Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Ini Dia Jarak Pemasangan Lampu Downlight yang Ideal Serta Ragam Desainnya

Properti

Ini Dia Jarak Pemasangan Lampu Downlight yang Ideal Serta Ragam Desainnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 20 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Menggunakan lampu downlight dalam hunian, kini menjadi primadona. Lampu tersebut dinilai menghemat tempat dan membuat ruang terlihat lebih luas. Lampu donwlight merupakan jenis lampu yang letaknya biasanya disembunyikan dan pemasangannya berada di balik dinding ataupun plafon. Namun, apa Pins sudah mengerti jarak pemasangan lampu downlight yang ideal?

Pinhome – Pemasangan lampu dalam sebuah ruang sebenarnya memilki aturan tersendiri untuk menciptakan pencahayaan ruang yang tepat. Lampu yang berada di tengah ruang, di bagian pinggir hingga sudut ruang mempunyai fungsinya masing-masing yang membuat sebuah ruang terlihat cerah. Salah satunya adalah penggunaan jenis lampu downlight. Jarak pemasangan lampu downlight yang ideal beserta cara terbaik memanfaatkannya dalam desain ruang hunian terlampir dalam artikel berikut.

Baca Juga: Model Lampu Hias Kamar Tidur Menarik Yang Membuat Tidurmu Kian Nyaman

Jarak Ideal Pemasangan Lampu Downlight

Kebutuhan pencahayaan ruang dalam sebuah hunian berbeda-beda tergantung dari luas ruang serta keinginan dari penghuni. Cahaya buatan yang dikeluarkan sebuah lampu memiliki fungsi utama membuat ruang bercahaya saat malam hari tiba, maka dari itu pemasangannya pun tidak bisa sembarangan. Tidak terkecuali untuk jenis lampu downlight. 

Jarak ideal pemasangan lampu downlight adalah berjarak 1 meter dari dinding atau plafon maupun lampu lainnya. Dengan catatan tinggi plafon adalah 3 meter. Namun, bila plafon tingginya melebihi 3 meter, jarak ideal yang dianjurkan adalah 1,5 meter saat pemasangan. Jarak yang ideal tersebut membuat cahaya yang dikeluarkan maksimal dan memunculkan sorotan pencahayaan yang dramatis. Inilah mengapa lampu downlight menjadi solusi terbaik dalam penggunaan lampu yang mengedepankan kenyamanan dalam ruang. Untuk lebih memahami penerapannya dalam hunian, mari Pins lihat beberapa desain pengaplikasian lampu downlight dalam sebuah hunian di bawah ini.

Ragam Desain Pengaplikasian Lampu Downlight Dalam Hunian

Lampu Downlight Fokus Pada Dekorasi

(LED News Light)

Tidak hanya memberikan cahaya berlebih dalam ruangan, namun lampu downlight juga bisa membuat dekorasi kesayangan terlihat lebih menonjol. Taruhlah lampu tersebut di atas lukisan, patung maupun pajangan agar benda-benda tersebut lebih terlihat dibanding perabot lainnya. Selain itu, Pins pun bisa mengarahkan lampu tersebut ke arah dinding agar apa yang Pins taruh pada dinding menjadi perhatian. Hal terpenting adalah selalu ingat jarak ideal pemasangan lampu downlight agar pencahayaan tetap alami.

Square Lamp Downlight

(Shopee)

Selain peletakan dari lampu downlight yang penuh perhitungan, Pins pun bisa bermain dengan jenis dari lampu tersebut. Bentuk persegi salah satunya, lampu downlight bentuk lingkaran pasti sudah sering Pins temukan. Kini saatnya menganti dengan bentuk lainnya yang tak kalah membuat ruang cantik. Lampu ini cocok sekali ditempatkan pada hunian minimalis yang mengutamakan garis dalam pengaplikasian desain. Padukan dengan perabot berwarna putih ataupun abu-abu muda agar ruang terlihat modern.

Kesan Ruang Sejuk yang Dinamis

jarak pemasangan lampu downlight
(MM-99)

Jarak ideal pemasangan lampu downlight ternyata juga bisa membuat suasana dalam sebuah ruangan berubah. Seperti salah satu contohnya pada gambar di atas. Ruang makan keluarga bisa terlihat mewah dan elegan dengan penempatan jarak lampu downlight yang tepat. Penghuni sengaja menaruh pada sisi kanan dan kiri ruang agar meja makan keluarga yang berada di tengah tetap menjadi sorotan. Ruang akan terlihat menarik dan tentunya sejuk. Itulah mengapa pentingnya mengetahui penempatan jarak 1 meter setiap lampu agar ruang lebih dinamis.

Menghadirkan Kesan Dramatis yang Menarik

jarak pemasangan lampu downlight
(Desain Rumah Anda)

Tidak hanya bisa diaplikasikan dalam ruangan indoor, kehadirannya untuk penambah estetika eksterior rumah juga tak kalah menarik. Kesan dramatis yang ditampilkan lampu satu ini membuat tampilan depan rumah terlihat misterius namun modern. Tambahkan dinding batu alam dekat cahaya lampu, maka akan terlihat semakin sempurna. Cobalah untuk memilih bohlam dengan warna yang cenderung kuning untuk menciptakan ambience light pada tampilan depan rumahmu.

Penyebaran Cahaya Pada Lampu Downlight

(Post Designers & Builders)

Teknik penyebaran lampu dalam pemasangan lampu downlight juga bisa Pins gunakan. Hal ini akan membuat ruangan lebih bercahaya dan tidak gelap. Pemasangan lampu seperti ini cocok ditempatkan pada ruang yang memang memerlukan banyak cahaya di dalamnya seperti ruang keluarga, ruang baca, maupun ruang makan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan jenis lampu LED di dalamnya karena lampu satu ini memiliki pencahayaan yang bervariasi, hemat energi dan tentunya awet.

Penggunaan Kap Lampu Downlight Penambah Estetika

jarak pemasangan lampu downlight
(Alibaba)

Jarak pemasangan lampu downlight menentukan efektivitas dari penggunaan lampu. Sebaiknya Pins tidak berlebihan pula dalam meletakan lampu dalam sebuah ruang. Selain akan membuat ruang terasa panas, hal tersebut tentu akan menambah biaya dalam segi tagihan listrik. Usahakan untuk mengetahui waktu yang tepat menggunakannya dan tidak lupa juga bisa digunakan sebagai seni dekoratif dalam ruang. Penggunaan kap lampu downlight salah satunya. Sengaja dibuat timbul dengan material menarik, membuat ruang keluargamu terlihat nyaman dan tentunya artistik.

Bagaimana, apa Pins kini mulai tertarik menempatkan jenis lampu satu ini dalam hunian? Dijamin hunian Pins akan terlihat lebih modern dan tentunya dapat membuat ruang terlihat lebih luas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: Berbagai Jenis Lampu Hias Ruang Tamu dengan Harga Terjangkau


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel