set sebagai pelengkap keindahan dapur. Sesuaikan selalu dengan ukuran tubuh dari pengguna dapur agar aktivitas memasak mudah dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Inspirasi Kitchen Set Apartemen yang Tak Makan Tempat


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel