BlogPemilik PropertiDesain Hunian4 Kombinasi Warna Cat Rekomendasi Psikolog dan Maknanya
0
0

4 Kombinasi Warna Cat Rekomendasi Psikolog dan Maknanya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
warna cat rekomendasi psikologtop-right-banner

Memilih warna cat rumah ternyata tidak hanya sekadar kesenangan dan kecocokan saja. Ada beberapa kombinasi warna yang dianjurkan secara psikologis. Berikut ini beberapa kombinasi warna cat rekomendasi psikolog lengkap dengan maknanya. 

Warna cat menjadi salah satu kunci keindahan desain interior sebuah rumah. Memilih warna cat rumah sangat penting karena selain untuk keindahan, juga untuk menjaga mood dan perasaan penghuni. 

Deretan kombinasi warna berikut ini bisa mempercantik tampilan rumah eksklusif kamu seperti Golden Flower atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang baru beli rumah bekas di Jakarta Timur juga bisa memilih warna-warna ini untuk mengubah suasana rumah. 

Baca juga: 7 Arti atau Makna Warna Jingga serta Karakteristiknya

Warna Cat Rekomendasi Psikolog

warna cat rekomendasi psikolog
Source : Pixabay

Saat berdiri di depan pilihan warna cat di toko perkakas, kamu mungkin berasumsi bahwa satu warna putih sama bagusnya dengan warna lainnya, bukan? Ternyata asumsi itu tidak sepenuhnya benar. Ada sisi psikologis dalam setiap kombinasi warna. 

Hal itu diungkap oleh Pakar Psikologi Warna dari Design Research Associates, Dr. Zena O’Connor. Ia menyelidiki respons orang terhadap warna dan menemukan bahwa nilai tonal, yaitu terang dan gelapnya warna, sama pentingnya dengan warna itu sendiri. 

“Hal ini karena penelitian menunjukkan bahwa nilai rona dan saturasi memiliki pengaruh yang sama besarnya dengan rona dalam desain interior,” katanya dikutip dari laman Architectural Digest, Jumat (1/12/2023).

Oleh karena itu, O’connor menyebutkan bahwa memilih warna atas dasar suka saja tidak cukup. Kamu perlu mempertimbangkan kombinasi atau pencampuran warna yang tepat untuk ruangan-ruangan tertentu di rumah. 

Misalnya, warna merah tua dan cerah, dapat menyampaikan drama kepada pemirsa, sedangkan rona lembut dan kemerahan terasa lebih ramah. Tidak hanya itu, kombinasi corak warna (bukan satu warna saja) penting untuk menciptakan respons emosional terbaik.

“Kombinasi warna pasti berdampak pada suasana hati dan suasana,” katanya. Namun muncul pertanyaan, kombinasi warna apa yang cocok? Berikut beberapa kombinasi warna cat rekomendasi psikolog.

Baca juga: Arti Warna dalam Desain Grafis

1. Coklat Tua dan Putih Terang

warna cat rekomendasi psikolog
Source : iStock

Untuk menciptakan ruang yang kondusif untuk konsentrasi dan belajar, gunakan warna-warna netral yang khas dan menonjolkan warna tersebut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memilih warna putih cerah dan berani, lalu memadukannya dengan warna coklat tua.

Menurut Connor, warna-warna netral yang dia maksud itu mencakup warna putih dan putih pucat. Selain itu, warna lain seperti variasi krem, krem, warna akromatik, dan berbagai corak abu-abu, juga bisa dipilih untuk menciptakan ruang yang kondusif. 

Secara tradisional, kata Connor, warna-warna ini sangat menenangkan, namun jika memilih warna putih cerah dan memadukannya dengan warna coklat tua, warna putih akan menjadi lebih menonjolkan aktivitas yang tetap mempertahankan aliran ruang netral lainnya di dalam rumah. 

2. Coral dan Turquoise

warna cat rekomendasi psikolog
Source : iStock

Meskipun tampaknya berasal dari kelompok warna yang berbeda, kombinasi warna ini bekerja sama dengan baik. Susan Hayward, pendiri Susan Hayward Interiors, mengatakan, menggabungkan dua warna ini akan mendapatkan efek energi yang halus. 

Coral menawarkan semburan energi sementara warna turquoise menghadirkan efek warna alami yang menenangkan. Dalam hal ini, Susan menyarankan untuk menempatkan tanaman hijau turquoise di dalam ruangan.

Menurutnya, warna hijau yang sejuk membuat ruangan tetap lapang dan terang. Kemudian, kamu bisa menambahkan semburat energi dengan warna abu-abu, putih, atau peach dan coral. 

“Semakin dingin nadanya, semakin menenangkan. Semakin hangat nadanya, semakin berenergi,” kata Susan. 

Baca juga: 11 Kombinasi Warna Cat Orange Pada Dinding Rumah Bikin Hati Senang

3. Lilac dan Putih Pucat

warna cat rekomendasi psikolog
Source : iStock

Warna lilac sangat digemari oleh kaum perempuan sebagai warna OOTD. Namun, lilac yang dikombinasikan dengan putih pucat ternyata juga menjadi kombinasi warna yang direkomendasikan psikolog. 

Untuk ruangan dengan perasaan tenang namun tidak terlalu mengantuk, pilihlah warna lilac dan off-white. Geddes Ulinskas, kepala Arsitek Geddes Ulinskas, memilih lilac untuk kantor pusat klien. Namun tujuan utamanya adalah kantor itu ditujukan untuk bisnis yang menghubungkan orang-orang melalui acara sosial. 

Meskipun ide aktivitas ini terkesan sibuk dan berlebihan, ungu dan warna sejuk lainnya menginspirasi rasa relaksasi. “Lilac yang dipilih untuk kantor itu lembut tapi sama sekali tidak pemalu,” kata Ulinskas. Efeknya adalah ruang yang benar-benar tenang dan masih memiliki beberapa aktivitas. 

Baik lilac maupun off-white memiliki rona dasar yang cenderung hangat, namun, secara keseluruhan, kedua rona tersebut masih lebih sejuk dibandingkan merah muda atau coklat. Biru atau hijau akan terlalu menenangkan. 

4. Orange dan Abu Arang

warna cat rekomendasi psikolog
Source : iStock Photo

Ingin mendorong orang untuk memasuki ruangan dan bersosialisasi? Pilih pasangan warna ini. Abu-abu arang akan memberikan penjajaran bagus yang tidak sedramatis hitam. 

“Oranye kemerahan dan warna-warna hangat lainnya terbukti tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mendorong masuknya,” kata O’Connor. 

Dari penelitian yang menyelidiki warna di lingkungan ritel, warna orange kemerahan dan hangat terbukti menarik pengunjung lebih jauh ke dalam ruang untuk melakukan eksperimen.

Oranye kemerahan akan menarik pengunjung untuk ingin memasuki suatu ruangan. Tambahkan nada ini sebagai semburat warna di ujung ruangan terbuka panjang untuk menarik orang lebih jauh ke dalam ruang tersebut, seperti yang digunakan untuk sebagian besar hiburan di rumah. 

Itulah kombinasi warna cat rumah rekomendasi psikolog yang bisa kamu terapkan di rumah. Kamu suka yang mana, Pins?

Baca Juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download