BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali 10 Alat Cat Tembok Beserta Fungsinya
0
0

Kenali 10 Alat Cat Tembok Beserta Fungsinya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 4, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
alat-cat-temboktop-right-banner

Dinding adalah komponen yang akan merepresentasikan keseluruhan konsep rumah. Biasanya dinding akan dicat dengan warna-warna sesuai dengan keinginan penghuni rumah, supaya rumah dapat menggambarkan bagaimana karakteristik pemilik rumah. Hal ini tidak hanya dilakukan pada rumah baru, namun bagi Pins yang memiliki rumah sudah lama juga bisa mengecat ulang kembali dinding rumah. Namun tahukah Pins kalau ternyata banyak sekali alat cat tembok yang dibutuhkan. 

Mulai dari kuas, baki cat dan masih banyak lagi. Alat-alat ini memiliki fungsinya masing-masing, sehingga perannya sangat dibutuhkan dalam proses pengecatan dinding. Bagi Pins yang belum tahu apa saja alat-alat cat tembok beserta fungsinya, yuk simak daftar dan penjelasannya lewat ulasan di bawah ini!

Kuas Cat

(Pixabay)

Tentu Pins sudah sangat familiar dengan alat cat tembok yang satu ini bukan? Ya, kuas cat adalah salah satu alat yang paling umum digunakan dalam mengecat dinding. Umumnya alat ini terbuat dari kayu dengan bulu-bulu pada bagian bawahnya yang digunakan untuk mengoleskan cat. 

Ukurannya pun sangat beragam mulai dari berukuran kecil hingga besar yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika Pins ingin mengecat bagian tengah dinding, mungkin kamu bisa menggunakan kuas cat berukuran besar agar cat lebih cepat teroles dengan rata di dinding. 

Namun jika Pins ingin mengecat bagian pinggir dinding, kamu bisa menggunakan kuas cat berukuran kecil supaya Pins bisa mengecat dengan lebih hati-hati agar cat tidak keluar batasan dinding yang ingin dicat.

Kuas Roll

(Pixabay)

Jenis alat ini juga menjadi salah satu alat yang sering digunakan dalam proses mengecat dinding. Alat ini berbentuk tabung dengan gagang di bagian pinggirnya yang digunakan sebagai pegangan kuas. Dengan menggunakan alat ini, proses pengecatan dinding akan jauh lebih cepat dan rapi karena roll akan membuat polesan cat lebih rata dan halus. 

Tidak hanya pada dinding, alat ini juga bisa digunakan untuk mengecat plafon rumah. Jadi alat ini cukup fleksibel digunakan sebagai alat cat berbagai komponen rumah. Tidak hanya kuas yang memiliki berbagai ukuran, kuas roll juga tersedia dalam ukuran kecil dan besar. Hanya saja alat ini tidak cocok digunakan untuk mengecat tembok dengan luas yang kecil karena bisa membuat cat dinding jadi keluar dari batasan yang ingin kamu cat.

Amplas

(Pixabay)

Amplas adalah alat yang mirip dengan kertas dengan permukaan kasar yang terkenal juga dengan nama kertas pasir. Alat ini umumnya digunakan untuk menghaluskan dinding yang kasar sehingga pengaplikasian cat akan lebih mudah dan merata. Alat ini tidak hanya digunakan pada dinding lho! Pada kerajinan maupun furnitur, amplas juga digunakan untuk menghaluskan permukaan bahan baku seperti kayu. Jadi alat ini memang fungsi alat ini adalah menghaluskan permukaan, termasuk pada proses pengecatan dinding.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Tembok Agar Rumah Terlihat Luas

Dempul atau Plamir

(Pixabay)

Dempul atau yang disebut juga dengan plamir dinding ini adalah alat yang digunakan untuk mengisi retakan atau lubang-lubang pada dinding. Alat ini juga digunakan untuk meratakan permukaan dinding yang bertekstur sehingga proses pengecatan akan lebih mudah dan merata.

Scraper

(Pinterest)

Scraper merupakan alat yang berfungsi untuk mengerok cat lama pada dinding. Biasanya alat ini sangat dibutuhkan bagi kamu yang akan mengecat ulang dinding rumah. Pengerokan cat lama ini dilakukan untuk membuat pengecatan dinding lebih merata dan tidak membayangi warna cat lama. 

Tidak hanya itu, scraper ini juga mampu digunakan untuk menambal lubang dan retakan pada dinding. Perlu diketahui bahwa scraper ini memiliki berbagai ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan Pins.

Baca juga: 13 Warna Cat Rumah Bagian Dalam Agar Ruangan Terlihat Hangat

Spons

(Pinterest)

Spons dalam proses pengecatan dinding digunakan untuk membersihkan dinding dari kotoran dan debu yang menempel pada dinding. Tujuan dari pembersihan dinding ini adalah supaya polesan cat dapat menempel dengan rekat dan merata. 

Tidak hanya spons, Pins juga bisa menggunakan sapu atau kemoceng untuk membersihkan dinding dari debu atau kotoran. Namun jika menggunakan spons, Pins harus mencelupkannya ke dalam air dengan campuran deterjen terlebih dulu.

Baki Cat atau Roller Tray

(Pinterest)

Baki cat merupakan salah satu alat cat tembok yang mungkin sering kamu lihat berpasangan dengan kuas roll. Ya, baki cat ini adalah tempat yang digunakan untuk menampung cat saat proses pengecatan dinding dilakukan. Fungsi ini juga digunakan untuk melapisi kuas roll agar merata. Dengan menggunakan baki cat, tentu proses pengecatan dinding akan lebih mudah terutama jika Pins menggunakan kuas roll.

Masking Tape

(Pinterest)

Masking tape adalah alat yang digunakan untuk memberikan batas dan melindungi area yang tidak dicat agar terhindar dari noda cat. Alat ini umumnya digunakan sebagai pembatas pada pinggiran dinding agar cat tidak menodai bagian lain selain dinding yang sedang dicat.

Baca juga: Cara Memilih Cat Rumah Minimalis

Spray Gun

(Pinterest)

Spray gun adalah alat cat tembok yang bekerja dengan menggunakan kompresor udara. Pengaplikasian cat dengan alat semprot cat tembok ini memang sangat cepat dan jauh lebih merata. 

Hanya saja Pins benar-benar harus mempersiapkan segala hal dengan sangat baik mulai dari memasang masking tape dan juga memberi alas pada lantai agar cat tidak berjatuhan dan menodai lantai. Selain itu, cat yang digunakan juga perlu diaduk terlebih dulu hingga rata sebelum diaplikasikan menggunakan alat semprot cat tembok ini.

Pembersih Kuas

(Pinterest)

Pembersih kuas ini sangat penting jika kamu menggunakan cat lebih dari satu warna. Peran dari pembersih kuas ini adalah membuat kuas bersih dari cat agar bisa digunakan pada cat dengan warna lain. 

Hal ini akan menghindarkan terjadinya penumpukan warna cat pada kuas yang membuat hasil warna nantinya berbeda pada dinding. Pembersih kuas ini tersedia dalam banyak jenis, mulai dari thinner, minyak tanah, air hingga cuka murni.

Itulah informasi mengenai 10 alat cat tembok dan fungsinya yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download