BlogPemilik PropertiDesain HunianJarak Pemasangan Lampu Downlight yang Ideal dan Ragam Desainnya
0
0

Jarak Pemasangan Lampu Downlight yang Ideal dan Ragam Desainnya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Des 11, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
jarak pemasangan lampu downlighttop-right-banner

Menggunakan lampu downlight dalam hunian, kini menjadi primadona. Lampu tersebut dinilai menghemat tempat dan membuat ruang terlihat lebih luas. Lampu donwlight merupakan jenis lampu yang letaknya biasanya disembunyikan dan pemasangannya berada di balik dinding ataupun plafon. Namun, apa Pins sudah mengerti jarak pemasangan lampu downlight yang ideal?

Jarak pemasangan lampu downlight yang ideal beserta cara terbaik memanfaatkannya dalam desain ruang hunian terlampir dalam artikel berikut.

Tentunya, setelah tahu jarak pemasangan lampu downlight, akan membuat pencahayaan rumah kamu menjadi semakin nyaman dilihat. Senyaman rumah yang ada di perumahan Panorama Bekasi Residence, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca Juga:

Jarak Ideal Pemasangan Lampu Downlight

Source : Ligman

Kebutuhan pencahayaan ruang dalam sebuah rumah berbeda-beda tergantung dari luas ruang serta keinginan dari penghuni. Cahaya buatan yang dikeluarkan sebuah lampu memiliki fungsi utama membuat ruang bercahaya saat malam hari tiba, maka dari itu pemasangannya pun tidak bisa sembarangan. Tidak terkecuali untuk jenis lampu downlight. 

Jarak ideal pemasangan lampu downlight adalah berjarak 1 meter dari dinding atau plafon maupun lampu lainnya. Dengan catatan tinggi plafon adalah 3 meter. Namun, bila plafon tingginya melebihi 3 meter, jarak ideal yang dianjurkan adalah 1,5 meter saat pemasangan.

Jarak yang ideal tersebut membuat cahaya yang dikeluarkan maksimal dan memunculkan sorotan pencahayaan yang dramatis. Inilah mengapa lampu downlight menjadi solusi terbaik dalam penggunaan lampu yang mengedepankan kenyamanan dalam ruang.

Baca Juga:

Ragam Desain Pengaplikasian Lampu Downlight Dalam Hunian

Untuk lebih memahami penerapannya dalam hunian, mari Pins lihat beberapa desain pengaplikasian lampu downlight dalam sebuah hunian di bawah ini.

1. Lampu Downlight Fokus Pada Dekorasi

jarak pemasangan lampu downlight
Source : LED News Light

Tidak hanya memberikan cahaya berlebih dalam ruangan, namun lampu downlight juga bisa membuat dekorasi kesayangan terlihat lebih menonjol. Taruhlah lampu tersebut di atas lukisan, patung maupun pajangan agar benda-benda tersebut lebih terlihat dibanding perabot lainnya. Selain itu, Pins pun bisa mengarahkan lampu tersebut ke arah dinding agar apa yang Pins taruh pada dinding menjadi perhatian. Hal terpenting adalah selalu ingat jarak ideal pemasangan lampu downlight agar pencahayaan tetap alami.

Baca Juga:

2. Square Lamp Downlight

Source : Shopee

Selain peletakan dari lampu downlight yang penuh perhitungan, Pins pun bisa bermain dengan jenis dari lampu tersebut. Bentuk persegi salah satunya, lampu downlight bentuk lingkaran pasti sudah sering Pins temukan. Kini saatnya menganti dengan bentuk lainnya yang tak kalah membuat ruang cantik. Lampu ini cocok sekali ditempatkan pada hunian minimalis yang mengutamakan garis dalam pengaplikasian desain. Padukan dengan perabot berwarna putih ataupun abu-abu muda agar ruang terlihat modern.

3. Kesan Ruang Sejuk yang Dinamis

jarak pemasangan lampu downlight
Source : MM-99

Jarak ideal pemasangan lampu downlight ternyata juga bisa membuat suasana dalam sebuah ruangan berubah. Seperti salah satu contohnya pada gambar di atas. Ruang makan keluarga bisa terlihat mewah dan elegan dengan penempatan jarak lampu downlight yang tepat. Penghuni sengaja menaruh pada sisi kanan dan kiri ruang agar meja makan keluarga yang berada di tengah tetap menjadi sorotan. Ruang akan terlihat menarik dan tentunya sejuk. Itulah mengapa pentingnya mengetahui penempatan jarak 1 meter setiap lampu agar ruang lebih dinamis.

Baca Juga:

4. Menghadirkan Kesan Dramatis yang Menarik

Source : Desain Rumah Anda

Tidak hanya bisa diaplikasikan dalam ruangan indoor, kehadirannya untuk penambah estetika eksterior rumah juga tak kalah menarik. Kesan dramatis yang ditampilkan lampu satu ini membuat tampilan depan rumah terlihat misterius namun modern. Tambahkan dinding batu alam dekat cahaya lampu, maka akan terlihat semakin sempurna. Cobalah untuk memilih bohlam dengan warna yang cenderung kuning untuk menciptakan ambience light pada tampilan depan rumahmu.

Baca juga:

5. Penyebaran Cahaya Pada Lampu Downlight

jarak pemasangan lampu downlight
Source : Post Designers & Builders

Teknik penyebaran lampu dalam pemasangan lampu downlight juga bisa Pins gunakan. Hal ini akan membuat ruangan lebih bercahaya dan tidak gelap. Pemasangan lampu seperti ini cocok ditempatkan pada ruang yang memang memerlukan banyak cahaya di dalamnya seperti ruang keluarga, ruang baca, maupun ruang makan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan jenis lampu LED di dalamnya karena lampu satu ini memiliki pencahayaan yang bervariasi, hemat energi dan tentunya awet.

Baca Juga:

6. Penggunaan Kap Lampu Downlight Penambah Estetika

Source : Alibaba

Jarak pemasangan lampu downlight menentukan efektivitas dari penggunaan lampu. Sebaiknya Pins tidak berlebihan pula dalam meletakan lampu dalam sebuah ruang. Selain akan membuat ruang terasa panas, hal tersebut tentu akan menambah biaya dalam segi tagihan listrik.

Usahakan untuk mengetahui waktu yang tepat menggunakannya dan tidak lupa juga bisa digunakan sebagai seni dekoratif dalam ruang. Penggunaan kap lampu downlight salah satunya. Sengaja dibuat timbul dengan material menarik, membuat ruang keluargamu terlihat nyaman dan tentunya artistik.

Bagaimana, apa Pins kini mulai tertarik menempatkan jenis lampu satu ini dalam hunian? Dijamin hunian Pins akan terlihat lebih modern dan tentunya dapat membuat ruang terlihat lebih luas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download