BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis untuk Hunian Simpel
0
0

10 Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis untuk Hunian Simpel

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
model kusen pintu dan jendela minimalistop-right-banner

Tidak hanya sebuah foto yang memerlukan bingkai dalam penambah estetika. Sebuah pintu dan jendela rumah pun memerlukan kusen untuk meletakan daun pintu dan daun jendela agar terlihat lebih menarik. Penggunaan model kusen pintu dan jendela minimalis yang kini banyak diaplikasikan pada hunian modern, juga merupakan bagian pelengkap komponen estetika. Kusen pun dapat membuat rumah biasa terlihat artistik lho!

Kusen yang berfungsi pula sebagai pemisah antar ruang ini, tidak bisa Pins anggap remeh. Rangka atau frame yang dibentuk kusen mempengaruhi model dari jendela dan pintu itu sendiri. Dengan model kusen pintu dan jendela minimalis, hunian Pins akan terlihat menarik dan tentunya modern.

Baca Juga:

Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis

Intip yuk ragam desain minimalis untuk model kusen pintu dan jendela terbaru yang pastinya membuat hunian mu tidak ada duanya!

Perpaduan Dua Material

model kusen pintu dan jendela minimalis
Source : Blog Unik

Model rumah industrial memang kini menjadi pilihan yang menarik sebagai rumah tinggal modern. Desainnya yang tidak monoton dan cenderung berani, cocok sebagai tempat tinggal para kaum urban. Dengan tema rumah seperti ini, Pins bisa menempatkan contoh kusen pintu dan jendela dengan perpaduan dua material terbaik, yaitu besi dan kayu. 

Kedua material ini dapat menghasilkan hunian modern yang unik. Kamu bisa menggunakan alternatif kayu mahoni sebagai material pelengkap selain kayu jati yang tergolong mempunyai harga yang tinggi. Buatlah warna yang kontras untuk kesan yang lebih menarik.

Baca juga:

Kusen Pintu Besi dengan Teralis Pelindung

Source : Home Designing

Teralis yang berfungsi sebagai dekorasi dan bingkai pada pintu, jendela, dan tangga ini memang memiliki kesan pemanis yang cantik. Baik di terapkan pada jendela maupun pintu, teralis dapat membuat rangka semakin terlihat menarik. Penggunaannya pada pintu dan jendela pun mengamankan dari maling yang ingin menerobos ke dalam rumah. Pins bisa memilih desain corak beragam yang dapat diaplikasikan. Mulai dari abstrak, bunga maupun tumbuhan. Contoh kusen pintu besi seperti di atas salah satunya, juga dapat menghalau terik sinar matahari yang menyinari rumah. Hal ini akan membuat dalam ruang semakin sejuk.

Kusen Jendela dan Pintu Kayu Sederhana

model kusen pintu dan jendela minimalis
Source : Diamond Certified

Contoh kusen pintu dan jendela selanjutnya hadir dari material yang pastinya selalu ada di dalam rumah, yaitu kayu. Walau material satu ini cenderung tricky dalam perawatannya, namun estetika tampilannya tidak bisa membohongi. Baik rumah sederhana maupun modern, dapat menggunakan material kayu sebagai pemanis. Pins bisa membuat pintu kayu minimalis dengan ornamen kaca, ataupun pintu kayu dengan tampilan elegan. Tidak hanya itu, jendelanya pun bisa Pins buat sederhana dengan tampilan artistik seperti model oval besar pada jendela. Model jendela satu ini sedang hits lho Pins di perumahan modern.

Baca Juga:

Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Tirus

Source : Home Designing

Untuk kesan minimalis yang modern, ada beberapa hal yang bisa Pins lakukan dalam desain. Salah satunya adalah penggunaan corak garis sederhana dalam sebuah ruang. Ini pun berlaku pada contoh kusen pintu dengan model skinny. Modelnya memiliki perbandingan tinggi lebih besar dari lebar pintu itu sendiri. Rumah akan terlihat lebih modern dan tentunya tetap tidak berlebih. Pins pun dapat membuat pola dalam profil pintu agar terlihat semakin unik dengan warna yang tentunya menarik. Cobalah dengan warna-warna mencolok agar tampilan depan rumah semakin menggemaskan.

Kusen Pintu Putar

model kusen pintu dan jendela minimalis
Source : Home Designing

Pernah berlalu-lalang pada model pintu putar? Model pintu seperti ini memang banyak Pins jumpai pada fasilitas publik. Model pintu putar mempermudah dalam keluar masuk dan juga cocok untuk kalian yang senang dengan asupan udara alami. Dalam hunian, model yang bisa diaplikasikan pada jendela dan pintu ini pun mempermudah kalian dalam membuka dan menutup. Pengait yang biasanya diletakan ditengah, membuat konstruksinya bisa secara fleksibel diputar. Tambahkan beberapa tanaman hias di sisi kiri dan kanan pintu agar rumah semakin terlihat nyaman dan modern.

Baca Juga:

Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Oversized

Source : Home Designing

Beberapa penghuni memang mengedepankan sirkulasi udara berlebih dalam hunian. Hal tersebut membuat hunian terasa lebih sejuk dan tentunya nyaman. Inilah mengapa banyak yang mengadaptasi model pintu dan jendela minimalis dengan model oversized. 

Modelnya besar dan cenderung sangat lebar. Dalam pemilihan bahan usahakan yang terbaik agar tidak mempersulit Pins saat membuka dan menutupnya. Dikarenakan ukurannya yang cukup besar, pastinya Pins membutuhkan tenaga ekstra. Padukan dengan aksen garis atau ornamen pembolong dalam pintu. Kamu akan merasakan cahaya alami dan tentunya menghemat pemakaian energi listrik.

Kusen Jendela dan Pintu Minimalis Kaca

model kusen pintu dan jendela minimalis
Source : Hotiandoors

Nah, untuk model minimalis pada hunian modern, kaca menjadi material yang tidak akan tertinggal. Kaca yang membuat hunian kian bernilai tinggi ini juga mempunyai jenis beragam yang dapat Pins pilih. Bila Pins ingin menampilkan kesan unik yang menarik, Pins pun bisa menggunakan stiker kaca sebagai dekorasi ataupun penambahan gorden pada jendela. Hal tersebut juga berguna untuk menjaga privasi di dalamnya sekaligus menghalau dari panasnya sinar matahari. Bagaimana tampilannya, sungguh menarik bukan?

Kusen Pintu Cor

Source : HargaDepo

Model kusen seperti ini dibuat dengan teknik cor pada dinding kemudian bingkai akan disambung menggunakan paku dan kawat. Kusen jenis ini lebih kuat dan tahan terhadap beban yang berat. Perlu diperhatikan dan diperhitungkan secara matang karena akan sangat sulit diubah jika terdapat kesalahan.

Beberapa keuntungannya antara lain tidak mudah menyusut dan keropos, tahan rayap, serta dapat dibentuk sesuai keinginan dan preferensi di awal.

Kusen Pintu Vinyl

Source : Bukalapak

Kusen ini dibuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride). Harganya lebih murah dibandingkan material lain dan lebih ringan. Kusen model ini juga dapat meredam panas. Perlu diperhatikan ketika menggunakan material ini, vinyl tidak sekuat dan seawet kayu dan tidak dapat menahan bobot yang telrlau berat.

Kusen Baja Ringan

Source : hargaper

Seperti namanya, kusen ini dibuat dari material baja ringan yang kuat dan enteng. Harganya memang sedikit lebih tinggi namun dijamin lebih kuat dalam menahan bobot. Beberapa keuntugan yang bisa didapatkan dari kusen baja ringan antaa lain kuat, kokoh, tahan rayap dan air, tidak mudah berkarat, serta lebih ramah lingkungan.

Jenis-Jenis Kusen Rumah Berdasarkan Materialnya Beserta Keunggulannya

Kusen Kayu

Source : Cat Kayu

Menggunakan bahan dasar kayu banyak digunakan oleh beberapa rumah. Kusen dari kayu tidak selamanya akan memberi kesan yang kuno ataupun vintage. Meskipun berbahan dasar kayu, kusen ini cocok untuk digunakan pada berbagai jenis rumah seperti rumah modern.

Rumah modern akan terlihat cocok apabila menggunakan kusen kayu. Tetapi kusen yang terbuat dari kayu biasanya membutuhkan kayu yang banyak dan berkualitas, sehingga akan merusak lingkungan. Perawatannya juga cenderung lebih mahal dari kusen lainnya, karena harus dilapisi antirayap dan coatin agar tidak lapuk.

Baca Juga: Jenis Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah

Kusen Aluminium

jenis jenis kusen rumah beserta keunggulannya
Source : Kusenpintualuminium.com

Kusen alumunium cenderung lebih murah dibandingkan dengan kusen kayu. Kusen alumunium juga lebih awet karena tidak mudah keropos dan terpengaruh perubahan cuaca.

Namun, kelemahan dari kusen alumunium yaitu cepat penyok apabila terbentur dan rentan terkena jamur jika tidak rutin dibersihkan. Desain kusen alumunium juga kurang bervariasi.

Kusen Fiberglass

Source : Property145.com

Fiberglass cocok digunakan untuk kantor atau rumah yang memiliki gaya minimalis modern. Harga dari kusen fiberglass juga cukup terjangkau karena terbuat dari bahan-bahan yang ringan.

Bersihkan kusen fiberglass secara rutin karena cenderung cepat berjamur apabila area disekitarnya terasa lembab dan sering menjadi sarang debu.

Baca Juga: 

Kusen Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPCV)

jenis jenis kusen rumah beserta keunggulannya
Source : Bildeco.com

Unplasticized polyvinyl chloride merupakan kusen yang menggunakan material turunan plastik. Kusen ini tidak cepat memuai apabila terjadi perubahan suhu di sekitarnya dan juga tahan bocor. Kusen unplasticized polyvinyl chloride memiliki desain yang dapat disesuaikan dengan bentuk jendela dan juga dapat menahan kesejukan ruangan.

Jika kamu memiliki ruangan yang ber-AC, penggunaan ini menjaga kesejukannya sehingga tidak terpapar udara panas dari luar. Cukup mengelapnya agar bersih setiap seminggu sekali.

Itulah beberapa contoh kusen pintu dan jendela minimalis yang bisa Pins gunakan sebagai ide awal pembuatan rangka sirkulasi udara. Semua dapat dimodifikasi sesuai dengan selera. Selalu utamakan fungsi dari konstruksi untuk hasil lebih maksimal. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download