5 Model Kanopi Tanpa Tiang dari Baja Ringan

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Material baja ringan kini menjadi primadona dalam membuat rangka bangunan. Material satu ini tergolong ringan namun mampu menahan beban berat dan tergolong tahan lama. Tidak terkecuali dalam pembuatan atap bangunan maupun kanopi. Kanopi tanpa tiang yang kini mulai banyak digemari juga bisa menggunakan baja ringan sebagai penopang.

Pinhome –  Kanopi yang berfungsi sebagai pelindung cuaca pada hunian memang memilki model yang bervariasi. Tidak hanya modelnya, fungsinya pun beragam. Mulai dari melindungi kendaraan kesayangan, tempat berteduh saat berada di teras, hingga hiasan cantik di depan pintu masuk rumah.

Mayoritas kanopi pasti menggunakan tiang, namun bagaimana tampilannya bila kanopi tanpa tiang dibuat? Model kanopi baja ringan tanpa tiang yang Pinhome sajikan di bawah ini bisa menjadi inspirasi.

Baca Juga: 8 Model Kanopi Minimalis Untuk Teras Mungil

Apa Keunggulan Penggunaan Kanopi Baja Ringan?

(Shadefxcanopy)

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, penggunaan material baja ringan dalam bangunan memang cukup banyak. Material satu ini menjadi material unggulan dalam rangka yang terkenal anti karat, tahan lama, dan tentunya kuat. Baja ringan juga menjadi salah satu material tahan gempa yang aman digunakan pada bangunan. Jika material kayu memiliki kekurangan akan lapuk dan rentan dimakan rayap, baja ringan muncul dengan solusi terbaik rangka rumah. 

Tidak terkecuali pula untuk rangka penopang kanopi. Walaupun digunakan tanpa adanya tiang penyangga, baja ringan mampu menahan bobot material kanopi yang ditanam pada salah satu sisi tembok bangunan. Namun, perlu Pins ingat pula bahwa berat dan ukuran material baja menyesuaikan jenis dari rangka penutup atap. Semakin berat material yang dipakai tentu Pins harus menyesuaikan kebutuhan baja ringan serta ukuran terbaiknya.

Model Kanopi Baja Ringan Tanpa Atap

Kanopi Tanpa Tiang Kaca Buram

kanopi tanpa tiang
(Pinterest)

Model kanopi baja ringan tanpa tiang pertama hadir dari perpaduan dengan material kaca. Kaca yang memang sedang digandungi pemakaiaannya ini pada perumahan modern, dapat membuat tampilan eksterior rumah kian menawan. Penggunaannya pada kanopi juga bisa menjadi inspirasi. Pilihan kaca yang digunakan juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan akan penghuni. Penggunaan kanopi model seperti ini memang terlihat lebih simpel dan praktis, ruang Pun akan terlihat lebih lapang tanpa adanya tiang yang mengganggu sebagai penopang.

Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang Atap Kain

(commercialawningsuk)

Selanjutnya penggunaan material kain pada kanopi. Material satu ini memang cocok ditempatkan sebagai penutup ruang terbuka pada teras ataupun tempat bersantai. Motif dan warnanya Pun tentu banyak dan dapat menyesuaikan. Hal tersebut membuat pemakaiannya pada kanopi akan menambah nilai estetika bangunan. Apalagi dengan model tanpa tiang. Pins bisa menggunakan kain membrane pada atap yang memang terkenal kuat, ringan dan mudah dalam membersihkan.

Kanopi Baja Ringan Tipe Lipat

kanopi tanpa tiang
(Istock)

Model kanopi baja ringan tanpa tiang tipe lipat kini juga sudah mulai banyak digunakan. Kanopi model lipat ini dalam segi pengoperasian jauh lebih praktis. Pins bisa dengan leluasa melipat bila cuaca sedang cerah dengan angin sepoi-sepoi menerpa wajah. Namun, bila dalam keadaan hujan, Pins bisa mengeluarkannya kembali. Cukup praktis bukan? Desainnya juga bisa menggunakan manual tarikan maupun otomatis dengan tombol atau remote yang memang sudah satu set dengan rangka kanopi.

Model Kanopi Gantung Minimalis Kayu

kanopi tanpa tiang
(houseofcanopies.co.uk)

Nah, untuk model kanopi baja ringan tanpa tiang berpenampilan minimalis, kayu menjadi material pada urutan pertama. Baja ringan dan kayu yang dipadukan pada atap kanopi membuat rumah minimalis milik kamu semakin berpenampilan modern. Tempatkan pada sudut-sudut pintu tempat keluar masuk ataupun teras dengan tipe gantung seperti di atas. Untuk tampilan yang lebih elegan, Pins bisa memilih jenis rangka kayu dan baja yang memiliki ketebalan lebih dari 10cm.

Kanopi Tanpa Tiang Tipe Melengkung

kanopi tanpa tiang
(houseofcanopies.co.uk)

Bila dirasa tipe kanopi dengan tampilan datar sudah cukup umum digunakan, kamu bisa membuat tampilan lebih unik dengan tipe lengkung. Walalupun tanpa tiang, dengan tipe melengkung erat kaitannya dengan estetika hunian. Contohnya seperti penggunaan baja ringan dengan kaca, ataupun baja ringan dengan metal. Namun yang perlu diperhatikan lagi adalah hindari penggunaan material yang menimbulkan suara yang bising ya Pins, hal tersebut justru akan mengganggu kenyamanan penghuni di dalamnya.

Keunggulan Desain Kanopi Tanpa Tiang

Beberapa kondisi dari bangunan rumah memang terkadang justru memunculkan ide menarik di luar batas. Hal tersebut tidak terkecuali bagi penempatan kanopi di sekitar hunian. Desain kanopi tanpa tiang yang menarik ternyata memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Nilai estetika bangunan lebih tinggi.
  • Penghuni dapat bebas berlalu-lalang di bawahnya tanpa terganggu tiang penyangga.
  • Ruang akan menjadi lebih luas dan lebih lega.
  • Model kanopi lebih bervariasi dan tentunya kekinian.

Demikianlah beberapa inspirasi model kanopi baja ringan tanpa tiang yang bisa menjadi ide dalam membuat kanopi di rumah. Penggunaan material baja ringan dalam hunian memang menarik, selain tampilannya yang modern, tentu kualitasnya Pun tidak perlu diragukan lagi. Jangan lupa pula untuk membaca artikel Pinhome lainnya ya!

Baca Juga: Ragam Pilihan Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia