Pinhome Home Service

Beranda Artikel 10 Cara Menghilangkan Cat di Keramik
cara menghilangkan cat di keramik

10 Cara Menghilangkan Cat di Keramik

  • 20 Sep, 2022 oleh Syahya Rembulan
  • 6 menit membaca

Dalam proses pengecatan dinding, tentu butuh melewati banyak sekali proses dan peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari proses pembersihan dinding, penambalan bagian retakan pada dinding, pencampuran cat, hingga proses pengecatan itu sendiri. Tentu hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tapi, sudah tahukah Pins cara menghilangkan cat di keramik?

Proses pengecatan juga memungkinkan banyaknya noda cat yang menetes ke lantai keramik kamu lho! Oleh karena itu, dalam proses pengecatan ini kamu butuh menutupi bagian lantai dengan koran supaya tetesan cat akan jatuh ke atas permukaan koran. 

Namun, jika tetap masih ada tetesan cat yang mengenai lantai keramik, kamu tidak perlu khawatir! Karena Pinhome akan membagikan 10 cara menghilangkan cat di keramik lantai yang mudah kamu ikuti lewat ulasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Cat di Keramik

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan cat di keramik yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

Gosok Noda Cat pada Keramik

(Pixabay)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggosok noda cat pada keramik. Jika noda cat tidak terlalu besar, cara menghilangkan cat di keramik ini bisa kamu lakukan. Pins bisa menggosoknya menggunakan kain atau pel supaya lebih mudah. Gosok permukaan lantai hingga benar-benar bersih dari noda cat.

Perlu diperhatikan bahwa dalam menggosok noda cat pada keramik ini tidak boleh terlalu keras karena bisa menggores permukaan keramik. Pins juga tidak dianjurkan menggunakan benda-benda keras. Gunakanlah kain, pel atau sikat untuk membantu membersihkan noda cat pada keramik.

Baca juga: 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu Untuk Hunian Minimalis

Hilangkan Noda Cat dengan Cuka

(Pinterest)

Cuka memang terkenal sebagai salah satu cairan pembersih yang baik. Kamu bisa membersihkan noda cat dengan cuka putih yang dituangkan pada lap atau pel. Pins juga bisa menggosoknya menggunakan sikat supaya noda benar-benar menghilang. 

Penggunaan cuka putih dalam menghilangkan cat di keramik ini dinilai cukup aman dan tidak berpotensi merusak keramik. Jadi Pins tidak perlu khawatir untuk menggunakan bahan pembersih yang satu ini ya!

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau WC dengan Bahan Alami

Gunakan Thinner

cara menghilangkan cat di keramik
(Pinterest)

Thinner memang telah dikenal sebagai pembersih noda yang sangat ampuh. Thinner mampu membersihkan noda cat pada keramik dengan cepat dan sangat mudah. Umumnya, thinner juga digunakan untuk menipiskan cat. Bahkan fungsinya juga dinilai mirip dengan paint remover

Pins hanya perlu menggunakan sarung tangan karet dan membasahi lap atau kain dengan thinner. Setelah itu usap kain yang telah diberi thinner pada keramik yang terkena noda cat. Jika sudah hilang, bilaslah lantai dengan air bersih untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan dari thinner.

Hilangkan Noda Cat dengan Kape

(Pinterest)

Cara menghilangkan cat di keramik selanjutnya dengan menggunakan kape. Pins bisa menggunakan alat ini dalam membersihkan noda cat. Namun ingat, karena kape bisa menggores lantai kamu jika tidak digunakan dengan hati-hati. Jadi pastikan kamu menggunakannya tidak terlalu keras agar keramik rumah tetap aman.

Baca juga: 8 Desain Panel Dinding Untuk Interior Rumah

Gunakan Amplas

cara menghilangkan cat di keramik
(Pinterest)

Alat selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pembersih noda cat adalah amplas. Alat yang satu ini cukup kamu gosokkan ke permukaan noda pada keramik hingga bersih. Namun jangan gosok terlalu keras karena amplas bisa menggores permukaan lantai.

Pins perlu membasahi lantai terlebih dulu dengan air baru mengamplasnya dengan hati-hati. Jika noda cat sudah mulai luruh, lap sisa-sisa noda dengan lap basah.

Gosok dengan Belimbing Wuluh

cara menghilangkan cat di keramik
(Pinterest)

Belimbing wuluh memang biasa digunakan sebagai bahan masak untuk hidangan. Namun ternyata buah yang satu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan noda cat pada keramik lho

Hal ini karena zat asam dari belimbing wuluh yang bisa mengikis noda cat pada keramik sehingga mudah dibersihkan. Pins hanya perlu meneteskan atau menempelkan potongan belimbing wuluh pada keramik yang terdapat noda cat dan gosokkan hingga noda cat membandel luruh.

Gunakan Batu Apung

(Pinterest)

Cara membersihkan cat di keramik selanjutnya adalah dengan batu apung. Batu ini bisa digunakan untuk membersihkan noda lantai dengan cara yang sangat mudah. Pins hanya perlu merendam batu apung di air hangat. 

Setelah itu, basahi lantai yang terdapat noda cat. Kemudian gunakan batu tersebut untuk menggosok noda pada lantai keramik kamu. Namun dalam menggosok batu apung ini jangan lupa gunakan sarung tangan karet supaya tangan Pins terhindar dari iritasi akibat batu apung. 

Baca juga: Pilihan Model Lantai Minimalis Untuk Hunian Lebih Nyaman

Manfaatkan Paint Remover

cara menghilangkan cat di keramik
(Pinterest)

Cara menghilangkan cat di keramik adalah dengan menggunakan paint remover. Penggunaan paint remover adalah salah satu cara yang paling ampuh karena fungsi dari bahan ini sendiri adalah untuk membersihkan cat. 

Penggunaan bahan ini akan sangat memudahkan kamu dalam membersihkan noda cat membandel yang banyak sekalipun pada keramik. Aplikasi paint remover ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan sarung tangan karet atau kuas yang dicelupkan ke dalam paint remover dan diaplikasikan pada noda cat yang menempel di lantai keramik. 

Diamkan kurang lebih selama 3 menit, setelah itu kamu bisa menggosoknya menggunakan kape atau dengan sikat gigi hingga benar-benar bersih.

Semprotkan dengan Hairspray

(Shutterstock)

Selain cuka dan thinner, hairspray juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan cat di keramik dengan mudah. Hairspray memiliki tekstur yang lengket saat sudah mengering. Sehingga, ini akan memudahkan noda bekas cat pada keramik lantai dapat terangkat dengan mudah.

Cara menggunakannya, semprotkan hairspray pada noda bekas cat di lantai, tunggu beberapa detik hingga mengering, lalu bersihkan dengan lap bersih. Saat keramik sudah bersih, bilas keramik dengan air hangat supaya tidak lengket. 

Gunakan Jeruk Nipis

(Shutterstock)

Terakhir, kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai cara menhilangkat cat di keramik dengan mudah. Sama seperti belimbing wuluh, perasan jeruk nipis memiliki kandungan zat asam yang dapat membersihkan noda, termasuk noda cat di lantai.

Bahkan jeruk nipis juga dapat membersihkan noda semen yang melengket di keramik. Namun, saat membersihkan noda cat di lantai keramik, harus berhati-hati agar tidak merusak permukaan lantai.

Itulah 10 cara membersihkan cat di keramik yang mudah kamu tiru dan aplikasikan sendiri di rumah. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu untuk lebih mudah dalam membersihkan noda-noda cat pada lantai rumah, 

Jangan lupa untuk selalu membilas bersih lantai agar tidak meninggalkan bau atau zat-zat berbahaya pada lantai dan aplikasikan cara-cara tersebut dengan hati-hati agar permukaan keramik tidak tergores atau rusak.

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.