5 Perbedaan Ubin dan Keramik yang Harus Kamu Ketahui

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

5 Perbedaan Ubin dan Keramik yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 15 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Di dalam sebuah rumah sudah pasti terdapat ubin atau keramik yang terpasang sebagai alas bangunan rumah. Selain rumah, ubin juga digunakan untuk bangunan lainnya seperti kantor, rumah sakit, dan semua jenis bangunan pasti menggunakan ubin sebagai lapisan lantai. Lapisan lantai tersebut juga tersedia dengan berbagai jenis dan kelebihannya masing-masing. Umumnya Pins pasti menemukan lantai yang berlapis ubin atau keramik. Namun mungkin banyak dari Pins yang belum mengetahui apa perbedaan ubin dan keramik karena kita biasa menyebutnya dengan artian yang sama. 

Walaupun sama-sama berfungsi melapisi lantai bangunan sehingga lebih rapi dan aman. Faktanya ubin dan keramik memiliki perbedaannya masing-masing yang membuat keduanya sangatlah berbeda. Meski biasa disebut dengan istilah yang sama yaitu ubin keramik, nyatanya ada perbedaan antara ubin porselen dan ubin keramik lho! Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak ulasan berikut yang akan membahas mengenai perbedaan ubin dan keramik. 

Mengenal Apa Itu Ubin dan Keramik

(Pixabay)

Ubin dan keramik adalah dua jenis material yang sering digunakan sebagai lantai pada rumah. Keduanya mampu menambah kekuatan pada lantai dan mempermudah kebersihan lantai. Keduanya juga tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk dan motif yang mana dapat meningkatkan estetika rumah. 

Umumnya baik ubin dan keramik sama-sama diberi finishing untuk menambah kekuatan, memperhalus tekstur dan membuat keramik dan ubin sama-sama tahan lama. Hal ini juga mampu mempermudah kamu dalam membersihkan lantai karena teksturnya yang licin.

Jika dilihat sekilas, ubin dan keramik memang mirip. Padahal keduanya memiliki banyak sekali perbedaan, mulai dari material pembuatan, teknik pembuatan, daya tahan, kekuatan, harga hingga sifatnya. Oleh karena itu Pins harus mempertimbangkan pemilihan kedua bahan ini dengan sangat matang. Bukan tanpa alasan, kedua jenis lantai ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi Pins harus benar-benar mempertimbangkan mulai dari peruntukkan ubin atau keramik, budget, ketahanan hingga motif yang kamu suka.

Bahan Pembuatan Ubin dan Keramik

(Pixabay)

Perbedaan keramik dan ubin yang pertama adalah material pembuatan keduanya. Keramik terbuat dari campuran pasir, tanah liat dan juga air yang dicampur menjadi satu. Umumnya pada keramik, tanah liat yang digunakan adalah tanah liat merah dan putih. 

Sedangkan ubin porselen ini dibuat dari tanah liat putih yang mana membuat teksturnya lebih halus. Tidak heran harga ubin lebih mahal dibandingkan dengan keramik karena permukaannya yang lebih halus.

Baca juga:

Teknik Pembuatan Ubin dan Keramik

(Pixabay)

Teknik pembuatan antara ubin dan keramik juga memiliki perbedaan yang sangat besar lho! Ubin porselen dibuat menggunakan metode dust pressing sehingga hasilnya akan jauh lebih padat dan tahan lama dibandingkan dengan keramik. Sedangkan keramik dibuat dengan campuran bahan yang diaduk sampai merata dan dicetak berbentuk persegi dengan ukuran yang beragam sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kegunaan Ubin dan Keramik

(Pixabay)

Setelah membahas bahan pembuatan ubin dan keramik, perbedaan ubin dan keramik selanjutnya adalah peruntukkan kedua jenis lantai ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ubin porselen memiliki tekstur yang lebih keras karena metode pembuatannya yang menggunakan teknik pressing

Hal ini membuat ubin porselen sangat cocok untuk digunakan pada ruangan-ruangan dengan lalu lintas yang tinggi seperti dapur. Sedangkan keramik bisa kamu gunakan pada ruang tamu karena ruangan yang satu ini memiliki tingkat lalu lintas yang lebih rendah dibandingkan dengan dapur.

Tingkat Ketahanan 

(Pixabay)

Hal selanjutnya yang menjadi perbedaan keramik dan ubin adalah tingkat ketahanannya. Karena ubin porselen dibuat dari tanah liat putih dan dibentuk menggunakan teknik pressing, jadi ubin porselen menghasilkan tekstur yang lembut namun sangat padat sehingga lebih kuat dan tahan lama. Berbeda dengan keramik yang memiliki kekuatan tidak lebih dari ubin porselen. Hal ini membuat keramik lebih mudah retak atau patah.

Sifat Ubin dan Keramik

(Pixabay)

Perbedaan ubin dan keramik yang terakhir terletak pada sifat kedua jenis lantai ini. Keramik umumnya lebih rentan terkelupas dan retak. Selain itu keramik juga mudah keropos. Namun keramik lebih tahan noda karena mudah dibersihkan. Sedangkan pada ubin porselen cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu ubin juga cenderung lebih rapuh dan sulit dipotong.

Tidak hanya itu, ubin porselen juga memiliki tingkat penyerapan yang lebih kecil dibandingkan dengan keramik. Hal ini membuat ubin porselen lebih tahan terhadap hujan, air, maupun es dan tidak dapat menyebabkan noda atau kerusakan. Berbeda dengan keramik yang memiliki tingkat penyerapan air yang lebih tinggi. 

Hal ini membuat keramik menjadi lebih mudah terkena noda jika terus menerus terkena air hujan atau tumpahan air. Jadi kedua jenis lantai ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal Pins yang pintar-pintar menyesuaikan kebutuhan kamu dengan jenis penutup lantai yang akan kamu pilih nantinya.

Itulah informasi mengenai apa saja perbedaan ubin dan keramik yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan Pins dan membuat kamu lebih mudah lagi dalam memilih material yang tepat sebagai penutup lantai di rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel