Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC yang Perlu Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 26 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Plafon adalah langit-langit rumah yang berfungsi membatasi hunian dengan bagian atap ruang. Langit-langit rumah ini terdiri dari berbagai jenis dan salah satunya adalah GRC. Plafon GRC menawarkan berbagai model sederhana yang bisa Pins pasang di rumah minimalis kamu.

Plafon GRC tentu memiliki beragam kelebihan dan kekurangan tersendiri dibandingkan jenis plafon lainnya. Penasaran? Simak ulasan lengkap di bawah ini, yuk!

Apa Itu Plafon GRC?

Plafon GRC (Glass Fiber reinforced Cement) merupakan plafon yang terbuat dari pasir halus, kaca, serat, semen, dan polimer. Plafon yang satu ini memanfaatkan penguat berbahan dasar glass fiber dan juga bisa dipakai untuk membatasi ruangan memakai dinding tembok.

Dibandingkan plafon berbahan beton, GRC cenderung memiliki bobot yang lebih ringan ketika diaplikasikan. Bahkan, plafon ini mempunyai bahan yang awet terhadap suhu lembap sehingga tidak mudah bocor.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Plafon yang Bagus dan Punya Kesan Minimalis

Kelebihan Plafon GRC

Penggunaan model plafon GRC sederhana ternyata memberikan berbagai kelebihan untuk hunian Pins. Sebagai contoh, jenis plafon ini bisa Pins pasang di ruangan yang lembap, seperti dapur atau kamar mandi.

Ini karena langit-langit GRC bisa bertahan pada ruangan dengan kelembapan tinggi. Tidak hanya itu, ada beragam keuntungan yang ditawarkan oleh plafon GRC terbaru. Berikut ulasan lengkapnya.

Mudah Dipasang

Salah satu keunggulan menggunakan plafon GRC model terbaru adalah proses pemasangan yang mudah. Namun, tidak semua jenis plafon GRC menawarkan kelebihan yang sama, melainkan jenis board atau lembaran. Pasalnya, jenis plafon GRC ini telah memiliki tanda pada bagian pinggur untuk menyatukan lembaran dengan lembaran lainnya.

Pins juga bisa melihat dari perbedaan ketebalan plafon. Bagian tipis yang disebut recessed menjadi bagian yang disambungkan. Ini yang menjadi alasan mengapa pemasangan plafon GRC bisa menghemat penggunaan compound, yaitu bubuk putih penutup celah kecil plafon.

Tahan di Ruangan Lembap

Seperti yang sudah disebutkan, plafon GRC cenderung lebih tahan di ruangan lembap. Maka dari itu, Pins bisa menggunakan plafon GRC di ruangan seperti kamar mandi atau dapur yang mengeluarkan uap panas. Bahkan, beberapa orang memanfaatkan jenis plafon ini di teras semi outdoor yang rentan terhadap cipratan air hujan.

Baca juga: 13 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding

Fleksibel dan Tahan Lama

Penggunaan model plafon GRC sederhana ternyata menawarkan sifat yang lebih fleksibel, tidak seperti plafon tripleks atau kayu yang berbentuk rata. Kamu bisa lho membentuk plafon GRC sesuai keinginan karena material plafon ini terbuat dari campuran material glass fiber.

Dengan begitu, Pins bisa membuat lengkungan sempurna dari bahan satu ini. Tidak heran banyak orang yang memanfaatkan plafon ini pada masjid yang berbentuk kubah. Bagi kamu yang ingin langit-langit rumah berbentuk unik, plafon GRC bisa menjadi pilihan tepat.

Harga Lebih Terjangkau

Selain dari segi material, harga beli plafon GRC ternyata cenderung lebih terjangkau dibandingkan plafon lainnya. Dengan ragam keuntungna yang bisa kamu dapatkan, Pins bisa menggunakan plafon ini sebagai pembatas atap dan hunian terbaik.

Aman Bagi Kesehatan

Seperti yang diketahui, pemakaian plafon asbes dalam jangka waktu cukup lama bisa mengganggu kesehatan paru-paru. Lain hal dengan GRC karena terbuat dari bahan yang aman bagi kesehatan tanpa memicu risiko keracunan ketika dipakai dalam waktu lama. Ini tentu tidak akan menimbulkan kekhawatiran ketika memakai material plafon yang belum ada kejelasannya.

Tahan Api dan Air

Plafon GRC tidak hanya tahan di ruangan lembap, melainkan juga terhadap api dan air. Plafon GRC tidak mudah terbakar maupun mudah terpapar api sehingga aman digunakan. Bahkan, bahan dari plafon GRC juga anti bocor. Jadi, Pins tidak perlu khawatir adanya kebocoran di rumah ketika musim hujan!

Baca juga: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Kekurangan Plafon GRC

Walau memberikan segudang kelebihan, model plafon GRC minimalis masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Ini ulasan lengkapnya.

Proses Pemasangan Cenderung Lama

Plafon GRC memang menawarkan kemudahan saat dipasang, terutama yang terbuat dari lembaran. Sayangnya, proses finishing plafon ini cenderung lama karena tergolong rumit. Namun, kamu bisa melewati tantangan ini dengan menggunakan jasa pemasangan plafon yang tersedia di pasaran, kok.

Rentan Terkena Benturan

Tidak hanya dalam proses pemasangan yang rumit, bahan GRC ternyata rentan terhadap benturan benda-benda keras. Walau sudah berhati-hati dan tidak terburu-buru, terkadang proses pemasangan plafon GRC masih menyebabkan keretakan pada bagian penyambung papan.

Model-model Plafon GRC yang Sederhana

Nah, setelah mengetahui apa saja keuntungan dan kekurangan dari plafon GRC, tentu kamu ingin mencari inspirasi untuk langit-langit rumah ini. Berikut ini kumpulan model plafon GRC sederhana yang bisa jadi referensi.

Baca juga: Pilih Plafon Triplek Atau Gypsum?

Model Plafon GRC Motif Kayu

Salah satu model plafon GRC yang bisa Pins terapkan di ruang tamu minimalis adalah motif kayu. Jenis plafon ini memberikan tampilan yang sangat sederhana, tetapi bisa menciptakan ruangan yang lebih luas dan lega. Alhasil, tamu yang datang akan merasa leluasa dan tidak sesak ketika bersantai di ruang tamu kamu.

Model Plafon GRC Minimalis

Sesuai namanya, model plafon minimalis memang mempunyai tampilan yang simpel. Meski begitu, model plafon satu ini mampu mencuri perhatian karena biasanya berbentuk persegi panjang atau menyesuaikan ruangan.

Umumnya, beberapa lampu bisa disematkan pada pinggir plafon untuk menambah cahaya dan mempercantik tampilan rumah. Bila memungkinkan, pilih lampu berwarna putih guna memperlihatkan ruangan yang lebih luas.

Model Plafon GRC Industrial

Bagi Pins yang ingin menambah sentuhan industrial di dalam rumah bisa memadukan plafon GRC dengan kayu. Perpaduan plafon rumah ini bisa menciptakan tampilan klasik dan unik.

Jika jadi, kamu bisa menggunakan plafon GRC untuk menutup sebagian langit-langit ruangan, sementara sisanya memakai perpaduan papan GRC dan kayu yang dijejerkan. Bila ingin tambah menarik, kamu bisa menaruh lampu di setiap garis guna menghias plafon.

Model Plafon GRC Klasik

Salah satu desain plafon yang paling banyak dipakai adalah model klasik. Pasalnya, model plafon GRC klasik menampilkan kesan sederhana, tetapi tetap bisa menutupi bagian permukaan langit-langit dengan tepat.

Selain itu, model langit-langit ini tidak terdiri dari banyak aksen. Namun, kamu akan meleihat adanya sedikit perubahan ketinggian pada bagian bingkai. Walau terbilang klasik, model satu ini tidak ketinggalan zaman dan masih bisa dipadupadankan dengan lampu hias yang serasi.

Nah, itu tadi sederet model plafon GRC sederhana dan minimalis yang bisa kamu terapkan di ruang tamu maupun kamar tidur. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia