7 Rekomendasi Atap Metal Pasir Terbaik di 2022

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ October 17, 2022 ∙ 7 menit membaca

Atap metal pasir saat ini sudah marak digunakan pada hunian rumah. Bahannya yang ramah lingkungan dan memiliki ketahanan yang lebih baik, atap metal pasir mulai menggantikan atap konvensional.

Namun, memilih produk atap ini tidak boleh sembarangan. Pins bisa mengamati merk atap metal pasir yang ada di pasaran. Tidak perlu khawatir, berikut ini akan diulas beberapa rekomendasi merk genteng metal pasir yang bisa dipilih:

Atap Metal Fancy

atap metal
(Bukalapak)

Merk atap metal pertama yang bisa menjadi pilihan adalah merk Fancy. Merk yang satu ini memiliki sejumlah kelebihan, sehingga layak menjadi atap di rumah Pins. Salah satunya adalah pilihan model atap yang begitu beraneka ragam.

Bahkan sangat cocok diterapkan untuk konsep rumah minimalis. Tidak hanya tampilannya saja yang patut menjadi penilaian, merk atap ini juga menggunakan berbagai macam bahan yang kuat, di antaranya adalah zincalume yang sudah sangat terkenal.

Dengan demikian, Pins tidak perlu meragukan ketangguhannya untuk melindungi rumah hunian. Jadi, merk yang satu ini tidak hanya menjadikan rumah lebih indah, namun juga tetap aman.

Atap Metal Multi Roof

atap metal pasir multiroof
(Bukalapak)

Atap metal pasir Multiroof memang dikenal dengan modelnya yang beragam, mulai dari warna stone yang alami sampai dengan warna multi-color yang penuh warna. Proses pembuatan genteng ini menggunakan teknologi mutakhir sehingga hasilnya tidak perlu diragukan.

Tidak hanya itu, material yang menyusunnya pun sudah teruji kekuatannya. Sebut saja aluminium, zinc, dan bahan anti karat lainnya yang tahan cuaca.

Atap Metal Cahaya Roof

atap metal cahaya roof
(Bukalapak)

Merk atap metal yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan warna yang mempesona. Di antaranya adalah coffee brown, pretty maroon, jade green, diamond black dan stone gray.

Material yang menyusunnya pun berupa zat zincalume yang dikenal kokoh dan aman digunakan. Tak heran jika dalam segi pemasangan pun cukup mudah dilakukan. Hal menarik lainnya adalah, merk genteng metal ini efektif untuk menghemat biaya pemeliharaan dan biaya konstruksi.

Atap Metal Surya Roof

Atap Metal Surya Roof
(Bukalapak)

Jenis atap metal yang satu ini juga tidak bisa dilewatkan jika Pins mencari rekomendasi yang bagus. Atap metal pasir yang satu ini sudah banyak diandalkan dalam banyak konstruksi bangunan, mulai gedung tinggi sampai pembangunan perumahan.

Model yang disediakan merk atap ini ada dua macam, yaitu metal surya roof yang terbuat dari zincalume dan surya color dari zincalume yang diberi warna.

Atap Metal Sakura Roof

Atap metal sakura riif
(Bukalapak)

Tidak hanya modelnya yang menawan, penggunaan atap metal juga dinilai menguntungkan. Salah satu merk yang disarankan adalah atap metal pasir Sakura Roof. Atap ini diproses menggunakan material berkualitas tinggi sehingga Pins tidak perlu meragukannya.

Atap metal merk ini juga dikenal dengan kualitasnya yang bagus namun harganya terjangkau. Bagi Pins yang ingin menghemat pengeluaran konstruksi, genteng metal ini bisa menjadi pilihan. Hal ini karena merek ini sudah menjadi pilihan berbagai kalangan.

Beberapa material penyusunnya terkenal kokoh dan tahan lama. Pins juga bisa memilih berbagai macam model genteng sesuai dengan selera.

Atap Metal Rainbow Roof

atap metal rainbow roof
(Bukalapak)

Rekomendasi atap metal berikutnya adalah merk Rainbow Roof. Merk yang satu ini menggunakan material baja galvanis yang sudah dilapisi zinc. Tidak hanya itu, teknologi yang diusung juga dikenal mutakhir sehingga kualitasnya terjamin.

Selain itu, genteng metal ini juga sudah dilapisi dengan base berupa acrylic base coat, acrylic overglaze, dan butiran batuan.

Beberapa material tersebut dikenal kokoh sehingga genteng metal bisa awet hingga bertahun-tahun. Tidak hanya itu, genteng ini juga dikenal lebih praktis. Harganya pun termasuk ekonomis untuk berbagai kalangan.

Atap Metal Menara Roof

atap metal menara roof
(Bukalapak)

Bagi Pins yang sedang mencari atap metal pasir, Menara Roof bisa menjadi pilihan yang tepat.  Genteng metal yang satu ini dikenal sangat ringan sehingga disukai banyak orang.

Bahkan berat masing-masing ukuran tertentu hanya sekitar 0.5 Kg saja.  Namun, sifatnya yang ringan ini bukan berarti atap menggunakan bahan tidak berkualitas. Justru, genteng metal ini memanfaatkan material baja galvalum yang dikenal tahan lama dan anti pecah.

Genteng metal ini juga sudah dilengkapi teknologi peredam panas yang bekerja dengan sangat baik. Terutama karena adanya lapisan zinc phospat, zinc coating, dan primary epoxi synthetic resin.

Kelebihan Atap Metal Pasir

kekurangan atap metal pasir
(Pinterest)

Terdapat beberapa keunggulan atap metal pasir yang membuat jenis ini lebih unggul dibanding genteng lainnya. Berikut ini Pinhome rangkum keunggulan dari jenis atap metal pasir yang barangkali membuat kamu tertarik menggunakannya:

Anti Karat

Atap jenis ini dikenal lebih awet karena tidak mudah berkarat. Tidak hanya itu, material ini juga tahan terhadap berbagai proses kimia. Hal ini karena atap metal pasir terbuat berbagai unsur kimia yang meliputi aluminium, seng, dan lapisan anti karat lainnya.

Anti Suara Bising

Mungkin kamu kerap kali terganggu oleh suara bising karena hujan beras. Oleh karena itu, kamu bisa mengakalinya dengan memasang atap metal. Hal ini karena materialnya yang dapat meredam suara bising dengan lebih baik.

Ramah Lingkungan

Material atap metal pasir ini termasuk ramah lingkungan sehingga dalam perawatan termasuk mudah. Tidak seperti genteng konvensional yang mungkin dalam beberapa waktu tampilannya berubah signifikan. Terlebih jika tanpa melalui perawatan yang intensif.

Memberikan Perlindungan Maksimal

Atap metal pasir dikenal memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Jadi, penghuni rumah di dalamnya tidak perlu khawatir terhadap kondisi atap. Terutama ketika terjadi sambaran petir atau kebakaran yang ada di sekitar rumah.

Model Bervariasi

Kamu mungkin merasa bosan dengan tampilan genteng konvensional yang itu-itu saja. Hal ini berbeda dengan genteng metal pasir yang dikenal lebih variatif. Tidak hanya pada gayanya saja, namun juga ketebalan dan warna.

Oleh karena itu, Kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan konsep hunian. Tanpa mengurangi nilai estetika di rumah, kamu tetap mendapatkan perlindungan maksimal di dalam rumah.

Lebih Kuat

Genteng jenis ini memerlukan kunci khusus dalam pemasangannya. Tak heran jika atap jenis ini tidak akan mudah lepas layaknya genteng biasa. Hal ini akan sangat berguna ketika terjadi angin kencang di daerah sekitar kamu.

Kekurangan Atap Metal Pasir

kekurangan atap metal pasir
(pinterest)

Walaupun memiliki banyak keunggulan, atap metal pasir bukan tanpa kekurangan. Berikut Pinhome rangkum kekurangan dari atap metal ini:

Peredam Panas Rendah

Genteng metal berpasir mempunyai lapisan galvalume yang tinggi. Namun dari kandungan bahan tersebut genteng ini hanya dapat meredam panas hingga 70%. Artinya kemampuannya meredam panas tidak 100%.

Namun jangan khawatir karena genteng metal pasir mempunyai berbagai macam ketebalan yang bisa kamu sesuaikan untuk kebutuhan.

Rentan Terhadap Tekanan

Ketebalan genteng metal pasir ada di antara 0,20 hingga 0,40 millimeter. Genteng metal ini menjadi sedikit rawan terhadap tekanan yang berlebih. Jadi pastikan saat memasang genteng harus hati-hati sekali jangan sampai memberikan tekanan yang terlalu besar saat menginjak genteng.

Warna Mudah Terkelupas

Warna genteng akan memberikan kesan estetik pada rumah. Namun, lapisan warna genteng metal dapat terkelupas. Hal yang bisa Pins lakukan untuk mengantisipasi ini adalah memberikan lapisan pelindung cat untuk mewarnai genteng.

Pada saat pemasangan genteng, Pins membutuhkan ketelitian yang tinggi. Hal ini dilakukan supaya menghindari gesekan–gesekan kasar yang dapat menyebabkan warna terkelupas.

Tips Memasang Atap Metal Pasir

cara memasang atap metal pasir
(pinterest)

Apabila Pins tertarik untuk menggunakan genteng ini sebagai pelindung atap rumah, maka Pins harus memperhatikan beberapa hal berikut saat pemasangan.

  • Salah satu kelemahan genteng ini adalah daya pantul sinar matahari hanya 70%. Hal ini membuat daya tahan panasnya tidak mencapai 100%. Hal yang bisa Pins lakukan adalah memilih ketebalan genteng yang sesuai kebutuhan Pins dan kondisi area tempat tinggal.
  • Bobot genteng cukup ringan sehingga Pins tidak perlu lagi menggunakan rangka atap yang terlalu rapat.
  • Pasanglah secara teliti, rapi, dan hati-hati, agar tidak mudah lepas saat diterjang angin kencang. Ingat, dengan sistem interlock yang dimiliki genteng, ini akan melindungi atap rumahmu dari angin kencang dan pencuri yang mengintip.

Demikianlah ulasan seputar genteng metal pasir yang perlu kamu ketahui, mulai dari material, keunggulan, kekurangan,  harga dan merek yang bisa Pins pilih. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia