BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Perbedaan Ubin dan Keramik yang Harus Kamu Ketahui
0
0

8 Perbedaan Ubin dan Keramik yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cat-kayu-mengkilaptop-right-banner

Di dalam sebuah rumah sudah pasti terdapat ubin atau keramik yang terpasang sebagai alas bangunan rumah. Selain rumah, ubin juga digunakan untuk bangunan lainnya seperti kantor, rumah sakit, dan semua jenis bangunan pasti menggunakan ubin sebagai lapisan lantai.

Sedangkan untuk kebutuhan properti serahkan saja kepada Pinhome. Fiturnya yang tersedia antara lain Pengajuan KPR hingga pencarian properti. Kamu bisa mendapatkan informasi rumah second di Kab Mojokerto hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama atau dekat dengan Stasiun Paledang.

Mengenal Apa Itu Ubin dan Keramik

(Pixabay)

Ubin dan keramik adalah dua jenis material yang sering digunakan sebagai lantai pada rumah. Keduanya mampu menambah kekuatan pada lantai dan mempermudah kebersihan lantai. Keduanya juga tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk dan motif yang mana dapat meningkatkan estetika rumah. 

Umumnya baik ubin dan keramik sama-sama diberi finishing untuk menambah kekuatan, memperhalus tekstur dan membuat keramik dan ubin sama-sama tahan lama. Hal ini juga mampu mempermudah kamu dalam membersihkan lantai karena teksturnya yang licin.

Jika dilihat sekilas, ubin dan keramik memang mirip. Padahal keduanya memiliki banyak sekali perbedaan, mulai dari material pembuatan, teknik pembuatan, daya tahan, kekuatan, harga hingga sifatnya. Oleh karena itu Pins harus mempertimbangkan pemilihan kedua bahan ini dengan sangat matang. Bukan tanpa alasan, kedua jenis lantai ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi Pins harus benar-benar mempertimbangkan mulai dari peruntukkan ubin atau keramik, budget, ketahanan hingga motif yang kamu suka.

Perbedaan Ubin dan Keramik

Walaupun sama-sama berfungsi melapisi lantai bangunan sehingga lebih rapi dan aman. Faktanya ubin dan keramik memiliki perbedaannya masing-masing yang membuat keduanya sangatlah berbeda. Meski biasa disebut dengan istilah yang sama yaitu ubin keramik, nyatanya ada perbedaan antara ubin porselen dan ubin keramik lho!

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak ulasan berikut yang akan membahas mengenai perbedaan ubin dan keramik. 

1. Bahan Pembuatan Ubin dan Keramik

Source : Pixabay

Perbedaan keramik dan ubin yang pertama adalah material pembuatan keduanya. Keramik terbuat dari campuran pasir, tanah liat dan juga air yang dicampur menjadi satu. Umumnya pada keramik, tanah liat yang digunakan adalah tanah liat merah dan putih. 

Sedangkan ubin porselen ini dibuat dari tanah liat putih yang mana membuat teksturnya lebih halus. Tidak heran harga ubin lebih mahal dibandingkan dengan keramik karena permukaannya yang lebih halus.

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Lantai Minimalis Untuk Rumah Kamu

2. Teknik Pembuatan Ubin dan Keramik

Source : Pixabay

Teknik pembuatan antara ubin dan keramik juga memiliki perbedaan yang sangat besar lho! Ubin porselen dibuat menggunakan metode dust pressing sehingga hasilnya akan jauh lebih padat dan tahan lama dibandingkan dengan keramik. Sedangkan keramik dibuat dengan campuran bahan yang diaduk sampai merata dan dicetak berbentuk persegi dengan ukuran yang beragam sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Pemasangan Ubin dan Keramik

Source : Rukita

Perbedaan lain antara ubin dan keramik terdapat di cara dan material yang digunakan dalam proses pemasangan. Kedua pelapis lantai ini biasanya membutuhkan sebuah perekat saat dipasang. Agar mendapatkan hasil yang terbaik, ubin dipasang menggunakan polymeric binder yang lebih kuat sehingga setelah ditempel, ubin akan tampak lebih rata dan rapi

Penggunaannya juga mudah. Kamu cukup mencampurkan perekat dengan air dan sudah langsung dapat digunakan. Perekat ini juga berguna ketika kamu ingin memasang ubin yang baru di atas ubin lama (tile on tile) atau area yang sering dilewati.

4. Kegunaan Ubin dan Keramik

Source : Pixabay

Setelah membahas bahan pembuatan ubin dan keramik, perbedaan ubin dan keramik selanjutnya adalah peruntukkan kedua jenis lantai ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ubin porselen memiliki tekstur yang lebih keras karena metode pembuatannya yang menggunakan teknik pressing

Hal ini membuat ubin porselen sangat cocok untuk digunakan pada ruangan-ruangan dengan lalu lintas yang tinggi seperti dapur. Sedangkan keramik bisa kamu gunakan pada ruang tamu karena ruangan yang satu ini memiliki tingkat lalu lintas yang lebih rendah dibandingkan dengan dapur.

Baca juga: 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

5. Tingkat Ketahanan 

Source : Pixabay

Hal selanjutnya yang menjadi perbedaan keramik dan ubin adalah tingkat ketahanannya. Karena ubin porselen dibuat dari tanah liat putih dan dibentuk menggunakan teknik pressing, jadi ubin porselen menghasilkan tekstur yang lembut namun sangat padat sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Berbeda dengan keramik yang memiliki kekuatan tidak lebih dari ubin porselen. Hal ini membuat keramik lebih mudah retak atau patah.

6. Penampilan yang Berbeda

Source : Kompas

Serupa tapi tak sama, ubin memiliki beberapa perbedaan dalam karakteristiknya dibandingkan keramik. Keramik seringkali memiliki desain dan warna yang solid dan monoton, tidak seperti ubin yang lebih variatif dari segi desain dan bahan pembuatnya. Keramik lebih cocok digunakan di dalam ruangan untuk lantai dan dinding, sedangkan ubin di ruangan outdoor.

7. Sifat Ubin dan Keramik

Source : Pixabay

Perbedaan ubin dan keramik yang terakhir terletak pada sifat kedua jenis lantai ini. Keramik umumnya lebih rentan terkelupas dan retak. Selain itu keramik juga mudah keropos. Namun keramik lebih tahan noda karena mudah dibersihkan. Sedangkan pada ubin porselen cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu ubin juga cenderung lebih rapuh dan sulit dipotong.

Tidak hanya itu, ubin porselen juga memiliki tingkat penyerapan yang lebih kecil dibandingkan dengan keramik. Hal ini membuat ubin porselen lebih tahan terhadap hujan, air, maupun es dan tidak dapat menyebabkan noda atau kerusakan. Berbeda dengan keramik yang memiliki tingkat penyerapan air yang lebih tinggi. 

Hal ini membuat keramik menjadi lebih mudah terkena noda jika terus menerus terkena air hujan atau tumpahan air. Jadi kedua jenis lantai ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal Pins yang pintar-pintar menyesuaikan kebutuhan kamu dengan jenis penutup lantai yang akan kamu pilih nantinya.

8. Durabilitas dengan Air dan Suhu

Source : Depositphotos

Seperti yang sudah diketahui, ubin memiliki pori-pori yang kecil sehingga bersifat tahan air. Oleh karena itu, ubin cocok digunakan di luar ruangan karena berhadapan langsung dengan dampak lingkungan seperti cuaca hujan dan panas.

Kebalikan dari ubin, keramik justru sangat rentan terhadap air dan kelembapan dikarenakan memiliki pori-pori yang besar. Hal ini yang menyebabkan keramik mudah patah dan rusak. Tetapi, keramik tahan terhadap suhu yang tinggi, meskipun tidak sekuat ubin.

Itulah informasi mengenai apa saja perbedaan ubin dan keramik yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan Pins dan membuat kamu lebih mudah lagi dalam memilih material yang tepat sebagai penutup lantai di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 3 Penyebab Lantai Keramik Retak dan Cara Memperbaikinya

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download