17 Dekorasi Ruang Makan dengan Biaya Murah Namun Nyaman

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ October 4, 2022 ∙ 6 menit membaca

Pins, pastinya banyak melihat referensi dekorasi untuk ruang makan yang nyaman dan hangat untuk keluarga tercinta? Namun banyak yang mengurungkan niat membuat ruang makan karena budget yang minim. Padahal ada banyak dekorasi untuk ruang makan yang bisa dibuat nyaman dan hangat meski dengan budget minimal.

Ruang makan adalah salah satu jenis ruang yang wajib ada di setiap rumah. Biasanya letak ruang makan berdampingan dengan dapur atau ruang keluarga.

Bagaimana dekorasi ruang makan yang nyaman meski dibuat dengan budget minimal? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Baca juga: 15 Desain Ruang Makan Sederhana untuk Keluarga Kecil

Dekorasi Gaya Etnik

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Dapur dengan gaya etnik bisa Anda hias dengan aksesoris  mangkok besar bermotif etnik klasik. Selain itu untuk taplak meja, tudung saji dan kursi makan juga bisa dipilih dengan motif polos yang netral sehingga cukup senada dengan kesan etnik yang ingin ditampilkan.

Dekorasi Gaya Floral

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Suka furniture atau dekorasi dengan hiasan motif bunga? Pins bisa memilih motif shabby atau floral yang kekinian. Kamu bisa memilih motif shabby untuk taplak meja dan hiasan dinding bergambar bunga yang cantik.

Lengkapi dengan aksesoris meja makan dengan motif shabby seperti set sendok makan hingga wadah bumbu atau saus bermotif floral yang anggun untuk menambah kesan feminin di ruang makan kamu.

Dekorasi Warna Favorit

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Banyak pengguna media sosial yang membagikan dekorasi ruang makan mereka yang nyaman saat menggunakan aneka perabot dan furniture dapur serta ruang makan dengan warna favorit mereka.

Pins bisa memilih aneka dekorasi dan furniture menarik dengan warna yang disukai untuk membuat ruang makan lebih nyaman dan menyenangkan. Tentunya dekorasi ruang makan murah ini jauh lebih instagrammable untuk dipajang di media sosial Anda.

Dekorasi Gaya Vintage

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Untuk dekorasi pada ruang makan bergaya vintage bisa menggunakan meja dan kursi makan gaya antik. Pins punya kursi makan tempo dulu yang masih bisa digunakan? Tak perlu khawatir akan modelnya yang ketinggalan zaman, justru itulah yang membuatnya lebih menarik.

Lengkapi dengan satu set teko keramik yang diletakkan di meja makan. Kesan klasik khas vintage akan semakin terasa jika kamu meletakkan lampu ruang makan dengan model antik klasik.

Dekorasi Gaya Minibar

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Konsep ruang makan bergaya minibar umumnya cocok untuk anak muda. Pins bisa memilih warna coklat kayu atau putih untuk mendapatkan kesan minibar yang eksklusif. Ruang makan dengan gaya minibar ini cocok dipakai untuk menjamu teman atau sahabat yang datang berkunjung ke rumah.

Dekorasi Gaya Modern Kontemporer

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Ruang makan dengan gaya modern kontemporer memiliki ciri khas memakai furniture dan berbagai alat pelengkap ruang makan yang kekinian. Sesuaikan pemilihan warna furniture dan elektronik dapur dengan warna modern seperti abu-abu, putih dan hitam.

Dekorasi Gaya Monokrom

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Kemudian dekorasi untuk ruang makan berikutnya adalah dengan gaya monokrom. Untuk desain monokrom umumnya didominasi dengan warna putih dan hitam yang maskulin. Cocok untuk dekorasi pada ruang makan Pins yang berjiwa muda.

Dekorasi Gaya Natural

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Gaya natural juga bisa diterapkan untuk dekorasi pada ruang makan kamu. Dengan menggunakan furniture dengan bahan kayu akan membuat ruang makan Pins terlihat lebih natural. Lengkapi penggunaan alat makan dengan warna putih untuk mendapatkan kesan lebih alamiah.

Dekorasi Gaya Semi Outdoor

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Menyukai desain semi outdoor? Juga bisa diterapkan pada ruang makan kesayangan Pins di rumah. Dengan menggabungkan taman yang dibuat di dalam rumah, ruang makan diletakkan di sebelah atau berdekatan dengan taman.

Kesan segar dan nyaman akan lebih terasa jika Pins menambahkan kolam ikan kecil disana.

Dekorasi Gaya Simpel Minimalis

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Untuk kamu yang menyukai gaya sederhana, bisa menggunakan dekorasi untuk ruang makan dengan gaya simpel minimalis. Dominan dengan warna putih, gaya ini lebih terlihat eksklusif meski tanpa dekorasi yang berlebihan.

Tempatkan perlengkapan makan secukupnya di meja makan dan hindari meletakkan benda yang tak diperlukan di ruang makan tersebut.

Dekorasi Gaya Jepang

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Untuk ruang makan bergaya dekorasi Jepang memang dibuat persis seperti ruang makan ala Jepang. Berkonsep lesehan, Pins bisa memilih meja makan yang terbuat dari kayu jati kemudian menempatkan ruang makan di  sebuah tempat yang dibuat agak tinggi.

Lengkapi ruang makan dengan bantal duduk dengan warna senada yang akan membuat acara makan keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Dekorasi Gaya Alami

dekorasi ruang makan
(Pinterest)

Dekorasi pada ruang makan selanjutnya adalah dengan gaya alami. Pins bisa membuatnya dengan menambahkan aneka tanaman hias hidup dengan aneka warna. Usahakan untuk memilih pot dengan warna senada dengan furniture yang dipakai di ruang makan.

Tempatkan pot tanaman hias di rak khusus tanaman agar supaya suasana ruang makan tetap bersih dan sedap dipandang mata.

Dekorasi Modern

(Livspace)

Jika kamu menyukai ruang makan yang bergaya minimalis, model dekorasi ruang makan modern ini cocok kamu terapkan. Apalagi untuk kamu yang memiliki anggota keluarga yang lumayan banyak.

Kamu juga bisa menggunakan meja berbentuk kotak, kursi dengan aksen kayu, dan menggunakan warna-warna netral seperti putih, cokelat, dan abu-abu untuk sentuhan yang lebih modern dan simpel

Dekorasi Bergaya Rustik

(Livspace)

Agar suasana ruang makan lebih unik, kamu bisa menggunakan batu bata dan dekorasi berawarna earth tone untuk menghadirkan nuansa rustik. Kamu juga bisa memakai dekorasi dengan elemen kayu seperti kerangka kursi, lantai parkit, hingga pajangan lemari.

Ruang makan akan terasa lebih hangat dan indah tentunya! Penasaran untuk mencoba desain satu ini, Pins?

Dekorasi Mewah Biru dan Putih

(Livspace)

Perpaduan warna biru dan putih, meskipun tampak sederhana, kalau diolah dengan baik akan menghasilkan sebuah desain yang minimalis dan elegan.

Kamu bisa menggunakan warna biru gelap untuk memberikan kesan glamor, serta dekorasi beraksen emas sebagai pelengkap.

Dekorasi ala Paris

(Good House Keeping)

Hadirkan nuansa Eropa di ruang makan kamu dengan menggunakan dekorasi bergaya Paris berikut ini. Meskipun tampak sederhana, dijamin ruang makan kamu akan tampak lebih indah, menawan, dan serasa sedang berada di kafe Eropa.

Kamu bisa menggunakan kursi bistro atau kursi rotan dan dipadukan dengan meja berbahan kayu. Dekorasi ini cocok apabila rumah kamu memiliki tempat yang luas.

Dekorasi Kalem dengan Pastel

(Good House Keeping)

Agar suasana ruang makan lebih kalem, kamu bisa menggunakan warna-warna pastel seperti biru, pink, atau hijau. Kamu juga bisa mengkombinasikan warna pastel ini dengan wallpaper agar tidak terlalu monoton.

Dekorasi meja bisa menggunakan material kayu yang sederhana dan minimalis, namun masih memberikan nuansa alami yang tidak terlalu dominan.

Demikian ulasan singkat untuk dekorasi ruang makan yang bisa Kami bagikan untuk Pins semua. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi.

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia